TV Sharp Gagal Start

Penyebab TV Sharp Gagal Start dan Cara Memperbaikinya

Posted on

Finoo.id – Penyebab TV Sharp Gagal Start dan Cara Memperbaikinya. TV Sharp? Siapa yang tidak mengenal merek TV ini. Merek ini telah menjadi salah satu merek terkenal yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, sehingga TV ini sangat mudah ditemukan di pasaran.

Namun, penggunaan TV Sharp ini sering kali menghadapi masalah yang dapat membuat kalian merasa kesal. Terutama ketika masalah terjadi saat TV sedang digunakan, masalah yang muncul beragam, seperti TV SHARP TIDAK ADA SUARA DAN GAMBAR, berada dalam mode standby, hanya lampu merah yang menyala, terkunci, atau gagal menyala.

Masalah seperti itu mungkin umum terjadi pada setiap orang yang memiliki TV, tetapi solusi atau cara memperbaikinya terkadang belum diketahui atau jarang diketahui. Mungkin para teknisi dan tukang service sudah mengetahui penyebab dan cara mengatasinya dengan baik.

Namun, bagi orang awam, masalah ini menjadi serius dan memerlukan penanganan khusus. Karena setiap masalah memiliki penanganan yang berbeda, pada artikel ini kami akan memberikan informasi lengkap tentang cara mengatasi TV Sharp yang gagal menyala.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang masalah ini dan cara mengatasinya, berikut ini akan disampaikan secara lengkap. Jadi, teruslah membaca sampai akhir artikel ini. Dengan begitu, ketika kalian menghadapi masalah seperti ini, kalian dapat mengatasinya atau setidaknya mengetahui faktor-faktor yang terlibat.

Mengenal Tentang Sharp

Sharp adalah perusahaan Jepang yang terkenal merancang dan memproduksi berbagai elektronik berkualitas. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 15 September 1912 dan berkantor pusat di Sakai-ku, Sakai, Prefektur Osaka. Nama Sharp diambil dari pensil mekanik yang diciptakan oleh pendirinya, Tokuji Hayakawa, dan logo perusahaan ini telah digunakan sejak tahun 1960.

Pada tahun 1970-an, Sharp memulai kerjasama dengan perusahaan Indonesia bernama PT Yasonta, dan saat ini perusahaan tersebut resmi beroperasi dengan nama PT Sharp Electronics Indonesia (SEID).

Selain itu, Sharp telah menjalankan bisnisnya di seluruh dunia dan memiliki banyak penggemar. Produk-produk yang ditawarkan oleh Sharp sangat beragam, termasuk televisi, perangkat audio visual, peralatan rumah tangga, peralatan informasi, telepon seluler, IC, mesin faks, kalkulator, panel LCD, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   Cara Menghidupkan TV Panasonic Tanpa Remot dengan Mudah

TV Sharp adalah salah satu produk yang sangat populer dan diminati oleh banyak orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. TV Sharp telah menjadi favorit sejak era TV tabung hingga saat ini dengan TV digital. Hal ini tidak mengherankan karena merek TV ini memiliki banyak keunggulan, seperti gambar yang jernih dan suara yang jelas, teknologi canggih, harga yang terjangkau, fitur-fitur lengkap, dan garansi yang diberikan.

TV Sharp Gagal Start

Gagal start pada TV merujuk pada kondisi ketika TV seharusnya dinyalakan tetapi tidak mau menyala. Gejala umumnya adalah lampu indikator pada TV menyala berwarna merah dan kadang-kadang berkedip redup atau mati.

Kebanyakan jenis TV Sharp, seperti Alexander, Aquos, Wonder, dan Qbeat, akan menunjukkan gejala yang serupa jika mengalami gagal start. Oleh karena itu, ini dapat dengan mudah dikenali oleh pengguna TV Sharp.

Alat Dibutuhkan Dalam Perbaikan

Untuk memastikan kelancaran dalam memeriksa dan memperbaiki TV Sharp yang gagal menyala, penting untuk menyiapkan beberapa peralatan yang mungkin diperlukan. Berikut ini beberapa peralatan tersebut:

  1. Multitester (analog/digital)
  2. Solder
  3. Tinol
  4. Solder Sucker Desoldering (Pompa Penghapusan Vakum Solder Desolder)
  5. Tang atau tangkai (jika diperlukan)
  6. Obeng
  7. dan peralatan lainnya yang diperlukan

Penyebab TV Sharp Gagal Start

Sebelum melanjutkan ke pembahasan mengenai cara mengatasi atau memperbaiki TV yang gagal menyala, penting bagi kalian untuk mengetahui faktor penyebab yang dapat menyebabkan masalah tersebut. Beberapa penyebab umum TV gagal menyala adalah kerusakan pada komponen-komponen berikut:

1. IC Croma Rusak

Penyebab utama TV Sharp gagal start atau tidak menyala adalah kerusakan pada IC Croma. kalian dapat mengenali gejala ini dengan unit TV yang terasa agak panas, terutama saat TV dalam keadaan menyala atau terhubung dengan sumber listrik. Jika saat disentuh terasa panas, hal ini menunjukkan bahwa IC Croma perlu diganti.

2. Dioda 605 Rusak

Selain kerusakan pada IC, TV yang gagal menyala juga dapat disebabkan oleh kerusakan komponen lainnya. Salah satu komponen yang sering menjadi penyebabnya adalah Dioda 605 (D605), namun sebaiknya kalian memeriksa dengan menggunakan multimeter terlebih dahulu.

Banyak teknisi TV yang menemukan masalah gagal start pada komponen ini. Namun, para pengguna TV sendiri jarang menyadari atau bahkan tidak mengetahui masalah ini sama sekali.

3. Elco Dekat IC Vertikal Mati

Elco (elektrolit kapasitor) merupakan salah satu komponen penting di dalam TV, sehingga jika terjadi masalah pada elco, hal tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah TV gagal start.

Baca Juga :   Skema TV Sharp Q Vision 20S20 Yang Paling Tepat

kalian dapat mengenali kerusakan fisik pada elco dengan mudah, seperti gejala elco menggelembung, retak, atau pecah. Namun, terkadang elco yang rusak tidak menunjukkan kerusakan fisik tersebut, oleh karena itu sebaiknya tetap memeriksanya menggunakan multimeter.

Cara Memperbaiki TV Sharp Gagal Start

Setelah mengetahui penyebab TV gagal start, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara memperbaikinya. Sebenarnya, cara memperbaikinya cukup mudah, namun banyak orang yang tidak mengetahuinya dan lebih memilih untuk memanggil tukang servis atau teknisi TV.

Namun, memperbaiki sendiri merupakan hal yang layak untuk dicoba, karena selain dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman, juga dapat menghemat biaya dengan tidak perlu membayar jasa tukang servis. Berikut ini beberapa cara untuk memperbaikinya:

1. Ganti IC Croma

Jika TV Sharp kalian tidak menyala dikarenakan kerusakan pada IC Croma, penggantian IC merupakan salah satu pilihan yang tepat, dengan catatan sudah melakukan pemeriksaan dan pengecekan terhadap IC tersebut.

Beberapa tipe TV Sharp memiliki komponen IC yang berbeda-beda, bahkan ada beberapa tipe yang tidak menyediakan IC pengganti yang spesifik. Dalam kasus tersebut, teknisi profesional biasanya mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan IC yang setara atau serupa.

2. Ganti Short Dioda 605

Seperti halnya dalam memperbaiki komponen IC, jika dioda telah diperiksa dan dinyatakan tidak layak pakai, langkah selanjutnya adalah menggantinya dengan dioda yang baru.

kalian dapat memperoleh komponen dioda ini di toko elektronik yang berada di dekat rumah kalian. Jika perlu, saat membeli dioda baru, kalian dapat membawa dioda yang rusak sebagai contoh untuk memastikan mendapatkan dioda yang sesuai.

3. Ganti Elco

Elco seringkali menjadi sumber masalah pada kerusakan TV, termasuk pada kasus TV Sharp yang gagal start. Jika masalahnya disebabkan oleh elco yang rusak, satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti elco tersebut.

Seperti metode perbaikan yang telah disebutkan sebelumnya, semua masalah pada TV disebabkan oleh kerusakan komponen. Oleh karena itu, penggantian komponen merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan.

Tips Merawat TV Agar Lebih Awet

Selanjutnya, penting untuk memahami cara merawat TV LED agar dapat digunakan dengan baik dan tidak mudah rusak. Berikut adalah 6 tips untuk merawat TV LED:

  1. Matikan TV LED ketika tidak ada yang menonton. Meskipun ini adalah saran umum, terkadang orang tetap menyala TV hanya untuk mengisi waktu luang atau untuk mencegah kesan sepi di ruangan. Namun, kebiasaan ini dapat mempengaruhi umur TV LED kalian dan meningkatkan tagihan listrik. Matikan TV LED ketika tidak digunakan untuk menghemat daya dan memperpanjang usia TV.
  2. Atur kecerahan dan kontras tampilan gambar. Pahami bahwa semakin tinggi kontras pada gambar, semakin banyak daya yang digunakan. Selain itu, kecerahan yang terlalu tinggi dapat mempercepat penurunan umur TV LED. Aturlah kecerahan dan kontras pada posisi stkalianr atau pertengahan, serta pastikan kualitas HD yang optimal.
  3. Gunakan stabilizer untuk melindungi TV LED dari fluktuasi listrik. Aliran listrik yang stabil sangat penting untuk menjaga kinerja TV LED. Gunakan stabilizer untuk menjaga arus listrik tetap konstan dan melindungi TV kalian dari gangguan listrik.
  4. Hindari penempatan TV LED di tempat yang rentan debu. Debu dapat menutupi ventilasi pada TV dan menghambat sirkulasi udara, sehingga meningkatkan suhu TV. Tempatkan TV LED di lokasi yang bersih dari debu dan pastikan ada ruang yang cukup untuk sirkulasi udara.
  5. Pasang TV LED di dinding dengan wall bracket. Untuk keamanan dan mencegah terjatuh, disarankan untuk memasang TV LED di dinding menggunakan bracket khusus. TV LED yang ringan dan tipis cocok untuk dipasang di dinding, dan pastikan ada jarak sekitar 10 cm antara dinding belakang TV dan dinding asli.
  6. Hindari sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan distorsi pada kualitas gambar dan juga mempengaruhi komponen internal TV. Jauhkan TV LED dari sinar matahari langsung dan hindari penempatan di dekat perangkat dengan medan magnet tinggi.
Baca Juga :   Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV Sharp Semua Tipe

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kalian dapat merawat TV LED kalian dengan baik dan memperpanjang usia penggunaannya.

Baca Juga :

Penutup

Dalam banyak kasus, masalah TV Sharp yang gagal start dapat diatasi dengan langkah-langkah sederhana di atas. Namun, jika masalah tetap berlanjut, selalu bijaksanalah untuk meminta bantuan profesional.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahasa tentang Penyebab TV Sharp Gagal Start dan Cara Memperbaikinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimaksih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *