AC Hidup Sebentar Lalu Mati

Apa Penyebab Kompresor AC Hidup Sebentar Lalu Mati

Posted on

Finoo.id – Apa Penyebab Kompresor AC Hidup Sebentar Lalu Mati. Seringkali saat menggunakan AC, masalah yang dihadapi adalah pada bagian kompresornya. Di artikel ini akan dijelaskan penyebab kompresor AC hidup sebentar lalu mati dan bagaimana cara mengatasinya.

Pentingnya AC di gedung-gedung besar untuk memberikan kenyamanan pada orang-orang yang bekerja di dalamnya tidak dapat dipungkiri. Namun, sebagai barang elektronik, AC dapat mengalami masalah seperti kompresor yang hanya hidup sebentar dan mati. Apa yang menjadi penyebabnya?

Penyebab Kompresor AC Hidup Sebentar Lalu Mati

Kondisi di mana kompresor AC hanya hidup sebentar dan mati adalah masalah yang umum terjadi. Lalu, apa yang menjadi penyebab masalah ini? Berikut penjelasannya.

1. Thermisthor AC mengalami kerusakan

Apabila terjadi kerusakan pada thermistor AC, maka kompresor akan mati. Thermistor berfungsi sebagai pengatur suhu pada AC, sehingga apabila terdapat kerusakan pada thermistor, tidak ada pengatur suhu yang berfungsi pada AC. Akibatnya, kompresor AC hanya akan hidup sebentar dan mati.

2. Pengaktifan Mode Timer

Salah satu fitur yang ada pada remote AC adalah mode timer. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur durasi waktu AC dinyalakan.

Namun, ada beberapa orang yang kurang memahami cara menggunakan mode timer ini. Terkadang, mereka hanya menyalakannya tanpa tahu cara mematikannya.

Oleh karena itu, jika kompresor AC tiba-tiba mati, kemungkinan besar disebabkan oleh mode timer yang diaktifkan dan waktu timer sudah habis, sehingga AC mati secara otomatis.

Bagi pemilik AC merek Panasonic, kalian dapat membaca panduan cara mematikan timer AC Panasonic yang telah kami tuliskan sebelumnya.

Baca Juga :   Ukuran Kapasitor AC Berdasarkan PK Yang Tepat

3. Kerusakan PCB Modul

Kerusakan pada PCB Modul dapat menyebabkan kompresor AC hanya hidup sebentar dan mati. Hal ini bisa terjadi akibat adanya fluktuasi tegangan listrik, konsleting, atau tersambar petir pada unit outdoor AC.

4. Switch On-Off Bermasalah

Faktor fisik juga dapat menyebabkan kompresor AC hanya hidup sebentar dan mati. Salah satu penyebabnya adalah penekanan atau penjepitan bagian power on off akibat penutup casing AC saat dibuka dan dipasang kembali pada unit indoor.

5. AC yang terlalu Kotor

Kotoran dan debu yang menumpuk pada AC juga dapat menyebabkan kompresor hanya hidup sebentar dan mati. Hal ini terjadi karena AC yang kotor akan menambah beban pada kompresor, sehingga suhu di dalamnya meningkat.

Ketika suhu terlalu tinggi, kompresor akan mati untuk menurunkan suhu dan menghindari bekerja terlalu keras. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan AC secara teratur agar kompresor dapat berfungsi dengan baik.

6. Berkurangnya Tekanan Refrigerant (Freon)

Kompresor AC yang hanya hidup sebentar dan mati juga dapat disebabkan oleh kurangnya tekanan freon. Kondisi ini dapat terjadi akibat kebocoran kecil pada pipa, nepel yang kendur karena getaran mesin, atau pemasangan pipa yang tidak pas.

Ketika terjadi kebocoran, tekanan freon akan berkurang atau bahkan habis. Tkalian lain dari kebocoran pipa adalah adanya bercak oli di area yang bocor.

Setelah mengetahui faktor penyebabnya, selanjutnya kami akan memberikan solusi atau cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Kompresor AC Hidup Sebentar Lalu Mati

Jika sudah mengetahui penyebab kompresor AC hanya hidup sebentar dan mati, maka penting juga untuk mengetahui cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Cek Dengan Multimeter

Apabila terdapat masalah pada thermistor, lakukan pengecekan menggunakan alat khusus bernama multimeter. Normalnya, pada suhu 25 derajat, thermistor akan menerima tegangan sebesar 2,5 VDC.

Jika terdeteksi tegangan sebesar 5 VDC, berarti tidak ada tekanan pada thermistor, namun jika terdeteksi 0 VDC, maka terjadi korsleting pada thermistor.

Untuk membuat komponen controler bekerja pada tegangan 3,3 V, maka thermistor akan memutuskan 3,3 VDC dan menerima tegangan sebesar 1,7 VDC pada suhu 25 derajat. Hasil yang diterima dapat berbeda tergantung pada suhu AC yang sedang diukur.

Baca Juga :   Kode Remot AC Akari Paling Lengkap Beserta Panduanya

2. Cek Remote AC

Jika lampu pada mode timer pada remote AC berkedip-kedip, maka bisa dipastikan bahwa mode ini sedang aktif. Untuk menonaktifkannya, matikan AC dan lalu restart kembali remote AC.

3. Gunakan Stabilizer

Untuk mengatasi kerusakan pada PCB Modul, kalian dapat menggunakan stabilizer untuk menjaga stabilitas arus listrik agar AC tetap dapat berfungsi secara optimal. Selain itu, lakukan pengecekan secara berkala pada saklar sekring untuk memastikan bahwa dalam kondisi normal.

4. Tutup Case AC dengan Baik

Saat menutup casing pada unit indoor AC, periksa apakah menekan tombol switch on-off pada AC. Jika iya, segera atur ulang posisi tombol agar tetap aman.

5. Bersihkan AC

Agar terhindar dari masalah AC yang kotor dan menekan beban pada kompresor, lakukan pembersihan AC secara berkala minimal satu atau dua kali dalam seminggu.

6. Cek Freon dengan Gauge Manifold

Lakukan pengecekan tekanan freon pada AC dengan menggunakan alat gauge manifold. Kondisi normalnya, jika menggunakan freon R22, tekanan yang dibutuhkan berkisar antara 75 hingga 90 PSI, sedangkan untuk freon R32 atau R410A, tekanan yang dibutuhkan berkisar antara 120 hingga 140 PSI, namun hal ini harus disesuaikan dengan kekuatan ampere dari unit kompresor.

Itulah beberapa cara mengatasi masalah kompresor AC yang hanya hidup sebentar dan mati. Lakukan cara-cara tersebut apabila kalian mengalami masalah serupa.

Penyebab Kompresor AC Mobil Hidup Sebentar lalu Mati dan Solusinya

Faktor yang menyebabkan kompresor AC mobil mati hidup bisa sama dengan AC rumah. Berikut beberapa faktor penyebab dan cara mengatasinya pada AC mobil.

1. Magnetic Clutch Rusak

Kerusakan pada magnetic clutch biasanya disebabkan oleh faktor usia dan lamanya waktu penggunaan, sehingga lilitan pada komponen tersebut putus. Komponen ini berfungsi untuk menerima arus listrik dan bekerja secara elektromagnetik.

Jika magnetic clutch rusak, hal ini dapat menyebabkan kompresor AC tidak bekerja dengan optimal dan hanya hidup sebentar dan mati. Hal ini disebabkan oleh penurunan kinerja komponen elektrikal akibat usia pemakaian yang terlalu lama.

Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan penggantian magnetic clutch dengan yang baru agar AC tetap dapat bekerja secara normal.

2. Relay Kompresor AC Putus

Relay kompresor berada di dalam magnetic clutch dan berfungsi untuk mengamankan arus listrik berlebih pada komponen AC. Kerusakan dapat disebabkan oleh konsleting, yang mengakibatkan aliran arus listrik pada magnetic clutch terhenti dan membuat komponen AC hanya hidup sebentar dan mati.

Baca Juga :   Cara Menghidupkan AC Daikin Tanpa Remot Dengan Mudah

Untuk mengatasi masalah ini, penggantian dengan komponen yang baru mungkin diperlukan. Namun, sebelumnya pastikan untuk memeriksa bagian rangkaian kabel pada magnetic clutch agar tidak terkelupas dan songket kabel tidak kendur atau gosong.

3. Ada Gangguan Sensor Suhu AC

Sensor suhu pada AC berfungsi untuk memastikan kapan magnetic clutch harus menyala atau mati setelah suhu di dalam kabin tercapai. Namun, jika komponen ini mengalami kerusakan, tidak akan ada komponen yang dapat mendeteksi suhu dan magnetic clutch tidak akan bekerja dengan optimal bahkan AC dapat mati total.

Untuk mengatasi hal ini, lakukan pengecekan pada komponen tersebut dan jika memang rusak dan tidak dapat diperbaiki, maka harus diganti dengan yang baru agar AC dapat berfungsi secara normal kembali.

Artikel Terkait :

Penutup

Kesulitan saat AC hidup sebentar lalu mati? Jangan khawatir, ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti kabel yang longgar, filter yang kotor, atau mungkin masalah pada kompresor. Pastikan kalian melakukan perawatan dan pembersihan secara rutin agar AC tetap bekerja dengan baik.

Namun, jika permasalahannya lebih serius, jangan ragu untuk memanggil teknisi profesional untuk memeriksa dan memperbaiki AC kalian. Hindari mencoba memperbaiki sendiri jika kalian tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup.

Ingatlah bahwa menjaga AC kalian tetap dalam kondisi baik adalah penting untuk kenyamanan kalian di rumah atau di tempat kerja. Jadi, jika kalian mengalami masalah dengan AC kalian, segera ambil tindakan untuk memperbaikinya.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Apa Penyebab Kompresor AC Hidup Sebentar Lalu Mati. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *