Harga Borongan Pasang Teralis

Harga Borongan Pasang Teralis Jendela Per Meter Terbaru

Posted on

Finoo.id – Harga Borongan Pasang Teralis Jendela Per Meter Terbaru. Seperti yang diketahui, jendela adalah salah satu komponen penting dalam konstruksi bangunan yang memberikan berbagai manfaat bagi penghuni rumah. Selain berfungsi sebagai ventilasi udara, jendela juga memiliki peran krusial dalam pencahayaan ruangan.

Selain memperhatikan aspek kekuatan dan estetika dalam membangun hunian, pemilik rumah juga perlu mempertimbangkan tingkat keamanan. Oleh karena itu, salah satu langkah untuk menjaga keamanan rumah, terutama terkait dengan jendela, adalah dengan memasang teralis.

Beruntungnya, di pasar Indonesia saat ini telah tersedia beragam jenis dan model teralis jendela yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pemilik rumah. Yang menarik, para kontraktor dan pemborong bangunan juga menyediakan layanan pemasangan material bangunan ini.

Namun, penting untuk dicatat bahwa setiap pemborong atau kontraktor memiliki kebijakan tarif atau harga jasa yang berbeda dalam pemasangan teralis jendela. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memasangnya, disarankan untuk mencari informasi terlebih dahulu mengenai biaya total pemasangan teralis jendela, termasuk semua jenis dan model yang ada.

Apa Itu Teralis Jendela?

Bagi yang belum mengenalnya, teralis jendela adalah sebuah struktur besi yang umumnya dipasang di sekitar jendela rumah. Teralis sering juga disebut dengan sebutan “trellis,” yang mengacu pada elemen keamanan pada struktur luar.

Teralis telah ada sejak abad ke-15 dan telah banyak digunakan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Meskipun pada awalnya teralis digunakan untuk menghias tanaman, di mana perannya adalah untuk memisahkan semak-semak di tepi taman dari jalur setapak, namun seiring waktu, teralis telah berkembang menjadi elemen penting dalam pengamanan jendela. Nama “teralis” sendiri berasal dari bahasa Latin “trichila,” yang berarti penyangga tanaman.

Apa Fungsi Teralis Jendela?

Teralis jendela memiliki berbagai fungsi penting yang sebaiknya kalian ketahui:

  1. Keamanan Ganda: Fungsi utama dari teralis jendela adalah memberikan tingkat keamanan gkalian. Dengan teralis, pencuri akan kesulitan untuk masuk ke dalam rumah karena jendela telah tertutup dengan kokoh. Ini merupakan lapisan pertahanan tambahan yang memberikan perlindungan lebih terhadap potensi intrusi.
  2. Estetika dan Penambah Nilai Rumah: Teralis hadir dalam berbagai model dan desain yang dapat dipasang sesuai dengan gaya dan konsep rumah kalian. Pemilihan model teralis yang tepat dapat memberikan sentuhan estetika pada fasad rumah kalian. Selain memberikan keamanan, teralis juga dapat meningkatkan nilai estetika rumah kalian.
  3. Pelindung Kaca: Selain sebagai penghalang bagi orang yang mencoba masuk, teralis juga dapat berfungsi sebagai pelindung kaca jendela. Ini sangat penting untuk mencegah kerusakan pada kaca akibat benda-benda yang tidak sengaja terlempar, seperti batu atau puing.
  4. Sirkulasi Udara Aman: Teralis juga memungkinkan sirkulasi udara yang aman. Ini memungkinkan pertukaran udara dari luar ke dalam ruangan tanpa risiko masuknya benda asing atau orang ke dalam rumah melalui jendela. Dengan demikian, kalian dapat menikmati udara segar tanpa khawatir akan gangguan yang tidak diinginkan.
Baca Juga :   Cara Membuat Septic Tank Buis Beton Paling Tepat dan Sesuai

Model Teralis Jendela

Sebagai komponen tambahan pada rumah atau bangunan lainnya, teralis jendela dapat direkayasa dalam beragam model yang berbeda. Pembuatan berbagai variasi model teralis jendela ini bertujuan untuk meningkatkan kesan estetika dan nilai suatu bangunan.

Saat ini, terdapat tiga model teralis jendela yang umum digunakan oleh masyarakat sebagai unsur pengamanan dan aksesoris rumah mereka. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai harga pemasangan teralis jendela, mari kita kenali beberapa modelnya di bawah ini.

1. Teralis Jendela Horizontal

Teralis jendela horizontal, seperti yang tersirat dari namanya, memiliki garis horizontal pada setiap elemennya. Garis horizontal ini diciptakan sedemikian rupa sehingga menghalangi jangkauan tangan seseorang, membuatnya sulit untuk mencoba masuk atau melewati teralis. Biasanya, teralis jendela horizontal dibuat dengan jarak minimal sekitar 20 cm antara garis-garis horizontalnya. Model ini memberikan tingkat keamanan yang baik tanpa mengorbankan penampilan estetis.

2. Teralis Jendela Silang

Teralis jendela silang adalah jenis teralis berikutnya. Dalam model ini, elemen silang yang terbentuk pada teralis memberikan sedikit ruang untuk dijangkau dengan tangan. Selain itu, jarak yang sangat sempit antara elemen silang membuatnya sangat sulit bagi seseorang untuk mencoba masuk ke dalam rumah. Teralis jendela silang menggabungkan elemen keamanan yang kuat dengan penampilan yang menarik.

3. Teralis Jendela Campuran

Apabila kalian menginginkan variasi yang lebih menarik dan estetis, teralis jendela campuran bisa menjadi pilihan yang tepat. Model ini menggabungkan elemen horizontal dan silang, menciptakan tampilan yang lebih beragam. Namun, penting untuk memperhatikan jarak antara elemen-elemen ini agar tidak terlalu renggang, sehingga tetap menjaga tingkat keamanan. Model teralis jendela campuran mampu menciptakan kesan estetis yang menarik pada bangunan, sambil tetap memberikan tingkat keamanan yang baik.

Harga Borongan Pasang Teralis Jendela Per Meter

Sama seperti pada HARGA BORONGAN PEKERJA BANGUNAN umumnya, harga borongan pemasangan teralis jendela juga cenderung berbeda di tiap daerah. Perbedaan tarif atau harga jasa pemasangan material ini disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk tingkat kerumitan dan risiko yang terkait dengan pemasangannya.

Selain itu, bahan dasar, model, dan ukuran teralis jendela juga akan berdampak pada total harga borongan per meter persegi. Untuk menghilangkan keraguan, berikut adalah daftar harga borongan pemasangan teralis jendela untuk berbagai jenis dan ukuran per meter persegi yang patut kalian perhatikan.

Baca Juga :   √ Harga Batako Semua Ukuran Terbaru Per Biji & Per Kubik

MaterialUkuranModelHarga
Nako10 mmMinimalisRp395,000
Nako10 mmAbstrakRp550,000
Nako12 mmMinimalisRp435,000
Nako12 mmAbstrakRp610,000
Nako16 mmMinimalisRp520,000
Nako16 mmAbstrakRp700,000

Harap diperhatikan bahwa harga borongan yang disebutkan di atas sudah mencakup biaya tenaga kerja untuk pemasangan teralis jendela, pembelian bahan material, dan juga proses finishing dengan menggunakan cat semprot (spray). Dengan kata lain, harga borongan tersebut sudah mencakup semua komponen yang terkait dengan pemasangan teralis jendela..

Cara Menghitung Biaya Pasang Teralis Jendela

Sebelumnya, kita telah mengulas dengan rinci harga borongan pemasangan teralis jendela per meter persegi. Sekarang, mari kita bahas bagaimana kalian dapat menghitung biaya pemasangan teralis jendela menggunakan jasa pekerja borongan bangunan. Berikut adalah panduan perhitungannya.

Volume Pekerjaan Jendela

Langkah pertama, kalian perlu menentukan total luas atau volume jendela yang akan dipasangi teralis. Sebagai contoh, apabila kalian ingin memasang teralis jendela dengan material Nako berukuran 12 mm dalam model minimalis pada sepasang jendela dengan ukuran 1.5 m x 0.5 m, maka perhitungannya akan seperti berikut:

Diketahui:

  • Panjang jendela: 0.5 m.
  • Tinggi jendela: 1.5 m.

Perhitungan:

  • Volume jendela rumah: Panjang x Tinggi.
  • Volume jendela rumah: 0.5 m x 1.5 m = 0.75 m2.

Biaya Pasang Teralis Jendela

Langkah berikutnya adalah menghitung biaya pemasangan teralis jendela Nako 12 mm dalam model minimalis pada dua jendela, masing-masing berukuran 0.75 meter persegi, dengan menggunakan jasa pekerja borongan. Berikut adalah langkah-langkah rinci perhitungan biaya pemasangannya:

  • Biaya pemasangan teralis: 2 x (Volume pekerjaan x Harga borongan).
  • Biaya pemasangan teralis: 2 x (0.75 m2 x Rp 435.000).
  • Biaya pemasangan teralis: 2 x Rp 326.250 = Rp 652.500.

Dari perhitungan di atas, total biaya yang perlu disiapkan untuk memasang teralis jendela Nako 12 mm dalam model minimalis pada dua jendela berukuran 1.5 m x 0.5 m adalah sekitar Rp 652.500.

Pemilihan Bahan Teralis Jendela

Selain mempertimbangkan model, sebelum kalian memutuskan untuk memasang teralis jendela, pastikan kalian mengetahui jenis bahan atau material yang akan digunakan untuk membuat teralis tersebut. Dengan demikian, kalian dapat menghindari penyesalan di masa depan akibat pemilihan bahan yang tidak tepat. Berikut adalah berbagai pilihan bahan untuk pembuatan teralis jendela yang bisa kalian pertimbangkan.

1. Besi Behel

Pertama, terdapat besi behel yang sering digunakan, terutama untuk hunian dengan desain minimalis modern. Bahan ini menjadi pilihan populer karena bobotnya yang ringan. Selain itu, besi behel mampu menciptakan tampilan yang sesuai dengan konsep minimalis.

2. Besi Tempa dan Plat

Kemudian, terdapat bahan yang terbuat dari besi tempa dan plat. Kelebihan dari bahan ini adalah kemampuannya untuk dibentuk dengan beragam desain dan juga kekuatannya yang tinggi. Biasanya, bahan ini cocok untuk hunian yang mengadopsi desain klasik.

Baca Juga :   √ Perbedaan SolarTuff dan SolarFlat, Mana Yang Lebih Baik?

3. Kayu

Banyak juga yang memilih bahan kayu. Umumnya, kayu digunakan pada jendela-jendela besar tanpa perlu banyak perubahan bentuk.

Kelebihan dan Kekurangan Teralis Jendela

Walaupun teralis jendela memiliki peran krusial dalam meningkatkan tingkat keamanan hunian, bukan berarti material ini bebas dari kelemahan. Sebelum kalian memutuskan untuk memasang teralis jendela, mari kita tinjau beberapa kelebihan dan kekurangannya..

Kelebihan:

  1. Tingkat Kekuatan yang Tinggi: Teralis jendela memiliki tingkat kekuatan yang tinggi karena umumnya terbuat dari bahan dasar berkualitas. Hal ini memberikan perlindungan ekstra dan ketenangan pikiran dalam hal keamanan rumah.
  2. Penambahan Nilai Estetika: Teralis jendela mampu meningkatkan nilai estetika sebuah bangunan. Dengan berbagai jenis dan model yang tersedia, kalian dapat memilih yang sesuai dengan gaya arsitektur rumah kalian, menjadikannya lebih menarik secara visual.
  3. Beragam Jenis dan Model: Teralis jendela hadir dalam berbagai jenis dan model, memungkinkan kalian untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kalian. Ini memberikan fleksibilitas dalam merancang tampilan hunian kalian.
  4. Perawatan Mudah: Proses perawatan teralis jendela relatif mudah. kalian hanya perlu membersihkannya secara teratur dan mungkin melakukan perawatan permukaan jika diperlukan untuk menjaga penampilan dan fungsionalitasnya.

Kekurangan:

  1. Pemasangan Sulit: Proses pemasangan teralis jendela bisa cukup sulit dan memerlukan keterampilan khusus. Oleh karena itu, kalian mungkin perlu menggunakan jasa tukang khusus untuk memastikan pemasangan yang benar dan aman.
  2. Harga Tinggi: Salah satu kekurangan utama teralis jendela adalah harganya yang cenderung mahal. Biaya pembelian material dan pemasangan dapat menjadi investasi yang signifikan. Namun, keuntungan dalam hal keamanan dan penampilan estetika mungkin sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Baca Juga :

Penutup

Harga Borongan Pasang Teralis Jendela adalah keharusan bagi para pemilik rumah yang ingin meningkatkan keamanan rumah mereka sambil menambahkan sentuhan elegansi.

Gril jendela yang dapat disesuaikan ini menawarkan beragam pilihan untuk memenuhi preferensi kalian. Ingatlah untuk mempertimbangkan bahan, desain, dan anggaran ketika membuat pilihan kalian, dan selalu pilih instalasi profesional untuk memastikan keamanan dan estetika rumah kalian tetap terjaga.

Perkuat keamanan rumah kalian dengan Harga Borongan Pasang Teralis Jendela dan nikmati ketenangan pikiran yang datang bersamanya.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Harga Borongan Pasang Teralis Jendela Per Meter Terbaru. Semoga aartikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *