Skema Modul Mesin Cuci Sharp

Mempelajari Skema Modul Mesin Cuci Sharp Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Mempelajari Skema Modul Mesin Cuci Sharp Yang Tepat. Ada banyak penyebab kerusakan pada mesin cuci, salah satunya adalah kerusakan pada modul mesin yang dapat membuat beberapa atau semua komponen mesin cuci menjadi bermasalah. Masalahnya semakin rumit karena skema modul mesin cuci Sharp yang kompleks membuatnya sulit untuk diperbaiki.

Selain itu, perbedaan jenis mesin cuci juga mempengaruhi sistem modulnya. Oleh karena itu, penting untuk memahami dasar sistem modul agar dapat membedakan antara skema modul mesin cuci Sharp 1 tabung dan 2 tabung.

Pengertian Modul Mesin Cuci Sharp

Bagi yang pernah mempelajari modul mesin cuci, pasti mengenal istilah “modul kontrol”, “circuit kontrol”, “kontrol elektronik”, atau “printed circuit board”. Modul mesin cuci adalah sirkuit inti pada mesin cuci yang mengontrol setiap komponen dan sensor dalam mesin cuci.

Modul kontrol terdiri dari rangkaian konduktor tembaga yang berfungsi untuk mengatur setiap komponen dan sensor dengan perannya masing-masing. Sebagai otak pengendali mesin cuci, fungsi modul sangat krusial. Jika ada kerusakan pada salah satu skema modul mesin cuci sharp, maka mesin cuci akan terkendala dan tidak dapat berfungsi.

Berikut adalah beberapa komponen sensor yang terhubung langsung dengan modul mesin cuci:

  • Sensor jenis cucian
  • Sensor pintu
  • Sensor proses pencucian
  • Sensor proses pembilasan
  • Sensor ketinggian air
  • Sensor inlet valve, drain valve
  • Sensor keluar masuknya air
  • Sensor proses pengeringan

Skema Modul Mesin Cuci Sharp dan Rinciannya

Untuk kalian yang membutuhkan informasi mengenai skema modul mesin cuci Sharp untuk melakukan perbaikan sendiri, berikut adalah detail dari skema wiring diagram mesin cuci Sharp 1 tabung:

Baca Juga :   Cara Menggunakan Mesin Cuci Sharp Yang Baik & Benar

Dari gambar tersebut, terlihat bahwa mesin cuci 1 tabung merek Sharp dilengkapi dengan 1 motor (dinamo listrik) yang terletak di samping Inlet Valve dan ditkaliani dengan warna ungu pada modul mesin.

Sedangkan pada mesin cuci Sharp 2 tabung, modul kontrolnya memiliki sistem yang sedikit berbeda karena dilengkapi dengan 2 dinamo motor listrik terpisah (satu untuk motor wash dan satunya lagi untuk motor spin).

Sebagian besar tipe mesin cuci Sharp yang tersedia saat ini sudah menggunakan teknologi full automatic yang memungkinkannya mencuci pakaian sendiri. Untuk tipe mesin cuci seperti ini, skema modulnya lebih rumit karena penggunaan sistem yang lebih banyak.

Contohnya pada skema modul mesin cuci Sharp es-fl860s yang tampak sangat rumit dan jarang ditemukan produk tiruannya di pasaran. Oleh karena itu, jika ingin memperbaikinya, kita harus pergi ke pusat layanan.

Kerusakan pada modul mesin cuci Sharp dapat menyebabkan beberapa kendala seperti:

  • Layar panel LED berkedip tidak beraturan
  • Mesin cuci mati total meskipun tegangan masuk
  • Sensor-sensor berbagai jenis tidak berfungsi
  • Lampu indikator berkedip-kedip secara acak

Harga modul mesin cuci Sharp ES FL860S

Ini adalah harga baru dan bekas (asli) dari model mesin cuci Sharp ES FL860S.

1. Harga baru modul Pcb Mesin Cuci Sharp ES-FL860S Rp.1.113.000 (Shopee)

Nama Produk: Modul Pcb, Modul Tombol, Modul Digital
Model: ES-FL860S
Tipe Mesin Cuci : Top Loading
Kondisi : Baru, Original SHARP

2. Harga bekas modul mesin cuci Sharp ES -FL860S Rp.500.000 (Bukalapak)

Nama produk: Modul mesin cuci SHARP ES-FL860S
Model: ES-FL860S
Berat 800 gram
Tipe mesin cuci:
Keterangan: Ori, garansi

Harga mesin cuci Sharp ES FL860S

Mesin cuci Sharp ES FL860S Rp.3.550.000 (Tokopedia)

Spesifikasi mesin cuci Sharp ES FL860S:

  • Tipe: Front Loading
  • Kapasitas stkalianr: 6 kg
  • Konsumsi normal air: 250 watt
  • Body cabinet: Styinless steel Tube
  • Dimensi: 597 x 850 x 540 mm
  • Eco-logic system
  • Volume air: 32 – 61 Lt
  • Hot water consumtion: 22000 watt
  • Power source: 220 v / 50Hz
  • Garansi resmi dari Sharp: 1 tahun
  • Garansi sparepart (motoric) : 3 tahun
Baca Juga :   Rangkaian Skema Modul Power Supply Mesin Cuci Polytron

Berikut adalah fitur-fitur dari mesin cuci ini:

  1. Child Lock: Mencegah program yang telah diatur sebelumnya selama mesin cuci sedang berjalan.
  2. Overflow protection: Mendeteksi suplai air yang terlalu banyak dan mencegah banjir.
  3. Desain yang meredam guncangan dan suara saat mesin cuci beroperasi.
  4. Quict Wash: Mencuci dengan cepat dalam waktu 15 menit.

Mesin cuci Sharp ES-FL860S rusak

Jika mesin cuci Sharp mengalami kerusakan terutama pada bagian modulnya, biasanya teknisi akan menyarankan penggantian modul baru karena proses perbaikannya bisa sangat lama. Harga modul mesin cuci Sharp yang asli bisa mencapai 1 jutaan seperti yang telah disebutkan di atas. Namun, modul buatan China mungkin lebih murah. Selain itu, ada juga pilihan untuk membeli modul bekas asli dengan harga sekitar 500 ribuan.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan ketika mesin cuci Sharp mengalami kerusakan:

1. Bersihkan penutup

Untuk membersihkan bagian pelindung penutup pada modul mesin cuci Sharp, gunakan obeng minus atau cutter. Caranya, gosokkan obeng minus atau cutter secara perlahan untuk membersihkan kotoran atau debu pada bagian tersebut.

2. Pengecekan awal

Untuk mengetahui kerusakan pada modul mesin cuci Sharp, langkah pertama adalah melepas bagian trafo dari modul dan mengukurnya dengan multimeter karena bagian trafo adalah komponen yang paling sering rusak.

Cek bagian lilitan primer dan sekunder trafo, karena jika salah satu putus, kerusakan bisa terjadi karena trafo tersebut. Selain trafo, kerusakan sering disebabkan oleh putusnya bagian sekering. Resistansi pada lilitan primer juga bisa menjadi penyebab kerusakan dengan rentang nilai 4,7 ohm sampai 47 ohm.

Selain itu, komponen lain yang mungkin mengalami kerusakan adalah TRIAC pada motor servo. Pastikan juga untuk memeriksa elco atau dioda zener. Jika alarm proteksi aktif, kemungkinan masalahnya terletak pada capasitor SMD yang terjadi short.

Baca Juga :   Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung & Harganya

3. Pengecekan berikutnya

Jika semua komponen yang telah disebutkan di atas dalam kondisi baik-baik saja, kalian dapat melanjutkan pemeriksaan pada komponen lainnya. Terkadang, mesin cuci rusak karena salah satu komponennya meskipun secara fisik masih terlihat baik-baik saja. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada setiap komponen untuk menemukan penyebab kerusakan modul mesin cuci.

4. Pemasangan kembali

Setelah dilakukan pemeriksaan dan perbaikan pada modul mesin cuci, langkah selanjutnya adalah memasangnya kembali dengan menggunakan lem silikon agar terlindungi dari percikan air.

Artikel  Terkait :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, telah dibahas mengenai skema modul mesin cuci Sharp yang dapat menjadi panduan bagi kalian dalam melakukan perbaikan atau pemeliharaan pada mesin cuci tersebut.

Dengan memahami skema modul mesin cuci Sharp, kalian dapat lebih mudah mengidentifikasi komponen-komponen mesin cuci yang mengalami masalah dan melakukan perbaikan dengan tepat.

Namun, perlu diingat bahwa perbaikan mesin cuci Sharp sebaiknya dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman dan terlatih.

Jangan mencoba memperbaiki mesin cuci sendiri jika kalian tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai, karena hal ini dapat membahayakan keselamatan kalian dan kerusakan pada mesin cuci yang lebih serius.

Semoga informasi mengenai skema modul mesin cuci Sharp ini bermanfaat bagi kalian. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *