Syarat Tambah Daya Listrik UMKM

√ Syarat Tambah Daya Listrik UMKM Terbaru dan Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – √ Syarat Tambah Daya Listrik UMKM Terbaru dan Paling Tepat. Seperti yang kita ketahui, energi listrik sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Listrik hadir dalam setiap aspek kehidupan manusia, mulai dari kebutuhan rumah tangga, operasional usaha, hingga berbagai aktivitas lainnya.

Ketika berbicara tentang usaha kecil menengah (UMKM), kebutuhan akan listrik harus disesuaikan dengan kapasitasnya. Jika kapasitas listrik tidak mencukupi, bisa mengakibatkan pemadaman listrik. Oleh karena itu, ketika kebutuhan listrik UMKM meningkat, para pelanggan perlu mempertimbangkan untuk menambah kapasitas listrik mereka.

Beruntungnya, PT PLN telah menyediakan layanan penambahan kapasitas listrik bagi pelaku UMKM. Namun, pelanggan yang ingin mengajukan permohonan penambahan daya listrik perlu memenuhi beberapa syarat dan ketentuan tertentu.

Salah satu syarat utama dalam layanan penambahan daya listrik adalah pembayaran biaya administrasi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara rinci semua syarat yang diperlukan untuk penambahan daya listrik UMKM beserta prosedur pengajuannya.

Syarat Tambah Daya Listrik UMKM

Setiap pelaku usaha UMKM yang berencana untuk mengajukan permohonan penambahan daya listrik perlu memahami dengan baik semua persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Secara umum, persyaratan untuk tambah daya listrik UMKM tidak jauh berbeda dengan saat melakukan pemasangan listrik baru untuk UMKM.

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah kewajiban untuk menyiapkan dana untuk pembayaran biaya administrasi. Selain itu, terdapat sejumlah persyaratan dan ketentuan lain yang perlu diperhatikan saat mengajukan permohonan penambahan daya listrik UMKM, antara lain:

Cara Mengajukan Permohonan: Pelanggan UMKM dapat mengajukan permohonan penambahan daya listrik melalui beberapa saluran, seperti situs web resmi PT PLN, call center, atau akun media sosial PLN.

  1. Pelunasan Tagihan: Pastikan semua tagihan rekening listrik, termasuk tagihan susulan, telah dilunasi sebelum mengajukan permohonan penambahan daya listrik.
  2. Identifikasi Pelanggan: Sediakan ID pelanggan atau nomor meteran listrik yang jelas dan akurat dalam pengajuan kalian.
  3. Identitas Pemohon: Siapkan identitas diri yang sah, seperti KTP, SIM, atau Paspor, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  4. Alamat Usaha: Pastikan alamat lengkap lokasi UMKM kalian tersedia dan jelas dalam pengajuan kalian.
  5. Kontak Aktif: Sediakan nomor telepon atau alamat email yang aktif agar PLN dapat menghubungi kalian jika diperlukan.
  6. Pembelian Stroom Perdana (Jika Prabayar): Jika kalian menggunakan layanan listrik prabayar, kalian perlu membeli stroom perdana minimal sebesar Rp 5.000 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  7. Biaya Administrasi: Siapkan dana yang diperlukan untuk membayar biaya administrasi penambahan daya listrik UMKM.
  8. Surat Kuasa (Jika Dikuasakan): Jika kalian menggunakan kuasa, pastikan kalian menyiapkan surat kuasa yang berisi nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan kartu identitas pemohon yang sah.
Baca Juga :   Biaya Tambah Daya Listrik 450 ke 900 VA Yang Tepat

Dengan memenuhi semua persyaratan dan ketentuan ini, kalian dapat memperlancar proses pengajuan penambahan daya listrik UMKM kalian dan memastikan bahwa kebutuhan listrik usaha kalian akan terpenuhi dengan baik.

Cara Tambah Daya Listrik UMKM

Setelah memahami persyaratan untuk penambahan daya listrik UMKM, selanjutnya penting untuk memahami langkah-langkah atau prosedur pengajuannya. Saat ini, layanan penambahan daya listrik dari PLN dapat dilakukan baik secara konvensional maupun secara online.

Pengajuan secara konvensional atau offline dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor cabang PLN terdekat secara langsung. Sementara itu, pengajuan secara online dapat dilakukan melalui beberapa metode, seperti melalui call center, situs web resmi PLN, aplikasi PLN Mobile, atau melalui media sosial PLN.

Di bawah ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah untuk mengajukan penambahan daya listrik UMKM melalui situs web resmi PLN:

1. Kunjungi Situs Resmi PLN

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah mengunjungi situs resmi PLN. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengakses situs web PLN:

Buka Perangkat yang Terhubung ke Internet: Pastikan kalian memiliki perangkat yang terhubung ke internet dengan koneksi yang stabil. kalian dapat menggunakan smartphone, laptop, komputer, atau PC untuk melakukan langkah-langkah ini.

  • Buka Peramban Web: Di perangkat kalian, buka peramban web seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari, sesuai dengan preferensi kalian.
  • Ketik Alamat Situs PLN: Di bilah alamat peramban web, ketik alamat situs resmi PLN, yaitu https://layanan.pln.co.id/. Tekan tombol “Enter” atau “Pergi” pada keyboard atau layar perangkat kalian.
  • Tunggu Situs Terbuka: Setelah menekan tombol “Enter,” situs resmi PLN akan dimuat. Tunggu beberapa saat hingga situs tersebut sepenuhnya terbuka.
  • Login ke Akun kalian (Jika Diperlukan): Jika kalian memiliki akun pelanggan PLN, kalian mungkin perlu melakukan login. Masukkan informasi login kalian, seperti username dan password, jika diminta.
  • Cari dan Klik Menu “Ubah Daya”: Setelah berhasil masuk ke situs resmi PLN, kalian akan melihat berbagai opsi layanan yang tersedia untuk pelanggan. Untuk melanjutkan proses penambahan daya listrik, cari dan klik pada menu “Ubah Daya.”
Baca Juga :   Besaran Daya Listrik Mesin Cuci Berdasarkan Jenisnya Paling Tepat

2. Masuk Menu Ubah Daya

Setelah kalian berada di berkalian atau dashboard situs PLN, perhatikan daftar pilihan layanan yang tersedia. Di antara opsi-opsi tersebut, temukan dan klik pada menu “Ubah Daya.”

3. Setujui Syarat dan Ketentuan Tambah Daya Listrik

Setelah kalian masuk ke menu “Ubah Daya,” akan muncul syarat dan ketentuan terkait penambahan daya listrik UMKM yang perlu kalian baca dan pahami dengan seksama. Syarat dan ketentuan ini penting untuk memastikan kalian memahami tanggung jawab serta kewajiban yang berlaku dalam proses penambahan daya listrik. Jika kalian telah membaca dan memahami syarat serta ketentuan tersebut, pilih opsi “Setuju” untuk melanjutkan proses pengajuan.

4. Isi Data Pelanggan

Di halaman formulir, isi data pelanggan dengan cermat dan benar sesuai dengan informasi yang tertera pada ID pelanggan PLN dan kartu identitas diri kalian. Pastikan informasi ini akurat, termasuk nomor meteran listrik dan alamat usaha UMKM.

5. Isi Data Pemohon

Selain mengisi data pelanggan, kalian juga perlu mengisi kolom Data Pemohon. Pastikan untuk mencantumkan alamat email aktif yang dapat dihubungi. Alamat email ini akan digunakan untuk konfirmasi terkait pengajuan penambahan daya listrik UMKM kalian.

6. Tentukan Penambahan Daya Listrik

Pada langkah ini, tentukan besaran penambahan daya listrik UMKM sesuai dengan kebutuhan kalian. Isi dengan benar data terkait jenis produk layanan listrik (pascabayar atau prabayar), tujuan penggunaan, serta besaran daya listrik yang akan ditambahkan.

7. Simpan Permohonan

Setelah mengisi formulir dengan lengkap, scroll ke bawah halaman dan temukan tombol atau opsi “Simpan Permohonan.” Klik atau ketuk tombol ini untuk menyimpan permohonan kalian.

8. Tunggu Konfirmasi

Setelah menyimpan permohonan, kalian perlu menunggu beberapa saat hingga pihak PLN memproses pengajuan kalian. Pihak PLN akan mengirimkan email konfirmasi terkait persetujuan atau status pengajuan kalian. Pastikan kalian memantau email kalian untuk informasi lebih lanjut.

Biaya Tambah Daya Listrik UMKM

Di atas telah dijelaskan dengan rinci mengenai persyaratan dan prosedur pengajuan penambahan daya listrik UMKM secara online. Sekarang, mari kita bahas mengenai besaran biaya penambahan atau perubahan daya listrik UMKM, yang sebenarnya tergantung pada kapasitas dayanya.

Baca Juga :   √ Potensi Bahaya pada Instalasi Listrik & Tips Keselamatnya

Sebagai contoh, jika kalian ingin meningkatkan kapasitas daya listrik UMKM dari 900 VA menjadi 1.300 VA, perhitungan biaya penambahan daya listriknya akan sebagai berikut:

Listrik Pascabayar

  • Biaya Penyambungan ((1.300 – 900) x 937) : Rp 374.800.
  • Jaminan Langganan (1.300 x 132) : Rp 171.600.
  • Materai : Rp 0.
  • Estimasi total biaya penambahan daya listrik : Rp 564.400.

Listrik Prabayar

  • Biaya Penyambungan ((1.300 – 900) x 937) : Rp 374.800.
  • Pembelian Token Perdana : Rp 5.000.
  • Materai : Rp 0.
  • Estimasi total biaya penambahan daya listrik : Rp 379.800.

Pelanggan yang merupakan pelaku usaha UMKM atau bisnis lainnya juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan keringanan biaya penambahan daya listrik. PLN seringkali memberikan promosi berupa potongan atau diskon biaya penambahan daya listrik kepada pelanggannya.

Hasil perhitungan biaya penambahan daya listrik UMKM yang telah dijelaskan di atas mengikuti aturan tarif tenaga listrik dan peraturan perpajakan yang berlaku pada saat ini.

Call Center PLN

Demikianlah penjelasan mengenai persyaratan penambahan daya listrik untuk UMKM beserta panduan mengenai proses dan biaya administrasinya. Jika kalian masih merasa bingung atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, kami sarankan untuk menghubungi pihak PLN melalui berbagai saluran komunikasi berikut:

  • Call Center : 123
  • Telepon : (Kode Area) 123
  • Email : pln123@pln.co.id
  • Facebook : PLN 123
  • Instagram : PLN123_official
  • Twitter : @pln_123

Baca Juga :

Penutup

Dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi dan efisiensi operasional, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) seringkali perlu untuk menambah daya listrik.

Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar proses penambahan daya listrik ini berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dengan memenuhi syarat-syarat di atas, UMKM dapat memperoleh penambahan daya listrik yang mereka butuhkan untuk mengembangkan usaha mereka.

Penambahan daya listrik yang tepat dapat menjadi langkah penting dalam mendukung pertumbuhan dan kelangsungan UMKM di masa yang akan datang.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Syarat Tambah Daya Listrik UMKM Terbaru dan Paling Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *