Cara Pasang TV Tuner ke Monitor LCD

Cara Pasang TV Tuner ke Monitor LCD Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Pasang TV Tuner ke Monitor LCD Paling Mudah. Apakah mungkin untuk menggunakan monitor LCD sebagai televisi? Tentu saja bisa! Banyak orang, terutama anak kos, sudah sering melakukannya.

Namun, untuk bisa menonton acara televisi di layar monitor LCD, kalian perlu memasang sebuah komponen tambahan yang disebut TV tuner. Dengan TV tuner ini, kalian bisa menonton acara televisi di layar monitor LCD yang kalian miliki.

Bagi banyak orang, cara memasang TV tuner ini masih membingungkan. Namun, tidak perlu khawatir! Di artikel ini, HargaAlat.id akan memberikan panduan lengkap tentang cara memasang TV tuner di monitor LCD tanpa CPU.

Cara memasang TV tuner tanpa CPU itu sendiri sebenarnya sangat mudah dan sederhana, terutama jika kalian sudah memiliki semua komponen dan peralatan yang dibutuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara memasang TV tuner ke monitor LCD tanpa CPU, simak terus artikel ini hingga selesai agar semua pertanyaan kalian terjawab.

Apa yang Dimaksud dengan TV Tuner?

Sebelum membahas cara memasang TV Tuner lebih lanjut, kalian harus mengetahui terlebih dahulu apa itu TV Tuner. TV Tuner adalah perangkat keras yang dapat terhubung ke komputer atau PC untuk menampilkan siaran televisi dari berbagai stasiun TV yang kalian pilih.

kalian tidak perlu bergantung pada jaringan untuk menonton melalui komputer atau PC karena TV Tuner telah menyediakan solusi untuk masalah tersebut. Ini sangat cocok bagi mereka yang tidak memiliki jaringan yang baik namun ingin menonton TV melalui komputer. Selain itu, perangkat ini dilengkapi dengan berbagai tools dan fitur yang berguna.

Baca Juga :   Cara Mencari Channel TV Toshiba Semu Tipe Paling Tepat

Dengan keberadaan TV Tuner, kalian dapat dengan mudah menonton televisi di mana saja tanpa perlu berebut menonton acara favorit di stasiun televisi.

Apakah TV Tuner bisa menangkap siaran digital? Tentu saja! TV Tuner dapat menangkap siaran digital sehingga kalian dapat menonton lebih banyak acara televisi.

Jenis-jenis TV Tuner

TV Tuner Combo

Tuner ini hanya memerlukan monitor karena sinyal yang keluar dari tuner adalah sinyal VGA yang dapat langsung dihubungkan ke monitor. Jenis tuner ini dapat digunakan baik saat komputer dinyalakan maupun tidak aktif. Jika kalian memiliki monitor bekas yang masih dapat menyala, tuner ini dapat digunakan untuk monitor tersebut.

TV Tuner Card

Tuner card ini harus dipasang pada motherboard dan hanya dapat berfungsi setelah komputer menyala serta driver software sudah terinstal pada komputer. Jenis tuner ini dapat digunakan untuk fungsi lain seperti merekam video siaran TV atau melakukan video capture.

TV Tuner Mini

TV Tuner ini umumnya digunakan untuk notebook. Tuner ini adalah perangkat portabel yang dihubungkan melalui port USB dan termasuk perangkat multi-fungsi yang lebih sederhana dan praktis dibandingkan dengan jenis TV tuner lainnya.

Perlatan Harus Disiapkan

Sebelum memulai mengubah atau memasang TV tuner di monitor LCD tanpa CPU, penting untuk menyiapkan beberapa komponen dan peralatan yang diperlukan. Kehadiran peralatan ini sangat penting karena akan mempengaruhi apakah monitor dapat menyala atau tidak.

Berikut adalah daftar komponen dan peralatan yang diperlukan:

  1. Unit monitor LCD
  2. Kabel power monitor
  3. Kabel VGA
  4. TV tuner
  5. Adaptor TV tuner
  6. Remote TV tuner
  7. Antena

Perlu diingat, ada banyak TV tuner yang dijual di Indonesia seperti merek Gadmei, Asuka, Advance, MyGica, dan merek lainnya. Harga TV tuner untuk monitor LCD bervariasi, mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu.

Baca Juga :   Penyebab TV Sharp LED Tidak Bisa Menangkap Siaran Yang Tepat

Langkah Pasang TV Tuner di Monitor LCD Tanpa CPU

Memasang TV tuner ke monitor tanpa CPU sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Namun, bagi pemula mungkin masih bingung tentang cara memasang TV tuner tanpa CPU. Berikut adalah langkah-langkah mudahnya:

1. Memasang Kabel VGA

Langkah pertama adalah memasang kabel VGA dari monitor LCD ke TV tuner. Pastikan untuk mengencangkan dua baud agar kabel tidak terlepas.

2. Memasang Power Monitor

Langkah kedua adalah memasang kabel power monitor ke stop kontak. Ini bertujuan untuk memberikan arus listrik pada monitor LCD.

3. Memasang Adaptor TV Tuner

Langkah ketiga adalah memasang kabel adaptor ke TV tuner dan menyambungkannya ke stop kontak. Hal ini dilakukan untuk memberikan arus listrik pada TV tuner.

4. Memasang Kabel Audio Eksternal (Output)

Langkah selanjutnya adalah menyambungkan audio eksternal ke slot TV tuner jika diperlukan. Hal ini dilakukan agar suara dapat keluar melalui speaker eksternal.

5. Memasang Kabel Antena

Jangan lupa untuk memasang kabel antena ke TV tuner agar gambar dapat ditangkap dengan baik. Selain itu, menggunakan antena yang berkualitas dengan harga yang terjangkau juga dapat meningkatkan kualitas gambar menjadi lebih jernih.

6. Coba Menghidupkan & Setting

Langsung saja tekan tombol power (merah) pada remote TV tuner untuk menghidupkan perangkat. Kemudian, monitor LCD akan menyala dan kalian hanya perlu melakukan pengaturan.

Untuk melakukan pengaturan, tekan tombol MENU pada remote, lalu pilih SCAN OTOMATIS. Setelah itu, tunggu sampai channel tertangkap dan muncul di layar monitor LCD.

Waktu yang dibutuhkan untuk menangkap channel tergantung pada jumlah channel yang tersedia. Semakin banyak channel, semakin lama waktu yang dibutuhkan. Mudah bukan cara memasang TV tuner di monitor tanpa CPU?

Cara Pasang TV Tuner ke Monitor LCD di Laptop

Berikut ini adalah langkah-langkah cara memasang TV Tuner di laptop:

  1. Pasang kabel VGA dari port laptop ke tuner. Pastikan untuk mengencangkan baut pada port tuner agar tidak kendur dan laptop dapat menerima sinyal dengan baik. Hal ini akan memastikan gambar yang ditampilkan menjadi jernih.
  2. Pasang kabel adaptor power dari tuner ke stop kontak sehingga tuner dapat menyala.
  3. Hubungkan kabel ke speaker eksternal jika kalian memiliki satu. Namun, jika tidak, hubungkan ke port audio jack pada laptop sehingga suara dapat dihasilkan.
  4. Pasang kabel antena dengan mengikuti petunjuk dalam buku panduan untuk mendapatkan sinyal yang lebih jernih. Pastikan untuk memasang kabel antena dengan benar dan kencang sehingga TV Tuner dapat menampilkan gambar dengan baik.
  5. Hidupkan laptop dengan menekan tombol power.
  6. Hidupkan TV Tuner dengan remote atau menekan tombol power sehingga secara otomatis acara televisi dapat ditampilkan pada layar laptop.
  7. TV Tuner dapat memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya, oleh karena itu penting untuk mengetahui cara memasang TV Tuner ke monitor LCD. TV Tuner memiliki banyak jenis, yaitu TV Tuner internal dan TV Tuner eksternal.
Baca Juga :   Cara Memperbaiki TV Tuner Gadmei Rusak Pasti Berhasil

Selain itu, terdapat tiga jenis TV Tuner berdasarkan perangkatnya, yaitu TV Tuner combo, TV Tuner card, dan TV Tuner mini atau yang dikenal sebagai tMini. Setiap jenis TV Tuner memiliki tingkat kerumitan yang berbeda dalam proses pemasangannya, sehingga penting untuk mempelajarinya terlebih dahulu sebelum memasang TV Tuner.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang panduan singkat tentang cara memasang TV tuner ke monitor LCD.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat dengan mudah menikmati tayangan televisi langsung dari monitor kalian.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati saat memasang dan menggunakan perangkat elektronik. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *