Harga Pemasangan Polycarbonate

Harga Pemasangan Polycarbonate Per Meter Terbaru Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Harga Pemasangan Polycarbonate Per Meter Terbaru Paling Tepat. Seperti yang sudah diketahui, belakangan ini polycarbonate sering dipilih oleh masyarakat sebagai bahan penutup atap untuk rumah mereka. Pilihan ini tidaklah tanpa alasan, karena polycarbonate memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh bahan atap lainnya.

Salah satu keunggulan utama dari polycarbonate adalah kemampuannya untuk dengan mudah dibentuk menjadi berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Selain itu, kualitas transparansi atap polycarbonate juga dapat sebanding dengan kaca, bahkan mampu meredam sinar matahari.

Lebih dari itu, di Indonesia saat ini terdapat banyak kontraktor dan pemborong yang menyediakan layanan pemasangan polycarbonate, baik sebagai atap rumah maupun kanopi. Umumnya, para pemborong ini menetapkan harga pemasangan per meter persegi.

Jika kalian berencana untuk memasang polycarbonate sebagai atap atau kanopi di bangunan kalian, sebaiknya kalian mencari tahu terlebih dahulu harga pemasangan borongan yang berlaku. Oleh karena itu, dalam artikel ini, Epropertyrack akan menjelaskan perkiraan harga pemasangan polycarbonate per meter persegi.

Apa Itu Atap Polycarbonate?

Atap polycarbonate adalah jenis atap rumah yang terbuat dari bahan polimer khusus dan unik. Berbeda dengan polimer dari resin termoplastik lainnya, polycarbonate memiliki sifat yang kuat, transparan, bening, tahan terhadap suhu tinggi, dan dapat digunakan untuk peralatan listrik serta memiliki indeks pembiasan yang tinggi.

Atap jenis ini dapat menjadi alternatif yang baik bagi mereka yang ingin memiliki atap transparan atau bening namun tidak ingin menggunakan kaca karena alasan kerapuhan atau biaya yang tinggi. Atap polycarbonate juga sangat cocok untuk rumah dengan desain minimalis karena memiliki bobot yang lebih ringan.

Beberapa produsen bahkan memasukkan fitur anti-UV ke dalam atap ini, sehingga cocok untuk iklim tropis Indonesia yang cenderung panas.

Keunggulan dan Kelemahan Polycarbonate

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, banyak orang memilih polycarbonate daripada bahan atap lainnya karena berbagai keunggulan yang dimilikinya. Walaupun begitu, bukan berarti polycarbonate tidak memiliki kelemahan sama sekali.

Oleh karena itu, sebagai pertimbangan sebelum membeli dan menginstalnya, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ATAP POLYCARBONATE.

Keunggulan Atap Polycarbonate

Atap polycarbonate unggul dalam banyak aspek dibandingkan dengan atap lainnya. Berikut adalah keunggulan atap polycarbonate:

1. Tahan Kuat

Atap polycarbonate terkenal dengan ketahanannya yang luar biasa. Bahkan dengan ketebalan hanya 3mm, atap ini mampu menahan bola dengan berat 4kg yang jatuh dari ketinggian 9,5 meter tanpa mengalami kerusakan atau keretakan. Kekalianlan ini menjadikan atap polycarbonate sebagai pilihan yang sangat baik untuk melindungi rumah kalian, terutama saat cuaca ekstrem.

Baca Juga :   Harga Pasang Galvalum Per Meter Terbaru Paling Tepat

2. Mudah Dibentuk

Kelebihan lain dari material polycarbonate adalah fleksibilitasnya yang memungkinkan untuk dicetak dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan selera. Ini memberikan kebebasan kepada pemilik rumah untuk memiliki atap polycarbonate dengan motif atau tekstur khusus yang sesuai dengan gaya arsitektur mereka. Kemampuan ini menjadikan atap polycarbonate pilihan yang sangat serbaguna.

3. Ringan

Berat atap polycarbonate relatif ringan, terutama jika dibandingkan dengan kaca. Rata-rata beratnya hanya sekitar 1kg per lembar, sehingga memudahkan pengangkutan dan pemasangan. Kelebihan ini juga dapat mengurangi biaya struktural pemasangan atap, membuatnya menjadi pilihan ekonomis.

4. Mampu Mentransmisikan Cahaya

Salah satu keunggulan utama atap polycarbonate adalah kemampuannya untuk mentransmisikan cahaya dengan sangat baik. Ini membuatnya ideal untuk digunakan sebagai atap kanopi, taman, tempat jemuran, atau ruangan lain yang membutuhkan penerangan alami. Dengan kemampuan ini, kalian dapat mengurangi penggunaan listrik di siang hari karena memanfaatkan cahaya matahari secara alami, yang pada akhirnya dapat mengurangi biaya listrik rumah kalian.

Kekurangan Atap Polycarbonate

Walaupun begitu, bukan berarti atap polycarbonate tidak memiliki kelemahan. Terdapat beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli atau mengaplikasikannya di rumah kalian.

1. Harga Mahal

Salah satu kelemahan yang perlu diperhatikan dari atap polycarbonate adalah harganya yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan atap yang menggunakan bahan lain, seperti plastik. Meskipun demikian, nilai tambah dari kualitas dan ketahanannya membuat harga yang lebih tinggi ini seringkali dianggap sepadan oleh banyak pemilik rumah.

2. Tidak Tahan Goresan

Mirip dengan atap berbahan fiber, atap polycarbonate juga memiliki kelemahan dalam hal ketahanan terhadap goresan dan permukaan abrasif. Akibatnya, permukaan atap polycarbonate dapat menjadi penyok atau tergores jika tidak mendapatkan perawatan yang cukup hati-hati. Oleh karena itu, perawatan yang baik dan penghindaran dari benda-benda kasar sangat dianjurkan.

3. Tidak Tahan Cairan Kimia

Atap polycarbonate sangat sensitif terhadap berbagai jenis pembersih abrasif, pembersih alkali, dan pelarut kimia. Oleh karena itu, perlu berhati-hati ketika melakukan pembersihan dan perawatan atap ini. Penggunaan bahan-bahan pembersih yang tidak sesuai dapat merusak permukaan atap polycarbonate.

4. Tidak Ramah Lingkungan

Salah satu kekurangan signifikan lainnya dari atap polycarbonate adalah dampaknya terhadap lingkungan. Proses pembuatannya memerlukan suhu tinggi, dan proses tersebut melibatkan bahan-bahan seperti fosgen yang dikenal berbahaya bagi kesehatan manusia serta klorin yang memiliki dampak negatif pada lingkungan. Oleh karena itu, aspek ramah lingkungan perlu dipertimbangkan ketika memilih atap polycarbonate.

Baca Juga :   Harga Borongan Cor Beton Per M3 Terbaru Yang Paling Tepat

Jenis Atap Polycarbonate

Atap polycarbonate memiliki beberapa jenis yang berbeda karakteristiknya, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pemilik hunian. Berikut adalah beberapa jenis atap polycarbonate:

1. Solarlite Polycarbonate

Solarlite Polycarbonate adalah jenis atap polycarbonate dengan kualitas menengah. Harganya biasanya terjangkau dan banyak digunakan untuk melapisi bagian eksterior rumah, seperti atap kanopi atau carport. Keunggulan utama dari Solarlite Polycarbonate adalah kombinasi antara harga yang terjangkau dan kualitas yang cukup baik, menjadikannya pilihan yang populer untuk mereka yang menginginkan perlindungan tambahan pada bagian luar rumah.

2. Solite Polycarbonate

Solite Polycarbonate adalah varian atap polycarbonate yang memiliki harga lebih terjangkau, tetapi kualitasnya cenderung lebih rendah dibandingkan dengan jenis lainnya. Atap Solite Polycarbonate biasanya memiliki umur pakai sekitar lima tahun, namun ini sangat tergantung pada perawatan yang diberikan. Jenis ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas dan siap untuk melakukan perawatan ekstra.

3. Twinlite Polycarbonate

Twinlite Polycarbonate adalah jenis atap polycarbonate dengan kualitas terbaik. Meskipun harganya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya, keunggulan utamanya adalah ketahanan yang luar biasa. Atap Twinlite Polycarbonate dapat bertahan hingga 15 tahun atau lebih dan memiliki tingkat ketahanan terhadap kebocoran yang sangat baik. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang paling tahan lama dan dapat dikalianlkan di antara semua jenis atap polycarbonate. Meskipun investasi awalnya lebih besar, namun ketahanannya yang lama membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis dalam jangka panjang.

Ukuran Standar Polycarbonate

Penting untuk dicatat bahwa harga borongan pemasangan atap polycarbonate per meter persegi dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah ukuran atap tersebut. Di pasaran Indonesia, tersedia berbagai ukuran atap polycarbonate yang beragam.

Secara umum, material polycarbonate sering memiliki ukuran stkalianr sekitar 2.1 meter x 11.8 meter dengan ketebalan berkisar antara 4 mm hingga 10 mm per lembar. Namun, dimensi atau ukuran polycarbonate ini juga dapat bervariasi tergantung pada jenis dan mereknya yang tersedia di pasaran.

Harga Pemasangan Polycarbonate Per Meter

Sama seperti dalam kasus HARGA BORONGAN KANOPI BAJA RINGAN, tarif atau biaya pemasangan polycarbonate per meter persegi dapat bervariasi di berbagai daerah. Perbedaan harga ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk penggunaan rangka atap, tingkat kesulitan proyek, dan risiko yang terkait dengan pemasangan.

Walaupun demikian, perbedaan harga pemasangan atap polycarbonate biasanya tidak akan terlalu signifikan. Untuk memahami lebih jelas, berikut adalah tabel daftar harga pemasangan polycarbonate per meter persegi berdasarkan jenis bahan rangka yang digunakan:

Bahan Rangka Atap PolycarbonateHarga / M2
Rangka Baja Ringan 0.75 mmRp400,000
Rangka Besi Hollow 0.75 mmRp600,000
Rangka Galvalum 0.75 mmRp650,000

Harap diingat bahwa harga jasa pemasangan atap polycarbonate per meter persegi yang tercantum di atas telah mencakup biaya tukang bangunan, rangka penopang atap, serta pembelian material polycarbonate.

Baca Juga :   Harga Borongan Pasang Kawat Bronjong Per Meter Terbaru Lengkap

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Polycarbonate

Di atas telah diuraikan secara komprehensif mengenai harga pemasangan atap polycarbonate per meter persegi di beberapa wilayah. Selanjutnya, kami juga akan menjelaskan bagaimana cara menghitung biaya pemasangan atap atau kanopi polycarbonate dengan menggunakan jasa pekerja borongan.

Sebenarnya, perhitungan biaya pemasangan atap polycarbonate ini hampir serupa dengan saat MENGHITUNG BIAYA PEMBUATAN KANOPI, mengingat bahwa material ini umumnya digunakan untuk membuat kanopi pada sebuah hunian. Untuk memahami lebih rinci, berikut adalah panduan perhitungan biaya pemasangan atap polycarbonate.

Volume Pekerjaan

Langkah pertama adalah menentukan volume pekerjaan pemasangan polycarbonate. Misalnya, jika kalian ingin memasang kanopi polycarbonate dengan ukuran 5 meter x 3 meter dan overstek 1 meter di bagian depan, menggunakan rangka besi hollow 0.75 mm, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Diketahui:

  • Panjang kanopi: 5 meter.
  • Lebar kanopi: 3 meter.
  • Overstek: 1 meter.

Perhitungan:

  • Volume kanopi: (Panjang + Overstek) x Lebar.
  • Volume kanopi: (5 meter + 1 meter) x 3 meter.
  • Volume kanopi: 6 meter x 3 meter = 18 meter persegi.

Biaya Pemasangan Polycarbonate

Langkah berikutnya adalah menghitung biaya pemasangan kanopi polycarbonate berukuran 18 meter persegi dengan menggunakan jasa pekerja borongan. Jika merujuk pada harga pemasangan polycarbonate yang telah disebutkan sebelumnya, maka total biaya yang perlu kalian siapkan untuk pemasangan adalah seperti berikut:

  • Biaya pemasangan: Volume Kanopi x Harga pemasangan per meter.
  • Biaya pemasangan: 18 meter persegi x Rp 600.000 = Rp 10.800.000.

Berdasarkan perhitungan di atas, total biaya pemasangan kanopi polycarbonate dengan rangka besi hollow 0.75 mm berukuran 18 meter persegi, menggunakan jasa pekerja borongan, adalah sekitar Rp 10.800.000.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel ini, telah kita bahas secara mendalam mengenai harga pemasangan polycarbonate per meter. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, harga ini bisa bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti jenis polycarbonate yang digunakan, ukuran proyek, lokasi, dan biaya tenaga kerja.

Penting untuk diingat bahwa dalam menentukan harga pemasangan polycarbonate per meter, kualitas dan ketahanan bahan harus menjadi pertimbangan utama.

Meskipun mungkin menggoda untuk memilih yang paling murah, investasi dalam kualitas yang baik dapat membawa manfaat jangka panjang.

Semoga artikel finoo.id ini telah memberikan wawasan yang berguna tentang harga pemasangan polycarbonate per meter. Semoga kalian dapat membuat keputusan yang tepat untuk proyek kalian dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *