Harga Batako Semua Ukuran

√ Harga Batako Semua Ukuran Terbaru Per Biji & Per Kubik

Posted on

Finoo.id – √ Harga Batako Semua Ukuran Terbaru Per Biji & Per Kubik. Penggunaan batako dalam konstruksi gedung atau rumah saat ini sedang populer di kalangan sebagian besar orang. Batako dijadikan alternatif pengganti bata merah untuk membangun dinding, rumah, atau struktur bangunan lainnya.

Saat ini, berbagai toko material menyediakan beragam jenis batako dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika kalian berencana menggunakan batako dalam proyek konstruksi rumah, disarankan untuk memahami jenis-jenis batako yang tersedia. Meskipun demikian, masih banyak orang yang belum familiar dengan variasi batako yang ada.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai beberapa jenis batako, termasuk kelemahan, kelebihan, dan harga terbaru. Simak pembahasan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sejarah Pembuatan Batako

Batako, atau yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai concrete block, telah digunakan sejak 100 SM oleh Bangsa Romawi Kuno. Pada masa itu, batako dibuat dari bahan dasar beton, seperti yang terlihat pada struktur dasar Colosseum yang terdiri dari campuran beton dengan air, kapur, pasir abu vulkanik, dan batuan kecil.

Pada tahun 1837, di Staten Island, Amerika, ditemukan sebuah rumah yang menggunakan batako sebagai bahan utamanya. Meskipun demikian, sejarah mencatat bahwa pembuatan batako secara massal baru ditemukan pada tahun 1870. Di Indonesia, penggunaan batako mulai mendapatkan popularitas pada akhir tahun 1980-an, ketika banyak rumah memilih material ini sebagai pengganti bata merah.

Jenis-Jenis Batako

Sebelumnya, penting untuk diketahui bahwa terdapat beberapa jenis batako yang umumnya digunakan dalam konstruksi bangunan gedung dan rumah. Silakan perhatikan penjelasan mengenai beberapa jenis batako di bawah ini.

1. Batako Semen

Batako semen dibuat dari campuran pasir dan semen, dengan beragam ukuran yang tersedia. Ciri khasnya terletak pada adanya 3 buah lubang di bagian sisi batako. Keberagaman ukuran memungkinkan penggunaan batako semen untuk berbagai kebutuhan konstruksi. Lubang-lubang pada sisi batako juga memberikan keleluasaan dalam proses pemasangan.

Baca Juga :   Harga Borongan Pasang Batako Per Meter Terbaru Paling Lengkap

2. Batako Press Hitam

Batako press hitam terbuat dari campuran semen dan pasir, dengan warna yang menonjolkan kesan hitam. Ukurannya cenderung seragam, dan jenis ini lebih sering dipilih untuk proses pembuatan tembok keliling. Kelebihan warna hitam memberikan estetika yang menarik, sementara kekonsistenan ukuran memudahkan dalam pengerjaan konstruksi.

3. Batako Putih atau Trass

Batako jenis ini mengandung campuran batu kapur, trass, dan air, sehingga sering disebut sebagai batu cetak kapur trass. Ukuran stkalianr batako trass berkisar panjang 20-30 cm, tinggi 14-18 cm, dan ketebalan 8-10 cm. Kandungan bahan yang khas memberikan sifat yang unik, menjadikannya pilihan yang baik untuk proyek-proyek konstruksi dengan kebutuhan estetika dan ketahanan tertentu.

Harga Batako Terbaru dan Terlengkap

1. Harga Batako Putih

Harga batako putih umumnya ditawarkan dalam bentuk satuan per buah dan per kubik. Variasi harga disesuaikan dengan jenis-jenis tertentu, tergantung pada keunikan dan kandungan materialnya. Penting untuk memahami perbedaan harga agar dapat memilih batako putih yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran konstruksi kalian.

SPESIFIKASISATUANHARGA
Bata Ringan Vosconm3Rp680,000
Bata Ringan 60 x 20 x 10Per BuahRp680,000
Bata Ringan 60 x 20 x 10m3Rp680,000
Bata Ringan 60 x 20 x 7.5m3Rp680,000
Bata Ringan 60 x 20 x 7.5Per buahRp700,000
Bata Ringan Hebelm3Rp720,000

2. Harga Batako Ringan

Batako ringan, yang terbuat dari pasir dan memiliki rongga, memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan jenis batako lainnya. Harga batako ringan bisa bervariasi tergantung pada spesifikasinya. Untuk informasi lebih rinci, kalian dapat merujuk pada tabel yang menyajikan perbandingan harga dan spesifikasi batako ringan. Hal ini membantu kalian dalam membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan proyek konstruksi kalian.

JENIS BATAKOJUMLAHHARGA
Batako Press 3 LubangBuahRp1,200
Press Franco 3 LubangBijiRp1,200
Batako Press LockBijiRp2,100
Batako MurniBuahRp2,900
Batako SemenBijiRp3,100
Batako JogjaBijiRp3,600
Batako PutihBijiRp3,600
Batako Reguler 3 LubangBuahRp3,700
Batako Reguler 2 LubangBuahRp3,900
Batako Conblock MurniBijiRp4,500

3. Harga Batako Hebel

Batako hebel, yang memiliki bobot lebih berat dibandingkan dengan batako putih dan ringan, biasanya tersedia untuk dibeli atau dipesan dengan satuan ukuran per kubik. Harga batako hebel dapat bervariasi tergantung pada produsen, kualitas, dan wilayah tempat kalian membelinya. Untuk memastikan kalian mendapatkan harga yang kompetitif, sebaiknya bandingkan berbagai penawaran dari penyedia yang berbeda dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan proyek konstruksi kalian.

Baca Juga :   √ Cara Menghitung Biaya Pemasangan Batako: Material & Pekerja

DAERAHUKURANHARGA
MedanPer KubikRp620,000
BandungPer KubikRp680,000
YogyakartaPer KubikRp680,000
Jawa BaratPer KubikRp680,000
Jawa TimurPer KubikRp680,000
MalangPer KubikRp680,000
MojokertoPer KubikRp680,000
PalembangPer KubikRp690,000
JambiPer KubikRp700,000
PasaranPer KubikRp700,000
SemarangPer KubikRp700,000
LampungPer KubikRp700,000
JakartaPer KubikRp720,000
MakasarPer KubikRp720,000
KalimantanPer KubikRp730,000
PekanbaruPer KubikRp740,000
RiauPer KubikRp750,000
PontianakPer KubikRp750,000

Cara Terbaik Memilih Batako

1. Pilih Batako Press atau Buatan Mesin

Pastikan untuk memilih batako yang diproduksi secara press atau menggunakan mesin. Jenis batako ini cenderung memiliki dimensi yang lebih seragam dan kekuatan yang lebih baik, sehingga hasil konstruksi menjadi lebih stabil dan kokoh.

2. Perhatikan Komposisi Adonan

Penting untuk mengetahui komposisi adonan batako yang digunakan. Sebuah komposisi yang baik adalah menggunakan takaran pasir sebanyak 75%, semen 20%, dan air 5%. Sebelum membeli, pastikan untuk menanyakan kepada produsen atau penjual mengenai komposisi adonan batako yang mereka gunakan.

3. Gunakan Pasir Sungai

Pastikan bahwa batako yang kalian pilih menggunakan pasir sungai dalam adonannya. Pasir sungai memiliki kepadatan dan kekuatan tekan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pasir gunung. Hindari pembelian batako yang menggunakan pasir gunung, karena dapat mengurangi kualitas dan kekuatan konstruksi.

4. Periksa Pori-pori dan Bobot Batako

Sebelum membeli, periksa pori-pori batako dengan menyentuh dan mengangkatnya. Batako yang berkualitas baik akan memiliki pori-pori yang padat. Selain itu, batako yang berkualitas juga akan terasa berat ketika diangkat. Bobot yang sesuai menkaliankan bahwa batako telah memiliki kepadatan yang baik, sehingga dapat memberikan ketahanan dan kekuatan yang diperlukan dalam pembangunan.

Keunggulan dan Kelemahan Batako

Salah satu pilihan penggunaan batako adalah untuk mengurangi beban struktur penopangnya. Mengenai keunggulan dan kelemahan batako, informasinya dapat ditemukan di bawah ini.

Keunggulan Batako

1. Ukuran Seragam dan Cetakan Rapi

Batako memiliki keunggulan dalam hal ukuran yang cenderung seragam dan cetakan yang lebih rapi dibandingkan dengan batu bata merah. Keberagaman ukuran yang lebih terkontrol memudahkan dalam proses konstruksi, memberikan hasil yang estetis dan konsisten.

2. Ukuran Lebih Besar

Secara umum, batako memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan batu bata merah. Hal ini dapat mempercepat proses pembangunan karena jumlah batako yang diperlukan lebih sedikit untuk mencapai luas tertentu.

3. Bobot Lebih Ringan

Batako memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan batu bata merah. Bobot yang lebih ringan memudahkan proses pengangkutan dan pemasangan batako, sehingga meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga dalam konstruksi.

Baca Juga :   Pengertian Safety Device: Fungsi, Jenis dan Tujuan Lengkap

4. Pemotongan Lebih Mudah dan Rapi

Batako dapat dipotong dengan lebih mudah dan hasilnya lebih rapi dibandingkan dengan batu bata merah. Kemudahan pemotongan ini memungkinkan penyesuaian yang lebih baik terhadap desain konstruksi, memberikan fleksibilitas tambahan dalam implementasi proyek.

5. Kedap Air

Salah satu keunggulan penting dari batako adalah sifatnya yang kedap air. Hal ini dapat membantu meminimalisir perembesan air hujan ke dalam struktur bangunan, menjaga kekuatan dan integritasnya selama masa pemakaian yang panjang.

Kelemahan Batako

1. Mudah Patah dan Retak

Salah satu kelemahan utama batako adalah kemungkinan mudah patah dan retak. Faktor ini dapat dipengaruhi oleh beban yang diterima serta kondisi lingkungan. Oleh karena itu, perlu perhatian ekstra dalam penanganan dan pemasangan batako agar tidak mengalami kerusakan struktural.

2. Rentan Lubang dan Pecah

Batako memiliki rongga di bagian tengahnya, membuatnya rentan terhadap lubang dan pecah. Ini dapat terjadi selama proses produksi atau penggunaan yang tidak hati-hati. Pemilihan batako dengan kualitas yang baik dan penanganan yang cermat diperlukan untuk menghindari masalah ini.

3. Penyerapan Panas

Kelemahan lainnya dari batako adalah kemampuannya menyerap panas. Hal ini dapat membuat ruangan di dalam bangunan terasa lebih panas, terutama dalam kondisi cuaca yang ekstrem. Diperlukan strategi tambahan seperti penggunaan bahan isolasi atau ventilasi yang baik untuk mengatasi masalah penyerapan panas ini.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menentukan pilihan bahan konstruksi, pemahaman mengenai harga batako dalam berbagai ukuran menjadi kunci utama.

Ketersediaan berbagai jenis batako dengan spesifikasi yang beragam memberikan fleksibilitas kepada para pengguna dalam memilih material yang sesuai dengan kebutuhan proyek konstruksi mereka.

Dengan demikian, pemahaman menyeluruh terkait harga batako semua ukuran menjadi kunci keberhasilan dalam menjalankan proyek konstruksi.

Dengan pengetahuan yang baik, diharapkan pemilihan batako dapat dilakukan dengan bijak, sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Batako Semua Ukuran Terbaru Per Biji & Per Kubik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *