Harga Borongan Plitur Kayu

√ Harga Borongan Plitur Kayu Terbaru: Tenaga & Material

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Plitur Kayu Terbaru: Tenaga & Material. Seperti yang telah diketahui, saat ini terdapat berbagai produk finishing untuk kayu yang digunakan baik dalam skala industri maupun rumahan, termasuk oleh para penghobi. Tentu saja, setiap jenis produk yang digunakan dalam skala tersebut akan bervariasi, tergantung pada fungsinya masing-masing.

Di Indonesia, terdapat dua jenis bahan material bangunan yang umumnya digunakan sebagai finishing untuk kayu, yaitu melamin dan plitur. Tujuan dari pelapisan kayu dengan menggunakan material tersebut adalah untuk membuat perabot atau furnitur terlihat lebih indah dan berkilau, sehingga mampu memberikan kesan mewah pada hunian.

Ketika berbicara tentang plitur, beruntungnya saat ini terdapat banyak kontraktor atau pemborong yang menyediakan jasa pengerjaannya. Namun, setiap kontraktor atau pemborong bangunan biasanya memiliki ketentuan mengenai upah jasa borongan untuk setiap pengerjaan yang dilakukan.

Oleh karena itu, jika kalian berencana untuk melakukan pengerjaan plitur menggunakan jasa borongan, disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu besaran harganya. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga borongan plitur kayu per unit dan per meter untuk semua jenis dan ukuran.

Apa Itu Plitur Kayu?

Penting untuk disadari bahwa seringkali banyak orang menganggap bahwa pernis kayu dan plitur adalah hal yang sama. Namun, sebenarnya keduanya memiliki karakteristik unik dan perbedaan mendasar antara satu dengan yang lainnya, baik dari segi bahan baku, cara penggunaan, hasil, dan aspek lainnya.

Plitur, pada dasarnya, adalah cat transparan yang terbuat dari pigmen utama yang disebut oker. Oker adalah suatu senyawa yang berasal dari tanah liat dan telah mengalami proses oksidasi. Proses ini mengakibatkan oker memiliki variasi warna yang meliputi berbagai nuansa, mulai dari cokelat, kuning muda, hingga kuning keemasan.

Baca Juga :   √ Harga Borongan Pasang ACP Per Meter Untuk Interior & Eksterior

Berbeda dengan pernis kayu, plitur cenderung memberikan lapisan yang lebih tebal dan tahan terhadap cuaca. Hasil akhir plitur memberikan tampilan kayu yang lebih berkilau dan menonjolkan serat kayu dengan jelas. Selain itu, kelebihan lain dari plitur adalah kemampuannya untuk memberikan perlindungan yang baik terhadap kayu dari kerusakan akibat sinar UV dan kelembaban.

Oleh karena itu, pemahaman yang jelas mengenai perbedaan antara pernis kayu dan plitur sangat penting untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan tampilan yang diinginkan pada perabot kayu atau furnitur.

Fungsi Plitur Kayu

Sebelum mengulas aspek utama terkait harga borongan plitur kayu per unit atau per meter persegi, disarankan untuk memahami terlebih dahulu berbagai fungsi plitur. Penting untuk diingat bahwa karena bahan baku plitur tidak mengandung pelarut, maka tidak dapat langsung diaplikasikan pada permukaan kayu.

Oleh karena itu, sebelum penggunaan, plitur harus dicampur dengan bahan pelarut, yaitu thinner. Secara umum, plitur digunakan untuk memberikan kilau dan warna pada permukaan kayu, sehingga perlu diingat bahwa plitur tidak memiliki fungsi serupa dengan pernis kayu.

Saat ini, plitur tidak hanya digunakan untuk melapisi perabot atau furnitur kayu di dalam rumah, tetapi juga dapat diterapkan pada kusen, daun pintu, dan jendela. Secara keseluruhan, penggunaan plitur dapat menjadi solusi yang tepat untuk bahan kayu yang memiliki warna permukaan yang tidak merata.

Harga Borongan Plitur Kayu

Setelah memahami segala aspek terkait plitur kayu, mulai dari definisi, fungsi, kelebihan, hingga kekurangannya, langkah berikutnya adalah memahami seberapa besar biaya borongan untuk pengerjaannya. Seperti halnya dalam kasus harga borongan melamin pintu, besaran upah jasa plitur kayu juga dapat bervariasi di berbagai wilayah.

Perbedaan dalam besaran harga borongan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kondisi pekerjaan, tingkat kerumitan, dan risiko pengerjaannya. Untuk menghilangkan rasa penasaran, di bawah ini kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenai daftar harga borongan plitur kayu per unit dan per meter untuk berbagai jenis dan ukuran.

Baca Juga :   √ Apa Itu Bathtub? Serta Jenis dan Materialnya Lengkap

KeteranganHarga Borongan
Plitur KusenRp 30.000 / meter
Plitur JendelaRp 100.000 / unit
Plitur PintuRp 400.000 / unit

Perlu diingat bahwa besaran harga borongan pengerjaan plitur kayu di atas sudah mencakup berbagai komponen, termasuk biaya tenaga kerja dan pembelian bahan material yang diperlukan. Dengan kata lain, semua kebutuhan dalam pengerjaan plitur kayu akan ditanggung oleh kontraktor atau pemborong, sehingga pemilik rumah hanya perlu memantau prosesnya.

Namun, perlu diingat kembali bahwa upah jasa borongan plitur kayu tersebut dapat bervariasi di berbagai daerah karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Oleh karena itu, untuk memastikan mendapatkan harga terbaik, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan para ahli di bidang ini.

Harga Bahan Pembuat Plitur Kayu

Pitur kayu dibuat dari beberapa bahan yang berbeda. Berikut ini adalah tabel yang memberikan informasi mengenai harga bahan-bahan pembuat plitur:

BahanHarga
Spiritus A specialRp 15.000 per bungkus/liter
Serlak MalaysiaRp 50.000 per bungkus/kg
Mata kucingRp 20.000 per kg
Bensin untuk dasaran politurRp 7.500 per liter
Kuas, kain pop, okerRp70,000

Kelebihan dan Kekurangan Plitur

Selain data di atas, kalian juga dapat memperoleh pemahaman yang cukup penting, yaitu mengenai kelebihan dan kekurangan dari jenis finishing politur ini. Lebih rinci, mari kita tinjau kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut:

Kelebihan:

  1. Praktis, Simpel, dan Cepat:
    Penggunaan politur dikenal karena kemudahannya, proses yang sederhana, dan kecepatan pengerjaannya.
  2. Cepat Kering:
    Politur memiliki keunggulan dalam waktu pengeringan yang cepat, memungkinkan pengerjaan yang efisien.
  3. Lapisan Keras dan Elastis:
    Lapisan politur cenderung keras namun elastis, sehingga tidak mudah rusak karena perubahan suhu yang dapat menyebabkan pemuaian.
  4. Warna Natural:
    Politur menghasilkan warna yang cukup alami, memberikan tampilan yang mendekati warna asli kayu.
  5. Tingkat Kilau Tinggi untuk Finishing French Polish:
    Politur memiliki tingkat kilau yang tinggi, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk teknik finishing French polish.
Baca Juga :   √ Apa Itu Lantai Plester? Jenis, Kelebihan & Kekuranganya

Kekurangan:

  1. Kurang Cocok untuk Finishing Outdoor:
    Politur kurang ideal jika digunakan untuk finishing pada benda atau permukaan yang akan terpapar secara langsung pada elemen outdoor, karena dapat mengalami degradasi lebih cepat.
  2. Ketidakpopuleran Tingkat Kekilauan Tinggi:
    Bagi sebagian orang, tingkat kekilauan yang tinggi dari politur mungkin kurang diminati, terutama jika preferensi estetika mereka lebih condong ke tampilan yang lebih mat atau natural.
  3. Stabilitas dan Performa Lebih Rendah:
    Politur memiliki kestabilan dan performa yang lebih rendah dibandingkan dengan beberapa bahan finishing lainnya, terutama jika melihat dari segi bahan yang digunakan.
  4. Varian Warna Terbatas:
    Politur memiliki varian warna yang terbatas, mungkin tidak sebanyak beberapa jenis bahan finishing lainnya yang menawarkan lebih banyak pilihan warna.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan mengulas secara mendalam tentang “Harga Borongan Plitur Kayu” beserta seluk-beluknya, diharapkan pembaca telah memperoleh wawasan yang komprehensif terkait topik ini.

Pengetahuan tentang harga bahan pembuat plitur, fungsi plitur kayu, hingga informasi terinci mengenai upah jasa borongan plitur per unit dan per meter, menjadi pedoman bagi mereka yang berencana untuk melakukan pemugaran atau finishing pada perabot kayu.

Perlu diingat bahwa harga borongan plitur kayu dapat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk jenis pekerjaan, tingkat kerumitan, dan kondisi geografis.

Oleh karena itu, dalam mempertimbangkan pilihan terbaik, konsultasikan dengan para ahli atau kontraktor yang berpengalaman di bidang ini.

Semoga artikel finoo.id ini memberikan pkalianngan yang bermanfaat dan membantu pembaca dalam menentukan langkah selanjutnya untuk mencapai hasil finishing kayu yang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *