Apa Itu Blockboard

√ Apa Itu Blockboard? Jenis, Kelebihan dan Kekuranganya

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Blockboard? Jenis, Kelebihan dan Kekuranganya. Mewujudkan impian memiliki hunian atau melakukan renovasi rumah sendiri merupakan aspirasi bagi banyak individu. Melakukan semua proses tersebut secara mandiri memberikan kebebasan besar dalam menentukan pilihan barang atau material rumah. Pemilihan material dapat disesuaikan dengan anggaran yang tersedia atau mengikuti preferensi pribadi.

Salah satu material yang umum digunakan dalam konstruksi adalah papan blockboard. Papan blockboard adalah hasil olahan kayu yang dibentuk melalui proses pemadatan dengan menggunakan mesin. Untuk memahami lebih rinci tentang blockboard, silakan baca penjelasan berikut ini.

Apa Itu Blockboard?

Saat memilih material untuk menciptakan produk kayu, Pins dapat mempertimbangkan penggunaan blockboard atau yang juga dikenal sebagai triplek meranti.

Blockboard adalah produk olahan kayu berbentuk papan yang terdiri dari tiga lapisan kayu yang digabung dan dipadatkan menggunakan mesin. Untuk mendapatkan bentuk lembaran seperti papan, material ini dilapisi dengan bahan tertentu dan direkatkan menggunakan lem khusus.

Setelah itu, papan ini menjalani proses pengeringan untuk mengurangi kandungan air hingga mencapai 10-12%, sehingga tahan terhadap pembusukan dan lebih awet. Karakteristik kayu blockboard adalah kelembutan, membuatnya lebih mudah diaplikasikan untuk berbagai bentuk.

Dibandingkan dengan jenis triplek lainnya, blockboard termasuk yang paling kuat karena proses pembuatannya memerlukan waktu yang lebih lama. Lapisan luarnya memiliki ketebalan 0,5-2 mm.

Oleh karena itu, produk kayu ini cukup populer sebagai bahan baku furniture. Pins dapat menemukan blockboard dalam berbagai ukuran, umumnya antara 15 mm sampai 18 mm. Selain itu, ukuran papan biasanya sudah dipotong stkalianr, yaitu 240 cm x 120 cm. Jika ingin menciptakan barang menggunakan blockboard, Pins perlu memotongnya sesuai kebutuhan.

Jenis-Jenis Blockboard

Klasifikasi papan blockboard bergantung pada karakteristik yang berbeda, seperti kualitas, penggunaan, dan jenis kayu mentah yang digunakan untuk inti. Berikut adalah beberapa jenis blockboard:

Tergantung pada kualitas dan penggunaan:

  • Blockboard Kelas Interior: Merupakan papan balok yang dirancang khusus untuk penggunaan dalam ruangan dan memiliki ketahanan terhadap kelembaban. Jenis ini biasanya disebut MR (Moisture Resistant) atau tahan terhadap kelembapan. Blockboard kelas interior cocok digunakan untuk pembuatan furnitur, pintu, dan penutup jendela di dalam ruangan. Keunggulannya terletak pada kemampuannya untuk menjaga kestabilan strukturnya meskipun terpapar kelembaban dalam ruangan.
  • Blockboard Kelas Eksterior: Merupakan variasi blockboard yang diproduksi khusus untuk penggunaan di luar ruangan. Blockboard kelas eksterior sering disebut BWP (Boiling Water Proof) atau BWR (Boiling Water Resistant). Jenis ini memiliki kualitas ketahanan yang tinggi karena penggunaan perekat berkualitas baik. Blockboard eksterior sangat bermanfaat di area yang mungkin terkena kelembaban tinggi dan rawan air. BWP Blockboard secara ideal digunakan dalam konstruksi rumah prefabrikasi, pembuatan gerbong kereta api, dan desain dapur yang tahan terhadap kondisi cuaca eksternal. Kelebihannya meliputi daya tahan terhadap perubahan suhu, kelembaban tinggi, dan paparan elemen cuaca yang ekstrem.
Baca Juga :   √ Apa Itu Metanol? Asal, Kegunaan, dan Bahayanya

Tergantung pada kayu mentah yang digunakan dalam inti:

  • Papan Blok Kayu Lunak: Jenis ini terdiri dari balok kayu lunak yang padat, yang digunakan sebagai inti untuk setiap lembaran blockboard. Proses pembuatannya melibatkan penyatuan lembaran kayu ini dengan menggunakan lem, dan lembaran tersebut disebut strip atau reng. Setelah proses tersebut, permukaan blockboard dilapisi dengan veneer kayu keras. Papan Blok Kayu Lunak cenderung memberikan kelembutan dan ringan di samping kemampuan untuk menahan tekanan. Keunggulannya adalah lebih ekonomis dan sering digunakan dalam pembuatan furnitur dan proyek konstruksi dengan beban yang lebih ringan.
  • Papan Blok Kayu Keras: Merupakan jenis blockboard yang memiliki inti terbuat dari kayu keras padat, yang secara umum lebih berat, mahal, dan kuat. Inti dari blockboard ini terdiri dari lembaran kayu keras yang padat. Proses penyelesaian juga melibatkan pelapisan dengan veneer kayu keras pada permukaannya. Papan Blok Kayu Keras dikenal karena kekuatannya yang tinggi, membuatnya cocok untuk proyek konstruksi yang membutuhkan ketahanan dan kekuatan ekstra. Meskipun harganya mungkin lebih tinggi, kekalianlan dan daya tahannya terhadap beban dan kondisi lingkungan membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk penggunaan yang memerlukan kekuatan dan ketahanan yang maksimal.

Kelebihan dan Kekurangan Papan Blockboard

Blockboard adalah opsi yang dapat kalian pilih untuk pembuatan furniture. Agar furniture dapat digunakan dengan tahan lama, papan blockboard harus melalui proses pembuatan yang memakan waktu.

Kelebihan Papan Blockboard

  1. Kestabilan Kualitas yang Baik: Papan Blockboard dikenal memiliki tingkat kestabilan kualitas yang sangat baik. Sifat ini membuatnya dapat digunakan secara efektif di daerah dengan tingkat kelembaban tinggi tanpa mengalami perubahan yang signifikan. Kestabilan kualitas ini memberikan kepercayaan bahwa blockboard dapat memberikan performa yang baik dalam jangka waktu yang lama.
  2. Harga Terjangkau: Salah satu kelebihan utama blockboard adalah harganya yang terjangkau. Hal ini memungkinkan siapa pun untuk membeli dan menggunakan blockboard tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi. Ketersediaan dan aksesibilitas blockboard dengan harga yang ramah di kantong membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis untuk berbagai proyek pembuatan furniture.
  3. Ketahanan yang Tinggi: Dengan kayu yang sudah dikeringkan, blockboard memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap pemuaian. Hal ini mengurangi risiko terjadinya perubahan bentuk seperti pembengkokan atau patah. Ketahanan yang tinggi ini memberikan kekalianlan ekstra, terutama dalam penggunaan jangka panjang.
  4. Kekuatan saat Pemasangan: Proses pemasangan menjadi lebih mudah dengan papan blockboard karena konstruksinya yang padat. Papan ini tidak mudah rusak atau hancur saat dimasukkan baut, sekrup, atau rel untuk pemasangan. Keberlanjutan bentuk dan kekuatan blockboard mempermudah proses konstruksi dan instalasi.
  5. Bobot Ringan: Bobot ringan blockboard membuatnya sangat mudah untuk dipasang dan digunakan dalam pembuatan furniture di rumah. Bobot yang bersifat praktis ini memungkinkan kalian untuk menyelesaikan proyek-proyek DIY tanpa perlu bantuan tambahan, memberikan fleksibilitas dalam penataan dan penggunaan material ini dalam berbagai desain furniture.
Baca Juga :   Spesifikasi dan Karakteristik Baja Untuk Konstruksi Bangunan

Kekurangan Papan Blockboard

  1. Tidak Tahan Air: Salah satu kelemahan utama blockboard adalah ketidakmampuannya untuk menahan air dengan baik. Sebaiknya hindari paparan air berlebih, karena dapat menyebabkan pembengkakan, deformasi, dan bahkan kerusakan pada papan. Oleh karena itu, blockboard tidak cocok untuk penggunaan di area yang sering terpapar kelembaban tinggi atau air secara langsung.
  2. Bobot Ringan: Meskipun bobot ringan dianggap sebagai kelebihan, namun bisa menjadi kekurangan tergantung pada aplikasi tertentu. Untuk proyek-proyek yang memerlukan bahan yang lebih berat dan kuat, blockboard mungkin kurang ideal. Misalnya, dalam pembuatan beberapa jenis furniture yang membutuhkan stabilitas tambahan atau tahan terhadap tekanan yang besar.
  3. Kualitas Bervariasi: Kualitas blockboard dapat bervariasi tergantung pada pabrik pembuatnya. Hal ini dapat mengakibatkan perbedaan dalam kekuatan, ketahanan, dan penampilan antarproduk. Oleh karena itu, penting untuk memilih produsen yang terpercaya dan memeriksa kualitas papan blockboard sebelum membelinya. Pemilihan papan dari produsen yang memiliki reputasi baik dapat membantu memastikan bahwa blockboard yang digunakan memiliki kualitas yang konsisten dan dapat dikalianlkan dalam proyek konstruksi atau pembuatan furniture.

Harga Papan Blockboard Terbaru 2023

Papan blockboard menawarkan harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan beberapa bahan lain. Berikut adalah beberapa contoh harga papan blockboard:

  • Blackmill Blockboard 1 Sisi SF 15mm: Rp250.000
  • Blockmill Blockboard 1 Sisi SF 18mm: Rp260.000
  • Blockboard Meranti MLH 18mm 122cm x 244cm: Rp180.000
  • Blockmill Lapis Melamin Blockboard 1 Sisi SF 18mm: Rp235.000

Alternatif Selain Papan Blockboard

Jika kalian sedang mencari alternatif selain papan blockboard, ada beberapa opsi yang dapat dipertimbangkan:

  1. Papan MDF (Medium Density Fiberboard): Pilihan yang baik untuk meja dan furniture interior karena memiliki permukaan yang halus dan rata. MDF terbuat dari serat kayu yang diolah menjadi papan padat dengan kepadatan menengah. Kelebihannya meliputi kemampuan untuk diukir dengan rapi dan menerima cat dengan baik.
  2. HDF (High Density Fiberboard): Lebih kuat dan lebih padat dibandingkan dengan MDF, HDF cocok untuk proyek yang membutuhkan kekuatan ekstra. Dibuat dengan tekanan tinggi dan memiliki kepadatan yang lebih tinggi, HDF menjadi pilihan yang baik untuk furniture atau konstruksi yang memerlukan daya tahan dan ketahanan yang tinggi.
  3. Multipleks (Plywood): Merupakan alternatif serupa dengan papan blockboard, namun dengan karakteristik yang berbeda. Plywood terdiri dari lapisan-lapisan tipis kayu yang disusun bersama-sama dan ditempelkan untuk menciptakan papan yang kuat dan tahan lama. Plywood cocok untuk berbagai aplikasi, termasuk konstruksi, pembuatan furniture, dan desain interior.
  4. HPL (High Pressure Laminate): Opsi lain yang dapat dipertimbangkan untuk berbagai jenis furniture dengan tingkat ketahanan yang tinggi. HPL adalah lapisan tekan yang diaplikasikan pada substrat kayu atau material lainnya. Keunggulannya termasuk daya tahan terhadap goresan, panas, dan cairan, membuatnya ideal untuk countertop dapur, lemari, atau meja kerja.
Baca Juga :   Apa Itu Pasir Silika? Pengertian dan Fungsinya Lengkap

Memilih alternatif tergantung pada kebutuhan spesifik proyek dan preferensi desain. Setiap opsi memiliki karakteristik uniknya sendiri dan dapat memberikan hasil yang memuaskan sesuai dengan keperluan penggunaannya.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa blockboard adalah sebuah jenis material konstruksi yang memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan.

Keberagaman jenis kayu yang dapat digunakan untuk inti blockboard memberikan fleksibilitas dalam pemilihan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.

Meskipun memiliki harga yang terjangkau, pengguna perlu memahami kualitas dan karakteristiknya untuk memastikan kesesuaian dengan proyek yang sedang dijalankan.

Penting untuk diingat bahwa blockboard memiliki kestabilan yang baik dalam kondisi tertentu, namun juga memiliki batasan, terutama terkait dengan ketahanan terhadap air.

Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang apa itu blockboard menjadi kunci untuk membuat keputusan yang tepat dalam memilih material konstruksi untuk berbagai proyek.

Seiring dengan perkembangan teknologi konstruksi, kita dapat terus mengikuti tren dan inovasi terbaru dalam penggunaan blockboard untuk menciptakan bangunan atau furniture yang kokoh dan berkualitas.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa Itu Blockboard? Jenis, Kelebihan dan Kekuranganya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *