Harga Pasang Galvalum Per Meter

Harga Pasang Galvalum Per Meter Terbaru Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Harga Pasang Galvalum Per Meter Terbaru Paling Tepat. Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas atap galvalum telah membuat sebagian besar orang beralih dari penggunaan atap konvensional seperti kayu atau triplek. Hal ini menarik perhatian karena atap kayu dan triplek telah menjadi pilihan utama untuk rumah-rumah di Indonesia selama bertahun-tahun.

Keberhasilan galvalum dalam menggeser popularitas atap konvensional pastinya didorong oleh beberapa faktor kunci. Salah satu alasan utama mengapa banyak orang lebih suka menggunakan galvalum sebagai bahan atap rumah dibandingkan dengan bahan lainnya adalah karena galvalum bebas dari serangan rayap dan tahan terhadap pembusukan.

Saat ini, di Indonesia, terdapat banyak kontraktor dan pemborong yang menawarkan jasa pemasangan atap galvalum. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi pemilik rumah karena mereka tidak perlu repot mencari bahan galvalum dan pemasangnya sendiri.

Oleh karena itu, jika kalian berencana untuk mengganti atap rumah kalian dengan galvalum, penting untuk mengetahui biaya atau harga pemasangan per meter persegi terlebih dahulu. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi lengkap tentang harga pemasangan galvalum per meter persegi untuk berbagai jenis dan ukuran.

Apa Itu Galvalum?

Material baja ringan, yang juga dikenal sebagai galvalum, terbentuk dari lembaran besi baja yang dicampur dengan aluminium, seng, dan silikon.

Masing-masing bahan pembentuk galvalum ini memiliki komposisi sekitar 55% aluminium, 43,5% seng, dan 1,5% silikon. Lapisan ini berperan penting dalam melindungi baja dari proses oksidasi yang dapat terjadi. Selain itu, lapisan ini juga menjadikan galvalum tahan terhadap korosi.

Karena keawetan dan bobot yang lebih ringan daripada kayu, galvalum sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Selain sebagai bahan atap rumah, galvalum juga cocok digunakan untuk plafon, pagar, kanopi, dan struktur dinding.

Fungsi Utama dari Galvalum

Fungsi utama galvalum adalah sebagai bahan bangunan yang kuat dan tahan terhadap korosi. Beberapa fungsi khusus dari galvalum meliputi:

  1. Atap dan Dinding Bangunan: Galvalum sering digunakan sebagai bahan untuk atap dan dinding bangunan, terutama pada struktur baja ringan. Kombinasi baja galvanis dan aluminium memberikan galvalum ketahanan yang baik terhadap cuaca ekstrem dan korosi.
  2. Rangka Struktur Bangunan: Galvalum juga digunakan sebagai rangka struktur dalam bangunan. Kekuatan dan kekakuan galvalum membuatnya cocok untuk digunakan dalam pembuatan rangka atap, partisi, dan plafon.
  3. Rangka Pintu dan Jendela: Galvalum dapat digunakan untuk membuat pintu dan jendela. Bahan ini memberikan kekuatan dan ketahanan terhadap kerusakan fisik serta korosi, sehingga pintu dan jendela yang terbuat dari galvalum memiliki umur yang lebih panjang.
  4. Pagar: Galvalum sering digunakan sebagai bahan untuk pagar. Kekuatan dan ketahanannya terhadap korosi menjadikannya pilihan yang baik untuk penggunaan di luar ruangan.
  5. Aksesoris Bangunan: Galvalum juga digunakan untuk membuat berbagai aksesoris bangunan, seperti saluran air hujan, ventilasi, dan perlengkapan bangunan lainnya. Kekuatan dan ketahanan korosi galvalum membuatnya menjadi pilihan praktis dan tahan lama untuk berbagai aplikasi tersebut.
Baca Juga :   √ Harga Pasir Urug Per M3 Semua Jenis Terbaru Paling Tepat

Jenis-Jenis Galvalum

Tidak hanya memiliki satu varian saja, galvalum sebenarnya memiliki beberapa jenis yang dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan hunian kalian. Berikut adalah beberapa jenis galvalum yang umum digunakan:

  1. Atap Galvalum Sarana adalah jenis atap yang tersedia dalam variasi dengan 5, 9, atau 10 gelombang. Pilihan jumlah gelombang ini memungkinkan kalian untuk menyesuaikan atap dengan gaya dan kebutuhan bangunan kalian.
  2. Atap Galvalum IGGI memiliki beberapa keunggulan. Bahan dasarnya memiliki kualitas tinggi, sehingga lapisan catnya dapat bertahan lebih lama. kalian juga dapat menyesuaikan jarak dan ukuran sesuai dengan kebutuhan kalian. Ini membuatnya menjadi pilihan yang kuat dan fleksibel.
  3. Atap Galvalum Top Deck memiliki beberapa tipe, seperti Model S4-7801, Model A5W-10601, Model A5-7501, dan Model A5S-10001. Jenis ini adalah salah satu yang paling ekonomis tetapi tetap memiliki sistem penguncian antar sambungan untuk melindungi atap dari kebocoran. Selain itu, terdapat Model B9-6721 dan Model B12-9251 yang memiliki kekuatan lebih besar dibandingkan dengan model-model lainnya.
  4. Atap Galvalum Kencana juga memiliki berbagai macam jenis, termasuk Ecospan, Trimlock, KR3-800, KR5-7505, KR9-80, dan model KR10-760. Pilihan yang beragam ini memungkinkan kalian untuk menyesuaikan jenis atap dengan aplikasi dan kebutuhan konstruksi kalian.

Kelebihan dan Kekurangan Galvalum

Setiap bahan material bangunan memiliki karakteristik yang unik, termasuk galvalum. Sebagai langkah pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakan galvalum, kami akan menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan dari material ini.

Kelebihan Atap Galvalum

Atap galvalum adalah pilihan yang sangat populer dalam dunia konstruksi, karena memiliki sejumlah kelebihan yang dapat meningkatkan kualitas bangunan kalian. Berikut adalah beberapa keunggulan atap galvalum:

  1. Lebih Ringan: Galvalum terbuat dari baja ringan, sehingga memiliki massa yang lebih ringan dibandingkan dengan atap dari tanah liat atau keramik. Hal ini mengurangi beban yang harus ditanggung oleh struktur bangunan, termasuk fondasi, dinding, dan kolom.
  2. Struktur Rangka Semakin Awet: Meskipun ringan, galvalum memiliki dimensi yang dirancang untuk memberikan perlindungan yang kuat. Ini akan meningkatkan daya tahan keseluruhan bangunan. Semakin ringannya atap, maka struktur rangkanya akan semakin tahan lama.
  3. Tahan Terhadap Cuaca: Galvalum terkenal karena ketahanannya terhadap korosi dalam berbagai kondisi cuaca, bahkan dalam cuaca ekstrem. Lapisan aluminium dan seng pada galvalum melindunginya dari proses oksidasi. Selain itu, galvalum tidak mengalami penyusutan atau pembengkakan yang berlebihan seperti kayu. Selain itu, galvalum juga tidak mudah terbakar.
  4. Anti Lapuk: Galvalum terbuat dari baja, sehingga tidak rentan terhadap serangan rayap yang biasanya menghancurkan kayu. Ini membuat galvalum lebih tahan lama.
  5. Pemasangan Mudah: Pemasangan atap galvalum relatif mudah. Tidak seperti atap tanah liat yang harus dipasang satu per satu, galvalum dapat dipasang per lembar sesuai dengan ukuran yang dipesan. Ini menghemat waktu dalam proses pemasangan.
  6. Ekonomis: Atap galvalum cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan beberapa jenis atap lainnya. Harga atap baja ringan mulai dari Rp40 ribuan per lembar untuk ukuran tertentu. Selain itu, perawatan galvalum juga lebih mudah, karena kalian tidak perlu sering mengganti atap.
  7. Fleksibel: Material galvalum sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan berbagai bentuk yang diinginkan oleh arsitek. kalian bisa menggunakan galvalum dalam berbagai desain, mulai dari atap lurus hingga melengkung atau menjuntai. Keleluasaan ini disebabkan oleh tidak adanya sambungan panjang pada atap galvalum.
  8. Estetika: Atap galvalum dapat meningkatkan estetika bangunan kalian. Karena bentuknya yang fleksibel, atap ini mendukung inovasi desain arsitektur sesuai dengan preferensi klien. kalian juga dapat menemukan galvalum dalam berbagai variasi warna, seperti silver, merah, hijau, biru, dan lainnya. Lapisan silikon pada galvalum memberikan tampilan yang cerah dan mengkilap.
Baca Juga :   √ Apa Itu Kuat Tekan Beton? Serta Faktor Yang Mempengaruihnya

Kekurangan Atap Galvalum

Selain memiliki sejumlah kelebihan, atap galvalum juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh Pins sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Berikut adalah beberapa kekurangan atap galvalum:

  1. Konduktor Panas: Atap galvalum mengandung aluminium, yang merupakan konduktor panas. Hal ini dapat membuat atap terasa lebih panas terutama dalam cuaca yang terik. Untuk mengatasi ini, Pins dapat mempertimbangkan langkah-langkah peredaman panas seperti pemasangan insulasi di bawah atap.
  2. Bising: Material galvalum yang tipis dan ringan dapat membuat atap lebih berisik. Ketika ada benda jatuh di atasnya atau saat hujan turun, suara akan terdengar lebih keras dibandingkan dengan atap dari material yang lebih tebal. Untuk mengurangi kebisingan, kalian bisa memasang peredam suara atau insulasi di dalam bangunan.
  3. Pudarnya Warna: Warna pada atap galvalum cenderung lebih mudah pudar seiring berjalannya waktu karena tidak merupakan warna asli dari materialnya. Ini bisa menjadi masalah estetika jika kalian ingin menjaga tampilan atap tetap cerah dan menarik. Untuk menjaga tampilan atap, kalian mungkin perlu merawat dan melapisinya kembali secara berkala.
  4. Kerentanannya Terhadap Kerusakan: Jika atap galvalum dipasang oleh seseorang yang tidak berpengalaman, ada risiko bahwa atap tersebut dapat mudah rusak atau sobek. Oleh karena itu, penting untuk memilih tenaga kerja yang terampil dan berpengalaman dalam pemasangan atap galvalum untuk memastikan keberhasilan dan ketahanannya.

Ukuran Standar Galvalum

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, di pasar Indonesia, berbagai jenis dan ukuran material galvalum tersedia. Oleh karena itu, sebelum kita menjelaskan lebih lanjut tentang harga pemasangan galvalum per meter, penting untuk memahami ukuran stkalianr atau yang ideal.

Jenis Atap GalvalumUkuran  Berat  
Galvalum 0.41,219 x 1 m 4,12 Kg
Galvalum 0.51,219 x 1 m 5,08 Kg
Galvalum 0.61,219 x 1 m 6,11 Kg
Galvalum 0.71,219 x 1 m 7,07 Kg
Galvalum 0.81,219 x 1 m 8,02 Kg
Galvalum 11,219 x 1 m 9,94 Kg
Galvalum 1.21,219 x 1 m 11,85 Kg

Secara dasar, ukuran galvalum dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pemilik rumah. Namun, perlu diingat bahwa semakin tebal material galvalum, maka semakin tinggi pula harga material galvalumnya.

Baca Juga :   √ Apa Itu Kayu Olahan ? Serta Fungsi dan Jenisnya Lengkap

Harga Pasang Galvalum Per Meter

Perlu diperhatikan bahwa harga pemasangan galvalum per meter dapat bervariasi antara wilayah-wilayah tertentu. Perbedaan dalam tarif atau biaya pemasangan ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor kunci.

Faktor-faktor ini meliputi kondisi lokasi pekerjaan, tingkat kesulitan atau kompleksitas pemasangan, serta tingkat risiko yang terkait dengan proyek tersebut. Secara umum, para kontraktor atau pemborong biasanya menetapkan harga pemasangan galvalum berkisar antara Rp 175.000 hingga Rp 200.000 per meter persegi.

Harga tersebut sudah termasuk biaya pembelian material galvalum serta biaya jasa tukang pemasangan. Dengan demikian, kalian tidak perlu lagi mencari sendiri bahan-bahan pemasangan karena semuanya disediakan oleh pihak pemborong.

Cara Menghitung Biaya Pasang Galvalum

Sebelumnya, kami telah memberikan informasi lengkap mengenai daftar harga pemasangan galvalum per meter untuk berbagai jenis dan ukuran. Selanjutnya, kami akan menjelaskan bagaimana cara menghitung biaya pemasangan atap galvalum.

Volume Pekerjaan

Pertama-tama, langkah pertama adalah menghitung total volume atau luas atap bangunan yang akan dipasangi galvalum. Misalnya, jika kalian akan memasang galvalum pada atap pelana dengan panjang 12 meter dan lebar 5 meter, berikut adalah cara perhitungannya:

Diketahui:

  • Panjang: 12 meter.
  • Lebar: 5 meter.

Perhitungan:

  • Volume pekerjaan: 2 x (panjang x lebar).
  • Volume pekerjaan: 2 x (12 m x 5 m).
  • Volume pekerjaan: 2 x 60 m2 = 120 m2.

Biaya Pasang Galvalum

Langkah selanjutnya adalah menghitung total biaya pemasangan atap galvalum. Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan volume bidang pekerjaan atap dengan harga pemasangan galvalum per meter.

  • Biaya pemasangan galvalum: Volume pekerjaan x harga pemasangan per meter.
  • Biaya pemasangan galvalum: 120 m2 x Rp 175.000 = Rp 21.000.000.

Jadi, total biaya yang perlu kalian persiapkan untuk memasang galvalum pada atap dengan luas 120 meter persegi menggunakan jasa pekerja borongan bangunan adalah sekitar Rp 21.000.000. Harap diingat, harga ini sudah termasuk biaya upah pekerja borongan dan biaya pembelian material.

Disarankan untuk memilih material galvalum berkualitas seperti GALVALUM PASIR, meskipun harganya sedikit lebih tinggi. Ini akan memastikan konstruksi atap rumah kalian lebih kuat dan tahan lama.

Baca Juga :

Penutup

Dalam rangka mengakhiri pembahasan tentang harga pasang Galvalum per meter, dapat disimpulkan bahwa penentuan harga tersebut sangat bervariasi tergantung pada berbagai faktor.

Mulai dari jenis Galvalum yang digunakan, ukuran bangunan, hingga lokasi pemasangan, semuanya memengaruhi biaya yang dibutuhkan.

Semoga artikel finoo.id ini telah memberikan wawasan yang berguna tentang harga pasang Galvalum per meter. Jika kalian memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi ahli dalam bidang ini. Sukses selalu untuk proyek kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *