Apa Itu Obeng

√ Apa Itu Obeng? Jenis Beserta Fungsinya Lengkap

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Obeng? Jenis Beserta Fungsinya Lengkap. “Apa Itu Obeng?” mungkin muncul di benak kalian jika kalian tidak terbiasa dengan peralatan rumah tangga. Namun, sebenarnya, sadar atau tidak, kalian pasti pernah melihat obeng. Hal ini karena obeng merupakan salah satu peralatan dasar yang wajib ada di setiap rumah. Penggunaannya sangat sederhana, hanya perlu memutar beberapa kali pada sekrup yang ingin dipasang atau dilepas.

Obeng bisa disebut sebagai peralatan dasar yang diperlukan hampir untuk semua barang di rumah kita, seperti meja, kursi, alat elektronik, dan peralatan listrik. Mari kita kenali lebih jauh mengenai alat perkakas yang satu ini.

Apa itu Obeng?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, obeng termasuk salah satu alat perkakas dasar yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat di rumah. Kehadiran obeng sangat bermanfaat dalam membuka sekrup pada barang yang perlu diperbaiki, dan juga penting dalam proses perakitan berbagai perabot rumah tangga.

Dengan memiliki berbagai jenis obeng di rumah, kalian dapat menyelesaikan pekerjaan perakitan dan tugas lainnya dengan lebih mudah. Obeng sendiri telah dikenal dan digunakan sejak abad ke-19.

Awalnya, bentuk ujung mata obeng yang digunakan adalah obeng minus. Namun, seiring berjalannya waktu, kita melihat banyak variasi bentuk mata obeng dan jenis obeng yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing.

Fungsi Obeng Secara Umum

Obeng merupakan salah satu peralatan tangan yang memiliki peran yang cukup penting. Sebagai alat tangan, obeng termasuk dalam kategori perkakas yang dioperasikan tanpa menggunakan mesin, sebagaimana halnya dengan perkakas tangan lain seperti palu atau gergaji manual.

Fungsinya utama adalah untuk membuka atau mengencangkan baut atau sekrup pada berbagai objek. Sebagai contoh, obeng digunakan untuk memasang baut saat merakit meja atau untuk membuka sekrup pada penutup laptop.

Bermacam Jenis Obeng dan Fungsinya

Perlu dicatat bahwa obeng memiliki berbagai macam jenis. kalian harus memperhatikan jenis baut atau sekrup yang digunakan pada objek dan memilih obeng yang sesuai.

Hal ini penting karena jika kepala obeng tidak sesuai dengan baut atau sekrup, obeng tidak akan efektif untuk mengencangkan atau melonggarkan sekrup tersebut. Secara umum, kita mengenal dua jenis obeng, yaitu obeng minus dan obeng plus yang juga disebut obeng kembang.

Baca Juga :   Pengertian Medan Magnet,Sejarah Rumus dan Penerapanya

Namun, selain dua jenis tersebut, terdapat berbagai tipe obeng lainnya. Berikut beberapa jenis obeng beserta fungsinya:

1. Obeng Minus

Obeng minus, sebagai salah satu jenis obeng, memiliki ujung pipih atau berbentuk tkalian minus. Keunggulan utama obeng ini terletak pada kemampuannya untuk melonggarkan atau mengencangkan baut dengan kepala berbentuk minus. Ujung pipih obeng minus hadir dalam berbagai ukuran, disesuaikan dengan dimensi kepala baut yang digunakan. Penggunaan umum obeng minus terfokus pada peralatan mesin, termasuk mesin elektronik dan kendaraan bermotor. Kemampuannya yang presisi membuatnya menjadi alat yang efektif untuk tugas-tugas yang memerlukan presisi dan kekuatan dalam menghadapi baut-baut dengan kepala berbentuk minus.

2. Obeng Plus (Obeng Kembang)

Obeng plus, atau sering disebut obeng kembang, adalah jenis obeng yang memiliki ujung berbentuk kembang atau bunga. Fungsinya mirip dengan obeng minus, yaitu untuk mengencangkan dan melonggarkan baut yang memiliki kepala berbentuk kembang. Obeng ini sering digunakan dalam situasi di mana baut dengan kepala kembang diperlukan, seperti pada peralatan listrik atau kendaraan. Kombinasi antara kegunaan obeng plus dan minus sering kali dibutuhkan dalam berbagai pekerjaan perakitan dan perbaikan, sehingga keduanya menjadi bagian penting dari set alat perkakas yang komprehensif.

3. Obeng Tespen

Obeng tespen adalah varian obeng yang memiliki ujung pipih dengan ukuran yang lebih kecil. Selain dapat digunakan untuk melonggarkan atau mengencangkan baut, obeng tespen juga memiliki fungsi tambahan sebagai alat untuk mengecek aliran listrik pada peralatan elektronik.

Cara menggunakan obeng tespen untuk mengecek aliran listrik cukup mudah. kalian tinggal menempelkan ujung pipih obeng pada titik aliran yang ingin dites. Jika lampu indikator dalam gagang tespen menyala, itu menkaliankan bahwa aliran listrik berjalan dengan baik. Sebaliknya, jika lampu tidak menyala, itu menunjukkan bahwa bagian tersebut tidak menerima aliran listrik.

4. Obeng Sok

Obeng sok adalah jenis obeng yang memiliki ujung mata bukan berbentuk pipih atau kembang, melainkan bulat atau persegi. Fungsi utama obeng sok adalah untuk mengencangkan atau melonggarkan baut yang memiliki kepala berbentuk bulat atau persegi. Biasanya, baut dengan kepala seperti ini banyak ditemui pada bagian-bagian mesin, terutama pada mesin kendaraan. Hal ini disebabkan oleh daya rekat yang kuat pada jenis baut tersebut. Oleh karena itu, obeng sok dirancang dengan gagang dan mata obeng yang kokoh untuk menangani baut-baut jenis ini.

5. Obeng Fleksibel

Obeng fleksibel merupakan jenis obeng yang memiliki dua mata obeng yang dapat diganti, yaitu ujung minus dan ujung plus. Meskipun hampir mirip dengan obeng ratchet, obeng fleksibel berbeda karena tidak memiliki bentuk seperti pistol. Konsep bongkar-pasang dari obeng fleksibel ini sangat sederhana. kalian dapat menarik mata obeng hingga lepas dan menggantinya dengan ujung mata obeng lainnya. Kemudian, tinggal memasangkannya kembali ke gagang obeng.

Baca Juga :   Persamaan STR W6753 (Regulator) Yang Lebih Baik

6. Obeng Bermagnet

Obeng bermagnet adalah jenis obeng yang dilengkapi dengan daya tarik magnet di bagian ujung mata obengnya. Fungsi utama magnet ini adalah untuk menahan baut saat diangkat dengan obeng, mencegahnya jatuh dan hilang ketika akan dipasangkan. Keberadaan fitur magnet pada obeng bermagnet sangat membantu dalam kegiatan pemasangan atau pembongkaran, terutama ketika bekerja di tempat yang sulit dijangkau.

7. Obeng Gagang Stabil

Obeng gagang stabil adalah jenis obeng yang memiliki desain gagang berbentuk huruf T, membedakannya dari obeng lain. Nama “gagang stabil” diberikan karena obeng ini menawarkan stabilitas yang lebih baik saat digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan baut. Keistimewaan dari jenis obeng ini terletak pada kemampuannya untuk mengganti lebih dari dua jenis mata obeng. Hal ini memungkinkan penyesuaian dengan berbagai bentuk kepala baut, seperti ujung mata obeng pipih, silang, sok, kembang, dan lainnya.

8. Obeng Ratchet

Obeng ratchet merupakan jenis obeng yang memungkinkan bongkar pasang pada bagian mata obengnya. Dengan obeng ini, kalian dapat mengganti mata obeng minus, kembang, atau jenis mata obeng lainnya dalam satu alat. Fungsinya tetap sama seperti obeng pada umumnya, yaitu untuk mengencangkan atau melonggarkan baut.

Meskipun obeng ratchet cukup praktis untuk dibawa ke mana-mana, ternyata terdapat satu kekurangan yang perlu diperhatikan. Kekurangan tersebut terletak pada bagian lubang bongkar pasang mata obeng, yang dapat cepat aus jika sering diganti-ganti. Oleh karena itu, pengguna perlu memperhatikan penggunaan obeng ratchet dengan bijak untuk mempertahankan kinerjanya.

9. Obeng Elektrik

Obeng elektrik adalah salah satu jenis obeng yang menggunakan tenaga listrik atau baterai untuk melakukan tugas mengencangkan atau melonggarkan baut. Keunggulan utama obeng ini terletak pada efisiensinya yang dapat mempercepat pekerjaan tanpa banyak menggunakan tenaga manual. Saat kalian membeli obeng elektrik, biasanya akan disertakan paket yang terdiri dari berbagai jenis mata obeng, seperti mata obeng pipih, kembang, sok, dan lainnya. Setelah baterainya habis, kalian hanya perlu mengisi daya kembali ke sumber listrik untuk melanjutkan penggunaan.

10. Obeng Toolkit

Obeng toolkit merupakan jenis obeng yang dirancang khusus untuk melonggarkan atau mengencangkan baut pada benda-benda aksesoris, seperti jam tangan, mobil miniatur, kacamata, handphone, dan sebagainya. Obeng aksesori ini memiliki ukuran yang kecil, disesuaikan dengan ukuran baut pada aksesori tersebut. Seringkali, untuk keperluan jasa bongkar pasang aksesori, mereka menyediakan beragam jenis ukuran mata obeng aksesoris yang dapat dibeli dalam satu paket. Dengan adanya obeng toolkit, kalian dapat dengan mudah melakukan perawatan atau perbaikan pada berbagai benda aksesoris tanpa harus mengkalianlkan jasa profesional.

Baca Juga :   Daftar Merk Kabel Listrik Terbaik Untuk Listrik Rumahan

11. Obeng Ketok (Impact Driver)

Obeng ketok atau impact driver adalah perkakas yang sering digunakan untuk melepas dan mengencangkan sekrup dengan kekuatan yang dapat disesuaikan. Cara penggunaannya melibatkan rotasi bagian gagang obeng ke arah kanan untuk mengencangkan dan ke arah kiri untuk mengendorkan, sambil tetap menahan agar posisinya tetap menekan. Langkah terakhir melibatkan memberikan ketukan pada bagian ujung gagang obeng menggunakan palu. Meskipun terlihat cukup unik, namun dalam dunia bengkel, obeng ketok ini dianggap sebagai alat yang sangat berguna untuk tugas-tugas tertentu.

12. Obeng Panel

Obeng panel, pada dasarnya, memiliki fungsi yang sama dengan obeng pada umumnya, yaitu untuk mengencangkan dan melonggarkan sekrup. Namun, jika dilihat dari bentuknya, obeng panel memiliki desain yang cukup unik. Gagangnya menyerupai obeng, namun bagian ujungnya melengkung seperti kunci bengkel. Biasanya, obeng panel digunakan untuk membuka casing, mengencangkan pintu mobil, atau di area-area yang sulit dijangkau dan memiliki banyak lengkungan.

13. Obeng Seal

Obeng seal, pada dasarnya, terdiri dari beberapa bentuk dengan fungsi yang berbeda-beda. Meskipun tampilannya berbeda dari obeng pada umumnya, namun dalam beberapa pekerjaan bengkel, obeng jenis ini sangat dibutuhkan. Fungsinya dapat mencakup berbagai tugas yang melibatkan penyegelan atau penanganan seal pada komponen-komponen tertentu. Keberagaman bentuknya memungkinkan obeng seal untuk digunakan dalam berbagai konteks pekerjaan bengkel.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan menggali lebih dalam tentang keberadaannya, dapat disimpulkan bahwa obeng merupakan salah satu alat perkakas yang mungkin seringkali dianggap sepele, namun memiliki peran yang sangat vital dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

Dari yang sederhana hingga jenis yang lebih canggih, obeng hadir dalam berbagai bentuk dan fungsi, memenuhi kebutuhan beragam pekerjaan dan proyek.

Apakah dalam dunia bengkel, perbaikan rumah, atau merakit peralatan elektronik, obeng menjadi alat yang tak terpisahkan.

Dengan kemampuannya yang sederhana namun sangat efektif, obeng menjadi simbol kehkalianlan dalam menangani tugas-tugas sehari-hari.

Jadi, ketika bertanya, “Apa itu obeng?” jawabannya lebih dari sekadar alat perkakas; obeng adalah sahabat setia dalam menuntun langkah kita menuju kemudahan dan efisiensi dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa Itu Obeng? Jenis Beserta Fungsinya Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *