Persamaan Transistor D882

Persamaan Transistor D882 NPN Yang Tepat & Sesuai

Posted on

Finoo.id – Persamaan Transistor D882 NPN Yang Tepat & Sesuai. Transistor-transistor seri yang beragam dapat dengan mudah ditemui dalam rangkaian elektronik. Salah satu transistor yang sering ditemui dalam rangkaian elektronik adalah D882, seperti dalam raket nyamuk, relay, penguat audio, atau sakelar.

Transistor D882 biasanya digunakan dalam rangkaian yang memiliki kinerja tinggi. Arus kolektor maksimal D882 adalah 3A, yang mampu menggerakkan banyak relay, motor, atau rangkaian elektronik lainnya yang membutuhkan tegangan jenuh minimal 0.3A.

Namun, sayangnya, transistor NPN ini cukup sulit ditemukan di pasaran, baik secara online maupun offline, dan seringkali stoknya habis. Oleh karena itu, kalian perlu mencari alternatif yang cocok untuk menggantikan transistor D882.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa seri transistor yang cocok sebagai pengganti transistor D882, yang bahkan bisa lebih baik. Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Transistor D882

Transistor D882 adalah jenis transistor yang sangat umum digunakan sebagai komponen elektronik dalam rangkaian dengan kinerja tinggi.

Transistor D882 terkenal karena kemampuannya dalam menggerakkan banyak relay, LED, lampu, dinamo, atau komponen elektronik lain dengan konduksi minimal 0.3A.

Keunggulan ini karena transistor D882 mampu menampung arus kolektor maksimal hingga 3A.

Namun, kelemahan transistor D882 bukan terletak pada kualitasnya, melainkan pada keterbatasan produksinya. Karena itu, transistor D882 sulit ditemukan di pasaran, baik secara online maupun offline.

Akibatnya, banyak orang mencari alternatif transistor D882. Namun, mencari pengganti transistor D882 tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena harus mencari transistor dengan spesifikasi yang sesuai agar rangkaian sirkuit berhasil dibangun.

Misalnya, jika transistor D882 pada rangkaian sirkuit raket nyamuk rusak dan jenis transistor tersebut tidak tersedia, dapat menggunakan transistor yang sesuai untuk raket nyamuk.

Transistor D882 adalah transistor tujuan umum dengan banyak fitur dan kinerja yang tinggi. Transistor ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti switching dan amplifikasi.

Itulah mengapa transistor D882 sangat cocok digunakan dalam berbagai jenis proyek elektronik di dunia pendidikan, hobi, atau tujuan komersial.

Permintaan tinggi terhadap transistor ini, namun pasokan yang terbatas di pasaran, membuat permintaan akan alternatif transistor D882 tetap tinggi. Berikut adalah gambar dari transistor D882.

Fungsi Transistor D882

Transistor yang paling cocok untuk amplifikasi dan switching serta dapat digunakan dalam berbagai rangkaian elektronik yang berbeda adalah transistor D882. Contohnya adalah dalam sirkuit catu daya, regulator tegangan, sirkuit pengisi daya baterai, switch dengan beban di bawah 3A, motor penggerak, dan lain-lain.

Selain itu, transistor D882 juga banyak digunakan sebagai penguat sinyal audio pada amplifer kecil dan rangkaian elektronik serupa. Untuk memastikan transistor D882 berfungsi dengan baik, disarankan untuk tidak melebihi beban 3A dan menggunakan resistor basis yang sesuai.

Transistor jenis NPN ini sering digunakan dalam berbagai rangkaian elektronik, antara lain:

  • Regulasi tegangan
  • Pengendali relay
  • Sakelar umum
  • Penguat daya audio
  • Konverter DC-DC

Cara Kerja Transistor D882 dan Penerapannya

D882 adalah transistor jenis NPN yang memiliki kemampuan menangani tegangan hingga 30V dengan arus sebesar 3A, dan puncak arus maksimum 6A untuk pulsa dengan durasi kurang dari 5ms. Berikut ini adalah contoh penerapan dan cara kerja transistor D882.

Penerapan pertama adalah sebagai saklar (switch). Pada penerapan ini, emitor transistor dihubungkan ke ground, sedangkan kolektor transistor dihubungkan ke salah satu ujung beban. Ujung beban yang lainnya dihubungkan ke sumber daya (supply). Dalam kasus penggunaan beban induktif, dioda flyback biasanya digunakan secara antiparalel untuk mencegah lonjakan tegangan yang dapat merusak transistor.

Dalam rangkaian ini, sebuah resistor basis juga perlu ditambahkan untuk membatasi arus basis. Terdapat juga kapasitor kecil yang terhubung ke resistor, yang berfungsi untuk memutuskan arus basis dengan cepat. Selanjutnya, skema kedua adalah contoh dari rangkaian penguat kelas A/B yang menggunakan transistor D882. Cara kerjanya cukup sederhana.

Persamaan Transistor D882

Terdapat banyak seri transistor yang dapat menjadi persamaan atau pengganti dari transistor D882 ini. Salah satu opsi yang dapat kalian pertimbangkan adalah transistor BC547, yang juga merupakan transistor NPN. Namun, mencari persamaan transistor D882 bisa menjadi sedikit rumit.

Untuk membantu kalian dalam mencari persamaan transistor D882, berikut ini kami sajikan beberapa tipe transistor yang cocok digunakan sebagai pengganti terbaik untuk transistor D882 yang rusak. Berikut adalah beberapa persamaan transistor D882:

  • BD189
  • BD185
  • BD131
  • BD187
  • BD349
  • MJE802
  • MJE182
  • TIP122L
  • 2SD1693
  • 2SC4342
  • 2SD1018
  • 2SD1712

Ya, itu tadi beberapa seri transistor yang merupakan persamaan dari D882, di mana sebagian besar persamaan transistor D882 adalah seri BD yang banyak dipilih. Namun, perlu diperhatikan bahwa konfigurasi PIN beberapa transistor di atas mungkin berbeda dengan D882, jadi pastikan untuk memeriksa konfigurasi PIN sebelum mengganti transistor D882 dengan pengganti tersebut.

Datasheet Transistor D882

Untuk memastikan kesesuaian PIN konfigurasi transistor pengganti yang akan kalian gunakan, penting untuk memahami datasheet transistor tersebut. Berikut ini kami menyediakan datasheet lengkap untuk transistor D882 yang dapat kalian lihat pada ulasan di bawah ini.

Data PIN Out

  1. Emitor
  2. Colektor
  3. Basis

Absolute Maximum Ratings

Electrica Characteristics

Karakteristik Transistor D882

Selain mengetahui persamaan dan fungsi transistor pengganti, penting juga untuk memahami karakteristik transistor tersebut agar dapat mencari pengganti yang sesuai dengan baik. Setiap transistor memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Transistor D882 memiliki karakteristik yang jelas dan mudah dipahami. Berikut ini adalah informasi lengkapnya:

  1. Kemasan Transistor D882: TO-126
  2. Tipe Transistor: NPN
  3. Arus kolektor maksimal (IC): 3A
  4. Tegangan maksimum kolektor-emitor (VCE): 30V
  5. Tegangan maksimum kolektor-basis (VCB): 40V
  6. Tegangan maksimum emitor-basis (VEBO): 5V
  7. Daya maksimal yang dapat disipasi oleh kolektor (PC): 10 Watt
  8. Frekuensi transisi maksimal (fT): 90MHz
  9. Rentang penguatan arus DC (hFE): 60-400
  10. Suhu operasi maksimal: -55 hingga +150 derajat Celsius
  11. Tegangan jenuh rendah VC E(sat) = 0.5 V MAX. (IC = −2 A, IB = 0.2 A)
  12. Linearitas hFE yang baik dan hFE tinggi hFE = 60 hingga 400 (VCE = 2 V, IC = 1 A)
  13. Kemasan yang kecil dan tipis memungkinkan penggunaan ruang yang lebih efisien dan memudahkan pemasangan ke radiator.
  14. Tidak memerlukan bushing isolator.

Terima kasih atas informasi lengkap dari kami mengenai persamaan transistor D822 beserta datasheet dan fungsinya. Dengan demikian, kalian dapat mencari persamaan transistor tersebut baik di toko elektronik online maupun offline dengan harga sekitar Rp. 1.600 – Rp. 2.000 per buah transistor.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas tentang persamaan transistor D882. Transistor D882 adalah transistor jenis NPN yang sangat umum digunakan dalam berbagai aplikasi elektronik. Kami telah melihat bahwa persamaan dasar transistor D882 dapat dijelaskan dengan menggunakan persamaan umum transistor NPN, yang terdiri dari tiga parameter penting: hfe, Vbe, dan Vce.

Persamaan umum transistor NPN menggambarkan hubungan antara arus kolektor (Ic), arus basis (Ib), dan tegangan kolektor-emosi (Vce). Dengan menggunakan persamaan ini, kita dapat memperoleh informasi yang berguna tentang kinerja transistor D882 dalam suatu rangkaian.

Selain itu, kita juga telah melihat beberapa karakteristik penting dari transistor D882, seperti kapasitansi input, kapasitansi output, dan frekuensi maksimum. Pemahaman yang baik tentang persamaan dan karakteristik ini akan membantu dalam merancang dan menganalisis sirkuit yang menggunakan transistor D882.

Dalam artikel ini, kita telah menjelajahi persamaan transistor D882 dan pentingnya memahami karakteristik transistor ini. Transistor D882 memiliki banyak aplikasi dalam dunia elektronik, dan dengan pemahaman yang baik tentang persamaan dan karakteristiknya, kita dapat menggunakan transistor ini secara efektif dalam rangkaian elektronik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *