Cara Program TV Sharp

Cara Program TV Sharp Paling Mudah dan Praktis

Posted on

Finoo.id – Cara Program TV Sharp Paling Mudah dan Praktis. Pada beberapa situasi, saluran televisi seringkali terganggu sinyalnya bahkan hilang sama sekali, sehingga menyebabkan pemirsa yang sedang menonton harus melakukan pemindaian ulang.

Di sisi lain, terdapat berbagai merek televisi yang beredar di pasaran dengan berbagai model dan harga yang berbeda. Mungkin saja kalian merupakan pelanggan dari Sharp Indonesia dan sudah membeli salah satu produk TV LED.

Memprogram TV Sharp merupakan hal yang penting bagi semua pemiliknya, agar mereka dapat mencari channel sendiri dan mengatasi masalah seperti perubahan frekuensi digital dan setting unit baru dengan mandiri.

Namun, kadang-kadang sebagian pengguna masih bingung mengenai cara memprogram TV Sharp dengan benar, terutama bagi mereka yang baru pertama kali beralih dari tipe tabung ke produk canggih berteknologi layar datar.

Arti Simbol Remote TV Sharp

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara memprogram TV Sharp untuk mencari channel digital, penting bagi kalian untuk mempelajari fungsi tombol yang ada pada remote kontrol.

Berikut adalah beberapa arti simbol pada remote TV Sharp:

Tombol RemoteFungsi
PowerBerfungsi untuk menyalakan dan mematikan TV Sharp
SleepMengatur waktu pemadaman secara otomatis
HDMIMemilih mode input berupa HDMI
0 – 9Mengatur saluran dan memilih channel berdasarkan nomor
RepeatBerupa panah bolak balik nomor 5 untuk kembali ke saluran sebelumnya
DisplayMenampilkan detail informasi saluran atau input
VolumeMengatur besar atau kecil nya suara televisi
MuteMengaktifkan mode diam sehingga TV tidak mengeluarkan suara
KursorBerupa tombol nomor 9 (atas, bawah, kiri, kanan) untuk memilih item
EnterBerguna menjalankan perintah yang kamu pilih
ATV/DTVMemilih masukan saluran antara analog atau digital
WarnaBerupa tombol R,G,Y,B nomor 11 untuk memilih item warna
Super EcoMengaktifkan penghemat energi berdasarkan keinginan pengguna
Colour AdjustMenghentikan gambar gerak pada layar dan menyesuaikan nada warna pada gambar diam
PhotoMenampilkan gambar slide show photo kamu secara langsung
InputMemilih sumber masukan misalnya antena, HDMI, AV, USB dan komponen
CHMemindahkan saluran televisi sesuai selera
MenuMengakses dan menampilkan menu pengaturan perangkat
MPXTombol untuk memilih mode suara multiplex
ReturnPerintah kembali ke layar menu yang sebelumnya
TeletextKelompok tombol di nomor 20 untuk menampilkan teks tambahan misalnya subtitle
EPGKhusus saluran TV digital guna menampilkan panduan program elektronik
GuideMenampilkan daftar saluran program pada siaran digital
InfoMenampilkan informasi program yang sedang berlangsung di TV digital
RadioMengakses saluran digital radio yang tersedia
Baca Juga :   Cara Menghidupkan TV Sharp Tanpa Remote Tebaru

Tabel di atas menjelaskan fungsi tombol pada remote TV Sharp asli. Tata letak dan penamaan tombol dapat berbeda untuk setiap tipe produk.

Berikut adalah ketentuan penggunaan remote TV Sharp:

  • Pasang dua buah baterai baru untuk kenyamanan pengoperasian perangkat.
  • Pastikan kalian berada dalam jarak maksimal 8 meter dari layar TV Sharp untuk sinyal yang optimal.
  • Arahkan remote secara lurus ke layar TV Sharp untuk menghindari kemungkinan lag.
  • Pastikan tidak ada penghalang antara remote dan unit televisi merek Sharp.

Jenis-Jenis TV Sharp

Sebelum membahas cara memprogram TV Sharp, sebaiknya kalian mengetahui jenis-jenis TV yang ada saat ini. Hal ini penting karena setiap jenis TV memiliki cara kerja yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis TV yang masih tersedia saat ini:

1 – TV Tabung

Salah satu jenis TV yang pertama adalah TV tabung yang menggunakan teknologi Cathode Ray Tube (CRT) dengan ciri khas berbadan lebar dengan bentuk tabung di belakangnya. TV jenis ini merupakan televisi berteknologi lama dan mulai ditinggalkan seiring berkembangnya teknologi LED saat ini.

Meskipun tergolong jadul, TV tabung tetap memiliki beberapa keunggulan. Pertama, harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis TV lainnya. Selain itu, TV ini memiliki sudut pkalianng yang luas serta gambar yang jernih. Namun, TV tabung cukup boros daya listrik dan memakan banyak ruang.

2 – TV Plasma

Selanjutnya, terdapat televisi berjenis plasma yang termasuk dalam kategori HDTV (High Definition Television) dengan memanfaatkan gas neon dan xenon. Kedua gas tersebut akan bersinar ketika terkena aliran listrik dan membentuk bayangan yang diteruskan ke layar datar yang terpasang di depannya.

Kelebihan TV jenis ini antara lain sudut pkalianng yang cukup lebar, kontras yang tinggi, serta harganya lebih murah dibandingkan dengan TV jenis LCD atau LED. Namun, TV Plasma memiliki bobot yang relatif berat, boros listrik, dan gambar yang kian memudar seiring penggunaan dalam waktu lama.

3 – TV LCD

Jenis TV selanjutnya yang banyak dicari saat ini adalah TV dengan teknologi liquid crystal, yang membutuhkan cahaya dari luar untuk menghasilkan gambar. Selain memiliki kualitas gambar yang lebih baik dibandingkan dengan TV tabung atau plasma, TV jenis ini juga lebih hemat daya listrik.

Ukurannya yang tipis juga memudahkan pengguna untuk menaruhnya di atas meja atau menggantungkannya di dinding. Namun, TV LCD juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu view angle yang sempit serta refresh dan response rate yang tidak lebih baik dari TV tabung atau plasma.

4 – TV LED

Jenis TV berikutnya yang dikeluarkan oleh merek Sharp adalah TV LED, yang saat ini juga cukup diminati. TV jenis LED memiliki banyak kelebihan, seperti ketajaman gambar, penggunaan daya yang paling hemat, dan ukurannya yang sangat tipis.

Namun, kekurangan TV LED terletak pada harganya yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis TV lainnya. Hal ini wajar mengingat teknologi yang dihadirkan pada TV jenis ini, mulai dari panel layar yang digunakan, fitur-fitur di dalamnya, serta berbagai kelebihan lain yang diusung oleh TV LED.

Baca Juga :   Kode Remot Giatex dan Cara Settingnya Dengan Mudah

5 – Smart TV

Smart TV adalah jenis TV modern yang mengedepankan penggunaan internet dalam pengoperasiannya sehari-hari. Dengan Smart TV, kalian bisa mencari konten-konten di YouTube, menonton film di Netflix, atau menikmati channel-channel seru lainnya.

Smart TV berjalan menggunakan sistem operasi (OS) tertentu yang biasanya dirancang oleh pabrikannya. Namun, ada juga Smart TV yang menggunakan OS Android atau biasa disebut dengan Android TV. Dengan menggunakan Android TV, kalian bisa melakukan banyak hal seperti pada saat menggunakan smartphone.

Cara Program TV Sharp

Tahukah kalian bahwa mencari channel digital di TV Sharp menggunakan remote kontrol ternyata sangat mudah. Dalam praktiknya, hal ini dapat dilakukan dengan dua metode pemrograman, yaitu otomatis dan manual.

Pastikan perangkat UHF telah terpasang dengan benar dan kabel terhubung pada port antena di belakang TV Sharp. Kemudian, kalian dapat memilih salah satu teknik yang paling cocok berdasarkan panduan berikut ini.

Cara Mencari Channel TV Sharp Secara Otomatis

TV merek Sharp telah lama terkenal dan diminati karena kualitas gambar yang tajam dan suaranya jernih, serta daya tahan komponennya yang cukup bandel dan tahan lama.

Seperti semua perangkat lainnya, ketika baru dibeli, TV Sharp perlu disetel terlebih dahulu untuk mendapatkan siaran Channel TV. Oleh karena itu, setiap TV dilengkapi dengan menu pengaturan khusus untuk mencari Channel.

Menu ini biasanya terdiri dari dua cara, yaitu pencarian otomatis dan manual. Untuk memudahkan pencarian, sangat disarankan bagi perangkat baru menggunakan menu Otomatis.

Begitu juga bagi pengguna lama yang Channel TV-nya tiba-tiba hilang dan tidak ingin ribet mencari saluran secara manual. Kini, dengan hanya satu klik, berbagai Channel televisi seperti NET TV, INDOSIAR, RCTI, atau lainnya dapat langsung ditemukan dan tersusun rapi.

Kini kalian dapat melakukannya sendiri, tanpa harus meminta bantuan orang lain apalagi sampai memanggil teknisi televisi. Berikut ini adalah cara mencari siaran TV yang hilang secara otomatis:

1. Tombol Menu

Untuk mencari siaran TV yang hilang secara otomatis, tekan dan tahan tombol Menu pada remote selama beberapa detik. Kemudian, cari menu Programme Setup dengan menggunakan tombol navigasi (tkalian panah ke kiri dan kanan), dan tekan tombol Enter atau OK.

2. Menu Auto Search

Setelah memasuki menu Programme Setup, layar TV akan menampilkan beberapa pilihan menu baru seperti Auto Search, Auto Installation, Manual Adjust, dan Programe Edit. Pilih menu Auto Search untuk mencari Channel TV Sharp secara otomatis, kemudian tekan tombol Enter.

3. Menu Start Scan

Setelah memilih menu Auto Search pada TV Sharp, perhatikan layar TV dan cari menu Start Scan. Kemudian, tekan tombol Enter untuk memulai proses pencarian otomatis Channel TV.

Baca Juga :   Cara Setting TV Akari Paling Mudah & Praktis

4. Tunggu Proses Selesai

Tunggu hingga proses pencarian Channel selesai mencapai 100% dan berhenti dengan sendirinya. Prosesnya biasanya memakan waktu antara 5 sampai 20 menit tergantung pada jumlah Channel yang tersedia di area kalian.

Setelah selesai, seluruh Channel TV akan tersimpan secara otomatis pada TV Sharp kalian. Terakhir, tekan tombol Exit pada remote untuk keluar dari menu pencarian Channel otomatis.

Cara Mencari Channel TV Sharp Dengan Remote (Manual)

Selain menggunakan cara otomatis, ada cara mencari Channel TV antena secara manual yang bisa kalian lakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Tombol Menu

Pertama, tekan tombol Menu pada remote, kemudian perhatikan pilihan sub-menu yang tersedia di layar TV. Arahkan kursor menggunakan tombol navigasi (tkalian panah kanan-kiri), dan pilih menu Saluran atau Channel.

2. Menu Pencarian Manual

Setelah memilih menu Saluran atau Channel, pilih menu Pencarian Manual dan ubah sistem ke BG. Setelah itu, tekan tombol Cari atau Search untuk mencari Channel yang diinginkan. Langkah ini juga berlaku sebagai cara scan Channel TV Sharp yang menggunakan sistem operasi Android.

3. Simpan Channel

Setelah proses scanning selesai dan Channel berhasil ditemukan, pilih menu Simpan untuk menyimpan Channel tersebut. Jika kalian masih ingin mencari Channel yang lain, ulangi langkah-langkah di atas.

Cara mencari Channel TV Sharp tabung sama seperti cara mencari Channel TV Sharp lainnya, baik menggunakan remote maupun panel di bagian bawah layar TV. Yang membedakan hanya langkah awalnya saja, namun keseluruhan proses setelahnya sama dengan langkah-langkah sebelumnya.

Berikut adalah cara mencari siaran TV Sharp tanpa remote:

  • Pertama, buka penutup panel layar TV.
  • Tekan dan tahan tombol Menu selama beberapa detik hingga muncul menu Auto Search dan Manual Search di layar TV.
  • Pilih menu yang diinginkan, lalu selesaikan pencarian Channel.
  • Jika remote TV Sharp kalian rusak, kalian dapat membeli remote universal yang dijual bebas dan mengatur pengaturannya ke Sharp.
  • Setelah itu, masukkan salah satu kode TV Sharp yang bekerja, seperti 003, 016, 018, 025, 135, 136, 137, atau 371.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara program TV Sharp yang dapat kalian lakukan dengan mudah.

Semoga panduan ini dapat membantu kalian mengatur saluran TV sesuai dengan keinginan kalian. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan cermat dan teliti agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan pengaturan.

Dengan memahami cara program TV Sharp, kalian dapat menikmati tayangan favorit kalian tanpa kendala. Terima kasih telah membaca dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *