Cara Paralel TV Indihome

Cara Paralel TV Kabel Indihome Layaknya Hotel

Posted on

Finoo.id – Cara Paralel TV Kabel Indihome Layaknya Hotel. Jika ingin memasang TV kabel seperti di hotel, kalian dapat melakukannya dengan cara memasang TV box Indihome secara paralel menggunakan 1 STB untuk 2 TV sebagai perangkat tambahan untuk mendapatkan sinyal siaran digital. Namun, bagaimana cara memasang TV box Indihome seperti yang ada di hotel?

Untuk memasang TV kabel secara paralel, kalian memerlukan alat seperti STB. Selain untuk menangkap sinyal digital, STB juga dapat membantu menghubungkan satu TV dengan TV lainnya tanpa memerlukan alat tambahan. Namun, apakah memungkinkan untuk memasang TV box Indihome secara paralel?

Jika kalian menggunakan STB atau Set Top Box, kemungkinan besar TV Indihome dapat diparalelkan. kalian hanya perlu menyiapkan beberapa alat pendukung lainnya agar 1 STB dapat digunakan untuk 2 TV secara bersamaan.

Jika kalian ingin mengetahui bagaimana cara memasang TV box Indihome secara paralel seperti di hotel, kalian dapat membaca tutorial finoo.id di bawah ini. Namun, sebelum itu, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu tentang STB TV Indihome.

Apa itu STB TV Indihome?

STB atau Set Top Box Indihome adalah layanan yang digunakan untuk menayangkan siaran digital. STB ini memiliki fungsi untuk mengatur saluran TV sesuai dengan kebutuhan, dan juga memungkinkan untuk menonton siaran TV lokal maupun berbayar.

Selain itu, STB TV Indihome juga dapat digunakan untuk mengubah TV digital menjadi Smart TV. Hal ini dapat dilakukan karena STB ini dapat menghubungkan satu TV dengan TV lainnya, sehingga dapat menampilkan siaran secara paralel dengan mudah.

Baca Juga :   Cara Mengatur Ukuran Layar TV Polytron Paling Mudah

Namun, bagaimana cara memparalelkan TV Indihome? Sebelum membahas cara pemasangan, terlebih dahulu harus menyiapkan alat yang diperlukan untuk menghubungkan TV secara paralel. Apa saja alat-alat yang dibutuhkan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Alat Untuk Paralel TV Indihome

Untuk memparalelkan TV Indihome, diperlukan beberapa alat untuk menghubungkan TV satu dengan TV lainnya. Alat-alat tersebut dapat ditemukan di toko elektronik terdekat dari rumah. Beberapa alat yang diperlukan antara lain:

  1. Siapkan TV yang akan diparalelkan.
  2. Jack Connector / Sambungan RCA double.
  3. Kabel RCA 3 in 1.
  4. Kabel RCA to RCA.
  5. STB.

Setelah menyiapkan alat-alat di atas, langkah selanjutnya adalah merangkainya agar TV Indihome dapat diparalelkan sehingga gambar dari TV satu dan TV kedua dapat ditampilkan secara bersamaan. Jika kalian penasaran bagaimana cara pemasangannya, berikut adalah tutorialnya.

Cara Pasang Paralel TV Indihome

Cara memparalelkan TV Indihome adalah dengan menghubungkan 1 STB untuk 2 TV menggunakan kabel RCA. Dengan cara ini, kedua TV dapat menampilkan siaran Indihome secara bersamaan. Berikut adalah langkah-langkah cara pemasangannya:

  1. Masukkan kabel RCA sesuai warna ke AV di TV kedua.
  2. Sambungkan kabel RCA satunya ke Jack Connector RCA.
  3. Untuk kabel RCA 3 in 1, masukkan 1 kabel ke STB warna kuning, dan 3 kabel sisanya masukkan ke Jack Connector RCA.
  4. Hidupkan TV satu yang sudah terhubung dengan STB dan pastikan kabel HDMI to HDMI bawaan dari Indihome telah terhubung.
  5. Jika TV satu sudah menampilkan gambar, selanjutnya hidupkan TV kedua dan pastikan menampilkan gambar yang sama.
  6. Jika TV kedua belum menampilkan gambar, pastikan untuk mengatur TV ke posisi Video atau AV.
  7. Selesai.

Untuk memasang TV Indihome secara paralel dengan menggunakan cara di atas, hanya diperlukan kabel RCA dan konektor yang dihubungkan ke STB untuk posisi TV kedua, sementara TV pertama tetap menggunakan settingan bawaan dari Indihome.

Baca Juga :   Garansi TV Coocaa : Untuk Semua Tipe & Cara Klaimnya

Namun, jika ingin memparalelkan TV Indihome yang berjarak jauh, misalnya TV satu di ruang tamu dan TV dua di kamar, maka diperlukan kabel RCA yang cukup panjang atau bisa menggunakan Jack Connector RCA.

Cara Paralel Indihome dari Jarak Jauh Dengan Kabel LAN

Selain mengetahui cara memparalelkan TV Indihome, kalian juga dapat melakukan pemaralelan jaringan WiFi Indihome jarak jauh dengan menggunakan kabel LAN. Untuk melakukan pemaralelan Indihome, kalian harus memiliki 2 router dengan tipe yang berbeda. Berikut adalah cara memparalelkan Indihome menggunakan kabel LAN jarak jauh:

Sambungkan Kabel UTP

Jika pada pemaralelan TV Indihome dibutuhkan STB, maka untuk melakukan pemaralelan Indihome, kalian harus menyiapkan kabel UTP. Kabel UTP ini berfungsi untuk menyambungkan dua router di mana salah satu router berfungsi sebagai basis internet dan satunya lagi sebagai penerima sinyal.

Untuk router utama yang berfungsi sebagai sumber jaringan internet, kalian dapat menyambungkan konektor kabel UTP ke lubang dengan tulisan LAN. Sebaliknya, untuk router penerima sinyal, konektor harus dimasukkan ke dalam posisi bertulisan WAN atau internet.

Masuk Menu Pengaturan

Langkah selanjutnya adalah masuk ke menu Pengaturan untuk melakukan pengaturan koneksi internet pada kedua router yang kalian gunakan. Sebenarnya, dengan hanya menyambungkan kabel UTP saja, Indihome kalian sudah bisa terhubung.

Namun, untuk mencegah gangguan yang mungkin timbul dari salah satu router, kalian dapat membuka menu Pengaturan untuk mengatur jaringan sehingga lebih lancar dan memastikan kedua router berfungsi dengan baik.

Cek Koneksi Komputer

kalian dapat memeriksa koneksi WiFi ke komputer. Router kedua yang berfungsi untuk menerima sinyal harus terhubung dengan komputer agar jaringan WiFi dapat dibagikan.

Baca Juga :   Penyebab TV LED Polytron Standby Susah Start & Solusinya

Cari Alamat IP Router Kedua

Untuk melakukan pengaturan pada router kedua, kalian dapat mencari tahu alamat IP dari router kedua. Dengan mengetahui alamat IP dari router kedua, kalian dapat masuk ke opsi menu Pengaturan atau Setting.

Lakukan Login

Langkah terakhir untuk memaralelkan Indihome adalah melakukan login ke situs. Cara untuk login adalah dengan menyalin alamat IP dan menempelkan salinan IP ke laman pencarian browser pada perangkat PC atau smartphone.

Untuk dapat menggunakan jaringan WiFi Indihome yang telah diparalelkan, kalian harus memasukkan username dan password yang sesuai.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara paralel TV Indihome yang dapat kalian terapkan di rumah.

Dengan melakukan paralel pada saluran TV Indihome, kalian dapat menikmati layanan TV di berbagai ruangan tanpa harus membayar biaya tambahan.

Pastikan kalian mengikuti panduan dengan teliti dan berhati-hati saat melakukan instalasi agar tidak terjadi masalah pada jaringan TV Indihome kalian.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin menikmati layanan TV Indihome secara paralel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *