Apa Itu Conwood

Apa Itu Conwood? Beserta Harga Borongan Pemasanganya Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Apa Itu Conwood? Beserta Harga Borongan Pemasanganya Yang Tepat. Salah satu model atau konsep rumah yang banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia adalah rumah serba kayu. Hal ini bukan tanpa alasan, karena kayu mampu memberikan tampilan yang lebih alami, indah, nyaman, dan hangat untuk ditinggali.

Namun, sayangnya, saat ini kayu mudah mengalami kerusakan dan menjadi rapuh karena terkena serangan hama seperti rayap atau tikus. Hal ini membuat kayu kurang cocok sebagai bahan dominan dalam sebuah bangunan, termasuk rumah tinggal dan gedung perkantoran.

Beruntung, saat ini banyak material yang memiliki tampilan yang mirip dengan kayu namun tidak mengandung kayu, salah satunya adalah conwood. Conwood terbuat dari campuran bahan selulosa dan serat semen, sehingga proses pembuatannya ramah lingkungan dan memiliki kekuatan yang cukup tinggi.

Jika kalian berencana untuk menggunakan conwood sebagai pengganti kayu di rumah, penting untuk mengetahui berapa harga borongan per meter persegi. Untuk membantu kalian, kami akan menjelaskan dengan detail besaran harga borongan pemasangan conwood per meter persegi.

Apa Itu Conwood?

Saat ini, terdapat beragam alternatif material pengganti kayu yang dapat dipertimbangkan, salah satunya adalah conwood. Meskipun memiliki penampilan serupa dengan kayu, material ini sebenarnya terbuat dari semen berkualitas tinggi dan serat selulosa.

Selama proses pembuatannya, conwood mengadopsi teknologi canggih dari Swiss. Akibatnya, bahan konstruksi ini dikenal memiliki ketahanan yang luar biasa dan kekuatan sebanding dengan kayu alami.

Banyak individu memilih conwood juga karena ia termasuk dalam kategori material ramah lingkungan, tidak menggunakan kayu asli, dan bebas dari asbes sebanyak 100 persen.

kalian bisa memilih conwood sebagai material untuk proyek konstruksi gedung atau rumah. Hasil akhirnya adalah bangunan yang memiliki unsur alami kayu tetapi dengan kekuatan yang setara dengan beton. Ini tak heran mengingat komposisinya, dengan 70 persen fiber semen dan 30 persen selulosa.

Kemudian, campuran ini dicetak dan dikeringkan menggunakan teknologi khusus, menghasilkan material yang sangat padat dan memiliki kekokohan yang serupa dengan kayu. kalian dapat memotong conwood dengan gergaji atau pahat, dan material ini sangat cocok untuk berbagai elemen bangunan, baik itu interior maupun eksterior.

Di Indonesia, PT Conwood Indonesia menjadi produsen utama material ini. Harga conwood biasanya sekitar Rp2,4 juta per meter persegi.

Baca Juga :   √ Apa Itu Paku Rivet? Fungsi, Jenis dan Cara Penggunaanya

Fungsi Conwood

Penting untuk memahami bahwa dalam dunia konstruksi bangunan, material conwood sering digunakan untuk berbagai keperluan. Sebelum kita memperdalam pembahasan mengenai harga pemasangan conwood, berikut ini akan kami berikan beberapa fungsi conwood sebagai bahan konstruksi berdasarkan jenisnya:

  1. Conwood Fence (Pagar Conwood): Digunakan sebagai material untuk membuat pagar rumah. Conwood Fence hadir dengan keindahan tampilan yang mirip kayu alami, namun dengan ketahanan yang tinggi terhadap cuaca dan kerusakan hama. Ini menjadikannya pilihan yang populer untuk meningkatkan estetika dan keamanan rumah.
  2. Conwood Decorative Deck (Lantai Dekoratif Conwood): Sering digunakan sebagai lantai bangunan, khususnya di area outdoor seperti teras, balkon, atau kolam renang. Conwood Decorative Deck memberikan tampilan yang menawan sekaligus tahan lama, sehingga menciptakan lingkungan yang indah dan fungsional.
  3. Conwood Lath Cut 3″ (Plafon Conwood Lebar 3″): Biasanya digunakan sebagai plafon luar ruangan. Material ini memberikan sentuhan estetika yang unik sambil melindungi plafon dari pengaruh cuaca. Plafon Conwood Lath Cut 3″ cocok untuk memberikan kesan natural dan bersahaja pada bangunan.
  4. Conwood Lath UG (Plafon Conwood dalam Ruangan): Merupakan pilihan yang baik untuk plafon dalam ruangan. Dengan penampilan yang menyerupai kayu asli, Conwood Lath UG memberikan ruang dalam kehangatan alami dan daya tahan. Ini cocok untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan estetis di dalam ruangan.
  5. Conwood Plank 1″ (Lisplang Conwood 1″): Biasanya digunakan sebagai lisplang pada bangunan. Conwood Plank 1″ memiliki keindahan kayu alami dan kekuatan yang tinggi. Ini dapat memberikan sentuhan akhir yang menarik pada bangunan, sambil menjaga ketahanan dan keawetan.

Kelebihan dan Kekurangan Conwood

Walaupun conwood telah terbukti memiliki beragam keunggulan sebagai bahan konstruksi, ini tidak berarti bahwa material tersebut bebas dari kelemahan. Sebelum kalian memutuskan untuk menggunakannya, mari kita tinjau beberapa aspek positif dan negatif dari conwood sebagai bahan konstruksi.

Keunggulan:

  1. Harga Lebih Terjangkau: Dibandingkan dengan kayu padat, conwood menawarkan harga yang lebih terjangkau. Meskipun harganya lebih ekonomis, kekuatan dan daya tahan conwood tetap setara dengan kayu padat.
  2. Tampilan Mirip Kayu Asli: Secara visual, conwood memiliki tampilan yang menyerupai kayu asli. Hal ini tercapai berkat warna dan pola serat yang mirip dengan kayu solid. Oleh karena itu, seringkali sulit untuk membedakan conwood dari kayu asli.
  3. Tahan Terhadap Perubahan Cuaca: Selain ketahanannya terhadap serangan rayap dan perusakan akibat cuaca, conwood juga mampu bertahan dalam kondisi cuaca ekstrem. Ini terbukti dengan tidak mengalami pemuaian atau penyusutan, bahkan saat terkena hujan dan sinar matahari secara bersamaan.
  4. Ketahanan Terhadap Api: Conwood adalah pilihan yang aman saat menghadapi risiko kebakaran karena materialnya tahan terhadap api, memberikan perlindungan efektif dalam situasi darurat.
  5. Daya Tahan Tinggi: Conwood tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca. Ini berbeda dengan kayu, yang cenderung rentan terhadap kerusakan semacam itu. Keberlangsungan material conwood yang terbuat dari campuran semen dan serat selulosa membuatnya memiliki daya tahan yang sangat baik.
  6. Pemasangan Mudah: Proses pemasangan conwood relatif mudah. Bahan ini bisa dibor, dipaku, dan disekrup dengan kemudahan. Bahkan, conwood juga dapat digergaji dengan mudah seperti kayu padat. Perawatan conwood juga cukup sederhana.
  7. Ramah Lingkungan: Conwood terbuat dari campuran semen dan serat selulosa dengan proses produksi yang ramah lingkungan. Selain itu, material ini tidak mengandung asbes atau logam berat, sehingga aman bagi kesehatan dan mendukung keberlanjutan lingkungan.
Baca Juga :   √ Rekomendasi Lem Kayu Terbaik Serta Cara Menggunakanya

Kekurangan:

  1. Tidak Tahan Terhadap Benturan: Meskipun conwood memiliki ketahanan terhadap perubahan cuaca dan api, sayangnya material ini cenderung kurang tahan terhadap benturan. Hal ini disebabkan oleh bobotnya yang lebih berat daripada kayu. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatanketika melakukan pemindahan atau pemasangan conwood, serta hindari kontak dengan benda-benda tajam yang dapat mengakibatkan goresan pada permukaannya.
  2. Bobot yang Lebih Berat: Karena bobotnya yang lebih berat dibandingkan dengan kayu padat, pemasangan conwood memerlukan tenaga ekstra dan tidak dapat dilakukan sendirian. Untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan, pastikan kerangka bangunan yang digunakan cukup kuat untuk menopang beban material conwood dengan aman.

Harga Borongan Pasang Conwood Per Meter

Seperti dalam banyak hal, besaran harga borongan untuk pemasangan conwood dapat bervariasi di berbagai daerah, dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Biasanya, para kontraktor akan menentukan harga borongan pemasangan conwood mulai dari kisaran Rp 230.000 hingga Rp 260.000 per meter persegi. Tarif ini mencakup pemasangan conwood untuk lantai, dinding, dan sunshade, dengan finishing cat FBR 3x layer, sealer, serta aksesoris lainnya.

Perbedaan dalam tarif borongan pemasangan conwood ini umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kondisi pekerjaan, tingkat kerumitan, dan risiko yang terkait dengan pemasangan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berdiskusi terlebih dahulu mengenai harga borongan dengan kontraktor atau pemborong yang memiliki pengalaman, sehingga kalian dapat mendapatkan perkiraan harga yang sesuai dengan proyek yang kalian rencanakan.

Cara Menghitung Biaya Pasang Conwood

Sudah kita bahas mengenai besaran harga borongan pemasangan conwood per meter persegi, baik untuk dinding, lantai, maupun sunshade. Selanjutnya, penting untuk memahami langkah-langkah dalam menghitung biaya pemasangan conwood. Untuk penjelasan yang lebih rinci, berikut adalah cara menghitung biaya pemasangan conwood dengan menggunakan jasa pekerja borongan.

Baca Juga :   √ Apa Itu Limestone? Pengertian, Ciri dan Strukturnya Lengkap

Volume Pekerjaan

Tahap pertama adalah menentukan total luas atau volume area kerja. Sebagai contoh, apabila kalian akan memasang conwood sebagai lantai teras di sisi rumah dengan ukuran panjang 7 meter dan lebar 2,5 meter, perhitungannya akan sebagai berikut:

Diketahui:

  • Panjang teras: 7 meter.
  • Lebar teras: 2,5 meter.

Perhitungan:

  • Volume teras: Panjang x Lebar.
  • Volume teras: 7 meter x 2,5 meter = 17,5 meter persegi.

Biaya Pasang Conwood

Langkah berikutnya adalah menghitung biaya pemasangan conwood sebagai lantai di teras samping rumah yang memiliki luas 17,5 meter persegi dengan menggunakan jasa pekerja borongan. Caranya adalah dengan mengalikan volume pekerjaan teras rumah dengan harga borongan pemasangan conwood lantai per meter persegi.

  • Biaya pemasangan: Volume teras x Harga borongan.
  • Biaya pemasangan: 17,5 meter persegi x Rp 230.000 = Rp 4.025.000.

Jumlah biaya untuk pemasangan conwood sebagai lantai pada teras samping rumah dengan ukuran 7 m x 2,5 m, dengan menggunakan jasa pekerja borongan, adalah sekitar Rp 4.025.000. Perlu diingat, dalam biaya ini sudah termasuk ongkos tukang borongan dan biaya finishing conwood, namun belum termasuk biaya pemasangan rangka.

Baca Juga :

Penutup

Dalam rangka memahami lebih dalam mengenai apa itu Conwood, tak bisa kita lewatkan betapa pentingnya produk ini dalam industri material bangunan dan konstruksi.

Conwood dikenal sebagai salah satu inovator terkemuka dalam penyediaan produk pengganti kayu berkualitas tinggi.

Dengan konsep ramah lingkungan, Conwood berhasil menciptakan solusi yang tak hanya mendukung keindahan tata ruang, tetapi juga menjaga keberlanjutan lingkungan.

Dengan pemahaman yang lebih mendalam mengenai apa itu Conwood, kita dapat melihat bagaimana produk ini telah menjadi pilihan unggul bagi banyak proyek konstruksi dan pengembangan properti.

Keberlanjutan, keindahan, dan kekalianlan menjadi tiga pilar utama yang memandu kesuksesan Conwood di pasar material konstruksi.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Apa Itu Conwood? Beserta Harga Borongan Pemasanganya Yang Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *