Cara Mengembalikan Channel TV Yang Terhapus

Cara Mengembalikan Channel TV Yang Terhapus Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Mengembalikan Channel TV Yang Terhapus Paling Mudah. Perubahan frekuensi siaran parabola atau konfigurasi transponder pada TV satelit adalah hal yang wajar dan di luar kendali pengguna TV satelit. Namun, tidak ada salahnya jika pengguna belajar dan mengetahui cara mengantisipasi atau memperbaiki saluran TV yang hilang pada parabola TV satelit.

Penting untuk mengetahui cara mengembalikan saluran TV yang hilang pada parabola karena beberapa saluran sering mengalami perubahan frekuensi, menyebabkan saluran hilang. Pasti banyak pengguna parabola yang mengalami masalah ini, baik itu pengguna parabola mini, jaring, maupun TV berbayar.

Selain perubahan frekuensi yang dilakukan oleh penyedia layanan, saluran TV yang hilang biasanya disebabkan oleh kesalahan pengguna dalam pengoperasian TV satelit. Jadi, bagaimana cara mengembalikan saluran TV yang hilang?

Untuk menjawab pertanyaan ini, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara mengembalikan saluran TV yang hilang pada TV satelit. Jadi, bagi mereka yang mencari informasi atau bingung tentang cara mengembalikan saluran yang hilang pada TV satelit, dapat membaca pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Televisi

Salah satu media massa yang memiliki banyak manfaat adalah televisi. Televisi dapat berfungsi sebagai sumber informasi bagi masyarakat yang membutuhkannya, baik informasi nasional maupun internasional.

Informasi yang disajikan dapat membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang berita terbaru yang disajikan melalui media ini.

Televisi bukan hanya alat untuk menyampaikan pesan kepada audiens, melainkan juga memiliki program siaran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Televisi menciptakan berbagai macam program dan acara yang dapat dinikmati oleh audiens. Setiap program atau segmen yang diproduksi oleh produser memiliki jenis program yang berbeda, seperti program hiburan, pendidikan, atau informasi.

Manfaat Televisi

1. Media Hiburan

Manfaat utama dari televisi adalah sebagai media hiburan. Televisi menawarkan berbagai macam hiburan seperti film, musik, berita, acara komedi, talkshow, dan banyak lagi. Manfaat hiburan ini menjadi fokus utama televisi, dibandingkan manfaat lain seperti edukasi atau informasi.

2. Media Pendidikan

Selain sebagai media hiburan, televisi juga memiliki manfaat sebagai media pendidikan atau pembelajaran. Meskipun tidak sebanyak manfaat hiburan, acara televisi tetap memiliki elemen-elemen pendidikan, seperti edukasi tentang alam liar dan sekitarnya hingga cara membuat sesuatu.

Baca Juga :   Lokasi Service Center TV Sony Bravia di Seluruh Indonesia

3. Relaksasi dan Menghilangkan Stres

Saat merasa lelah atau stres karena pekerjaan atau tugas sekolah, menonton televisi dapat menjadi cara yang efektif untuk relaksasi dan menghilangkan stres. Ada banyak acara televisi yang menghibur yang dapat dipilih sesuai dengan selera.

4. Menerima Informasi Terkini

Televisi banyak menyiarkan informasi terkini tentang apa yang terjadi di luar sana. Mulai dari berita kejahatan, bencana alam, tempat-tempat wisata, gosip selebriti, dan masih banyak lagi. Ini sangat bermanfaat bagi orang yang ingin mendapatkan informasi terbaru secara umum.

5. Media bermain game dan menonton film atau DVD

Televisi adalah salah satu sarana untuk memutar media seperti film dan juga permainan. Perangkat seperti konsol game, dan juga DVD player adalah beberapa contoh perangkat yang biasa dihubungkan dengan layar televisi untuk kepentingan hiburan.

Cara Mengembalikan Channel TV Yang Terhapus

Channel yang dimaksud di sini bukanlah channel yang tidak memiliki sinyal, melainkan channel yang namanya terhapus pada daftar list saluran TV di receiver. Untuk mengembalikan channel yang terhapus, terdapat 2 cara yang dapat dilakukan, berikut penjelasan masing-masingnya:

1. Mengembalikan Channel TV Dengan Cara Scan Ulang (Rescan)

Salah satu cara mengembalikan channel TV yang terhapus adalah dengan melakukan scan ulang. Cara ini adalah cara termudah untuk mengembalikan channel yang terhapus, bahkan untuk pengguna pemula sekalipun. Jika sinyal masih terlock, scan ulang dapat dilakukan melalui menu pengaturan satelit untuk mengembalikan channel yang terhapus. Berikut adalah langkah-langkah scan ulang untuk mengembalikan channel yang terhapus:

  • Masuk ke menu Pengaturan dan pilih opsi Instalasi.
  • Pilih opsi Satelit.
  • Klik opsi Pilih Satelit dan pastikan intensitas dan kualitas sinyal di atas 50%.
  • Tekan tombol Biru.
  • Akan muncul tampilan pilihan pencarian (scan mode), pilih Blind scan untuk memulai pencarian.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pencarian mencapai 100%.
  • Jika proses Blind scan selesai, seluruh transponder yang ditangkap oleh parabola akan muncul di receiver.

Kekurangan dari cara mengembalikan channel yang terhapus dengan melakukan scan ulang adalah channel yang didapatkan akan diurutkan sesuai dengan channel yang terlock. Untuk mengurutkan channel seperti sebelum terhapus, harus dilakukan pengurutan channel secara manual melalui menu edit channel.

2. Mengembalikan Channel Dengan Cara Impor Database

Cara kedua untuk mengembalikan channel yang terhapus adalah dengan melakukan impor database. Dengan cara ini, channel yang terhapus dapat dikembalikan seperti semula. Artinya, jika impor database berhasil, urutan channel akan sama persis seperti daftar channel sebelum terhapus.

Baca Juga :   Daftar TV Luar Negeri : Situs Website & Aplikasi

Namun, kekurangan dari cara ini adalah memerlukan flashdisk sebagai media penyimpanan database channel. Oleh karena itu, database channel perlu di-backup agar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti channel terhapus, tidak perlu melakukan scan ulang lagi.

Penyebab Channel TV Hilang

Untuk mengembalikan channel TV yang terhapus, ada banyak penyebab yang bisa terjadi. Hal pertama yang perlu diketahui adalah apakah semua siaran TV hilang atau hanya beberapa siaran saja.

Dengan mengetahui kondisi awal ini, mengembalikan siaran TV yang hilang menjadi lebih mudah.

Berikut beberapa penyebab channel TV hilang:

1. Channel TV Terhapus

Jika hanya satu siaran yang hilang, kemungkinan besar disebabkan oleh kesalahan pengguna yang tidak sengaja menghapus siaran tersebut. Untuk mengembalikannya, dapat dilakukan dengan menambah siaran TV secara manual atau dengan melakukan scan otomatis. Scan otomatis dapat digunakan jika remote TV bermasalah dan tidak dapat digunakan.

2. Perubahan Frekuensi Saluran TV

Perubahan frekuensi siaran televisi adalah hal yang sering terjadi dan dapat menyebabkan siaran televisi tiba-tiba hilang. Biasanya, penonton diberitahu tentang perubahan frekuensi dengan menampilkan running teks agar dapat mencatat frekuensi siaran televisi yang baru.

Namun, terkadang karena kurangnya kebiasaan menonton televisi atau tidak memperhatikan running teks dan peringatan yang muncul pada layar televisi, seseorang dapat menjadi bingung saat siaran televisi tersebut tiba-tiba hilang.

Cara mengembalikan siaran televisi yang hilang karena telah terhapus adalah dengan menambahkan siaran secara manual dengan mencari terlebih dahulu frekuensi terbaru dari saluran televisi tersebut.

3. Perubahan Status Siaran FTA menjadi FTV

Salah satu alasan tiba-tiba hilangnya siaran televisi adalah karena perubahan status siaran dari FTA menjadi FTV. Siaran Free To Air (FTA) adalah siaran gratis yang tersedia di semua receiver televisi, baik yang lama maupun yang baru.

Sementara itu, FTV (Free To View) adalah siaran premium eksklusif yang dapat disaksikan secara gratis melalui receiver digital yang direkomendasikan.

Contohnya adalah siaran dari MNC Grup yang meliputi MNC TV, RCTI, dan Global TV. Siaran tersebut sebelumnya tersedia di televisi parabola biasa, namun kini tidak lagi.

Untuk dapat menyaksikan kembali tayangan dari saluran MNC Grup, diperlukan pembelian receiver yang direkomendasikan, seperti MNC Vision, K-Vision, Nex Parabola, Nusantara HD, dan lain sebagainya.

4. Siaran Berpindah Satelit

Siaran televisi dapat tiba-tiba hilang karena siaran tersebut berpindah ke satelit yang berbeda. Contohnya adalah saat hampir semua siaran dari Palapa D tiba-tiba hilang karena telah berpindah ke satelit Telkom 4 beberapa tahun yang lalu.

Untuk mengembalikan channel yang hilang karena perpindahan siaran ke satelit lain, disarankan untuk melakukan scan otomatis agar lebih cepat mendapatkan kembali channel yang hilang.

Baca Juga :   Cara Mereset TV Samsung Paling Mudah Pasti Berhasil

5. Kabel Parabola Longgar

Salah satu penyebab hilangnya siaran televisi adalah kabel parabola yang longgar. Oleh karena itu, ketika semua channel televisi hilang atau televisi tidak dapat menyala, disarankan untuk memeriksa kabel parabola di belakang televisi dan memastikan bahwa kabel tersebut terhubung dengan baik.

6. Perubahan Posisi Antena Parabola

Pada televisi parabola, perubahan posisi parabola dapat menyebabkan hilangnya sebagian atau bahkan seluruh sinyal siaran televisi. Untuk mengatasi masalah ini, satu-satunya cara adalah dengan mengembalikan posisi antena ke arah yang benar.

Pastikan bahwa parabola terkunci pada posisi yang tepat agar sinyal menjadi kuat dan channel tidak mudah hilang. Namun, sebaiknya instalasi parabola televisi dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman.

7. Faktor Cuaca

Hilangnya channel televisi karena faktor cuaca bukanlah hal yang asing. Beberapa siaran tetap normal selama hujan, tetapi lebih banyak siaran televisi yang hilang selama hujan.

Saat ini, saya tidak tahu apakah masih sama karena saya jarang menonton televisi saat hujan. Salah satu alasannya adalah karena beberapa kali televisi saya rusak karena dinyalakan saat sedang hujan dan ada petir.

8. Kerusakan TV Tuner

Jika sudah memastikan bahwa semua kemungkinan di atas bukan penyebab hilangnya siaran televisi, periksalah komponen tuner pada televisi. Kemungkinan besar, siaran televisi hilang karena kerusakan pada tuner, terutama pada televisi yang sudah tua. Ini terlihat ketika semua saluran televisi hilang.

Tuner pada dasarnya adalah perangkat yang menghubungkan antena dengan televisi dengan cara memproses sinyal dari antena dan mengubahnya menjadi gambar dan suara yang ditampilkan di layar televisi serta didengarkan melalui speaker televisi.

Untuk mengatasi kerusakan tuner televisi, satu-satunya cara adalah dengan memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara mengembalikan channel TV yang terhapus. Jika kalaian mengalami masalah ini, jangan khawatir, karena langkah-langkah di atas akan membantu kalaian mengembalikan channel yang hilang dengan mudah.

Selalu pastikan untuk selalu memeriksa koneksi antena TV kalaian agar selalu dalam kondisi baik dan stabil. Jika kalaian masih mengalami kesulitan dalam mengembalikan channel TV yang hilang, jangan ragu untuk menghubungi teknisi TV atau penyedia layanan TV kalaian untuk bantuan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat! dan Terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *