Perbedaan Granit Asli dan KW

√ Perbedaan Granit Asli dan KW Yang Perlu Diketahui

Posted on

Finoo.id – √ Perbedaan Granit Asli dan KW Yang Perlu Diketahui. Perbedaan antara granit asli dan kw dapat dikenali melalui beberapa aspek tertentu. kalian dapat melakukan beberapa langkah, seperti uji air, pemeriksaan warna, dan pola untuk menentukan perbedaan tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya.

Granit didefinisikan sebagai batu alami yang terbentuk secara murni melalui proses alam, menghasilkan pola yang indah.

Dalam penggunaannya, batu granit sering digunakan untuk menghias rumah, mulai dari lantai granit hingga meja granit.

Ketika membeli granit, sangat penting untuk memperhatikan beberapa aspek tertentu.

Untuk melakukannya, kalian dapat melakukan uji cepat di bawah ini sebagai karakteristik yang membantu mengidentifikasi granit asli.

Apa Saja Kelebihan Lantai Keramik Granit untuk Bangunan?

Pemilihan keramik granit tentu dilakukan dengan mempertimbangkan kelebihannya yang tidak dapat diperoleh dengan menggunakan material lain. Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimilikinya ketika diterapkan dalam bangunan industri seperti hotel atau gedung perkantoran.

1. Tingkat Keawetan dan Daya Tahan yang Terjamin

Keramik granit menunjukkan tingkat keawetan dan daya tahan yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis keramik lainnya. Hal ini disebabkan oleh asal-usul keramik granit dari batuan granit yang mengandung kombinasi mineral.

Keunggulan ini menjadikan keramik granit kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi suhu dan cuaca. Hal ini sangat penting terutama pada bangunan seperti hotel atau mal, mengingat tingginya aktivitas manusia di tempat tersebut.

Selain itu, keramik granit memiliki ketahanan yang baik terhadap air, mencegah penetrasi air ke dalam lapisan lantai. Penyerapan air ke dalam lapisan lantai dapat menyebabkan keramik menggelembung dan retak. Kelebihan lainnya, keramik granit memiliki kekuatan yang lebih tinggi, sehingga dapat menahan beban berat.

2. Memberikan Tampilan yang Estetik

Selanjutnya, kelebihan dari keramik granit adalah tampilan estetik yang memukau berkat permukaannya yang halus dan berkilau. Granit, sebagai batuan beku yang terbentuk secara alami, memiliki warna dan motif yang unik. Keunikannya ini membuat setiap blok granit terlihat menarik dan indah.

Granit juga dapat diolah dalam berbagai ukuran dan bentuk, memungkinkan kalian menciptakan tampilan lantai sesuai dengan preferensi. Oleh karena itu, penggunaan keramik granit dapat menciptakan nuansa estetik yang sangat indah, memberikan kesan elegan dan mewah pada bangunan.

Baca Juga :   Pengertian Stainless Steel: Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

3. Mudah untuk Dibersihkan

Terakhir, keramik granit memiliki permukaan yang halus dan bebas dari pori atau celah yang dapat menampung kotoran, sehingga memudahkan dalam proses pembersihan. Material ini juga memiliki daya serap air yang rendah, mengurangi kemungkinan pertumbuhan bakteri dan jamur pada lantai.

Selain itu, keramik granit memiliki ketahanan terhadap goresan dan tidak mudah terkelupas, sehingga tetap mempertahankan kebersihan dan kilauannya dalam jangka waktu yang lama. Dengan demikian, penggunaan keramik granit tidak hanya memudahkan dalam membersihkan, tetapi juga mengurangi kebutuhan perawatan pada bangunan kalian.

Perbedaan Granit Asli dan KW

Sebelum menentukan pilihan antara granit asli dan KW untuk proyek konstruksi kalian, penting untuk memahami perbedaan mendasar yang dapat memengaruhi proses pengambilan keputusan.

Meskipun keduanya memberikan keindahan estetika granit, terdapat beberapa faktor kunci yang memisahkan kualitas dan karakteristik keduanya. Berikut adalah enam perbedaan antara granit asli dan KW yang perlu kalian ketahui.

1. Ketahanan

Ketahanan adalah salah satu indikator untuk membedakan antara granit asli dan KW. Granit asli memiliki kekuatan yang tinggi, tahan terhadap goresan, dan memiliki kilauan yang menonjol. Sebaliknya, granit KW kadang memiliki permukaan yang cembung dan kurang tahan lama.

Mengetuk bagian belakang granit dengan tangan dan mendengarkan suaranya juga merupakan cara lain untuk membedakannya. Granit asli menghasilkan suara dering, sementara granit KW biasanya tidak menghasilkan suara karena proses manufakturnya melibatkan resin dan kristal kuarsa yang membuatnya kedap suara.

Sebelum melakukan pembelian, disarankan untuk memeriksa keduanya terlebih dahulu. kalian dapat mengetuknya dan mendengarkan suaranya, serta memeriksa kilauan permukaannya. Jika keduanya tidak memenuhi kriteria, disarankan untuk mencari alternatif lainnya guna menghindari risiko penggunaan granit KW.

2. Motif

Jika diperhatikan, granit menampilkan berbagai motif yang beragam. Meskipun pada pkalianngan awal mungkin sulit membedakannya secara jelas, sebenarnya terdapat perbedaan yang mencolok. Setiap jenis granit memiliki corak alami yang menarik, dihiasi dengan motif-motif cantik. Dari pola ini, dapat dikenali perbedaan antara granit asli dan KW.

Granit asli menampilkan motif yang sempurna, tanpa cacat atau goresan pada permukaannya. Berbeda dengan granit KW yang dapat memiliki kecacatan seperti bintik-bintik kecil dan pori-pori granit yang lebih lebar. Saat memeriksa, perlu fokus ekstra, dan meskipun perbedaannya mungkin terlihat cukup jelas dari luar, penting untuk memastikannya dengan teliti. Indikasi lain yang dapat diamati adalah adanya noda atau kotoran.

Cara menguji kualitasnya adalah dengan meletakkan suatu makanan yang mudah menempel, lalu membersihkan bekasnya dari permukaan granit. Granit asli akan mudah dibersihkan tanpa banyak usaha, sementara granit KW mungkin meninggalkan residu meskipun sudah digosok beberapa kali. Oleh karena itu, pengujian sederhana ini dapat dicoba untuk lebih yakin mengenai keaslian granit.

Baca Juga :   √ 1 Kubik Berapa Lembar Papan 4 Meter? Rumus & Perhitungan!

3. Berat atau Bobot

Dengan mengangkatnya, kalian dapat menilai berat atau bobot suatu objek, yang dapat menjadi petunjuk antara granit asli dan KW. Dibandingkan dengan granit KW, granit asli terasa lebih berat karena terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi, membuatnya lebih kokoh dan tahan pecah. Selain itu, penggunaan air dapat menjadi metode pemisahan yang efektif.

Tuangkan air ke permukaan granit dan perhatikan apakah granit menyerap atau tidak. Granit asli cenderung menyerap air dan cairan lainnya saat terkena. Penyerapan ini dapat terlihat dari perubahan warna granit yang menjadi gelap, menkaliankan adanya air yang terserap di dalamnya.

Namun, metode ini tidak selalu dapat mengidentifikasi granit asli atau KW sepenuhnya karena faktor-faktor lain, seperti kepadatan batu. Meskipun demikian, secara umum, lantai yang menggunakan granit KW biasanya tidak menyerap air karena penggunaan resin epoksi dalam proses pembuatannya.

4. Warna

Warna pada granit asli sangat beragam dan menarik. Salah satu perbedaan kualitas antara granit asli dan KW terletak pada ketajamannya. Granit asli memiliki warna yang tajam dan sempurna, berbeda dengan granit KW yang seringkali memiliki warna yang kurang menarik. Beberapa bahkan dapat memiliki ketajaman yang rendah dan cacat pada beberapa bagian.

Granit asli, sebagai batu alam, memiliki urat di permukaan dan warnanya tidak seratus persen identik. Warna pada granit asli terlihat lebih alami, dengan tingkat ketajamannya yang tinggi namun tidak terlalu mencolok seperti warna buatan. Kerapatan yang baik pada granit asli membuat seluruh permukaannya terlihat indah.

Sebagai hasilnya, perbedaan antara granit asli dan KW dapat dengan jelas terlihat, terutama dalam hal warna. Granit KW, meskipun mungkin dirancang untuk menyerupai granit asli, sulit untuk mencapai keseragaman warna yang tinggi. Dengan demikian, dari segi warna yang dapat langsung terlihat, granit asli dapat dengan mudah dibedakan dari granit KW.

5. Harga

Granit, sebagai batu alami yang berasal dari alam, tentu memerlukan proses pengolahan yang tidak mudah. Oleh karena itu, granit asli dikenal dengan harganya yang tinggi. Besarnya harga tersebut sebanding dengan kualitas granit asli yang telah diolah dengan sempurna. Jangan heran jika harganya mahal, karena itu merupakan stkalianr nilai jualnya.

Dalam situasi seperti ini, bijak untuk menanyakan atau memeriksa harga di pasar. Granit asli memang sangat diminati untuk keperluan dekorasi, dan daya tariknya membuat banyak orang mengabaikan faktor harga demi mendapatkan kualitas yang diinginkan.

Sebagai konsumen yang bijak, sebaiknya hindari tergiur oleh penawaran dengan harga rendah. Granit asli memiliki harga yang tinggi, dan beberapa jenisnya bahkan sangat mahal. Jadi, pastikan granit yang kalian beli benar-benar asli agar memiliki daya tahan yang baik ketika digunakan. Tidak perlu terburu-buru, karena kualitas yang baik akan memberikan nilai yang baik pula dalam jangka panjang.

Baca Juga :   √ Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 50x50 : Volume & Biaya

5 Tips Memilih Granit untuk Bangunan

Pemilihan granit untuk bangunan merupakan langkah krusial yang memerlukan pertimbangan teliti. Berikut beberapa tips yang dapat kalian terapkan dalam proses memilih bahan ini.

1. Tujuan Penggunaan

Sebelum kalian membelinya, pertimbangkan penggunaan granit tersebut dengan baik. Apakah kalian akan mengaplikasikannya sebagai lantai, dinding, atau countertop? Granit memiliki karakteristik yang bervariasi, sehingga memilih sesuai dengan fungsinya akan menjamin daya tahan dan estetika yang sesuai.

2. Warna dan Konsistensi

Pilihlah warna granit yang sesuai dengan tema desain dan gaya interior kalian. Granit asli umumnya memiliki pola dan tekstur yang unik. Perhatikan apakah ada variasi alami dalam warna dan coraknya. Jika pola terlalu seragam, itu dapat menjadi indikasi bahwa granit tersebut KW.

3. Pertimbangkan Daya Tahan

Pertimbangkan juga tingkat kekerasan serta ketahanan granit terhadap goresan, noda, dan tekanan. Hal ini sangat penting, terutama jika granit akan digunakan di area dengan aktivitas tinggi seperti dapur atau lantai.

4. Bandingkan Harga dari Berbagai Sumber

Kemudian, lakukanlah perbandingan harga granit dari beberapa pemasok atau toko. Harga yang terlalu rendah dapat menunjukkan bahwa granit tersebut mungkin palsu dan memiliki kualitas yang kurang baik. Namun, hindarilah kesan bahwa granit dengan harga sangat tinggi selalu memiliki kualitas yang lebih baik.

5. Sertifikasi dan Label

Periksa apakah granit tersebut memiliki sertifikasi resmi atau label yang menunjukkan keasliannya. Beberapa produsen dan distributor menyediakan informasi ini untuk memastikan konsumen mendapatkan produk yang sesuai dengan stkalianr kualitas.

BACA JUGA :

Penutup

Dalam penutup, dapat disimpulkan bahwa pemahaman tentang perbedaan antara granit asli dan KW sangatlah penting dalam proses pemilihan bahan bangunan.

Sebagai konsumen cerdas, mengetahui ciri-ciri yang membedakan keduanya, seperti ketahanan, tampilan estetik, dan keaslian, akan membantu kalian membuat keputusan yang lebih bijak saat memilih granit untuk proyek konstruksi kalian.

Ingatlah untuk selalu memperhatikan karakteristik granit yang sesuai dengan kebutuhan spesifik kalian, sehingga kalian dapat menghasilkan hasil akhir yang memuaskan dan tahan lama.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Perbedaan Granit Asli dan KW Yang Perlu Diketahui. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *