Kode Clear Temper Untuk Menghilangkan Kata Periksa

Kode Clear Temper Untuk Menghilangkan Kata Periksa Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Kode Clear Temper Untuk Menghilangkan Kata Periksa Yang Tepat. Beberapa masalah kadang muncul dan menimbulkan kekhawatiran bagi para pelanggan listrik yang pertama kali menghadapi masalah dengan meterannya. Salah satunya adalah ketika kata “periksa” muncul di layar KWH meter.

Munculnya kata “periksa” memiliki beberapa penyebab yang beragam, namun umumnya disebabkan oleh masalah kebocoran arus. Selain itu, membuka penutup meter baik disengaja maupun tidak akan menyebabkan kata “periksa” dan lampu temper menyala.

Jika kalian menghadapi masalah seperti ini, kalian hanya perlu kode “clear temper” untuk menghilangkan kata “periksa” dari KWH meter kalian. Nah, tentunya ada cara untuk mendapatkan kode “clear temper” ini.

Maka dari itu, pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi lengkap tentang kode “clear temper” ini, mulai dari pengertian hingga cara mendapatkannya. Untuk memahami kode “clear temper” dengan lebih jelas, teruslah membaca ulasan ini hingga akhir.

Kode Clear Temper Untuk Menghilangkan Kata Periksa Terlengkap & Terbaru

Sebelum melanjutkan tentang cara mendapatkan dan memasukkan kode “clear temper” saat KWH meteran listrik prabayar kalian menampilkan kata “periksa”, penting bagi kalian untuk mengetahui informasi lengkap mengenai kode tersebut. Berikut adalah penjelasannya.

Apa Itu Kode Clear Temper?

Kode “Clear Tamper” (CT) merupakan sebuah token yang digunakan untuk mengaktifkan meteran prabayar jika tutup terminal meter prabayar terbuka atau terbuka secara tidak sengaja. Umumnya, jika tutup meteran prabayar terbuka, maka pada layar meteran akan muncul tulisan “periksa” dan lampu temper akan menyala.

Selain itu, jika muncul tulisan “periksa” pada meteran prabayar, hal itu juga bisa disebabkan oleh kabel yang tidak stkalianr atau masalah lainnya. Namun, jika penyebabnya adalah terbukanya tutup meteran prabayar, kalian memerlukan kode “clear temper”.

Baca Juga :   Cara Menghidupkan Listrik Token yang Mati: Pasti Berhasil

Kode “clear temper” terdiri dari kombinasi angka unik sebanyak 20 digit. Ketika kode ini dimasukkan, meteran atau KWH prabayar akan menghilangkan kata “periksa” dari layarnya.

Fungsi Kode Clear Temper

Kode “clear temper” memiliki fungsi untuk mereset meteran yang mengalami masalah, seperti menghilangkan kata “periksa”. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jika terdapat masalah pada KWH meteran yang menyebabkan munculnya tulisan atau kata pada layar LCD-nya.

Fungsi utama dari kode “clear temper” tersebut adalah untuk mereset, mengatur ulang, atau mengembalikan meteran KWH kalian ke kondisi semula ketika terjadi masalah, seperti munculnya kata “periksa”. Namun, perlu dicatat bahwa kode “clear temper” hanya dapat digunakan oleh petugas PLN yang berwenang dan tidak dapat digunakan oleh masyarakat umum.

Cara Mendapatkan Kode Clear Temper

Terkadang, banyak pelanggan listrik dengan meteran prabayar menghadapi masalah ketika kata “periksa” muncul akibat terbukanya tutup meteran listrik prabayar. Namun, cara mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah.

kalian hanya perlu memperoleh kode “clear temper” untuk menghilangkan kata “periksa” tersebut. Untuk mendapatkan kode “clear temper” ini, sebagai pelanggan listrik prabayar, ada satu cara yang harus kalian lakukan.

Cara untuk mendapatkannya adalah dengan menghubungi petugas PLN terdekat di lokasi kalian. kalian dapat menghubungi mereka melalui telepon atau jika jarak antara rumah, kantor, atau perusahaan kalian dengan kantor PLN tidak terlalu jauh, kalian dapat datang langsung dan bertemu dengan petugas secara langsung.

Selain memberikan kode “clear temper”, petugas juga akan memeriksa rangkaian kelistrikan di rumah kalian untuk memastikan tidak ada masalah lain. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran listrik yang dapat menyebabkan korsleting listrik dan berpotensi memicu kebakaran.

Cara Memasukkan Kode Clear Temper

Setelah kalian mendapatkan kode yang valid, segera masukkan kode tersebut ke meteran listrik di rumah kalian. Jika kalian masih ragu tentang cara melakukannya, kalian dapat mengikuti tutorial berikut ini untuk memasukkan kode “clear temper” PLN dengan benar dan mudah:

Baca Juga :   Pengertian Media Transmisi: Jenis dan Beberapa Contohnya

  1. Pertama, pastikan meteran menyala dan terdapat tulisan “Periksa”.
  2. Selanjutnya, masukkan angka kode secara satu per satu dengan teliti.
  3. Setelah semua angka kode token dimasukkan, tekan tombol “Enter” atau panah yang terdapat pada meteran.
  4. Jika berhasil, tulisan “Periksa” akan hilang dan kalian sudah dapat mengisi token listrik seperti biasa.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kalian dapat memasukkan kode “clear temper” dengan benar dan menghilangkan tulisan “Periksa” pada meteran listrik kalian.

Solusi Kode Clear Temper Tidak Berfungsi

Terdapat beberapa orang yang mengeluh bahwa kode yang dimasukkan tidak berfungsi atau salah. Masalah ini tidak selalu disebabkan oleh token yang rusak, tetapi bisa jadi karena salah satu atau beberapa angka yang dimasukkan keliru.

Sebelum mengajukan keluhan kepada pihak PLN, disarankan untuk memasukkan ulang kode “clear temper” yang sebelumnya diberikan oleh PLN. Pastikan setiap angka yang dimasukkan benar. Sebab, jika terdapat satu angka yang salah, kode tidak akan berfungsi dan tulisan “Periksa” tetap akan muncul.

Namun, jika masalah masih belum teratasi, kalian perlu menghubungi PLN dan menjelaskan masalah yang kalian alami pada meteran listrik di rumah. Kemungkinan PLN akan memberikan kode baru atau mengirim petugas untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut di lokasi.

Demikianlah artikel singkat yang kami bagikan mengenai kode “clear temper” untuk menghilangkan kata “Periksa”. Kesimpulannya, penting untuk tidak membuka kotak meteran sendiri karena di dalamnya terdapat sensor yang secara otomatis mengunci meteran, dan akhirnya tulisan “Periksa” muncul.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam dunia listrik, terdapat kode khusus yang dikenal sebagai “Kode Clear Temper” yang dapat digunakan untuk menghilangkan kata “Periksa” pada meteran listrik. Kode ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin memperoleh informasi yang lebih jelas dan akurat tentang penggunaan energi listrik mereka.

Baca Juga :   Cara Pasang Booster TV Yang Paling Mudah & Simpel

Dengan menggunakan Kode Clear Temper, pengguna dapat memastikan bahwa meteran listrik mereka tidak menampilkan pesan “Periksa” yang mungkin muncul karena berbagai alasan, seperti kerusakan teknis atau kesalahan pembacaan. Pesan ini dapat menimbulkan kebingungan bagi pengguna dan mengganggu pemantauan konsumsi energi mereka.

Untuk menghilangkan kata “Periksa” pada meteran listrik, langkah-langkah berikut dapat diikuti:

  1. Pastikan meteran listrik dalam keadaan mati. Ini dapat dilakukan dengan mematikan aliran listrik ke rumah atau mematikan saklar utama.
  2. Cari tombol reset atau tombol khusus yang diberi label “Clear Temper” pada meteran listrik. Biasanya, tombol ini terletak di bagian samping atau belakang meteran.
  3. Tekan dan tahan tombol “Clear Temper” selama beberapa detik hingga pesan “Periksa” hilang dari tampilan meteran listrik.
  4. Setelah pesan “Periksa” hilang, lepaskan tombol “Clear Temper”.
  5. Nyalakan kembali aliran listrik ke rumah atau hidupkan saklar utama.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pengguna dapat menghapus pesan “Periksa” dari meteran listrik mereka dan memastikan pemantauan konsumsi energi yang lebih akurat. Namun, jika pesan “Periksa” tetap muncul setelah menggunakan Kode Clear Temper, disarankan untuk menghubungi petugas listrik atau penyedia layanan listrik lokal untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Jadi, dengan Kode Clear Temper, pengguna dapat menghilangkan kata “Periksa” pada meteran listrik mereka dan melanjutkan pemantauan energi listrik secara normal.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Kode Clear Temper Untuk Menghilangkan Kata Periksa Yang Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *