Apa Itu Bahan Cotton Combed

Apa Itu Bahan Cotton Combed? Serta Jenisnya Secara Lengkap

Posted on

Finoo.id – Apa Itu Bahan Cotton Combed ? Serta Jenisnya Secara Lengkap. Tentu saja, masih banyak orang yang belum familiar dengan cotton combed, meskipun pengetahuan tentangnya sangat penting terutama bagi mereka yang berencana membuka usaha sablon kaos. Mengingat cotton combed adalah bahan yang populer dan digemari, hal ini disebabkan banyaknya orang yang menyukai kelebihan bahan ini.

Apalagi, cotton combed memiliki keunggulan dibandingkan dengan bahan lain, dan terdapat beberapa jenis varian. Oleh karena itu, untuk mendapatkan cotton combed yang sesuai, penting bagi kalian untuk memahami karakteristiknya dengan baik agar tidak salah memilih dan dapat merawat cotton combed dengan benar.

Apa itu Bahan Cotton Combed?

Cotton combed secara literal berarti kapas yang disisir. Jenis katun ini sangat lembut karena sebelum dijadikan benang, serat kapasnya mengalami proses penyisiran. Oleh karena itu, harga katun combed cenderung sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan katun biasa.

Proses produksinya dimulai dengan pemisahan kapas dari kotoran dan bijinya melalui proses carding atau penyikatan. Biji kapas dapat ditanam kembali atau diolah menjadi cottonseed oil, yang berguna sebagai minyak goreng atau produk perawatan kulit. Meskipun proses penyikatan membuat serat kapas lebih bersih, teksturnya masih kasar dan tidak beraturan.

Setelah disikat, serat kapas kemudian disisir menggunakan mesin combing dengan sikat yang lebih halus dan rapat untuk menghilangkan sisa kotoran dan serat kapas yang terlalu pendek. Seperempat volume kapas umumnya menyusut setelah proses combing. Hasil akhirnya adalah gulungan serat kapas yang panjang, lurus, sejajar, dan rapi, yang selanjutnya dipintal menjadi benang katun combed.

Seluruh rangkaian proses ini membuat katun combed sangat halus sehingga nyaman saat bersentuhan dengan kulit. Bahan ini memiliki daya serap tinggi, memberikan sensasi sejuk, dan tidak berbulu, sehingga tidak menimbulkan rasa gatal. Sifatnya yang hypoallergenic karena berasal dari serat kapas alami membuat banyak perusahaan lebih memilih menggunakan katun combed sebagai bahan utama untuk kaos, kaos kaki, kaos seragam, kaos polo, bahkan sprei.

Baca Juga :   √ 1 Colt Pasir Berapa Kubik? Rumus & Cara Menghitung!

Jenis-Jenis Cotton Combed

Cotton combed memiliki beberapa jenis, dan tiap jenisnya memiliki keunikan sendiri yang perlu kalian ketahui. Berikut adalah beberapa jenis bahan cotton combed:

1. Cotton Combed 20s

Cotton Combed 20s adalah salah satu varian yang paling tebal di antara jenis-jenis cotton combed lainnya. Keunggulan utama dari jenis ini terletak pada ketebalannya yang mencapai rentang 180 hingga 220 gr/m2. Tingkat ketebalan ini membuat kain Combed 20s menjadi salah satu yang paling kuat dan berkualitas dalam kelompoknya. Kelebihan ini menjadikan bahan ini sangat dihargai, walaupun harganya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya. Kelebihan dalam kekuatan dan kenyamanan penggunaan membuatnya menjadi pilihan utama, sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

2. Cotton Combed 24s

Cotton Combed 24s merupakan jenis yang sudah umum digunakan, terutama oleh para konveksi di daerah Bandung. Meskipun umum di wilayah tersebut, bahan ini mungkin sulit ditemukan di luar Jawa Barat. Ketebalannya berkisar antara 170 hingga 210 gr/m2. Meskipun harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan Cotton Combed 20s, kualitasnya tetap sangat baik dan tidak jauh berbeda. Kekurangan dari jenis ini adalah ketersediaannya yang terbatas di luar daerah tertentu. Meskipun demikian, popularitasnya tetap tinggi karena kombinasi kekuatan dan kualitas yang baik dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Cotton Combed 30s

Cotton Combed 30s adalah jenis bahan yang lebih tipis dibandingkan dengan Cotton Combed 20s dan 24s, dengan tingkat ketebalan berkisar antara 140 hingga 160 gr/m2. Kehalusan dan kelembutan kainnya menjadikan bahan ini lebih dingin saat digunakan, dibandingkan dengan dua jenis cotton combed sebelumnya. Meskipun demikian, tingkat kualitasnya mungkin tidak sebaik jenis katun yang lebih tebal. Meskipun begitu, Cotton Combed 30s tetap menjadi pilihan banyak produsen baju, termasuk dalam lini pakaian di seluruh dunia.

4. Cotton Combed 40s

Cotton Combed 40s termasuk dalam kategori bahan yang tipis dalam kelompok cotton combed, namun kualitasnya tetap unggul. Meskipun tipis, pakaian yang terbuat dari bahan katun combed ini tetap memberikan kenyamanan dan kesan sejuk saat digunakan, terutama jika dibandingkan dengan jenis 20s dan 30s. Bahan ini sangat diminati oleh produsen kaos di Indonesia, mengingat ketersediaannya yang cocok dengan iklim panas di Indonesia. Meskipun tipis, Cotton Combed 40s tetap memberikan kelembutan dan kenyamanan yang diinginkan, menjadikannya pilihan yang populer di pasar pakaian.

Baca Juga :   Proses Pembuatan Kaca: Alat, Bahan Baku dan Cara Pembuatanya

Keunggulan yang Dimiliki Bahan Cotton Combed

Tentu saja, popularitas bahan katun ini tak lepas dari keunggulan yang dimilikinya, menjadikannya sangat diminati. Beberapa keunggulan yang melekat pada bahan ini termasuk kelembutan permukaannya yang membuat penggunaannya sangat nyaman, bahkan ketika terjadi gesekan. Tingkat ketebalan kainnya juga sangat sesuai untuk penggunaan sehari-hari, sehingga bagi yang aktif bergerak, penggunaan kaos dari bahan ini tidak akan menyebabkan rasa risih.

Selain itu, bahan ini memiliki kemampuan menyerap keringat yang sangat tinggi, sehingga kalian tetap merasa nyaman meskipun dalam kondisi cuaca panas. Kelebihan ini membuatnya sangat cocok untuk digunakan di iklim Indonesia yang cenderung panas. Tidak hanya itu, bahan ini juga aman bagi mereka yang memiliki alergi terhadap bahan kimia, karena tidak mengandung zat kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Keamanan ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk semua jenis kulit.

Terlebih lagi, bahan katun ini memiliki daya tahan yang baik, sehingga tidak mudah robek meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dengan begitu, pakaian berbahan katun ini dapat dipercaya untuk tetap awet dan tidak mudah rusak.

Cara Merawat Kaos Cotton Combed

Setelah mengetahui berbagai jenis katun combed, tentu saja rasa penasaran muncul tentang cara merawatnya, terutama jika kaos favorit kalian terbuat dari bahan katun combed. Meskipun katun combed memiliki kekuatan yang baik, namun bahan ini cukup rentan jika perawatannya tidak tepat.

Secara umum, perawatan katun combed mirip dengan bahan katun biasa. Katun combed dapat dicuci dan dikeringkan pada suhu apa pun. Namun, perlu diperhatikan warna dan sablonnya. Warna kaos mungkin akan luntur jika dicuci atau dikeringkan dalam mesin dengan suhu yang terlalu panas, begitu pula dengan sablon yang dapat rusak atau menempel satu sama lain jika terpapar suhu yang tinggi.

Membersihkan katun combed dengan air biasa dan detergen yang memiliki kandungan alkali ringan dapat memperpanjang umur katun combed. Lebih baik lagi jika kalian mengikuti petunjuk perawatan yang tertera pada label kaos, karena bisa jadi bahan tersebut tidak sepenuhnya terbuat dari katun combed dan memerlukan perawatan khusus.

Baca Juga :   √ Cara Menghitung Berat Besi Beton Per Batang & Per Meter

Kaos katun combed yang bersablon sebaiknya dicuci dengan air biasa, dengan membalikkan kaos agar bagian sablon tidak terkena air secara langsung, lalu dijemur. Cara ini akan menjaga keindahan sablon dan mencegah pengelupasan. Untuk menghindari penyusutan kain, disarankan untuk menghindari penggunaan air panas.

Jika menggunakan mesin cuci, gunakan mode putaran normal agar kaos katun combed tetap tampak seperti baru. Saat menggunakan mesin pengering, pastikan untuk memilih mode low. Setelah proses pengeringan selesai, segera keluarkan kaos untuk mencegah kusut. Jika terjadi kusut, kalian bisa menggunakan setrika biasa atau setrika uap untuk mengembalikan kehalusan kaos.

Penting juga untuk memperhatikan tempat penyimpanan kaos cotton combed. Sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan tidak lembap, karena kelembapan dapat menyebabkan kaos berjamur. Karena daya serapnya yang tinggi, hindari merendam kaos dalam air terlalu lama, karena hal ini dapat membuat serat katun combed melemah dan rentan berlubang serta mudah robek.

Baca Juga :

Penutup

Dengan memahami esensi dari pertanyaan, “Apa Itu Bahan Cotton Combed?” dapat kita temukan keunggulan dan keistimewaan yang membuatnya menjadi pilihan utama di dunia tekstil.

Kelembutan, kekuatan, dan kemampuan menyerap keringat yang tinggi menjadikan cotton combed sebagai bahan yang sangat dihargai di berbagai sektor, terutama dalam produksi pakaian seperti kaos, polo shirt, dan seragam.

Sebagai penutup, kita dapat menyimpulkan bahwa kepopuleran bahan katun combed tidaklah tanpa alasan, melainkan merupakan hasil dari kombinasi unik antara kenyamanan, kualitas, dan daya tahan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Apa Itu Bahan Cotton Combed ? Serta Jenisnya Secara Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *