Harga Borongan Pasang WPC

Harga Borongan Pasang WPC Per Meter Terabaru Paling Lengkap

Posted on

Finoo.id – Harga Borongan Pasang WPC Per Meter Terabaru Paling Lengkap. Seperti yang telah diketahui, perkembangan teknologi yang canggih seperti saat ini telah memberikan dampak yang signifikan pada bahan-bahan material konstruksi. Hal ini bukan tanpa alasan, karena sekarang banyak bermunculan bahan-bahan baru sebagai alternatif pengganti kayu, salah satunya adalah Wood Plastic Composite (WPC).

WPC saat ini sering digunakan oleh banyak orang untuk menggantikan peran kayu, baik sebagai material lantai maupun dinding dalam pembangunan hunian. Kelebihan utama dari WPC adalah bahan baku utamanya terbuat dari campuran serbuk kayu dan plastik daur ulang.

Yang menarik, saat ini tersedia berbagai penyedia jasa pemasangan WPC dengan harga yang terjangkau. Biasanya, para kontraktor menetapkan harga pemasangan WPC per meter persegi, baik untuk lantai maupun dinding.

Jika kalian berencana mengganti material kayu di rumah kalian dengan WPC melalui jasa kontraktor, disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu estimasi harganya. Dalam pembahasan ini, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai harga pemasangan WPC per meter persegi untuk berbagai jenis dan ukuran.

Apa itu WPC (Wood Plastic Composite ) ?

WPC adalah singkatan dari Wood Plastic Composite, yang dalam bahasa sederhana berarti campuran antara kayu dan plastik. Composite sendiri mengacu pada campuran. Dengan demikian, WPC adalah hasil dari perpaduan antara bahan kayu dan plastik yang melebur bersama membentuk material baru yang dikenal sebagai WPC.

WPC saat ini menjadi alternatif utama untuk menggantikan penggunaan kayu. Kenaikan harga kayu dan masalah eksploitasi kayu memaksa kita untuk lebih memperhatikan pelestarian sumber daya kayu. Komposisi WPC terdiri dari 50% serat plastik dan 50% serbuk kayu. Ini memberikan WPC kekuatan dan estetika mirip dengan kayu, sambil tetap mempertahankan keunggulan daya tahan dan sifat plastik.

Apa Saja Jenis Jenis Wood Plastic Composite?

Secara umum, terdapat dua varian WPC yang tersedia di pasaran. Berikut adalah penjelasannya.

1. Komposit Kayu Hollow

Salah satu varian Wood Plastic Composite yang populer adalah komposit kayu dengan rongga atau “hollow” di bagian tubuhnya, yang mirip dengan besi hollow pada umumnya. Keberadaan rongga ini memungkinkan jenis WPC ini untuk dengan mudah dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan. Bahan konstruksi ini sering digunakan dalam proyek eksterior rumah, seperti pembuatan pagar rumah, atap gazebo, lantai teras rumah, dan berbagai aplikasi lainnya. Kelebihan komposit kayu hollow adalah bobotnya yang ringan dan kemampuannya untuk beradaptasi dengan beragam desain konstruksi.

2. Komposit Kayu Solid

Komposit Kayu Solid adalah jenis Wood Plastic Composite yang memiliki bentuk tubuh yang padat dan tidak memiliki rongga di dalamnya. Biasanya, jenis WPC ini dijual dalam bentuk papan, baik yang datar maupun yang memiliki bentuk melengkung, tergantung pada kebutuhan proyek. Jenis kayu plastik ini biasanya digunakan sebagai bahan konstruksi dalam pembangunan berbagai jenis bangunan, seperti rumah, gedung, dan struktur konstruksi pada umumnya. Keunggulan dari komposit kayu solid adalah kekuatannya yang tinggi dan kemampuan untuk memberikan dukungan struktural yang kokoh pada berbagai aplikasi konstruksi.

Baca Juga :   Proses Pembuatan Kaca: Alat, Bahan Baku dan Cara Pembuatanya

Kelebihan dan Kekurangan WPC

Sesuai dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, WPC adalah salah satu jenis material bangunan yang terbuat dari plastik ramah lingkungan yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk kayu alami atau kayu lapis. Namun, meskipun demikian, hal ini tidak berarti bahwa WPC tidak memiliki kelemahan atau kekurangan sama sekali.

Oleh karena itu, sebelum kalian memutuskan untuk membeli dan menginstal WPC sebagai lantai atau dinding rumah, disarankan untuk memahami baik kelebihan dan kekurangannya yang diuraikan di bawah ini.

Kelebihan

  1. Dapat Didaur Ulang: Salah satu keunggulan utama WPC adalah kemampuannya untuk didaur ulang dan diproduksi kembali. Ini membantu dalam menjaga lingkungan dan sumber daya alam.
  2. Beragam Ukuran Panel: WPC tersedia dalam berbagai ukuran panel yang berbeda, memungkinkan penggunaannya baik di dalam maupun di luar ruangan sesuai kebutuhan proyek.
  3. Tahan Api: WPC memiliki tingkat ketahanan yang lebih tinggi terhadap api dibandingkan dengan beberapa material sejenisnya, menjadikannya pilihan yang lebih aman.
  4. Daya Tahan Terhadap Benturan dan Abrasi: WPC memiliki daya tahan yang baik terhadap benturan dan abrasi, menjadikannya pilihan yang cocok untuk daerah dengan lalu lintas tinggi atau penggunaan yang intens.
  5. Kestabilan Dimensi: WPC menunjukkan kestabilan dimensi yang baik, bahkan dalam lingkungan lembab, dan tidak akan mengembang atau menyusut secara signifikan.
  6. Resiko Retak Kecil: Kemungkinan retak pada WPC sangat kecil, memberikan kekuatan struktural yang baik.
  7. Tahan Terhadap Air dan Bahan Kimia: WPC memiliki daya tahan yang tinggi terhadap air dan bahan kimia rumah tangga, sehingga cocok untuk penggunaan di lingkungan yang terpapar air atau bahan kimia.
  8. Tahan Terhadap Serangga dan Jamur: WPC memiliki tingkat ketahanan yang lebih baik terhadap serangga, jamur, dan hama lainnya, mengurangi risiko kerusakan.
  9. Harga Terjangkau: Secara umum, harga WPC cenderung lebih ekonomis daripada kayu alami, sehingga dapat menghemat biaya proyek konstruksi.
  10. Estetika: WPC mampu memberikan keindahan pada rumah kalian dengan beragam pilihan gaya dan warna yang tersedia.
  11. Warna Tahan Lama: Warna cat pada WPC cenderung tidak mudah memudar, menjaga tampilan yang menarik selama bertahun-tahun.

Kekurangan

Kandungan Bahan Kimia: WPC, meskipun ramah lingkungan dalam beberapa aspek, masih mengandung bahan kimia tertentu yang digunakan dalam proses pembuatan. Ini dapat menjadi kekhawatiran jika kalian prihatin dengan masalah lingkungan.

  1. Rawan Meleleh: WPC adalah material yang rawan meleleh jika terpapar panas ekstrem. Oleh karena itu, perlu berhati-hati untuk menghindari paparan suhu tinggi, seperti dekat dengan sumber panas intens.
  2. Biaya Pemasangan: Dalam hal biaya, proses pemasangan WPC cenderung lebih mahal daripada pilihan material lainnya. Ini dapat mencakup biaya tenaga kerja tambahan dan peralatan khusus yang mungkin diperlukan.
  3. Pilihan Warna Terbatas: WPC umumnya hanya tersedia dalam beberapa pilihan warna. Ini mungkin menjadi kendala jika kalian memiliki preferensi warna yang spesifik untuk proyek konstruksi kalian.
Baca Juga :   √ Kelebihan Penggunaan Panel Lantai pada Bangunan Rumah

Harga Borongan Pasang WPC Per Meter

Seperti dalam kasus tarif borongan konstruksi umumnya, biaya jasa pemasangan WPC juga dapat bervariasi di berbagai wilayah. Hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor yang memengaruhi proses pemasangan WPC, seperti ukuran area, kondisi lokasi pekerjaan, tingkat kompleksitas, dan tingkat risiko yang terlibat.

Sebagai informasi tambahan, perlu diingat bahwa biaya borongan pemasangan WPC per meter persegi cenderung sedikit lebih mahal dibandingkan dengan pemasangan lantai vinyl. Biasanya, rentang harga borongan pemasangan WPC berkisar antara Rp 130.000 hingga Rp 170.000 per meter persegi, dan tarif ini berlaku untuk semua jenis dan ukuran WPC.

Harap diperhatikan bahwa biaya jasa borongan pemasangan WPC ini hanya mencakup upah tenaga kerja dalam proses konstruksi, sementara biaya material WPC harus ditanggung oleh pemilik rumah sendiri. Dengan kata lain, kontraktor atau pemborong hanya menyediakan tenaga kerja, dan pemilik rumah bertanggung jawab untuk memperoleh material WPC yang dibutuhkan.

Cara Menghitung Borongan Pasang WPC

Sudah dijelaskan secara detail mengenai tarif borongan pemasangan WPC per meter persegi untuk berbagai jenis dan ukuran. Selanjutnya, penting untuk memahami cara menghitung biaya jasa borongan dalam pemasangan WPC di rumah, baik itu untuk konstruksi lantai atau dinding.

Perhitungan ini bertujuan agar kalian dapat memperkirakan dengan lebih akurat seberapa besar anggaran yang dibutuhkan untuk pemasangan WPC. Berikut adalah langkah-langkah dalam menghitung biaya jasa borongan pemasangan Wood Plastic Composite:

Luas Pekerjaan

Langkah pertama adalah menghitung volume area pekerjaan. Sebagai contoh, jika kalian akan memasang WPC sebagai lantai rumah dengan panjang 6 meter dan lebar 4 meter, perhitungannya hampir sama seperti ketika menghitung kebutuhan untuk lantai kayu. Untuk memahaminya lebih baik, berikut tahap-tahap perhitungan volume area pekerjaan:

Diketahui:

  • Panjang lantai: 6 meter.
  • Lebar lantai: 4 meter.

Perhitungan:

  • Luas area pekerjaan lantai: Panjang x Lebar.
  • Luas area pekerjaan lantai: 6 m x 4 m = 24 m2.

Ongkos Pasang WPC

Langkah berikutnya adalah menghitung biaya jasa pemasangan WPC untuk lantai rumah dengan menggunakan jasa pekerja borongan. Caranya cukup sederhana, yakni dengan mengalikan tarif borongan pemasangan WPC per meter persegi dengan luas total area pekerjaan.

  • Biaya pemasangan WPC: Luas area lantai x Tarif borongan.
  • Biaya pemasangan WPC: 24 m2 x Rp 130.000 = Rp 3.120.000.

Dari hasil perhitungan di atas, total biaya untuk pemasangan WPC sebagai lantai rumah dengan ukuran 5 m x 4 m menggunakan pekerja borongan adalah sekitar Rp 3.120.000. Kami ingin menekankan lagi bahwa anggaran biaya ini hanya mencakup biaya upah tenaga kerja borongan dan tidak termasuk biaya pembelian material WPC.

Baca Juga :   √ Apa Itu Quenching Logam (Pendinginan Logam) Penjelasan Lengkapnya

Cara Memilih Produk WPC yang Berkualitas

Di bawah ini terdapat beberapa tips yang dapat membantu kalian dalam pemilihan produk WPC yang berkualitas:

  1. Cek Produsen: Pastikan kalian mencari informasi tentang produsen WPC dan pastikan mereka memiliki reputasi yang baik serta pengalaman yang cukup dalam industri ini.
  2. Periksa Sertifikasi: Prioritaskan produk WPC yang telah mendapatkan sertifikasi dari lembaga pengujian dan sertifikasi yang diakui. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa produk telah memenuhi stkalianr kualitas tertentu.
  3. Bahan Baku: Pastikan produk WPC kalian terbuat dari serbuk kayu dan plastik daur ulang yang berkualitas tinggi. Kualitas bahan baku akan memengaruhi performa dan daya tahan produk.
  4. Ketebalan dan Dimensi: Pilih produk WPC yang memiliki ketebalan dan dimensi yang sesuai dengan kebutuhan proyek kalian. Sesuaikan dengan tujuan penggunaan, baik untuk lantai, dinding, atau aplikasi lainnya.
  5. Garansi: Carilah produk WPC yang disertai dengan garansi. Garansi ini memberikan jaminan terhadap kualitas dan ketahanan produk, sehingga kalian dapat merasa lebih percaya diri dengan pilihan kalian.

Perawatan dan Pemeliharaan WPC

Meskipun WPC adalah material yang mudah dalam perawatannya, ada beberapa langkah yang perlu diikuti untuk mempertahankan penampilan dan kualitasnya:

  1. Pembersihan Rutin: Lakukan pembersihan rutin pada WPC dengan menggunakan air dan sabun lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menumpuk pada permukaannya.
  2. Penghilangan Noda: Jika terdapat noda yang menempel pada permukaan WPC, gunakan sikat dengan bulu lembut dan larutan pencuci yang sesuai untuk menghilangkan noda tersebut tanpa merusak material.
  3. Perlindungan dari Sinar Matahari: Hindari pemasangan WPC di area yang terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang panjang. Paparan sinar matahari berlebihan dapat menyebabkan WPC menjadi panas dan memengaruhi penampilannya.
  4. Ventilasi: Pastikan area sekitar WPC memiliki ventilasi yang cukup. Hal ini membantu mencegah terperangkapnya kelembapan yang dapat berdampak negatif pada WPC.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah menjelaskan berbagai aspek yang perlu kalian pertimbangkan ketika memahami harga borongan pasang WPC.

Dari materi pembangunan hingga biaya tambahan yang mungkin terjadi, semuanya telah kita bahas secara rinci.

Tentukan anggaran kalian dengan bijak, bandingkan penawaran dari beberapa kontraktor, dan pastikan kalian memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian.

Semoga artikel finoo.id ini telah membantu kalian dalam memahami harga borongan pasang WPC dan semoga proyek kalian berjalan sukses dan sesuai dengan harapan kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *