Persamaan Flyback Polytron

Persamaan Flyback Polytron Paling Lengkap Semua Tipe

Posted on

Finoo.id – Persamaan Flyback Polytron Paling Lengkap Semua Tipe. Flyback (FTB) atau sering disebut juga sebagai Playback adalah salah satu komponen penting dalam TV tabung. Polytron juga menggunakan komponen ini pada model TV tabung mereka.

Meskipun TV Polytron terkenal karena kualitasnya yang bagus, namun tidak mungkin untuk menjamin bahwa TV Polytron akan selalu berfungsi dengan baik. Kerusakan bisa terjadi kapan saja, termasuk pada komponen seperti flyback atau playback.

Namun, flyback ini adalah salah satu komponen yang sulit diperbaiki ketika mengalami kerusakan. Oleh karena itu, biasanya orang lebih memilih untuk menggantinya dengan yang baru. Hal ini juga mungkin terjadi pada TV Polytron kalian.

Tetapi, masalah muncul ketika mencari pengganti flyback asli untuk TV Polytron, karena stoknya sedang kosong. Jika itu terjadi, solusi terbaik adalah mencari komponen pengganti yang serupa.

Pengertian Flyback

Flyback adalah suatu komponen transformator yang digunakan pada TV atau monitor untuk menghasilkan tegangan tinggi yang diperlukan oleh tabung CRT.

Tegangan tersebut kemudian digunakan untuk menembakkan elektron di dalam tabung tersebut. Flyback dipasang pada blok keluaran horizontal dengan tujuan menghasilkan tegangan yang cukup tinggi, berkisar antara 20kV hingga 30kV tergantung pada ukuran TV.

Di dalam flyback, terdapat sebuah dioda internal yang berfungsi untuk menyearahkan tegangan tinggi dari trafo yang masih dalam bentuk pulsa-pulsa. Selain itu, juga terdapat lilitan dengan jumlah tertentu dan sebuah batang ferit yang serupa dengan transformator.

Fungsi Flyback TV

Flyback adalah sebuah komponen transformator yang berfungsi untuk menghasilkan tegangan tinggi pada televisi atau monitor.

Biasanya, komponen ini dipasang pada blok keluaran horizontal. Di dalam flyback, terdapat sebuah dioda internal yang berperan penting dalam menyearahkan tegangan tinggi yang berasal dari transformator. Selain itu, flyback juga dilengkapi dengan lilitan dan sebuah batang ferit yang serupa dengan transformator.

Dengan adanya komponen ini, televisi atau monitor dapat menghasilkan tegangan yang cukup tinggi untuk menembakkan elektron di dalam tabung CRT.

Baca Juga :   Cara Program TV Sharp Paling Mudah dan Praktis

Persamaan Flyback Polytron

Ketika seri flyback TV yang kalian butuhkan sulit ditemukan atau stoknya tidak tersedia, menggantinya dengan flyback seri lain yang memiliki persamaan adalah solusi yang tepat.

Jika kalian tidak dapat menemukan flyback TV yang seri aslinya, kalian dapat mencari data persamaan flyback TV. Setiap flyback TV memiliki data pin yang memiliki persamaan, termasuk flyback TV Polytron.

Terdapat berbagai seri flyback FTB yang dapat digunakan sebagai pengganti flyback asli TV Polytron. Namun, tidak semua seri cocok, dan kalian perlu memperhatikan ukuran layar TV Polytron kalian agar cocok dengan seri flyback yang berbeda.

Persamaan flyback Polytron yang terbaik adalah seri atau model flyback dengan data pin yang sama dengan flyback aslinya. Berikut ini adalah beberapa persamaan flyback Polytron yang paling cocok beserta data pin masing-masing seri flyback.

(kalian dapat menyediakan data pin persamaan flyback Polytron yang tepat sesuai dengan informasi yang dimiliki)

TV Polytron Tipe Lama atau Jadul

Jika kalian menggunakan televisi tabung merk Polytron versi jadul, berikut ini adalah beberapa persamaan FTB yang paling cocok sebagai penggantinya.

14″ FCK 14A006
20″ FCM2015H
20″ FTK21R002
Data Pin : NC _ NC _ GND _ 185V _ 16V _ H _ 24V _ ABL _ B+115V _ COL

TV Polytron Digitec

Untuk televisi tabung Polytron Digitec, berikut adalah beberapa seri flyback terbaik yang dapat digunakan sebagai penggantinya. Silakan lihat tabel di bawah ini.

20″ FCM 20 B 061N
21″JF 0501 – 19587
21″ JF0501 – 19584
Data Pin : COL_B+115V_GND_NC_185V_H_NC(25V)_ABL_+12V_-12V(AFC)
21″ JF0501-195913
21″ FTK-21R011UN
Data Pin : COL_B+115V_GND_185V_NC_H_25V_BCL_12V_AFC
20″ FCM 20 B 061N
21″JF 0501- 19577
Data Pin : COL _ B+115V _ GND _ NC _ 185V _ H _ NC _ ABL _ +12V _-12V

TV Polytron Tipe Lainnya

Untuk kalian yang menggunakan tipe TV tabung Polytron lainnya, berikut ini adalah daftar tabel persamaan flyback terkait. kalian dapat mencarinya untuk penggantian flyback asli yang rusak atau bocor pada TV Polytron kalian. Silakan sesuaikan dengan flyback yang digunakan pada TV Polytron kalian.

FCM-20B061N
FCM 14B014N
Data Pin : COL _ B+ _ GND _ 185 _ NC _ HT _ NC _ ABL _ +12 _ -12
JF0601-19577
Data Pin : COL _ B+ _ GND _ 200V _ NC _ HT _ NC _ ABL _ +12 _ -12
BSC25-0223N
BSC 59G1
Data Pin : COL _ B+115V _ GND _ NC _ 185V _ H _ NC _ ABL _ +12V _-12V

Jika kalian tidak dapat menemukan flyback dengan seri yang sama, kalian dapat mencari salah satu dari seri persamaan flyback yang telah disebutkan sebelumnya. Mungkin saja seri persamaan tersebut lebih mudah ditemukan di toko-toko elektronik terdekat.

Baca Juga :   Cara Setting TV Sony Bravia Paling Mudah

Selain itu, kalian juga dapat mencari seri persamaan flyback tersebut secara online di platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. Namun, berapa harga dari flyback tersebut? Informasi lebih lanjut dapat kalian temukan dalam ulasan lengkap di bawah ini.

Harga Flyback TV Polytron

Harga flyback tidak terlalu mahal, umumnya berada dalam kisaran Rp. 40.000 hingga Rp. 100.000, tergantung pada seri, tipe TV yang digunakan, dan kondisi pasar. Baik itu di toko elektronik offline maupun online, harga flyback cenderung tidak berbeda secara signifikan.

Namun, jika kalian membeli secara online melalui platform e-commerce, mungkin akan dikenakan biaya tambahan untuk pengiriman. Biasanya, biaya pengiriman berkisar minimal Rp. 27.000, tergantung jarak dan berat paket yang dikirim.

Namun, yang pasti harga flyback Polytron tidak mencapai angka ratusan ribu, sehingga terjangkau bagi dompet kalian. Untuk daftar harga flyback TV Polytron dan persamaan seri flyback TV Polytron, silakan lihat tabel di bawah ini.

Seri Flyback PolytronHarga Flyback
14″ FCK 14A006Rp. 45.000
20″ FCM2015HRp. 65.000
20″ FTK21R002Rp. 60.000
20″ FCM 20 B 061NRp. 40.000
21″JF 0501 – 19587Rp. 40.000
21″ JF0501 – 19584Rp. 53.000
21″ JF0501-195913Rp. 80.000
21″ FTK-21R011UNRp. 65.000
BSC25-0223NRp. 75.000
21″JF 0501- 19577Rp. 50.000

Catatan Penting: Harga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi pasar. Kemungkinan juga terdapat perbedaan harga di setiap daerah, oleh karena itu sebaiknya kalian menanyakan kepada penjual untuk memastikannya agar lebih jelas.

Ciri Ciri Flyback TV Rusak dan Gejalanya

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kerusakan flyback TV yang bervariasi, yang mungkin pernah kalian temui. Jika kalian mengalami masalah yang sesuai dengan ciri-ciri di bawah ini, kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan pada flyback TV.

1. Tegangan Naik Turun

Salah satu ciri kerusakan pada flyback TV adalah tegangan yang naik turun atau fokus yang tidak berfungsi. Jika kalian mengalami masalah ini, gambar pada layar TV kadang-kadang akan fokus dan kadang-kadang menjadi buram secara otomatis saat TV dalam keadaan menyala.

2. Gulungan kawat short atau terbakar.

Kerusakan ini terjadi ketika lilitan kawat pada flyback terbakar akibat short circuit (konslet). Biasanya, terdapat retakan pada body flyback dan seringkali mengeluarkan benda berwarna kuning.

3. Kebocoran tegangan tinggi.

Saat TV dinyalakan dan flyback masih terpasang, terlihat adanya semburan api berwarna biru dan mengeluarkan suara konsleting yang cukup nyaring. Jika kalian mengalami masalah ini, sebaiknya mencabut TV dan tidak terus menghubungkannya karena kemungkinan besar kerusakan akan merambat ke komponen lain yang berdekatan dengan flyback.

Baca Juga :   Temukan Nomor Dan Alamat Service Center TV TCL di Indonesia

4. Kebocoran pada kabel tegangan tinggi.

Salah satu ciri kerusakan flyback TV adalah terbakarnya atau terkelupasnya kabel tegangan tinggi. Kerusakan ini sering terjadi karena penurunan kualitas atau penerimaan tegangan yang terlalu tinggi secara berulang.

5. Tegangan tinggi anoda konslet (short).

Kerusakan ini dapat terjadi akibat kebocoran hubungan ketika mengukur antara kop dengan tegangan tinggi, serta pin Ground atau ABL menggunakan multitester dengan skala X10. Gejala kerusakan seperti ini dapat menyebabkan ketidakfokusan pada layar dan tidak munculnya gambar, serta terkadang terdengar suara bunyi pada flyback. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan penurunan tegangan B+.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas tentang persamaan Flyback Polytron. Persamaan ini sangat penting dalam memahami cara kerja dan perbaikan flyback pada perangkat elektronik, terutama pada televisi Polytron.

Persamaan Flyback Polytron memberikan hubungan matematis antara berbagai variabel yang terlibat dalam operasi flyback. Dengan menggunakan persamaan ini, teknisi dapat menganalisis dan memperbaiki masalah yang terjadi pada flyback dengan lebih efisien.

Persamaan ini tidak hanya memperhitungkan tegangan input dan output, tetapi juga faktor-faktor seperti induktansi primer dan sekunder, jumlah lilitan pada kumparan primer dan sekunder, dan efisiensi transformator.

Dalam artikel ini, kita telah menjelaskan bagaimana menggunakan persamaan Flyback Polytron untuk menghitung berbagai variabel yang terkait dengan flyback. Kita juga telah membahas beberapa masalah umum yang terjadi pada flyback dan bagaimana menganalisis serta memperbaikinya.

Dengan pemahaman yang baik tentang persamaan Flyback Polytron, teknisi dapat mengoptimalkan kinerja flyback, mengurangi kegagalan komponen, dan memperpanjang umur perangkat elektronik.

Semoga artikel ini memberikan wawasan yang berguna tentang persamaan Flyback Polytron dan manfaatnya dalam dunia perbaikan elektronik. Dengan pengetahuan ini, kita dapat menghadapi tantangan dalam memperbaiki flyback dengan lebih percaya diri dan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *