Cara Memperbaiki TV Sharp Tidak Ada Suara

Cara Memperbaiki TV Sharp Tidak Ada Suara dan Gambar

Posted on

Finoo.id – Cara Memperbaiki TV Sharp Tidak Ada Suara dan Gambar. TV Sharp Aquos adalah salah satu produk TV LED yang diproduksi oleh Sharp. TV ini memiliki banyak fitur unggulan dibandingkan dengan TV LED sejenis. Namun, meskipun memiliki banyak kelebihan, TV Sharp Aquos tidak terbebas dari masalah atau kerusakan seperti halnya TV lainnya.

Salah satu masalah atau kerusakan yang dapat terjadi adalah suara TV Sharp yang kecil atau bahkan tidak ada suara sama sekali. Namun, proses perbaikan TV Sharp Aquos yang tidak mengeluarkan suara sebenarnya cukup mudah dipelajari oleh siapa pun asalkan memahami komponen dasar perangkat elektronik tersebut.

Meskipun tidak memiliki keahlian dalam memperbaiki perangkat elektronik, pengguna dapat menangani masalah TV Sharp yang tidak mengeluarkan suara dengan pengetahuan dasar dan tindakan sederhana. Misalnya, masalahnya hanya pada kabel yang menyebabkan TV tidak mengeluarkan suara.

Untuk memperoleh informasi lebih rinci tentang masalah TV Sharp Aquos yang tidak mengeluarkan suara, kali ini teknisitv akan membagikan pembahasannya kepada kalian. Jadi, bagi mereka yang mencari ulasan atau pembahasan tentang masalah yang terjadi pada TV Sharp Aquos seperti ini, silakan simak pembahasannya di bawah ini.

Penyebab TV Sharp Tidak Ada Gambar dan Suara

Sebelum membahas cara memperbaiki TV LED Sharp yang tidak menampilkan gambar, penting untuk mengetahui apa penyebabnya. Tidak mungkin sebuah perangkat elektronik mengalami kerusakan sendiri tanpa sebab. Oleh karena itu, beberapa alasan yang menyebabkan masalah ini bisa terjadi akan dijelaskan.

Penyebab kerusakan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan penyebab TV Sharp tabung tidak menampilkan gambar. Namun, pada kenyataannya, TV LED atau LCD lebih sering mengalami masalah seperti ini. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab mengapa televisi kalian tidak menampilkan gambar:

  1. Terjadi kerusakan pada komponen mesin TCON.
  2. Terjadi kerusakan pada IC Gamma AS-15 yang terletak dekat komponen TCON.
  3. Software televisi mengalami kerusakan parah.
  4. Kabel LVDS terlepas akibat pemasangan yang tidak sempurna dan kencang.

Secara umum, keempat alasan tersebut menjadi penyebab mengapa TV tidak menampilkan gambar dan suara meskipun sudah dinyalakan. Setelah mengetahui penyebabnya, langkah selanjutnya adalah mencari solusinya.

Cara Memperbaiki TV Hidup Tapi Tidak Menampilkan Gambar

Jika ingin memperbaiki kerusakan pada TV LED/LCD seperti ini, pilihan yang paling mudah dan pasti adalah membawanya ke teknisi profesional berpengalaman. Terutama bagi kalian yang tidak terlalu paham tentang perangkat elektronik seperti televisi.

Namun, jika kalian memiliki pengetahuan di bidang elektronika, tidak ada salahnya mencoba memperbaikinya sendiri. Selain itu, jika berhasil, kalian dapat menghemat biaya servis. Berikut adalah beberapa langkah untuk memperbaiki masalah TV yang tidak menampilkan gambar dan suara:

  1. Pertama, periksa kondisi IC. Cukup tancapkan power TV ke sumber listrik dan hidupkan TV. Jika IC terasa panas saat dipegang, itu tkaliannya harus segera diganti.
  2. Selanjutnya, periksa tegangan di power supply untuk memastikan bahwa tegangan normal.
  3. Lakukan pemeriksaan juga pada tegangan output driver layar LED.
  4. Jika tegangan pada power supply dan output driver LED normal, maka masalah tidak terjadi di sana. Lanjutkan dengan pengecekan secara bertahap ke komponen lainnya. Namun, jika tidak ada tegangan saat pengukuran, maka IC Driver TV harus diganti.
  5. Setelah itu, ganti komponen tersebut.
  6. Jika setelah penggantian TV dapat menyala normal kembali, masalah benar-benar terletak pada bagian IC Driver.
  7. Sebagai tambahan, untuk memeriksa apakah IC driver sudah benar-benar rusak atau belum, kalian dapat menggunakan multitester untuk mengukur tegangan. Jika hasil pengukuran multitester menunjukkan angka 50 volt, maka IC driver tersebut tidak dapat digunakan lagi dan harus diganti. Namun, jika hasilnya lebih dari 50 volt, kemungkinan masih dapat diperbaiki tanpa harus mengganti komponen.

Langkah Memperbaiki Televisi Tidak Ada Suara

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat digunakan untuk memperbaiki televisi yang tidak mengeluarkan suara atau suaranya hilang.

1. Pastikan Pengaturan Suara Benar

Pada setiap perangkat televisi terdapat fitur mute yang berfungsi untuk mematikan suara. Jadi, jika mode mute aktif, TV tidak akan mengeluarkan suara meskipun dipindah ke saluran lain. Tkalian bahwa televisi berada dalam mode mute adalah gambar speaker yang disilang di pojok layar TV. Untuk menonaktifkan mode mute, cukup tekan tombol mute pada remote lagi. Jika setelah mode mute dinonaktifkan dan suara masih tidak keluar, lanjutkan ke pengecekan selanjutnya.

2. Pastikan Input TV

Sebelum membongkar perangkat TV, sebaiknya periksa terlebih dahulu bagian Input. Periksa kabel RCA dan pastikan program tidak dalam posisi mute. Sentuh jack RCA yang berwarna merah dan putih, jika terdengar suara dari speaker atau ada respons, itu menkaliankan masalah terletak pada bagian sumber input. Kerusakan ditkaliani dengan adanya dengung atau kemresek pada suara yang terdengar dari speaker. Untuk mengatasinya, ganti kabel RCA yang lama dengan yang baru.

3. Cek Tegangan Jalur Audio

Langkah selanjutnya adalah memeriksa bagian amplifier. Nyalakan televisi dan sentuh input kaki IC Power Amplifier, tetapi sebelumnya pastikan posisi blok audio terlebih dahulu. Jika kalian salah sentuh, itu sangat berbahaya. Setelah menemukan IC, cari data IC dan nomor kaki di bagian input.

Jika tidak ada respons dari speaker saat disentuh, itu menunjukkan kerusakan pada speaker. Namun, jika speaker normal, akan terdengar suara dengung kecil saat disentuh. Sebelumnya, cek speaker menggunakan Ohm meter.

Selanjutnya, periksa tegangan power supply pada jalur blok power amplifier, tegangan harus antara 12-15 Volt DC. Jika tegangan tidak ada setelah diperiksa, coba copot beban dari IC power amplifier. Jika masih tidak ada tegangan, kemungkinan besar power audio short. Dalam hal ini, elco filter dari output regulator mungkin kering.

4. Power Audio Normal Tapi Tidak Ada Suara Dari Input

Jika terjadi masalah seperti ini, ada dua kemungkinan: IC kontrol mati atau ada komponen pendukung yang mati.

Untuk mengatasinya, periksa dan perhatikan kondisi solderan dengan seksama. Apakah ada bagian solderan yang sudah mulai renggang. Jika perlu, lakukan penyolderan ulang pada kaki-kaki IC kontrol dan IC audio.

Lakukan pemeriksaan pada elco pembatas input di kaki audio dan periksa juga apakah IC kontrol masih bagus atau sudah rusak. Caranya sebagai berikut:

Pertama, sentuh bagian input IC control. Untuk menemukannya, cari data situs atau urutkan dari soket input. Setelah menemukannya, sentuh. Jika ada respons, itu menkaliankan bahwa IC control normal. Namun, jika tidak ada respons, itu menkaliankan bahwa IC mati.

5. Cek Speaker

TV Sharp Aquos yang tidak mengeluarkan suara sama sekali mungkin disebabkan oleh kondisi speaker yang rusak. Seperti yang kita ketahui, speaker adalah komponen utama pada televisi yang berfungsi untuk mengeluarkan suara. Oleh karena itu, periksa kondisi speaker untuk memastikan apakah masih normal atau sudah rusak.

Cek speaker menggunakan Ohm meter, jika masih terhubung berarti kondisi speaker masih baik. Namun, biasanya speaker rusak karena gulungan tembaga di dalamnya putus atau kabelnya putus sehingga suara tidak keluar.

Biaya Service TV Sharp Ada Suara Tidak Ada Gambar

Ketika kalian memanggil tukang servis, pasti akan ada biaya untuk ongkos perbaikan. Namun, besaran biaya akan tergantung pada faktor penyebab kerusakan. Jika komponen penting seperti panel/layar mengalami kerusakan, kemungkinan besar biaya perbaikannya akan semakin tinggi. Namun, jika masih memiliki garansi, kalian bisa memanfaatkannya untuk memperbaiki panel.

Secara umum, biaya perbaikan TV yang ada suara tapi tidak ada gambar berkisar antara Rp 300 – Rp 700 ribu. Namun, harga tersebut dapat berbeda di setiap jasa tukang servis dan juga tergantung pada wilayahnya.

Demikianlah pembahasan lengkap dari penyebab dan cara memperbaiki TV Sharp yang ada suara namun tidak ada gambar. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam kesimpulannya, jika TV Sharp kalian tidak memiliki suara atau gambar, ada beberapa langkah yang dapat kalian coba untuk memperbaikinya. Pertama, pastikan koneksi kabel antara TV dan perangkat lainnya sudah terpasang dengan benar.

Kedua, cek sumber daya listrik dan pastikan TV kalian mendapatkan pasokan listrik yang cukup. Ketiga, periksa setting pada TV kalian dan pastikan tidak ada setting yang salah atau terbalik.
Terakhir, jika semua cara di atas tidak berhasil, kalian dapat membawa TV kalian ke pusat layanan resmi Sharp untuk diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman. Semoga tips ini dapat membantu kalian memperbaiki masalah TV Sharp kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Memperbaiki TV Sharp Tidak Ada Suara dan Tidak Ada Gambar. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *