Persamaan Transistor BC547 SMD

Persamaan Transistor BC547 SMD Yang Lebih Tepat

Posted on

Finoo.id – Persamaan Transistor BC547 SMD Yang Lebih Tepat. Transistor adalah suatu semikonduktor yang digunakan sebagai penguat atau pemutus dan penyambung arus dalam suatu sirkuit. Transistor juga berfungsi sebagai saklar, stabilisator tegangan, dan modulator sinyal.

Seperti halnya IC yang memiliki pengganti dengan IC vertikal, transistor juga memiliki pengganti jika komponen aslinya tidak tersedia. Setiap seri atau model transistor memiliki pengganti komponen yang sesuai.

Bagaimana dengan persamaan transistor BC547? Terdapat beberapa seri atau model yang dapat menjadi pengganti komponen ini. Untuk mengetahui persamaannya, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Mengenal Transistor BC547

Transistor BC547 adalah salah satu varian transistor NPN yang sering digunakan dalam rangkaian elektronik. Transistor ini memiliki beberapa fungsi yang penting, termasuk sebagai saklar dan penguat.

Dalam kategori penguat, transistor BC547 sering digunakan sebagai penguat sinyal audio pada amplifier. Sementara itu, dalam kategori saklar, transistor ini dapat ditemukan dalam rangkaian lampu flip flop, saklar sentuh, dan berbagai aplikasi lainnya.

Prinsip Kerja

BC547 adalah salah satu jenis transistor tipe NPN. Ketika kaki basis transistor terhubung ke ground atau diberi bias terbalik, kaki kolektor hingga emitor akan terbuka, sedangkan pada saat kaki basis diberi bias maju atau sinyal, kaki kolektor hingga emitor akan tertutup.

Ini berarti kalian dapat mengaktifkan jenis transistor ini dengan memberikan tegangan maju ke kaki basisnya. Pengaturan bias pada kaki basis tersebut akan mengendalikan arus yang mengalir dari kolektor hingga emitor.

Tingkat penguatan transistor tipe BC547 adalah antara 110 hingga 800 kali. Meskipun memiliki tingkat penguatan yang tinggi, arus maksimum yang dapat mengalir melalui kaki kolektor hanya sebesar 100mA.

Baca Juga :   Simbol Besaran Arus Listrik Dan Penjelasan Lengkapnya

Oleh karena itu, daya yang dapat dihasilkan oleh transistor ini relatif rendah. Karena itu, transistor ini sering digunakan sebagai penguat preamp pada penguat audio.

Perhatikan agar kalian tidak memberikan beban arus yang melebihi batas maksimum arus kolektor transistor tersebut. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen tersebut. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pengendalian penguatan transistor diatur dengan memberikan bias maju pada kaki basis transistor.

Arus maksimum bias maju yang dapat dialirkan ke basis transistor BC547 adalah sebesar 5mA. Ketika kalian memberikan bias secara maksimal pada kaki basis transistor, transistor ini akan berada dalam kondisi saturasi.

Dalam kondisi ini, kaki kolektor hingga emitor akan terhubung sepenuhnya, memungkinkan aliran arus listrik maksimum melalui kaki kolektor hingga emitor, yaitu sebesar 100mA.

Sementara itu, jika kalian menghubungkan kaki basis ke ground, transistor akan terputus (cut off) dan sambungan kaki kolektor hingga emitor akan terbuka. Dengan demikian, tidak akan ada aliran arus melalui kaki kolektor hingga emitor.

Datasheet Transistor BC547

Datasheet adalah dokumen yang berisi informasi lengkap tentang suatu komponen tertentu. Dalam hal ini, kami akan menyajikan informasi lengkap mengenai datasheet transistor BC547 yang dapat kalian temukan di bawah ini.

A. Deskripsi Transistor BC547

BC547 adalah transistor tipe NPN, yang berarti kaki kolektor dan emitor akan terbuka (bias mundur) ketika kaki basis terhubung ke ground, dan akan tertutup (bias maju) ketika sinyal diberikan ke kaki basis. BC547 memiliki nilai gain antara 110 hingga 800, yang menentukan kemampuan penguatan transistor.

Arus maksimum yang dapat mengalir melalui kaki Kolektor adalah 100mA, sehingga tidak boleh menghubungkan beban yang membutuhkan arus lebih dari 100mA menggunakan transistor ini. Untuk membias transistor, arus harus disuplai ke kaki basis, dan arus ini (I B ) harus dibatasi hingga 5mA.

Ketika BC547 sepenuhnya terbias, transistor memungkinkan arus maksimum 100mA mengalir melalui kaki kolektor dan emitor. Tahap ini disebut Wilayah Saturasi, dan tegangan tipikal yang diizinkan melintasi Kolektor-Emitter (V CE ) atau Basis-Emitter (V BE ) masing-masing dapat mencapai 200 dan 900 mV.

Baca Juga :   Pengertian Baterai Lithium Ion: Jenis & Cara Kerjanya

Ketika arus basis dihilangkan, transistor mati sepenuhnya. Tahap ini disebut Daerah Cut-off, dan tegangan Basis-Emitter dapat sekitar 660 mV.

B. Fitur Transistor BC547

  • Transistor NPN Bi-Polar
  • Penguatan Arus DC (h FE ) maksimum 800
  • Arus Kolektor Kontinu (I C ) adalah 100mA
  • Tegangan Basis Emitter (V BE ) adalah 6V
  • Arus Basis (I B ) adalah maksimum 5mA
  • Tersedia dalam Paket To-92

C. Skema BC547

D. Data Pin Transistor BC547

Nomor PINNama PinKeterangan
1PengumpulArus mengalir melalui kolektor
2BasisMengontrol bias transistor
3emitorArus mengalir keluar melalui emitor

E. NPN Epitaxial Silicon Transistor

Persamaan Transistor BC547

Terdapat beberapa model transistor yang dapat digunakan sebagai persamaan BC547, dan salah satu yang banyak dipilih adalah transistor C828 atau C945 karena memiliki tingkat penguatan yang rendah yang serupa.

Namun, masih terdapat berbagai seri lain yang juga dapat menjadi persamaan untuk BC547. Beberapa tipe yang menjadi persamaan transistor BC547 antara lain:

  • BC549
  • BC548
  • BC550
  • BC636
  • BC639
  • 2N2222
  • TO-1B
  • TO-92
  • 2N3904
  • 2N2369
  • 2N3055
  • 2N3906
  • 2SC5200

Fungsi Transistor BC547

Transistor memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai saklar dan penguat. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai kedua fungsi tersebut:

1. Sebagai Penguat

Sebelum mengetahui persamaan transistor BC547, penting untuk memahami fungsinya terlebih dahulu. Transistor dapat beroperasi dalam kondisi aktif.

Kapan transistor berada dalam kondisi aktif? Kondisi kerja transistor berada di antara kondisi cut off dan saturasi. Pada kondisi ini, transistor dapat berfungsi sebagai penguat tegangan dan arus listrik. Terdapat beberapa konfigurasi rangkaian transistor, antara lain:

  • Penguat Common emitter
  • Penguat Common collector
  • Penguat Common base

Dari ketiga jenis konfigurasi tersebut, penguat common emitter lebih sering digunakan karena memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah menghasilkan tingkat noise yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis konfigurasi penguat transistor lainnya.

Baca Juga :   Ciri Ciri Dinamo Pompa Air Rusak & Terbakar Yang Tepat

2. Sebagai Saklar

Jika kalian ingin menggunakan transistor ini sebagai saklar, kalian perlu mengoperasikannya dalam kondisi cut off dan saturasi.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kondisi saturasi transistor dapat dicapai dengan memberikan bias maju secara penuh ke kaki basis transistor.

Sementara itu, untuk mengkondisikan transistor dalam keadaan cut off, kalian perlu memberikan bias terbalik ke kaki basis transistor.

Perlu diketahui bahwa arus maksimum yang dapat diberikan ke kaki basis transistor adalah 5 mA. Oleh karena itu, penting untuk membatasi aliran arus listrik agar tidak melebihi batas maksimum arus basis.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah menjelaskan persamaan transistor BC547 SMD secara rinci dan memberikan contoh penggunaan persamaan tersebut dalam beberapa rangkaian praktis. Dengan pemahaman yang baik tentang persamaan transistor BC547 SMD, kita dapat menjadi lebih terampil dalam merancang dan menganalisis rangkaian elektronik.

Dengan demikian, pengetahuan tentang persamaan transistor BC547 SMD adalah hal yang penting bagi para penghobi elektronik, mahasiswa, dan profesional di bidang elektronik. Dengan memahami persamaan ini, kita dapat lebih efektif dalam menerapkan transistor BC547 SMD dalam berbagai aplikasi elektronik yang beragam.

Sekian artikel ini tentang persamaan transistor BC547 SMD. Semoga penjelasan yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi pembaca. Teruslah belajar dan eksplorasi dalam dunia elektronik, dan manfaatkan pengetahuan tentang persamaan transistor BC547 SMD untuk menciptakan rangkaian yang inovatif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *