Persamaan STR W5453A

Persamaan STR W5453A TV Tabung Sharp Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Persamaan STR W5453A TV Tabung Sharp Yang Tepat. Salah satu komponen yang memainkan peran penting dalam TV tabung adalah STR. Setiap TV tabung, termasuk merek terkenal seperti Sharp, memiliki model STR yang berbeda-beda.

Banyak TV tabung merek Sharp menggunakan IC tunggal sebagai regulator catu daya. Beberapa jenis TV tabung Sharp ini menggunakan STR model W5453A sebagai komponen utama dalam blok catu daya.

Karena perannya yang penting, ketika STR ini mengalami kerusakan, harus segera diganti dengan yang baru. Memperbaiki STR yang rusak terbukti sangat sulit bahkan hampir tidak mungkin dilakukan.

Namun, masalah baru muncul saat ingin mengganti STR W5453A, yaitu ketidaktersediaan model yang sama. Jika hal ini terjadi, solusi terbaik dan satu-satunya adalah menggantinya dengan data persamaan STR dari model TV tabung Sharp lainnya.

Cara Kerja STR TV

Power supply terdiri dari transistor penguat dan osilator yang dirangkai bersama. Beberapa desain televisi menggabungkannya dalam sebuah IC yang dikenal sebagai STR, seperti yang ditunjukkan dalam gambar di bawah ini.

STR sendiri terdiri dari transistor penguat dan rangkaian osilator power supply. Fungsinya adalah untuk mengatur tegangan pada transcooper. Tegangan pada output transcooper dijaga agar tetap stabil, meskipun tegangan input yang diterima bervariasi atau tidak stabil.

Berikut ini adalah kegunaan setiap PIN pada STR:

  1. PIN 1 berfungsi sebagai tegangan input yang berasal dari tegangan yang telah diarahkan oleh rangkaian penyearah, kemudian difilter oleh C507, dan dilewatkan ke transcooper (T501). Tegangan pada PIN 1 berkisar antara 200 hingga 350V dc tergantung pada nilai tegangan C507.
  2. PIN 2 berperan sebagai ground (catu negatif) untuk STR.
  3. PIN 3 adalah catu untuk osilator yang telah terintegrasi di dalam STR. Tegangan pada PIN 3 berkisar antara 8 hingga 12,5V dc.
  4. PIN 4 digunakan sebagai catu untuk mengendalikan STR N501. Tegangan ini diatur oleh IC program pada pin power, dan tegangan pada PIN 4 sekitar 0 hingga 5V dc. STR akan aktif ketika tegangan pada PIN ini bernilai 0V, dan tidak aktif saat tegangan mencapai 5V dc. Artinya, STR akan bekerja saat tegangan pada PIN ini adalah 0V, dan berhenti saat tegangan mencapai 5V dc, dan sebaliknya.
  5. PIN 5 diberi catu oleh transcooper setelah rangkaian power dalam keadaan menyala. Tegangannya berkisar antara 3 hingga 12V dc.
Baca Juga :   Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik Di Rumah

Ketika STR beroperasi, induksi diri terjadi pada transcooper. Hal ini menyebabkan tegangan terinduksi pada output transcooper. Tegangan keluaran akan disesuaikan dengan kebutuhan blok rangkaian yang bersangkutan.

Skema Regulator STR TV Sharp

Berikut ini adalah gambaran mengenai skema regulator TV Sharp yang menggunakan STR W5453A sebagai komponen utama dalam blok catu daya utama.

Dalam skema regulator di atas, kapasitor elektronik (elco) berwarna oranye sering mengalami kerusakan. Biasanya, nilai kapasitasnya menurun sehingga menyebabkan penurunan tegangan output dari trafo switching. Dengan mengganti elco yang baru, masalah kerusakan dan penurunan tegangan dapat diatasi.

Persamaan STR W5453A

STR W5453A kadang-kadang sulit ditemukan di pasaran, namun terkadang juga tersedia dalam jumlah yang banyak. Jika kalian ingin mendapatkan STR W5453A, solusinya adalah membelinya melalui toko online, meskipun harganya lebih mahal karena termasuk biaya pengiriman.

Namun, jika sulit menemukan STR W5453A baik secara online maupun offline, satu-satunya solusi adalah mencari persamaan modelnya. Dengan adanya persamaan model, pencarian akan menjadi lebih mudah.

Setiap model dan tipe STR TV Sharp memiliki persamaan masing-masing. Setiap STR mungkin memiliki persamaan yang sama atau berbeda dengan tipe lainnya. Tentunya persamaan untuk STR W5453A berbeda dengan persamaan untuk STR W6554A.

Kebanyakan teknisi perbaikan TV akan mencari STR dengan data PIN yang sama dengan STR W5453A. Umumnya, persamaan STR W5453A harus memiliki data PIN yang sama dengan model STR pada TV Sharp jenis tabung yang sama.

Bagi yang belum mengetahui persamaan STR W5453A, ini adalah waktu yang tepat untuk mengetahuinya karena kami akan membagikannya. Jadi, apa persamaan data PIN untuk model STR W5453A pada TV Sharp jenis tabung?

Baca Juga :   Pengertian Arde Grounding Listrik Beserta Fungsi dan Jenisnya

Ada dua model persamaan STR TV Sharp yang cocok sebagai penggantinya. Kami telah mencobanya dan kualitas serta fungsi persamaan STR ini sangat cocok dan kompatibel, sehingga kalian tidak perlu khawatir tentang risiko lainnya.

Persamaan STR W5453A terbaik adalah STR W6553 dan STR W6554. Kedua model STR tersebut merupakan persamaan yang paling cocok untuk menggantikan fungsi STR W5453A yang mengalami kerusakan, bocor, atau cepat panas.

Namun, jika persamaan tersebut juga sulit ditemukan atau mungkin tidak tersedia di berbagai toko, kalian dapat mencari persamaan model lain STR TV Sharp jenis tabung dengan mencocokkan data PIN STR W5453A berikut ini:

  • 1 = DRAIN
  • 2 = NC (Tidak Terpakai)
  • 3 = Ground (Catu negatif)
  • 4 = VCC = 33 Volt
  • 5 = OLP/as
  • 6 = FB
  • 7 = OCP

Harga Persamaan STR W5453A

STR W5453A memang sulit ditemukan baik di toko elektronik offline maupun online. Ketika membutuhkan STR W5453A atau persamaan model lainnya, banyak orang bertanya-tanya tentang harga STR di toko elektronik online atau offline.

Sebenarnya, baik di toko online maupun offline, harganya hampir sama. Jika ada perbedaan, selisih harganya hanya sedikit. Namun, tidak ada perbedaan harga yang terlalu signifikan antara satu toko elektronik dengan toko elektronik lainnya.

Namun, jika kalian membeli secara online, kalian perlu siap membayar hingga dua kali lipat dari harga STR karena ada biaya pengiriman. Jadi, berapa harga STR W5453A dan persamaan model STR ini?

Harga STR W5453A beserta persamaan STR W6553 dan STR W6554 berkisar sekitar Rp. 15.000,- baik di toko elektronik offline maupun online. Namun, saat melakukan pembelian secara online, kalian akan dikenakan biaya pengiriman minimal sebesar Rp. 7.000,- hingga Rp. 50.000,- (tergantung pada toko online).

Gejala Kerusakan STR W5453A

Kerusakan pada televisi umumnya akan menunjukkan ciri-ciri atau gejala tertentu. Gejala kerusakan STR pada TV umumnya dapat menyebabkan televisi mati total, fluktuasi tegangan, dan masih banyak lagi.

Saat STR W5453A pada TV Sharp tabung mengalami kerusakan, akan timbul gejala khusus yang perlu kalian ketahui. Mengetahui gejala kerusakan STR sangat penting agar kalian dapat melakukan pemeriksaan fisik yang tepat ketika TV tidak berfungsi dengan normal.

Baca Juga :   Pengertian Media Transmisi, Karakteristik dan Jenisnya

Gejala kerusakan STR W5453A pada televisi tabung merek Sharp umumnya meliputi:

  1. Tidak ada keluaran tegangan pada output sekunder trafo switching.
  2. Fluktuasi tegangan, dengan timbulnya lonjakan dan penurunan tegangan.
  3. Tegangan yang tidak stabil atau berdenyut.
  4. TV kadang-kadang berfungsi normal, kadang-kadang tidak, atau hidup-mati secara acak.
  5. TV Sharp tabung mati total.
  6. Tegangan output dari trafo yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Dengan mengetahui gejala-gejala ini, kalian dapat lebih mudah mengidentifikasi kemungkinan kerusakan pada STR W5453A dan mengambil tindakan yang tepat.

Baca Juga :

Penutup & Kesimpulan

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah menjelajahi persamaan STR W5453A yang menarik. Dalam dunia teknologi dan ilmu pengetahuan, persamaan ini memiliki peranan penting dalam memecahkan masalah kompleks. Dengan mempelajari persamaan ini, para ilmuwan dan matematikawan telah menemukan solusi yang tak terduga dan menghasilkan kemajuan yang signifikan.

Persamaan STR W5453A adalah contoh nyata betapa kuatnya matematika dalam menerangi rahasia alam semesta. Dalam penelitian ini, kita telah melihat bagaimana persamaan ini telah digunakan dalam berbagai bidang, mulai dari fisika hingga keuangan, membuka pintu bagi penemuan baru dan inovasi.

Dengan demikian, persamaan STR W5453A tetap menjadi fokus para ilmuwan dan peneliti di seluruh dunia. Dengan upaya kolaboratif, kita dapat memperluas pemahaman kita tentang persamaan ini dan mengarah pada penemuan yang bahkan lebih mengejutkan di masa depan.

Dalam kesimpulan, persamaan STR W5453A merupakan bagian integral dari dunia matematika dan ilmu pengetahuan. Teruslah menjelajahi, belajar, dan menggali lebih dalam tentang persamaan ini, karena di balik teka-teki matematika yang rumit ini, terdapat potensi besar untuk mengubah dunia kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *