Rekomendasi Merk HPL

√ Rekomendasi Merk HPL yang Bagus dan Berkualitas Lengkap

Posted on

Finoo.id – √ Rekomendasi Merk HPL yang Bagus dan Berkualitas Lengkap. Setuju tidak, bahwa gaya desain dan perabotan yang menarik pasti akan menjadi pusat perhatian? Nah, untuk menciptakan perabotan berkualitas dengan tampilan modern, tentu diperlukan bahan baku premium. Salah satu bahan tersebut adalah HPL. Lalu, apa saja merek HPL yang terkenal?

Sebelum membahas merek-merek HPL yang beredar di pasaran, penting bagi kalian untuk memahami HPL lebih dulu. Bagi yang belum familiar, artikel ini dapat menjadi referensi saat mencari perabotan berkualitas.

HPL atau High Pressure Laminate adalah salah satu bahan atau material yang digunakan dalam tahap penyelesaian produk furnitur. Produk HPL memiliki beberapa lapisan, termasuk lapisan kertas kraft yang direndam dengan resin fenolik (kertas kraft), lapisan dekoratif (kertas dekoratif), dan lapisan laminasi transparan (kertas pelapis).

Lapisan-lapisan ini diproduksi di bawah tekanan dan suhu tinggi, sekitar 140 derajat Celsius. HPL (High Pressure Laminate) memiliki sejumlah keunggulan.

Tidak heran jika bahan ini sering digunakan sebagai pelapis eksterior untuk berbagai perabotan di rumah, seperti meja makan, lemari pakaian, hingga kitchen set di dapur.

Manfaat HPL

HPL memiliki berbagai manfaat yang menjadikannya pilihan yang populer dalam banyak aplikasi. Beberapa manfaat utamanya adalah:

  1. Tahan Lama: HPL tahan terhadap aus, goresan, dan noda, menjadikannya pilihan yang tahan lama untuk permukaan yang mengalami pemakaian tinggi, seperti lantai dan countertop.
  2. Tahan terhadap Air: Berkat lapisan kertas kraft berlapis melaminnya, HPL memiliki ketahanan yang baik terhadap kelembaban dan air. Ini membuatnya cocok untuk aplikasi di lingkungan dengan kelembaban tinggi.
  3. Estetika yang Variatif: HPL hadir dalam berbagai pilihan desain, termasuk tampilan kayu, batu, logam, dan pola lainnya. Fleksibilitas ini memungkinkan desainer untuk menciptakan interior atau eksterior ruang dengan beragam gaya.
  4. Tahan terhadap Panas: HPL memiliki ketahanan terhadap panas yang baik, menjadikannya pilihan yang ideal untuk aplikasi yang mungkin terkena panas tinggi, seperti countertop dapur.
  5. Perawatan Mudah: HPL mudah untuk dibersihkan dan memerlukan perawatan minimal. Ini menjadikannya pilihan yang ramah pengguna untuk aplikasi rumah tangga.
  6. Keragaman Warna dan Tekstur: Selain desain, HPL juga tersedia dalam berbagai warna dan tekstur, memungkinkan desainer untuk mencapai tampilan yang diinginkan.
  7. Tahan Terhadap Bahan Kimia: HPL juga tahan terhadap banyak bahan kimia, menjadikannya pilihan yang cocok untuk laboratorium dan fasilitas industri.
  8. Ramah Lingkungan: Beberapa produsen HPL memiliki komitmen untuk penggunaan bahan ramah lingkungan dan proses produksi yang berkelanjutan.
  9. Harga Terjangkau: HPL sering kali lebih terjangkau daripada bahan alternatif seperti marmer atau granit, menjadikannya pilihan yang ekonomis untuk proyek interior dan eksterior.
Baca Juga :   Pengertian Bahan Buatan: Jenis, Fungsi dan Kegunaan

Daftar Merk HPL Berkualitas yang Dijual Di Pasaran

Jika kalian masih termasuk dalam kategori yang kurang berpengalaman dalam menentukan merek HPL yang berkualitas, mungkin artikel ini dapat memberikan panduan untuk membantu kalian membuat keputusan. Berikut adalah beberapa rekomendasi merek HPL yang terpercaya dan berkualitas.

1. Taco HPL

Brand Taco telah menjadi salah satu merk HPL terkemuka di Indonesia dan mendapatkan reputasi yang sangat baik atas kualitasnya. HPL dari merk Taco menawarkan lebih dari 400 varian warna, memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan dengan kebutuhan interior kalian.

Taco HPL tidak hanya memberikan pilihan warna yang luas, tetapi juga menyediakan kekalianlan dalam melapisi berbagai jenis perabotan. Mulai dari kitchen set, lemari pakaian, hingga TV Cabinet, HPL Taco memberikan solusi berkualitas untuk berbagai kebutuhan furnitur di rumah kalian.

2. Eco HPL

Selain Taco, kalian juga dapat mempertimbangkan merk HPL lainnya, yaitu Eco. Eco HPL dikenal sebagai produsen laminasi dekoratif yang menawarkan produk berkualitas dengan harga yang sangat bersaing di pasaran.

Eco menyediakan beragam motif dan pilihan warna, menciptakan peluang desain yang kreatif untuk melapisi berbagai jenis furniture. Produk Eco HPL cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan interior rumah atau kantor kalian, dengan kualitas yang dapat dikalianlkan dan harga yang ramah di kantong.

3. Grasmerino HPL

Grasmerino HPL adalah salah satu brand yang sebaiknya kalian pertimbangkan. Berasal dari India, Grasmerino dikenal memiliki kualitas yang sangat baik dalam dunia HPL. Brand ini menyuguhkan warna-warna terbaik, seperti vintage, drymate, cosmic stripe, concrete, linen, dan beragam warna batuan alam.

Keunggulan Grasmerino tidak hanya terletak pada kualitasnya, tetapi juga pada variasi warna yang luas, memungkinkan kalian menciptakan desain interior yang unik dan sesuai dengan preferensi estetika kalian.

4. Aica HPL

Aica merupakan brand HPL yang berasal dari Jepang. Untuk menjamin kualitasnya, Aica HPL telah melewati proses stkalianr kualitas dari Japan Industry Stkalianrd (JIS). Ini menkaliankan komitmen brand ini untuk memberikan produk berkualitas tinggi kepada konsumennya.

Selain itu, Aica HPL juga telah meraih sertifikasi dari Greenguard & Singapore Green Label. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa produk ini memenuhi stkalianr lingkungan dan merupakan pilihan yang ramah lingkungan. Dengan Aica HPL, kalian dapat memiliki kepercayaan bahwa kalian tidak hanya mendapatkan produk dengan kualitas tinggi, tetapi juga mendukung produk yang peduli lingkungan.

5. Arborite HPL

Jika kalian sedang mencari produk HPL lokal yang sudah teruji dan mendapatkan sertifikasi dari Greenguard, Arborite HPL bisa menjadi pilihan tepat. Merk ini berasal dari PT. Massoia Indonesia.

Arborite HPL telah memperoleh sertifikat yang menegaskan bahwa produk-produknya aman dan bebas dari bahan kimia VOC (Volatile Organic Compounds), menjadikannya pilihan yang aman untuk kebutuhan desain interior rumah maupun bangunan lainnya. Keberhasilan Arborite HPL dalam memenuhi stkalianr lingkungan ini menunjukkan komitmen mereka terhadap produk ramah lingkungan.

Baca Juga :   √ Apa itu Atap Onduline? Jenis, Kelebihan dan Kekuranganya

6. Himmel HPL

Merk HPL lain yang layak dipertimbangkan adalah Himmel. Himmel menawarkan berbagai pilihan motif untuk memenuhi kebutuhan interior kalian. Selain itu, HPL yang diproduksi oleh Himmel memiliki beberapa keunggulan, seperti tahan terhadap serangan jamur, elastis, dan dapat dibor, dipaku, maupun dipahat sesuai kebutuhan.

Himmel juga menawarkan harga yang cukup terjangkau, menjadikannya opsi yang baik bagi kalian yang memiliki keterbatasan anggaran. Dengan kualitas yang terjamin dan variasi desain yang luas, Himmel HPL dapat menjadi solusi yang baik untuk proyek desain interior kalian.

Kelebihan dan Kekurangan HPL

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan HPL yang perlu diketahui sebelum memilih material ini, antara lain :

Kelebihan HPL

  1. Pengerjaan Bersih: HPL memungkinkan pengerjaan yang lebih bersih dibandingkan dengan metode cat duco atau sanding. Material ini ditempelkan pada multipleks, memberikan hasil akhir yang rapi dan cepat, khususnya bagi pengrajin meubel dan furniture berbasis multipleks.
  2. Varian Produk Edging: HPL menyediakan berbagai varian produk ‘edging’, mempermudah pengerjaan furniture pada bagian pinggiran yang tipis. Ini memberikan fleksibilitas dalam desain dan penyelesaian produk.
  3. Proses Praktis dan Cepat: Proses pengerjaan HPL cukup praktis tanpa memerlukan finishing tukang semprot. Ini tidak hanya memudahkan proses produksi, tetapi juga mempercepat waktu pengerjaan.
  4. Biaya Lebih Rendah: Secara keseluruhan, biaya penggunaan HPL cenderung lebih rendah daripada metode finishing lainnya. Hal ini menjadi nilai tambah bagi produsen dan konsumen.
  5. Tanpa Tukang Khusus Finishing: Furniture yang menggunakan finishing HPL tidak memerlukan tukang khusus finishing; tukang kayu biasa sudah dapat menangani pengerjaannya.
  6. Warna dan Motif Konsisten: Penggunaan HPL memastikan konsistensi warna dan motif pada furniture. Tidak ada risiko belang-belang seperti yang mungkin terjadi pada finishing cat duco.
  7. Beragam Jenis dan Motif: HPL memiliki beragam jenis dan motif, termasuk motif kayu, warna solid, metalik, hingga tampilan seperti marmer dan granit. Ini memberikan banyak pilihan desain kepada para pengrajin dan konsumen.
  8. Pemakaian Cepat Selesai: Proses pengerjaan HPL lebih cepat selesai dibandingkan dengan metode finishing spray. Ini mengoptimalkan produktivitas dalam produksi furniture.
  9. Cocok untuk Desain Modern dan Minimalis: HPL sangat cocok digunakan untuk furniture dengan tampilan modern dan minimalis. Kebersihannya dalam aplikasi membuatnya menjadi pilihan populer dalam desain interior kontemporer.
  10. Ketahanan Terhadap Panas, Goresan, dan Zat Kimia: HPL memiliki ketahanan yang baik terhadap panas, goresan, dan zat kimia. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang awet dan tahan lama dalam penggunaan sehari-hari.
  11. Relatif Lebih Murah: Secara relatif, HPL lebih terjangkau dibandingkan dengan beberapa metode finishing lainnya, menjadikannya pilihan ekonomis untuk proyek-proyek furniture.

Kekurangan HPL

  1. Pengerjaan pada Bidang Lengkung Terlalu Kecil: Pengerjaan dengan HPL dapat menjadi sulit atau bahkan tidak mungkin untuk membuat bidang yang lengkung terlalu kecil, seperti sudut lengkung dengan jari-jari 5cm. Untuk kasus seperti ini, seringkali diperlukan paduan dengan sheet plastik.
  2. Tantangan Pemotongan yang Sempurna: Pemotongan HPL yang kurang sempurna dapat mengakibatkan terlihatnya lapisan ketebalan HPL. Selain itu, terdapat kasus di mana HPL terlihat kurang rapi pada sudut-sudutnya jika proses pemotongan tidak dilakukan dengan hati-hati.
  3. Fisik yang Keras dan Rentan Patah: Secara fisik, HPL sangat keras dan memiliki tingkat fleksibilitas yang rendah, sehingga mudah patah. Kehatian dalam penanganan diperlukan untuk menghindari biaya produksi yang meningkat akibat kerusakan.
  4. Lapisan HPL Sering Lepas: Lapisan HPL dapat lepas jika proses perekatan (lem) tidak dilakukan dengan sempurna. Ini dapat mengakibatkan kerusakan pada struktur dan penampilan permukaan.
  5. Tampilan Kurang Mewah Dibanding Cat Duco: Meskipun HPL menawarkan beragam desain dan warna, tampilannya dianggap kurang mewah dibandingkan dengan finishing cat duco. Keaslian dan kilau yang dimiliki oleh cat duco sering dianggap lebih menarik.
  6. Harga Lebih Mahal Dibanding Decosit: Dibandingkan dengan beberapa alternatif lainnya, HPL dapat sedikit lebih mahal. Hal ini perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan pembelian.
  7. Pemrosesan Edging yang Memerlukan Finishing Tambahan: Bagian edging pada HPL memerlukan proses finishing tambahan untuk mendapatkan hasil akhir yang optimal. Hal ini dapat menambah kompleksitas dalam proses produksi.
  8. Kurang Natural Dibanding Cat Melamik: Dibandingkan dengan cat melamik, HPL dianggap kurang mampu menampilkan keaslian motif urat kayu dari material kayu yang digunakan. Ini dapat menjadi faktor penentu bagi mereka yang mengutamakan tampilan alami pada furnitur mereka.
Baca Juga :   Mengenal Kayu Ulin: Jenis, Karakteristik, Manfaat & Harganya

BACA JUGA :

Penutup

Dengan demikian, setelah mengulas berbagai rekomendasi merk HPL yang berkualitas, dapat disimpulkan bahwa pemilihan bahan pelapis merupakan langkah krusial dalam merancang interior atau furnitur yang tahan lama dan estetis.

Masing-masing merek HPL yang telah dibahas, seperti Taco, Eco, Grasmerino, Aica, Arborite, dan Himmel, menawarkan keunggulan masing-masing, mulai dari variasi desain hingga ketahanan terhadap berbagai faktor eksternal.

Saat merencanakan proyek desain interior atau furnitur selanjutnya, pertimbangkan untuk memilih merek HPL yang tidak hanya memenuhi stkalianr kualitas, tetapi juga sesuai dengan visi estetika dan fungsionalitas ruang.

Semoga informasi artikel finoo.id ini bermanfaat dalam membantu kalian menemukan solusi terbaik untuk kebutuhan desain dan konstruksi kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *