Cara Mengisi Tinta Epson L120

Cara Mengisi Tinta Epson L120 Mudah & Cepat

Posted on

Finoo.id – Cara Mengisi Tinta Epson L120 Mudah & Cepat. Perangkat elektronik yang dikenal dengan sebutan printer, menjadi alat yang sangat penting dalam membantu pekerjaan sehari-hari. Printer mampu mencetak dokumen baik yang berwarna maupun monokrom pada kertas.

Diantara merek-merek printer yang beredar di pasaran, Epson Indonesia terkenal sebagai produsen printer yang memiliki kualitas baik. Perangkat buatan Epson telah terbukti mampu memberikan hasil cetak yang memuaskan dan performa yang kalianl.

Salah satu seri printer Epson yang banyak diminati oleh masyarakat adalah Epson L120, yang memiliki keunggulan tersendiri. Namun, penggunaan printer membutuhkan tinta agar bisa beroperasi dengan optimal.

Kami telah menyusun panduan sederhana mengenai cara mengisi tinta printer Epson L120 yang cocok bagi pemula. Diharapkan dengan panduan ini, pengguna mampu merawat printer dan melakukan proses refill tinta secara mandiri tanpa harus bergantung pada teknisi.

Spesifikasi Lengkap printer epson L120

Printer Epson Lseries tetap menjadi produk utama printer yang paling diminati oleh para pemburu printer. Alasannya adalah karena kenyamanan dan fitur CISS (Continues Ink System Supply) yang dimiliki oleh printer Epson. Fitur ini memudahkan para pengguna printer untuk melakukan pengisian ulang tinta ke dalam cartridge, tanpa harus melepas atau membawa ke toko printer secara terus-menerus.

Salah satu tipe printer Epson Lseries yang dibahas kali ini adalah tipe L120. Printer ini menjadi salah satu produk printer yang paling banyak dicari selama 3 bulan terakhir. Meskipun tidak termasuk dalam kategori printer multifungsi, printer Epson L120 ini masih bisa dikalianlkan untuk melakukan pencetakan saja. Kecepatan cetak yang dimiliki oleh printer ini cukup memadai baik untuk penggunaan personal (diri sendiri/rumahan) maupun penggunaan di kantor.

Printer Epson L120 sudah dilengkapi dengan tabung infus resmi dari Epson dan sudah dapat menyalurkan tinta langsung. Dengan demikian, pengguna lebih nyaman menggunakan printer ini daripada harus membeli printer biasa dan melakukan modifikasi (yang akan merugikan dan menghilangkan garansi).

Baca Juga :   Cara Reset Epson L805 dengan Mudah dan Simpel

Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh printer ini antara lain:

  • Menggunakan tinta printer dengan biaya rendah yang juga dikenal sebagai hemat biaya.
  • Sangat sesuai untuk bisnis rumahan dan perkantoran yang sedang berkembang.
  • Kecepatan mencetak hitam mencapai 8,5ipm dan warna mencapai 4,5ipm.
  • Printer Epson dilengkapi dengan garansi selama 1 tahun dengan batas cetak 15.000 lembar/tahun pertama.
  • Mudah mengisi ulang tinta dengan cara melakukan refil ke tabung infus dari luar.
  • Ukuran printer yang kecil sehingga mudah diletakkan di mana saja.

Spesifikasi Lengkap printer Epson L120 :

Multifunction Printer: NO (Print Only) 
Print Metode: On Demand Inkjet ( piezoelectric )
Printer Technology: Hp thermal inkjet
Ukuran Maks. kertas: A4
Rekomend garansi cetak: 15.000 halaman
Maks resolusi: 720 x 720 dpi
Ink Droplet: 3pl
Kecepatan Cetak hitam: iso : 8.5 ipm
Kecepatan cetak Foto warna: iso : 4.5 ipm
Cetak dua sisi: Manual
Konektivitas: USB 2.0 high speed
Tempat Kertas : 1 ( bagian atas )
Maksimaljumlah Kertas di tray: 50 lembar A4
Ukuran Kertas Maksimal: A4,Plain Paper, 8.5 x44? 
Operating System Support: Windows XP/ Windows 7/ Windows 8/ Windows Vista, Mac OS X
Tinte Resmi yang digunakanBlack (T6641)
Cyan (T6642)
Magenta (T6643)
Yellow  (T6644)
Daya : 100 to 240 /220-240, 50/60 Hz
Ukuran printer: 461 x 215 x 130 mm
Berat Printer: 2,5 kg
Harga Catridge: 120.000 – 140.000

Prosedur Isi Tinta Epson L120

Jumlah tinta dalam tabung printer Epson L120 akan berkurang seiring dengan proses pencetakan dokumen yang dilakukan. Oleh karena itu, terdapat saat-saat di mana kamu harus melakukan pengisian ulang tinta untuk menjaga kelangsungan operasional unit tersebut.

Sebelum melakukan pengisian ulang tinta pada printer Epson L120, terdapat beberapa prosedur dan ketentuan umum yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Pilih Tinta Asli

Tinta merupakan cairan khusus dengan warna tertentu yang menjadi bahan utama bagi printer untuk mencetak dokumen, baik itu halaman monokrom maupun berwarna, tergantung pada keinginan pemilik produk masing-masing.

Terdapat dua jenis tinta yang tersedia, yaitu original pabrik dan versi pihak ketiga. Namun, penting untuk memilih produk asli dari pabrik agar sesuai dengan printer Epson yang digunakan. Pasalnya, terdapat sebuah komponen pada printer Epson berupa sensor yang berfungsi untuk mendeteksi keaslian tinta yang digunakan.

Baca Juga :   Tinta Hitam Tidak Keluar Pada Epson L120:Penyebab & Solusinya

2. Amati Level Tinta

Epson L120 menggunakan sistem ekosistem terpadu dengan mengadopsi EcoTank sebagai pengganti media cartridge. Hal ini memudahkan pemilik untuk melakukan proses pengisian ulang sendiri dan mencegah penggunaan tinta pihak ketiga yang tidak terjamin kualitasnya.

Pada permukaan EcoTank terdapat indikator yang menkaliankan volume tinta yang mencapai batas bawah. Biasanya, indikator tersebut berupa garis lurus yang menjadi acuan bagi pemilik untuk segera melakukan pengisian ulang sendiri.

3. Tidak Menekan Botol

Bagi pemula, umumnya masih belum terlalu memahami fitur-fitur Epson L120 dan juga metode perawatan yang benar. Beberapa di antaranya sering kali menekan botol dengan terlalu kuat saat proses pengisian ulang sedang berlangsung sehingga volume tinta terisi terlalu penuh.

Namun, hal ini dapat membawa dampak buruk bagi Epson L120. Pasalnya, saran pengisian tinta maksimal hanya sampai batas atas saja. Jangan lupa untuk selalu menyisakan sedikit ruang udara agar sirkulasi aliran tinta tetap lancar saat kamu melakukan pencetakan dokumen.

Cara Mengisi Tinta Epson L120

Banyak pemilik printer yang tetap melanjutkan pencetakan dokumen meskipun volume tinta telah mencapai batas bawah. Padahal, kebiasaan ini dapat membawa dampak buruk bagi unit printer, mulai dari malfungsi ringan hingga kerusakan komponen yang lebih serius.

Jangan biarkan printer Epson L120 terus beroperasi saat volume tinta sudah mencapai batas bawah. Segera lakukan pengisian ulang tinta agar kelangsungan operasional unit tetap terjaga. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

1. Sediakan Tinta Refill

Pastikan untuk menyediakan beberapa botol isi ulang tinta original yang dapat dibeli dari berbagai toko, baik secara offline maupun online. Selain itu, siapkan tisu untuk membersihkan tumpahan tinta yang mungkin terjadi apabila kamu kurang hati-hati saat mengisi ulang tinta.

Epson L120 memiliki empat kategori warna utama, yaitu:

Kode RefillWarna
CCyan
YYellow
MMagenta
BKBlack

2. Proses Refill Epson L120

Meskipun terlihat sepele, proses pengisian ulang tinta pada Epson L120 harus dilakukan dengan baik dan benar. Berikut ini adalah metode pengisian ulang tinta yang benar:

  • Matikan printer Epson L120 terlebih dahulu.
  • Buka penutup cover tabung pada bodi printer.
  • Perhatikan volume tinta di dalam tabung yang sudah kosong.
  • Siapkan botol isi ulang tinta dan tuangkan ke dalam tabung.
  • Pastikan mengisi sesuai dengan kode warna yang tertera.
  • Cabut botol isi ulang tinta saat volume tinta mencapai batas atas.
  • Rapihkan kembali cover penutup tabung EcoTank.
Baca Juga :   Cara Reset Epson L565 Mudah & Simple

3. Mencetak Dokumen

Setelah selesai melakukan pengisian ulang tinta, hidupkan kembali Epson L120 dan tunggu beberapa saat hingga indikator lampu ready menyala. Pastikan untuk menjalankan proses pencetakan satu halaman berwarna untuk memastikan hasil cetakan terlihat jelas.

Cara Setting Printer Epson L210 Setelah Isi Tinta

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setelah melakukan pengisian ulang tinta, disarankan untuk melakukan pengetesan cetakan terlebih dahulu. Jika hasil cetak masih kurang maksimal, bisa dilakukan reset atau setting printer setelah isi tinta.

Cara setting printer Epson L210 setelah isi tinta tidak jauh berbeda dengan cara reset Printer Canon MG2570S. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Nyalakan printer Epson L210 terlebih dahulu.
  • Tekan tombol power dan tombol resume secara bersamaan, kemudian tahan selama 5 detik.
  • Selanjutnya, tekan kembali tombol power dan tombol resume, lalu tahan selama 3 detik.
  • Printer akan melakukan reset selama beberapa saat dan setelah itu printer dapat digunakan kembali.

Jika setelah melakukan langkah-langkah setting di atas, hasil cetakan printer Epson L210 masih kurang maksimal, alternatif lain yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan reset printer menggunakan Resetter Tools yang dapat dicari di Google.

Penutup

Demikianlah ulasan finno.id tentang cara mengisi tinta pada printer Epson L120. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disampaikan di atas, diharapkan kalian dapat mengisi tinta pada printer Epson L120 dengan mudah dan benar.

Ingatlah untuk selalu menggunakan tinta yang sesuai dengan jenis printer kalian agar kualitas cetakan tetap terjaga.

Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan rutin pada printer kalian agar tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *