Cara Memperbaiki Freezer Box Bocor

Cara Memperbaiki Freezer Box Bocor Dengan Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Memperbaiki Freezer Box Bocor Dengan Mudah. Masalah yang sering terjadi pada beberapa orang adalah bocornya freezer box. Hal ini terutama disebabkan oleh penggunaan benda tajam saat mengambil es batu dengan cara mengorek, yang seharusnya dihindari karena dapat merusak komponen freezer box dan menyebabkan kerusakan seperti bocornya freezer box dan masalah lainnya.

Jika freezer box kalian mengalami kerusakan atau bocor dalam kondisi ringan, kalian dapat memperbaikinya dengan cara yang akan dibahas pada pembahasan kali ini.

Mengenal Freezer Box

Freezer box adalah sebuah lemari pembeku yang berbentuk kotak kubus atau persegi panjang dengan pintu akses di bagian atas. Kapasitas penyimpanan stkalianr pada freezer box biasanya berkisar antara 100 hingga 160 liter. Selain itu, tersedia pula freezer mini dengan kapasitas 50 liter dan freezer besar dengan kapasitas hingga 1.300 liter.

Dengan adanya lemari pembeku ini, cara belanja, memasak, dan makan kalian akan berubah. Karena ruang penyimpanan yang luas, kalian dapat membeli bahan makanan dalam jumlah banyak sekaligus, terutama saat harganya sedang murah. Dengan demikian, kalian tidak perlu khawatir kehabisan stok makanan selama berhari-hari.

Kegunaan Freezer Box

1. Bisa menyimpan daging seekor kambing atau sapi

Membeli kambing atau sapi untuk disembelih sendiri lebih umum dilakukan oleh penjual daging, orang yang sedang mengadakan hajatan, atau pemilik restoran atau rumah makan yang besar.

2. Untuk menyimpan buah musiman

Terdapat berbagai jenis buah-buahan musiman yang biasanya dijual dengan harga murah ketika sedang musim. Salah satu cara untuk mengawetkan berbagai jenis buah tersebut hingga berbulan-bulan adalah dengan menyimpannya di dalam freezer.

Baca Juga :   Berapa Daya Listrik Freezer Box? Berikut Ulasan Lengkapnya

3. Bisa digunakan untuk membuat es batu

Seringkali, calon pembeli upright atau chest freezer bertanya-tanya apakah freezer box dapat digunakan untuk membuat es batu. Jawabannya adalah, “ya”, freezer dapat digunakan untuk membuat es batu.

4. Bisa difungsikan sebagai kulkas

Suhu pada freezer dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak ada bahan makanan yang perlu dibekukan, kalian dapat memanfaatkannya sebagai kulkas atau lemari pendingin dengan mengatur suhu yang tepat.

5. Bisa menyimpan lebih banyak es krim

Meskipun kita dapat menyimpan es krim di dalam kulkas 2 pintu, namun jika ingin menyimpan dalam jumlah besar untuk stok atau untuk dijual, tentu akan sangat merepotkan.

6. Tempat menyimpan obat-obatan

Freezer tidak hanya berguna untuk menyimpan makanan, tetapi juga dapat digunakan untuk menyimpan obat-obatan agar tidak rusak.

Penyebab Kerusakan Freezer Box

Jika terjadi kerusakan pada freezer, hal ini dapat menyebabkan kebocoran yang berdampak pada freezer yang tidak dingin dan air dapat masuk atau meresap ke dalamnya sehingga menurunkan kualitas makanan yang disimpan di dalamnya. Beberapa penyebab umum kerusakan pada freezer box antara lain:

  • Posisi peletakan freezer box yang tidak tepat sehingga saluran pembuangan tersumbat.
  • Kebocoran pada evaporator yang disebabkan oleh goresan benda tajam yang digunakan saat mengambil es batu dengan cara mencongkel.
  • Kebocoran atau kehabisan freon.

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Freezer Bocor

Sebelum membahas cara memperbaiki freezer bocor, jika kalian menyadari bahwa freezer kulkas kalian tidak sengaja tertusuk pisau, sebaiknya kalian melakukan beberapa tindakan pencegahan berikut:

  • Segera matikan kulkas kalian dengan mencabut steker listriknya.
  • Bersihkan sisa es batu atau air yang menempel di dinding freezer hingga bersih dan kering.
  • Jangan menyalakan kulkas jika kondisi freezer masih bocor atau terdapat banyak air.

Setelah melakukan tindakan pertama pada freezer tersebut, perhatikan level kerusakan dari freezer yang disebabkan oleh tusukan benda tajam. Freezer dikatakan mengalami kerusakan parah jika posisi bocor berada di bagian atas sehingga air masih menggantung dan terdapat kemungkinan air tersedot ke dalam sistem.

Baca Juga :   Biaya Listrik Kulkas per Bulan, Serta Cara Hitungannya

Jika kulkas tidak dimatikan, kondisi ini akan semakin parah. Level kerusakan sedang terjadi jika posisi bocor berada di bagian samping, sedangkan untuk level bocor yang ringan jika posisi bocor berada di bagian bawah.

Cara Memperbaiki Freezer Box Bocor

Jika freezer box kalian mengalami kerusakan akibat hal-hal seperti yang telah disebutkan di atas, dan kondisinya masih ringan, kalian dapat melakukan perbaikan sendiri tanpa harus memanggil teknisi ahli. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki freezer box yang bocor:

1. Mengubah posisi freezer

Salah satu penyebab umum terjadinya kebocoran pada freezer box adalah posisi peletakan freezer yang tidak tepat sehingga menyebabkan saluran pembuangan tersumbat dan air menggenang. Cara awal yang paling mudah untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memindahkan posisi freezer box ke tempat yang tepat dan memastikan saluran pembuangan tidak tersumbat.

2. Mengganti evaporator

Solusi lain saat freezer box mengalami kerusakan adalah dengan memeriksa komponen evaporator. Karena masalah yang sering terjadi pada freezer box ini umumnya berasal dari kerusakan pada komponen evaporator. Jika terjadi kerusakan atau kebocoran pada evaporator, satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti komponen evaporator tersebut.

Penggantian evaporator diperlukan saat kerusakan atau kebocoran pada freezer terjadi selama lebih dari satu bulan atau ketika terdapat lubang kecil berukuran 5mm atau lebih. Namun, kalian harus berhati-hati saat mengganti evaporator, dan pastikan untuk memeriksa cara membongkar freezer box yang tertera di dalam buku manual.

3. Menambal evaporator

Salah satu kerusakan yang paling umum pada freezer box adalah evaporator yang bocor akibat tertusuk benda tajam saat mengambil es batu dengan cara mencongkel. Salah satu cara untuk memperbaiki freezer box yang bocor adalah dengan menambal evaporator.

Terdapat dua cara yang paling mudah untuk menambal komponen evaporator ketika terdapat lubang akibat tertusuk benda tajam. Cara pertama adalah dengan menggunakan lem hijau yang khusus digunakan untuk menambal evaporator yang bocor.

Lem ini berbentuk seperti kapur tulis dan berwarna hijau. Caranya dengan menempelkan lem hijau pada bagian yang bocor, kemudian ditambahkan lem super atau lem alteco untuk lebih memperkuat.

Baca Juga :   Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron Agar Hemat Listrik

Cara kedua adalah dengan menggunakan kawat las aluminium, namun cara ini membutuhkan keterampilan dan ketelitian yang lebih tinggi.

4. Mengganti oli kompressor dan filter kapiler

Cara ini perlu dilakukan ketika oli kompresor tercampur dengan air dan harus diganti dengan oli kompresor baru. Sedangkan cara memperbaiki dengan mengganti filter kapiler perlu dilakukan saat terjadi kebocoran pada pipa saat melakukan pengisian ulang gas freon.

5. Mengganti drain pan

Drain pan atau biasa disebut juga dengan drip tray adalah komponen pada freezer box yang terletak di bagian bawah dan berfungsi untuk menampung air hasil kondensasi pada freezer. Apabila komponen ini mengalami kerusakan, air akan menetes keluar dari freezer. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa komponen drain pan secara berkala dan menggantinya jika ditemukan kerusakan.

Artikel Terkait :

Penutup

Jika kalian memiliki freezer box yang bocor, jangan khawatir! Ada beberapa cara untuk memperbaikinya dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Pertama, pastikan untuk menutup pintu freezer box dengan rapat dan menjaga suhu di dalamnya tetap stabil.

Jika kalian menemukan bocoran, bersihkan area yang terkena bocoran dengan kain lap dan air sabun. Kemudian, tutup bocoran dengan lem epoxy atau perekat yang kuat dan biarkan kering selama beberapa jam sebelum menggunakannya kembali.

Jika bocoran terlalu besar atau sulit dijangkau, sebaiknya segera hubungi teknisi terlatih untuk memperbaikinya. Ingatlah bahwa perbaikan yang tepat waktu dapat menghemat uang kalian dalam jangka panjang dan menjaga freezer box kalian bekerja dengan baik selama bertahun-tahun.

Dengan sedikit perawatan dan perbaikan, freezer box bocor dapat menjadi seperti baru lagi dan menjaga makanan kalian tetap segar dan aman untuk dikonsumsi.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Memperbaiki Freezer Box Bocor Dengan Mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *