Cara Menghubungkan Receiver Parabola ke TV LED Sharp Aquos

Cara Menghubungkan Receiver Parabola ke TV LED Sharp Aquos

Posted on

Finoo.id – Cara Menghubungkan Receiver Parabola ke TV LED Sharp Aquos. Menghubungkan receiver parabola ke TV LED Sharp Aquos sebenarnya cukup mudah dilakukan, selama kalian mengetahui caranya dengan baik dan benar. Oleh karena itu, di sini kami akan berbagi informasi mengenai hal tersebut, serta membahas cara scan channel TV Sharp Aquos dan cara mengatur remote TV Sharp Aquos.

Apa Itu Receiver Parabola

Jika kalian ingin menonton siaran televisi melalui parabola, kalian akan memerlukan receiver parabola. Receiver parabola adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengubah sinyal LNB pada antena parabola menjadi sinyal video dan audio yang dapat dilihat pada televisi.

Ada beberapa jenis receiver parabola, antara lain receiver mpeg4, mpeg2, dan HD. Agar mendapatkan tampilan visual yang lebih baik pada saluran televisi kalian, disarankan untuk membeli receiver parabola yang sudah mpeg4 atau HD sehingga gambar yang ditampilkan menjadi lebih jernih.

Fungsi Receiver Parabola

Tidak hanya itu, receiver parabola juga memiliki beberapa fungsi lain, seperti:

  1. Memproses sinyal dari satelit agar menjadi gambar dan suara yang jernih dan berkualitas tinggi.
  2. Menampilkan saluran televisi yang dapat diatur dan dipilih melalui receiver.
  3. Membuat rekaman program televisi dengan menggunakan fitur PVR (Personal Video Recording).
  4. Memiliki fitur Electronic Program Guide (EPG) yang memudahkan pengguna untuk mengetahui jadwal tayangan televisi dan memilih program yang ingin ditonton.
  5. Dapat terhubung dengan internet untuk mengakses layanan streaming atau video on demand.
Baca Juga :   Cara Setting Receiver Ninmedia Terbaru dan Mudah

Cara menghubungkan receiver parabola ke TV LED Sharp Aquos dengan baik dan benar

1. Hubungkan receiver ke antena parabola dan TV

Untuk memulai metode ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungkan receiver ke antena parabola dan TV. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  • Pastikan TV dalam mode AV dan kemudian pasang kabel AV out rx ke AV in TV.
  • Pasang kabel antena parabola ke receiver yang digunakan.
  • Hubungkan masing-masing steker ke arus listrik.
  • Terakhir, hidupkan receiver.

2. Atur pengaturan satelit di receiver

Setelah receiver terhubung dengan antena parabola dan TV, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

  • Tekan menu pada receiver untuk menampilkan menu pengaturan. Pilih opsi “Instalasi” dan lanjut ke opsi “Pengaturan Antena”.
  • Di dalam pengaturan satelit, atur sesuai dengan setting LNB parabola yang sesuai. Pastikan untuk mengetahui informasi tentang LNB terlebih dahulu.
  • Abaikan transponder yang muncul dan pilih opsi “Daya LNB” dengan memilih “Hidup”.
  • Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya untuk mencari channel yang sesuai dengan kebutuhan.

Cara scan channel TV Sharp Aquos dengan mudah

1. Secara otomatis

Cara ini sangat mudah dilakukan oleh semua orang. Berikut adalah tahapannya:

  • Colokkan kabel power TV Sharp ke stop kontak dan siapkan remote kontrol yang sesuai.
  • Tekan tombol “On/Off” dan tombol “Menu” pada remote untuk mengakses opsi “Umum/Pengaturan Awal”.
  • Pilih opsi “Pengaturan Otomatis” dan tentukan jenis pencarian DTV.
  • Tunggu hingga proses pemindaian selesai dan selesai.

2. Secara manual

Selain bisa dilakukan secara otomatis, kamu juga dapat memprogram channel TV Sharp secara manual dengan langkah-langkah berikut:

  • Colokkan kabel TV Sharp ke stop kontak dan siapkan remote yang sesuai.
  • Nyalakan TV dan akses menu pengaturan awal untuk memprogram channel.
  • Pilih opsi “Pengaturan Manual” dan tentukan jenis pencarian DTV.
  • Tentukan mux provider, frekuensi, dan bandwidth secara manual, lalu tekan tombol “Enter” untuk melakukan konfirmasi.
Baca Juga :   Cara Mengatasi Nex Parabola Tidak Ada Sinyal

Cara setting remote TV Sharp Aquos

1. Siapkan remotnya terlebih dahulu

Untuk memulai proses ini, siapkan dulu remote control-nya. Kemudian, tekan dan tahan tombol “Set”. Ingat, jangan lepaskan tombol tersebut sebelum masuk ke tahap selanjutnya.

2. Tunggu hingga lampu indikator menyala

Langkah berikutnya adalah dengan menekan tombol “Power” pada remote hingga lampu indikator pada remote tersebut menyala secara otomatis.

3. Lepaskan kedua tombol

Setelah lampu indikator menyala, lepaskan kedua tombol tersebut. Kemudian, tekan kode remote Sharp yang sesuai. Setelah itu, lampu akan mati secara otomatis dan remote TV Sharp sudah siap digunakan.

Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik

Untuk memilih receiver parabola terbaik, disarankan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan. Beberapa merek receiver biasanya sudah bekerja sama dengan provider perusahaan televisi berlangganan – yang disebut receiver rekomendasi. Namun, ada juga merek yang independen – disebut receiver non-rekomendasi. Berikut adalah 5 merek receiver parabola terbaik yang dapat dipertimbangkan:

1. Nex Parabola

Paket Nex Parabola Garuda G2 berwarna hitam dilengkapi dengan satu receiver Nex Parabola Garuda, satu remote control, satu buku manual, satu kabel RCA, kartu garansi, dan dua baterai AAA. Semua kelengkapan tersebut dikemas dalam kotak berwarna biru dengan fitur menarik, yaitu HD pada layar, yang membuat gambar pada televisi terlihat lebih tajam.

2. K-Vision

C-2000 Bromo adalah salah satu merek receiver parabola terbaik yang baru dirilis. K-Vision termasuk dalam jajaran parabola rekomendasi yang memudahkan pengguna untuk mengakses tontonan yang lebih beragam dibandingkan dengan receiver non-rekomendasi. Selain itu, C-2000 Bromo juga dilengkapi dengan port HDMI yang dapat meningkatkan kualitas tampilan pada layar televisi LED kalian.

3. Receiver Parabola Tanaka

Bagi yang tidak memiliki jaringan Wi-Fi di rumah, receiver parabola Tanaka bisa menjadi pilihan yang tepat. Mesin ini tetap dapat beroperasi dengan modem 3G dan dilengkapi dengan port stik Nintendo yang bisa digunakan untuk bermain bersama keluarga di rumah. Namun, diperlukan stick game yang dijual terpisah untuk menggunakannya.

Baca Juga :   Daftar Frekuensi Parabola Semua Satelit Terbaru

4. Visat

HD Q1 Ultimate dari Visat adalah salah satu merek receiver non-rekomendasi yang memiliki bodi tahan banting dan mampu menghantarkan panas dengan baik. Cocok digunakan untuk waktu yang lama, namun tetap perlu dipertimbangkan untuk dimatikan agar tidak terjadi overheating.

5. Skybox

Merek selanjutnya yang menarik adalah Skybox A-1 Combo yang memiliki banyak keuntungan tanpa ribet. Dengan membeli receiver ini, kalian sudah mendapatkan 2 fungsi sekaligus, yaitu DVB-S2 dengan Parabola dan DVB-T2 dengan antena UHF. Dengan begitu, kalian dapat menggunakan tipe antena biasa maupun antena parabola tanpa perlu menggantinya.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam menghubungkan receiver parabola ke TV LED Sharp Aquos, pastikan kalian memperhatikan beberapa hal agar koneksi dapat berjalan dengan baik. Mulai dari memilih kabel yang tepat, menghubungkan kabel dengan benar, hingga mengatur output video pada receiver.

Setelah semua tahap dilakukan dengan benar, kalian dapat menikmati siaran televisi dengan kualitas gambar yang jernih. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam menghubungkan receiver parabola ke TV LED Sharp Aquos.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Menghubungkan Receiver Parabola ke TV LED Sharp Aquos. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *