TV Sharp Vision Protek

TV Sharp Vision Protek Nyala Terang Terus LED Merah Redup

Posted on

Finoo.id – TV Sharp Vision Protek Nyala Terang Terus LED Merah Redup. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang adalah TV Sharp protek LED yang merah redup. Selain itu, TV Sharp Vision dengan lampu merah yang terus menyala terang atau TV Sharp Standby yang tidak bisa dihidupkan juga sering terjadi. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengatasi masalah ini dengan benar dan tepat.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena cara mengatasi masalah ini sangat mudah dilakukan. Yang terpenting adalah kamu sudah tahu bagaimana cara yang benar untuk mengatasinya. Untuk mengetahui caranya, baca artikel ini sampai selesai dengan seksama.

Sistem protek TV Sharp

TV Sharp dikenal sebagai televisi yang paling sensitif terhadap sistem proteksinya. Ini berarti bahwa jika ada sedikit masalah dengan sirkuit komponen di dalam mesin televisi, maka TV tersebut secara otomatis akan mengalami proteksi atau tidak mau dinyalakan.

Namun, ada keuntungan dari sistem proteksi ini. TV Sharp akan melindungi komponen-komponennya dari kerusakan yang lebih parah, bahkan hingga mencegah terjadinya kebakaran pada televisi.

Apa Fungsi Protek pada TV ?

Jadi, apa sebenarnya fungsi protek pada televisi? Fungsi utamanya adalah untuk meminimalkan kerusakan pada televisi agar tidak menyebar ke blok lain yang ada di dalam TV. Caranya adalah dengan mematikan fungsi rangkaian yang menyalakan televisi.

Sebenarnya, konsumen juga diuntungkan dengan adanya protek ini karena dapat mencegah kerusakan yang lebih parah pada TV dan menghindari kerusakan pada bagian lain. Namun, yang menjadi masalah adalah bagi para teknisi, terutama teknisi service, karena menjadi lebih sulit untuk menemukan titik kerusakan pada TV yang dilindungi oleh sistem proteksi.

Baca Juga :   Penyebab TV Samsung Tidak Bisa Connect WiFi & Mengatasinya

Namun, jika perbaikan dilakukan oleh teknisi service resmi merk TV yang bersangkutan, maka akan lebih mudah menemukan kerusakan karena sudah memiliki titik ukur sensor protek yang jelas serta diagram TV yang pastinya sangat membantu dalam penelusuran kerusakan.

Penyebab TV Sharp Protek

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan permasalahan protek pada TV Sharp, salah satunya adalah adanya solderan yang rusak atau retak pada komponen televisi sehingga komponen tersebut tidak lagi menempel dengan baik pada PCB. Beberapa komponen tersebut antara lain:

  1. STR Regulator
  2. Power Supply Flyback
  3. Transistor Horizontal
  4. Transistor Vertikal
  5. Deflection Yoke
  6. Tuner

Penyebab lain dari permasalahan protek pada TV Sharp meliputi program yang gagal membaca memori, setting internal yang bermasalah karena adanya data service yang tidak sesuai, format sinyal yang tidak sesuai, dan tuner yang tidak terdeteksi.

Cara mengatasi TV Sharp Protek LED merah redup

Untuk mengatasi permasalahan TV Sharp LED merah redup, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, periksa semua tegangan IC IXC245W yang dibutuhkan, termasuk b+ secara vertikal dan horizontal. Kamu bisa mencari panduan ini melalui internet.
  2. Selanjutnya, periksa b+ epnom normal dan semua elko bagian vertikal yang masih terlihat normal, lalu cabut elko tersebut.
  3. Periksa b+ tuner 5v dan pin 30v yang mungkin sedang drop.
  4. Cek kaki-kaki flyback dan periksa tegangan 180v di elko 33uf/250v yang mungkin turun hingga 50v. Jalur ini akan berhubungan dengan pin 30v tuner, sehingga pengaruhnya akan kuat.
  5. Setelah mencabut elko, beli elko baru dengan ukuran yang sama namun berkualitas bagus.
  6. Setelah mengganti elko, TV dapat digunakan kembali dengan normal.

Cara mengatasi TV Sharp Vision lampu merah nyala terang terus redup

Untuk mengatasi TV Sharp Vision yang mengalami lampu merah nyala terang terus redup, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Cek kapasitor pada TV, karena permasalahan seperti ini bisa disebabkan oleh kapasitor yang kembung.
  2. Jika ada kapasitor yang kembung, ganti dengan yang baru dan pastikan bahwa soldier yang digunakan sudah panas terlebih dahulu sebelum menggantinya.
  3. Ganti juga elko pada TV dan cek apakah masalahnya sudah teratasi.
  4. Jika TV masih belum normal, periksa semua tegangan yang ada pada TV.
  5. Jika masih ada masalah pada tegangan, ganti dengan tegangan yang baru.
Baca Juga :   Kode Remot & Cara Setting Joker Multi Rm99 Paling Mudah

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, diharapkan TV Sharp Vision yang mengalami lampu merah nyala terang terus redup dapat diperbaiki dengan baik.

Cara mengatasi TV Sharp Standby tidak bisa start

Untuk mengatasi TV Sharp Standby yang gagal start, ada beberapa langkah yang dapat diikuti:

  1. Ganti IC Croma yang rusak. Pastikan IC Croma yang baru sudah sesuai dengan model TV Sharp yang digunakan.
  2. Ganti Short Dioda 605 yang rusak dengan yang baru dan masih layak pakai.
  3. Ganti elko TV yang sudah tidak layak pakai dengan yang baru dan pastikan elko yang dibeli memiliki kualitas yang baik.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, diharapkan TV Sharp Standby yang awalnya gagal start dapat kembali normal dan berfungsi dengan baik.

Keunggulan TV Sharp LED

TV Sharp Aquos menjadi produk elektronik yang sangat dinanti-nanti karena memiliki fitur-fitur unggulan yang sangat menarik. Televisi dengan layar 50 inci ini memiliki banyak keunggulan yang akan membuat penggunanya terkesan dengan kecanggihannya. Berikut ini adalah 5 kelebihan dari TV Sharp Aquos LED:

1. 4K Ultra HD Ready with LED Backlight

TV Sharp Aquos dilengkapi dengan panel LCD 4K Ultra HD (3.840 x 2.160), yang memiliki empat kali lebih banyak pixel dari resolusi Full HD. Dengan demikian, kalian akan merasakan pengalaman menonton yang indah dan presisi yang sangat baik.

Karena TV ini memiliki kualitas 4K Ultra HD, maka kalian akan menikmati gambar yang sangat jernih, tajam, dan sangat nyaman dipkalianng mata kalian dan keluarga.

Teknologi LED Backlight pada TV ini juga akan meningkatkan kualitas pencahayaannya sehingga cahaya yang dihasilkan di layar akan terkesan sangat halus dan menyejukkan mata.

2. Entertaiment Android

Android TV memiliki banyak konten menarik seperti aplikasi dan permainan untuk televisi kalian. TV Sharp Aquos dapat melakukan streaming film, mendengarkan musik, atau bermain game Android dengan layar yang besar di rumah kalian.

3. Google Cast Built-in

TV Sharp Aquos juga dilengkapi dengan Google Cast yang akan memudahkan kalian untuk menonton hiburan menarik dari telepon pintar, tablet, atau laptop langsung di layar TV. Aplikasi ini juga dapat digunakan pada perangkat populer seperti iPhone, iPad, Android dan tablet, Mac, Windows, serta Chromebooks.

Baca Juga :   √ Perbedaan Smart TV dan Android TV! Berikut Ulasan Lengkapnya

4. Antenna Booster

Fitur Antena Booster yang dimiliki TV Sharp Aquos jarang dimiliki oleh TV LED lainnya. Dengan adanya fitur ini, kalian tidak perlu lagi membeli antena booster tambahan.

Antena Booster pada TV ini telah didesain khusus agar cocok digunakan dengan TV Sharp Aquos. Teknologi Antena ini mampu memperkuat sinyal yang diterima oleh antena biasa sehingga akan berpengaruh besar terhadap kejernihan gambar yang dihasilkan oleh TV kalian.

5. Android Games di TV kalian

TV Sharp Aquos menawarkan cara terbaru untuk memainkan permainan Android pada tablet atau smartphone kalian.

kalian dapat menghidupkan televisi kalian dan melanjutkan permainan dari handphone kalian bahkan ketika kalian tidak berada di depan TV Sharp Aquos.

Gunakan remote TV atau telepon kalian sebagai stick game atau game pad (tersedia secara terpisah) dan kalian dapat memainkan permainan multi-player dengan lebih seru.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas mengenai TV Sharp Vision Protek yang mengalami masalah dengan LED merah yang redup namun TV tetap nyala terang. Masalah semacam ini tentu sangat menjengkelkan bagi para pemilik TV.

Namun, jangan khawatir karena solusinya cukup mudah. kalian dapat mencoba untuk melakukan reset pada TV Sharp Vision Protek kalian atau memeriksa sumber daya listrik yang digunakan. Selain itu, periksa juga koneksi antara TV dan perangkat yang terhubung dengannya.

Semoga informasi yang telah kami berikan dapat membantu kalian menyelesaikan masalah pada TV Sharp Vision Protek kalian. Jangan ragu untuk menghubungi teknisi yang berpengalaman jika masalah ini terus berlanjut. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *