Cara Setting WiFi Di Smart TV Sharp

Cara Setting WiFi Di Smart TV Sharp Yang Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Setting WiFi Di Smart TV Sharp Yang Paling Tepat. Dengan kemajuan teknologi, televisi pintar sekarang dapat melakukan berbagai aktivitas mobile secara langsung melalui koneksi internet seperti menjalankan aplikasi, bermain game online, dan streaming film.

Sharp Indonesia telah merilis unit smart TV yang menggabungkan teknologi canggih dan kompatibilitas dengan jaringan internet. Banyak masyarakat yang membeli produk ini mengalami kebingungan saat melakukan pengaturan.

Semua fitur pintar baru hanya dapat berfungsi setelah terhubung ke internet melalui sambungan WiFi. Oleh karena itu, saat pertama kali memasang TV Sharp, pengguna harus melakukan preferensi terkait detail koneksi nirkabel tersebut.

Kami akan memberikan panduan terbaik mengenai cara mengatur WiFi di Smart TV Sharp agar kalian dapat mengoptimalkan semua fiturnya, terutama bagi pemilik yang baru pertama kali membeli produk canggih.

Yuk kenali apa itu Smart TV

Ketika berada di rumah, televisi sering menjadi pilihan hiburan keluarga. Sejak ditemukannya oleh John Logie Baird pada tahun 1884 hingga saat ini, televisi terus berkembang mengikuti era modernisasi, dan kini bermunculan berbagai jenis televisi.

Dari banyaknya jenis televisi yang ada, saya ingin membahas tentang Smart TV. Dalam era teknologi saat ini, internet menjadi hal yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Meskipun istilah Smart TV sudah akrab di telinga kita, apakah kita benar-benar memahami cara kerja dari Smart TV tersebut?

Dalam bahasan ini, mari kita pahami secara sederhana bahwa Smart TV adalah televisi yang dilengkapi dengan prosesor sehingga pengguna dapat mengoperasikannya seperti halnya komputer. Selain dapat menayangkan siaran televisi, jenis televisi ini juga mampu mengakses internet. Tertarik? Tidak hanya itu, Smart TV juga dapat menambahkan aplikasi seperti halnya smartphone. Setiap produsen Smart TV memiliki program layanan masing-masing, sehingga setiap merek memiliki keunggulan yang berbeda-beda.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan TV LG Sebagai Pertimbangan

Fitur WiFi Smart TV Sharp

WiFi adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat elektronik terhubung ke jaringan internet. Teknologi ini diterapkan pada TV Sharp yang telah dilengkapi dengan komponen adapter nirkabel.

Sharp mengadopsi sistem operasi Android TV untuk menyajikan konten, aplikasi, dan game mobile. Hal ini memberikan pengalaman yang berbeda dalam menonton film dan mendengarkan musik melalui layar besar.

Dengan adanya komponen Chromecast built-in pada smart TV, pemilik dapat dengan mudah menampilkan layar ponsel langsung ke televisi. Namun, semua fitur canggih ini hanya dapat berfungsi dengan baik ketika terhubung ke internet melalui WiFi.

Sebelum dapat menggunakan semua fitur pintar pada smart TV Sharp, kamu harus memprogram detail koneksi WiFi terlebih dahulu. Televisi akan menyimpan informasi preferensi ini dan menggunakannya untuk terhubung ke internet. Namun, dalam beberapa kondisi, pengaturan jaringan mungkin kadaluwarsa sehingga kamu perlu mereset kembali koneksi WiFi.

Cara Setting WiFi di Smart TV Sharp

Smart TV Sharp menggunakan nama jaringan WiFi dan kata sandi untuk dapat terhubung dengan perangkat lain. Namun, melakukan perubahan pada parameter dan preferensi jaringan dapat menyebabkan proses sinkronisasi terganggu.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pengaturan ulang koneksi WiFi dengan panduan sebagai berikut:

1. Hidupkan Smart TV

Sambungkan kabel power smart TV Sharp ke stop kontak dengan hati-hati, mengikuti prosedur keselamatan yang dianjurkan. Saat dihubungkan, mesin akan masuk ke dalam mode standby, ditkaliani dengan lampu LED yang berwarna merah.

Kemudian, siapkan remote kontrol asli dan tekan tombol on/off untuk menyalakan televisi. Tunggu sampai unit menyala sepenuhnya sebelum menggunakannya.

2. Kunjungi Menu Utama

Menu merupakan jendela pengaturan yang tersedia pada smart TV Sharp, namun antarmuka dapat sedikit berbeda untuk setiap tipe. Di sini, kamu dapat melakukan pengaturan sesuai dengan preferensi masing-masing.

Baca Juga :   TV Sharp Vision Protek Nyala Terang Terus LED Merah Redup

Untuk mengakses jendela preferensi utama pada smart TV Sharp, tekan tombol “Menu” dan sorot bagian “Pengaturan Awal”. Pilih item yang diinginkan dengan menggunakan tombol kursor (kiri, kanan, atas, bawah), lalu tekan tombol “Enter” untuk mengonfirmasi pilihan.

3. Pilih Mode Wireless

Pilih opsi “Pengaturan Internet” untuk melakukan konfigurasi terhadap koneksi WiFi pada smart TV Sharp. Kemudian, tekan opsi “Pengaturan Jaringan” untuk membuka jendela baru yang berisi beberapa item fungsi mesin.

Selanjutnya, tekan opsi “Pengaturan Nirkabel” untuk menampilkan detail informasi tentang koneksi WiFi, lalu tekan “Ubah” untuk memulai pengaturan. Saat muncul jendela pop-up, sorot opsi “Pencarian” untuk memindai sinyal WiFi yang tersedia oleh TV Sharp.

4. Hubungkan Wifi

Setelah proses scanning selesai, akan muncul beberapa nama penyedia WiFi yang tersedia di sekitar kamu. Pilih salah satu jaringan dan masukkan kata sandi, lalu tekan “Enter” dan tunggu sampai koneksi berhasil terhubung.

Umumnya, para pemilik menyediakan koneksi internet cepat melalui fitur hotspot pada ponsel mereka. Dengan begitu, WiFi adapter pada smart TV merek Sharp dapat mendeteksi jaringan tersebut dan dapat diakses oleh TV tersebut.

Cara Mengatasi Smart TV yang Tidak Bisa Terhubung Wifi

Putuskan dan sambungkan kembali ke WiFi

Jika ingin memutus dan menyambungkan kembali koneksi WiFi, pastikan bahwa kata sandi WiFi tidak berubah. Jika kata sandi telah diganti, maka kalian tidak akan bisa terhubung ke jaringan tersebut.

Untuk itu, kalian perlu memutuskan dan kemudian menyambungkan kembali koneksi WiFi dengan memasukkan kembali kata sandi yang sesuai dengan jaringan yang kalian pilih agar dapat terhubung ke WiFi tersebut. Berikut ini adalah cara untuk memasukkan kembali kata sandi ke jaringan WiFi.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka pengaturan dan masuk ke halaman koneksi nirkabel seperti pada cara sebelumnya.
  • Pada halaman koneksi nirkabel, pilih “Kelola Jaringan Tersimpan”.
  • Pilih jaringan yang ingin kalian putuskan dan pilih opsi “Hapus”.
  • Pilih jaringan WiFi lain yang ingin kalian sambungkan.
  • Masukkan kata sandi.
  • Klik “Selesai”.
Baca Juga :   Cara Setting TV Akari Paling Mudah & Praktis

Ubah pengaturan tanggal dan waktu

Jika TV kalian disetel ke zona waktu yang berbeda dari router, hal ini dapat menyebabkan ketidak sinkronan waktu dengan ISP kalian sehingga TV tidak dapat terhubung ke WiFi.

Untuk mengatasi hal tersebut, yang perlu dilakukan adalah mengubah pengaturan tanggal dan waktu pada TV agar sesuai dengan zona waktu kalian. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengatur zona waktu pada TV Sharp.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka pengaturan pada TV kalian.
  • Masuk ke opsi “Umum” dan pilih “Manajer Sistem”.
  • Pilih opsi “Waktu”.
  • Pilih opsi “Jam”.
  • Tetapkan tanggal dan waktu sesuai dengan zona waktu kalian di halaman berikutnya.
  • Simpan perubahan zona waktu tersebut.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara setting WiFi di Smart TV Sharp. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat menghubungkan TV pintar Sharp kalian ke jaringan WiFi dengan mudah.

Pastikan bahwa jaringan WiFi yang digunakan stabil dan memiliki kecepatan yang cukup untuk streaming video berkualitas tinggi.

Jika kalian mengalami kesulitan dalam menghubungkan TV kalian ke WiFi, jangan ragu untuk mencari bantuan dari teknisi atau sumber daya online yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Selamat menikmati tayangan televisi yang lebih cerdas dan terkoneksi dengan mudah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *