Tekanan Normal Freon R32 AC 1/2 PK Berapa Psi

Tekanan Normal Freon R32 AC 1/2 PK Berapa Psi? Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Tekanan Normal Freon R32 AC 1/2 PK Berapa Psi? Yang Tepat. AC menjadi salah satu kebutuhan elektronik penting saat ini, dan kini sudah terdapat 3 jenis freon yang dapat digunakan pada AC. Tekanan dari freon R32 pada AC 1 2 PK tentu berbeda dengan jenis freon lainnya yang digunakan pada AC. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengetahui tekanan masing-masing jenis freon agar dapat menentukan jenis freon yang tepat untuk AC yang kalian miliki di rumah.

Untuk memilih jenis freon yang tepat untuk AC kalian, kalian dapat mencari tabel tekanan freon R32 dan jenis lainnya. Sebelum membeli, kalian juga perlu mencari informasi mengenai tekanan freon R32 dalam satuan psi. Selain itu, kalian juga harus mengetahui tekanan normal dari freon pada AC 1 2 PK agar dapat memutuskan dengan tepat dan benar.

Apa Itu Freon R32?

Sebelum membahas tekanan freon secara mendalam, penting bagi yang belum mengetahui apa itu freon untuk mengetahui sedikit gambaran tentang freon. Freon, atau yang dikenal juga dengan sebutan refrigerant, adalah senyawa kimia yang digunakan sebagai bahan bakar untuk menjalankan sistem kerja AC. Senyawa ini digunakan sebagai fluida untuk menyerap panas dari udara ruangan sehingga suhu di dalam ruangan bisa menjadi lebih rendah.

Freon R32 merupakan jenis refrigeran yang terbentuk dari senyawa Difluoromethane (CH2F2) yang memiliki struktur kimia yang stabil antara hidrogen, karbon, dan fluorida. Refrigeran tunggal ini tidak beracun dan memiliki waktu hidup yang singkat, yaitu sekitar 4-9 tahun setelah terlepas dari atmosfer bumi.

Baca Juga :   Arti Lambang Pada Remote AC Polytron dan Fungsinya

Sejak penghapusan penggunaan R22, Indonesia beralih ke alternatif penggunaan freon R32 untuk produk AC yang ada di pasaran.

Informasi Tekanan Freon R32 AC 1 2 PK Dan Jenis Freon Lainnya

Di Indonesia, terdapat tiga jenis freon yang tersedia, namun saat ini hanya dua jenis yang digunakan. Setiap jenis freon memiliki tekanan yang berbeda-beda, dan penting bagi kalian untuk mengetahuinya agar dapat menyesuaikannya dengan AC yang kalian gunakan. Berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa informasi mengenai tekanan dari setiap jenis freon yang tersedia.

1. Freon R22

Jenis pertama freon adalah freon 22, yang menggunakan refrigerant CFC dan sudah tidak banyak digunakan saat ini. Pemerintah Indonesia bahkan melarang penggunaannya karena bahan dari freon 22 dapat merusak lapisan ozon dan berbahaya bagi lingkungan.

Meskipun demikian, beberapa dealer dan perusahaan AC masih dapat menjual stok tersisa dan memberikan layanan purna jual hingga tahun 2030. Namun setelah itu, penggunaan freon 22 akan sepenuhnya dihapuskan di Indonesia dan tidak boleh lagi digunakan. Tekanan freon R22 ini adalah antara 70 hingga 80 psi.

2. Freon R410a

Jenis freon kedua adalah R401a, yang muncul karena kesadaran bahwa freon 22 tidak ramah lingkungan. Meskipun freon R410a ini masih berpotensi menjadi penyebab pemanasan global, namun banyak orang yang memkalianng bahwa freon ini tidak seburuk freon R22.

Tekanan stkalianr dari freon R410a adalah antara 140 hingga 150 psi.

3. Freon R32

Jenis freon terakhir yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dua jenis freon sebelumnya adalah freon R32. Freon ini termasuk dalam kategori HFC seperti halnya freon R410a yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun, freon R32 memiliki tingkat pendinginan yang lebih tinggi dibandingkan dengan freon R410a.

Baca Juga :   Daftar Kode Remot AC Sanken Paling Lengkap

Tekanan dari freon R32 ini juga paling besar, yaitu sekitar 150 hingga 160 psi, sedikit berbeda dengan R410a.

Keuntungan Freon R32

Dilihat dari tabel freon R32, terdapat beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan penggunaan freon ini. Beberapa keuntungan dari penggunaan freon R32 antara lain:

  1. Lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan freon R22 dan freon R410a karena tingkat GWP-nya lebih rendah.
  2. Memiliki cooling index yang lebih tinggi dibandingkan dengan freon R22 atau freon R410a.
  3. Memiliki potensi mudah terbakar lebih tinggi dibandingkan dengan freon R22 dan freon R410a, namun tingkat flammability-nya rendah sehingga tidak perlu khawatir.

Apakah Bisa Ganti Freon R22 / R410a dengan Freon R32?

Tidak, tidak bisa. Setiap jenis freon tidak kompatibel satu sama lain sehingga tidak dapat dicampur atau diganti dengan freon yang berbeda.

Selain itu, setiap jenis oli kompresor dan tekanan freon juga berbeda antara satu jenis dengan yang lainnya. Jika pengguna memaksakan untuk mengganti atau mencampur freon, dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor.

3 Tkalian Freon AC Habis

Lampu Indikator Berkedip

Biasanya, lampu indikator timer akan berkedip untuk menunjukkan adanya masalah pada salah satu komponen AC. Oleh karena itu, jika lampu tersebut berkedip, sebaiknya jangan diabaikan, melainkan cari tahu penyebabnya karena bisa saja freon AC habis.

Tagihan Listrik Membengkak

Jika tagihan listrik tiba-tiba meningkat, itu bisa menjadi tkalian bahwa AC kalian mengalami kerusakan atau freon sudah habis. Karena freon yang habis akan membuat AC bekerja lebih keras untuk menghasilkan udara dingin, yang menyebabkan konsumsi energi listrik menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, periksalah komponen AC kalian jika tagihan listrik membengkak.

AC Mengeluarkan Bunyi Berisik

Jika AC kalian mengeluarkan suara yang mengganggu dibandingkan sebelumnya, itu bisa menjadi tkalian bahwa freon sudah habis dan harus segera diisi kembali. Selain itu, kondisi tersebut juga menkaliankan adanya kerusakan pada bagian mesin AC.

Baca Juga :   Cara Mematikan Timer AC Midea: Mudah Dilakukan

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam artikel ini, finoo.id telah membahas tentang tekanan normal freon R32 AC 1/2 PK. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, tekanan normal freon R32 AC 1/2 PK seharusnya berada dalam kisaran 75-85 psi saat kondisi pendinginan normal.

Namun, penting untuk diingat bahwa tekanan freon dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti suhu lingkungan, kondisi unit AC, dan jenis freon yang digunakan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami bagaimana cara membaca tekanan freon dan memastikan bahwa unit AC kalian beroperasi pada tekanan yang tepat. Dengan memperhatikan tekanan freon secara teratur, kalian dapat menghindari masalah yang lebih serius dan memperpanjang umur AC kalian.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang ingin memahami lebih lanjut tentang tekanan normal freon R32 AC 1/2 PK. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan teknisi AC terpercaya jika kalian memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang masalah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *