Listrik Mati Tapi Meteran Nyala

Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Nyala & Solusinya

Posted on

Finoo.id – Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Nyala & Solusinya. Meteran listrik berfungsi sebagai perangkat elektromekanikal yang melindungi aliran listrik dari arus yang berlebihan. Dalam kata lain, MCB (Miniature Circuit Breaker) dapat secara otomatis memutuskan aliran listrik.

Ini terjadi ketika arus listrik yang melewati MCB melebihi batas yang telah ditentukan. Namun, ketika arus berada dalam kondisi normal, MCB pada meteran listrik berfungsi sebagai saklar yang dapat menghubungkan atau memutuskan aliran listrik secara manual.

Pada dasarnya, fungsi MCB pada meteran listrik mirip dengan fungsi sekering (FUSE) yaitu untuk memutuskan aliran listrik ketika terjadi kelebihan arus. Kelebihan arus ini bisa disebabkan oleh hubungan singkat (short circuit) atau beban yang melebihi kapasitas (overload).

Namun, seringkali terjadi situasi di mana meteran listrik menyala tetapi aliran listrik mati. Mengapa hal ini bisa terjadi? Tentu saja, ada beberapa penyebab yang mungkin. Berikut adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi aliran listrik mati tetapi meteran tetap menyala.

Apa itu Listrik Mati Tapi Meteran Nyala?

Listrik Mati Tetapi Meteran Tetap Menyala adalah situasi di mana kita tidak mendapatkan aliran listrik di rumah atau bangunan, namun meteran listrik masih menunjukkan bahwa kita masih memiliki pasokan listrik. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan.

Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Nyala

Seringkali masyarakat Indonesia mengalami situasi di mana listrik di rumah mati tetapi meteran masih menyala. Terutama pada rumah yang menggunakan meteran listrik prabayar, kondisi ini memiliki ciri-ciri khusus ketika terjadi pemadaman listrik.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab mengapa listrik mati tetapi MCB (Miniature Circuit Breaker) tetap menyala. Berikut adalah beberapa penyebab umum dari masalah tersebut.

1. Kabel Twist Tidak Kencang

Kabel twist adalah kabel listrik yang menghubungkan tiang PLN dengan rumah. Jika pemasangan kabel ini tidak cukup kencang, aliran listrik ke rumah tidak akan terhubung, sehingga rumah tidak menerima pasokan listrik.

Jika kalian menggunakan meteran listrik prabayar, pastikan bahwa pulsa listrik kalian belum habis. Namun, jika pulsa listrik masih tersedia dan tetangga kalian memiliki listrik, kemungkinan besar masalahnya adalah kabel twist yang longgar. Untuk mengatasi hal ini, segera hubungi pihak PLN.

Baca Juga :   Kode Meteran Listrik ITRON & Cara Penggunaanya

2. Fuse Box Putus

Dalam instalasi kWh meter model lama, terdapat sekering atau kotak sekering (fuse box). Apabila terjadi beban berlebih pada meteran listrik di rumah, itu dapat merusak fuse box dan menyebabkan pemadaman listrik, tetapi meteran tetap menyala.

Jika situasi seperti ini terjadi, segera hubungi pihak PLN untuk mengganti fuse box beserta kabelnya. Penggantian kabel dapat dilakukan dengan menggunakan 1 hingga 2 kabel serabut yang disesuaikan dengan kapasitas daya rumah, guna mencegah terjadinya beban berlebih atau korsleting listrik.

3. MCB Meteran Rusak

Salah satu penyebab lain mengapa listrik mati tetapi meteran listrik tetap menyala adalah kerusakan pada MCB (Miniature Circuit Breaker) meteran listrik. Selain itu, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh penurunan kualitas MCB seiring berjalannya waktu penggunaan yang cukup lama.

Untuk mengatasi masalah ini, kalian perlu mengganti MCB yang rusak dengan yang baru. Namun, penggantian MCB pada kWh meter tidak dapat dilakukan secara sembarangan. kalian perlu menghubungi pihak PLN untuk memperbaiki kerusakan pada MCB meteran listrik.

4. kWh Meter Tidak Terhubung Dengan Baik ke MCB

Terlepasnya atau putusnya kabel antara kWh meter dan MCB juga dapat menjadi penyebab listrik di rumah mati tetapi MCB tetap menyala. Selain itu, pemasangan instalasi yang tidak teratur juga dapat menyebabkan kerusakan pada kabel antara kWh meter dan MCB, seperti terbakar.

Jika kalian mengalami situasi seperti ini, langkah yang harus diambil adalah menghubungi pihak PLN. Karena kondisi penyambungan kabel antara kWh meter dan MCB sebaiknya dilakukan oleh pihak PLN untuk memastikan keakuratan dan keamanannya.

5. Jalur Instalasi Dari MCB ke Rumah Rusak

Selain penyebab-penyebab yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab lain yang dapat menyebabkan listrik mati tetapi MCB tetap menyala adalah kerusakan pada jalur instalasi listrik antara MCB dan rumah. Kondisi ini sering terjadi akibat kesalahan dalam pemasangan.

Jika terjadi kerusakan pada jalur instalasi antara MCB dan rumah, satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghubungi seseorang yang memiliki pengetahuan tentang listrik. Karena memperbaiki kerusakan ini memiliki risiko yang cukup tinggi, perlu melibatkan tenaga ahli yang berpengalaman dalam bidang tersebut.

6. kWh Meter PLN Muncul Tulisan Periksa

Salah satu penyebab lain dari situasi listrik mati tetapi meteran tetap nyala adalah ketika kWh meter menunjukkan tulisan “PERIKSA” di layarnya. Banyak pengguna mengalami kondisi dimana listrik mati, tetapi kWh meter tetap menyala karena munculnya tulisan “PERIKSA”.

Kejadian ini umumnya terjadi pada meteran listrik prabayar. Untuk mengatasi tulisan “PERIKSA” pada meteran listrik prabayar, kalian dapat melakukan reset atau menghubungi pihak PLN untuk mendapatkan panduan yang lebih jelas dan tepat.

7. Kerusakan Jalur Instalasi Listrik

Salah satu penyebab lain mengapa listrik mati tetapi kWh meter tetap nyala adalah adanya kerusakan pada jalur instalasi listrik. Kerusakan pada jalur instalasi listrik perlu diperhatikan, terutama pada instalasi rumah yang menggunakan kabel serabut karena rentan digigit oleh tikus.

Baca Juga :   √ Pengertian Daur Ulang Sampah dan Manfaatnya Lengkap

Ciri-ciri dari kerusakan pada jalur instalasi listrik adalah adanya pemadaman listrik sebagian di rumah. Hal ini disebabkan oleh terputusnya sebagian kabel akibat digigit oleh tikus. Jika hal ini terjadi, periksa apakah ada kabel yang terputus, dan jika ada, sambung kembali kabel yang terputus tersebut.

8. Sedang Pemadaman Listrik

Dalam beberapa kasus, terkadang terjadi situasi di mana listrik mati tetapi meteran tetap nyala. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya pemadaman listrik. Meskipun pada umumnya saat pemadaman listrik meteran juga akan mati, namun ada beberapa meteran yang tetap nyala.

Kondisi ini sering terjadi pada meteran listrik prabayar. Untuk memastikannya, periksa kondisi listrik di rumah tetangga, apakah mereka juga mengalami pemadaman atau tidak. Jika semua rumah tetangga mengalami pemadaman listrik, itu menkaliankan bahwa sedang terjadi pemadaman di daerah tersebut.

Cara Mengatasi Listrik Mati Tapi Meteran Nyala

Setelah mengetahui penyebab terjadinya situasi Listrik Mati Tetapi Meteran Tetap Menyala, penting untuk mengetahui langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa apakah tetangga juga mengalami masalah serupa.

Jika tetangga tidak mengalami hal yang sama, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi listrik mati:

1. Periksa Saklar MCB PLN

Ketika menghadapi mati listrik, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memeriksa saklar MCB dan melihat KWH meter. Jika layar KWH meter mati, kemungkinan terjadi gangguan dari perusahaan listrik atau sedang terjadi pemadaman terpusat.

Namun, jika KWH meter masih menyala, cara mengatasi listrik mati adalah dengan menggeser saklar MCB dari posisi OFF ke posisi ON. Pastikan saklar MCB berada dalam posisi yang tepat untuk mengaktifkan aliran listrik ke rumah.

2. Lakukan Pengaduan Listrik ke PLN

Jika kalian tidak yakin tentang penyebab mati listrik, langkah selanjutnya untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pengaduan kepada PLN. kalian dapat mengajukan keluhan melalui aplikasi PLN Mobile, melalui asisten virtual di situs web resmi PLN, atau melalui akun media sosial PLN.

Layanan pengaduan listrik ini biasanya tidak dikenakan biaya dan bebas pulsa selama kalian masih memiliki kuota internet. Petugas PLN akan menghubungi kalian untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai masalah mati listrik yang kalian alami.

Selanjutnya, petugas akan datang untuk melakukan pengecekan dan menyelesaikan masalah listrik yang kalian hadapi.

Menghubungi PLN untuk mengajukan keluhan adalah cara yang tepat untuk mengatasi masalah mati listrik yang disebabkan oleh brownout, yaitu turunnya tegangan listrik secara drastis.

3. Mencabut Semua Kabel

Langkah terakhir untuk mengatasi mati listrik adalah dengan mematikan semua perangkat elektronik dan mencabut semua kabel yang terhubung dengan perangkat tersebut. Gunakan perangkat elektronik dengan daya rendah dan hindari menyalakan beberapa perangkat secara bersamaan.

Baca Juga :   Biaya Ganti Meteran Listrik Token Rusak & Prosedurnya Yang Tepat

Cara ini dapat dilakukan jika penyebab mati listrik adalah karena beban daya yang berlebihan. Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mati listrik yang telah dijelaskan secara lengkap.

Untuk membeli token listrik atau membayar tagihan listrik pasca bayar, kalian dapat menggunakan aplikasi Flip yang dapat diunduh melalui App Store dan Play Store. Praktis dan mudah!

Baca Juga :

Penutup

Kejadian yang cukup unik dan membingungkan seringkali terjadi di sekitar kita, yaitu saat listrik mati namun meteran listrik tetap nyala. Fenomena ini mungkin membuat banyak orang bertanya-tanya, bagaimana mungkin meteran listrik masih beroperasi tanpa pasokan listrik yang stabil?

Ada beberapa faktor yang bisa menjelaskan fenomena tersebut. Salah satunya adalah adanya gangguan pada jaringan distribusi listrik. Kadang-kadang, saat terjadi pemadaman listrik di suatu wilayah, meteran listrik masih tetap menyala karena masih menerima sedikit pasokan listrik dari jaringan yang terganggu. Hal ini dapat terjadi ketika terdapat masalah pada kabel atau trafo di sekitar area tempat tinggal kita.

Selain itu, ada kemungkinan bahwa meteran listrik yang kita miliki memiliki cadangan daya internal. Dalam situasi darurat seperti pemadaman listrik, meteran listrik sering dilengkapi dengan baterai cadangan yang memungkinkan mereka tetap berfungsi. Meskipun pasokan listrik dari jaringan terputus, meteran listrik tetap dapat menampilkan pembacaan dan melacak penggunaan listrik kita.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun meteran listrik tetap nyala, itu tidak berarti kita mendapatkan pasokan listrik secara penuh. Meteran listrik hanya menunjukkan bahwa pasokan listrik terputus, tetapi tidak memberikan kepastian tentang kapan listrik akan kembali.

Dalam beberapa kasus, fenomena listrik mati tapi meteran tetap nyala dapat menimbulkan kebingungan dan kesulitan bagi kita. Oleh karena itu, jika kita mengalami kejadian ini, penting untuk menghubungi penyedia listrik lokal atau pihak berwenang terkait untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan melakukan tindakan yang tepat.

Dalam dunia yang terus berkembang ini, fenomena seperti listrik mati tapi meteran tetap nyala mungkin akan semakin jarang terjadi seiring dengan peningkatan teknologi dan sistem distribusi listrik yang lebih baik. Namun, hingga saat ini, kita tetap perlu memahami dan menghadapinya dengan bijak.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Nyala & Solusinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *