Cara Pindah Meteran Listrik

√ Cara Pindah Meteran Listrik Beserta Syarat dan Biayanya Lengkap

Posted on

Finoo.id – √ Cara Pindah Meteran Listrik Beserta Syarat dan Biayanya Lengkap. Seperti yang diketahui, setiap bangunan, baik itu rumah tinggal, gedung perkantoran, atau bangunan lainnya, biasanya dilengkapi dengan meteran listrik. Umumnya, meteran listrik dipasang di bagian depan rumah atau pada lokasi tertentu di dalam bangunan.

Meteran atau kWh listrik memiliki fungsi utama untuk mengukur konsumsi daya listrik di rumah atau industri. Pemasangan meteran listrik di depan rumah bertujuan untuk memudahkan penghuni atau petugas PLN dalam melakukan pengecekan.

Namun, terkadang ada orang yang ingin memindahkan meteran listrik mereka karena berbagai alasan. Salah satu alasan yang sering digunakan oleh pemilik rumah adalah untuk melakukan renovasi, baik dalam skala kecil maupun besar.

Oleh karena itu, jika kalian berencana untuk memindahkan meteran listrik di rumah kalian, sebaiknya ketahui terlebih dahulu prosedur pengajuannya. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan dengan lengkap tentang tata cara pindah meteran listrik, termasuk syarat dan biayanya.

Pengertian Meteran Listrik

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai biaya untuk menggeser meteran listrik, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu meteran listrik. Meteran listrik, atau kWh, adalah perangkat kelistrikan yang berfungsi untuk mengukur konsumsi daya listrik dalam sebuah bangunan.

Tidak hanya digunakan di rumah-rumahan, alat pengukur ini juga ditemukan di berbagai jenis bangunan seperti gedung pemerintahan, tempat usaha, bangunan komersial, dan lainnya. Meteran listrik PLN biasanya dibaca atau diperiksa secara berkala sesuai dengan siklus tagihan listrik, yang umumnya terjadi sekitar satu bulan sekali.

Syarat Pindah Meteran Listrik

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai prosedur pemindahan meteran listrik, penting untuk memahami beberapa syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Harap diingat, agar permohonan pemindahan meteran listrik dapat disetujui, lokasi pemindahan harus berada di tempat yang terbuka dan aman.

Selain itu, pemindahan meteran listrik harus tetap berada dalam satu bangunan atau persil yang sama. Pemindahan dari bangunan 1 ke bangunan 2 tidak diizinkan karena SPJBTL mengikat pada bangunan 1.

Selain syarat-syarat tersebut, ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan oleh pemohon. Berikut beberapa syarat pemindahan meteran listrik PLN:

  1. Nomor ID meteran listrik pelanggan.
  2. Nomor identitas pemilik bangunan (sesuai KTP).
  3. Alamat lengkap lokasi bangunan.
  4. Nomor telepon yang aktif dan dapat dihubungi.
  5. Surat permohonan pemindahan meteran listrik.
  6. Surat kuasa yang telah distempel jika pemindahan meteran listrik dikuasakan.
  7. Tidak ada tunggakan tagihan rekening bulanan sebelumnya (berlaku khusus untuk pelanggan prabayar).

Prosedur Pindah Meteran Listrik

Selain mengajukan permohonan pemindahan meteran listrik secara langsung di kantor PLN terdekat, pelanggan juga memiliki opsi untuk melaporkannya melalui telepon kepada pihak PLN. Namun, khusus untuk pelanggan dengan meteran listrik Pascabayar, penting untuk memastikan bahwa tidak ada tunggakan tagihan listrik bulanan yang belum diselesaikan.

Baca Juga :   √ Potensi Bahaya pada Instalasi Listrik & Tips Keselamatnya

Ini karena jika terdapat tunggakan tagihan listrik, kemungkinan besar permohonan pemindahan meteran listrik tidak akan disetujui. Jika kalian yakin tidak memiliki tunggakan tagihan, silakan ikuti langkah-langkah pemindahan meteran listrik di bawah ini.

1. Hubungi Contact Center PLN

Langkah pertama dalam proses pemindahan meteran listrik adalah menghubungi customer service PLN pusat. kalian dapat menemukan nomor telepon yang dapat dihubungi di situs web resmi PLN atau di tagihan listrik kalian. Ketika kalian terhubung dengan customer service, berikan informasi yang diperlukan seperti nama kalian, jenis layanan yang kalian butuhkan (pindah meteran listrik), dan berikan ID pelanggan kalian. Selain itu, berikan juga informasi mengenai lokasi pemindahan meteran listrik, nomor KTP kalian, dan nomor telepon yang dapat dihubungi untuk memudahkan proses selanjutnya.

2. Penerimaan Nomor Registrasi Layanan

Setelah kalian memberikan informasi yang diperlukan, customer service PLN akan memberikan nomor registrasi layanan untuk permohonan pemindahan meteran listrik kalian. Nomor ini adalah referensi penting untuk melacak status permohonan kalian. Selain itu, pihak PLN akan memberikan informasi mengenai kantor cabang PLN yang akan menangani pengajuan pemindahan meteran listrik kalian. Ini akan membantu kalian dalam menghubungi kantor cabang yang tepat untuk memastikan proses pemindahan berjalan lancar.

3. Proses Survei Lapangan

Setelah kalian menghubungi customer service dan mendapatkan nomor registrasi layanan, langkah selanjutnya adalah proses survei lapangan. Dalam kurun waktu antara 2 hingga 3 hari kerja, seorang petugas PLN akan datang untuk melakukan survei di lokasi pemindahan meteran listrik, seperti di rumah kalian. Tujuan survei ini adalah untuk menilai kondisi lapangan dan memutuskan apakah layanan pemindahan meteran listrik dapat diberikan atau tidak.

Selama survei, petugas akan menilai berbagai faktor, termasuk lokasi pemindahan, kondisi instalasi listrik, dan faktor keamanan. Hasil dari survei ini akan menjadi dasar untuk menentukan apakah pemindahan meteran listrik dapat dilakukan tanpa masalah.

Setelah survei selesai, petugas akan memberikan kalian satu slip berwarna biru. Slip ini berisi rincian perkiraan biaya pemindahan meteran listrik, termasuk upah teknisi dan harga material penggantian yang mungkin diperlukan.

4. Keputusan Hasil Survei

Hasil survei yang dilakukan oleh petugas akan segera diberitahukan kepada kalian dalam bentuk surat jawaban. Surat ini dapat berisi tiga kemungkinan keputusan: disetujui, tidak disetujui, atau perlu dikonsultasikan lebih lanjut.

Jika permohonan kalian disetujui, surat tersebut akan mencantumkan besaran biaya pemindahan, termasuk biaya perbaikan atau pemeriksaan instalasi PLN dan biaya khusus jika kalian pernah menunggak tagihan bulanan. Ini akan memberikan kalian panduan yang jelas tentang langkah selanjutnya dalam proses pemindahan meteran listrik kalian. Jika ada masalah atau pertanyaan lebih lanjut, kalian dapat menghubungi PLN untuk mendapatkan klarifikasi dan bimbingan tambahan.

Baca Juga :   Cara Menghilangkan Tanda Tangan Pada Meteran Listrik Yang Tepat

5. Kunjungi Kantor PLN Terdekat

Setelah mendapatkan keputusan positif dalam surat jawaban hasil survei, langkah berikutnya adalah mengunjungi kantor PLN terdekat. Pastikan kalian membawa surat lembaran biru yang kalian terima setelah survei lapangan. Selain itu, siapkan juga fotokopi KTP kalian. Di kantor PLN, kalian akan diminta untuk melakukan pembayaran untuk jasa pemindahan meteran listrik serta biaya material yang mungkin diperlukan.

Pihak PLN akan memberikan petunjuk mengenai prosedur pembayaran dan jumlah yang harus kalian bayarkan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk ini dengan teliti agar proses pemindahan berjalan lancar.

6. Tahap Pemindahan Meteran Listrik

Setelah kalian berhasil melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi dari PLN, maka kalian akan memasuki tahap pemindahan meteran listrik. Pihak PLN akan mengatur jadwal untuk pemindahan ini, biasanya dalam rentang waktu antara 3 hingga 10 hari kerja setelah pembayaran kalian diterima.

Selama tahap ini, petugas PLN akan datang kembali ke lokasi kalian untuk melakukan pemindahan meteran listrik. Mereka akan memastikan bahwa semua komponen listrik terpasang dengan benar dan sesuai stkalianr keamanan. Namun, jika ada faktor penyulit seperti kondisi cuaca yang buruk atau kendala lainnya, proses pemindahan bisa memakan waktu lebih lama dari perkiraan. kalian akan diberitahu tentang perkembangan pemindahan oleh petugas PLN dan akan diinformasikan jika ada perubahan jadwal. Setelah pemindahan selesai, kalian dapat menikmati layanan listrik yang telah dipindahkan sesuai kebutuhan kalian.

Biaya Pindah Meteran Listrik

Setelah memahami tata cara pemindahan meteran listrik, kalian mungkin ingin tahu berapa biaya yang akan dikenakan untuk layanan ini. Besaran biaya pemindahan meteran listrik dapat bervariasi untuk setiap pelanggan, mirip dengan biaya pemindahan tiang listrik.

Karena itu, PLN mengirimkan petugas untuk melakukan survei lapangan agar dapat mengevaluasi kondisi langsung di lokasi. Berdasarkan pengalaman beberapa pelanggan, biaya pemindahan meteran listrik biasanya berkisar sekitar Rp 500.000.

Dibandingkan dengan pemindahan dari meteran listrik ke meteran token PLN, biaya pemindahan meteran listrik ini lebih tinggi. Pemindahan dari meteran listrik ke meteran token biasanya tidak dikenakan biaya tambahan atau gratis, hanya perlu membeli token listrik pertama dengan harga minimal 5 ribu rupiah atau sesuai dengan nominal token yang diinginkan.

Namun, perlu diingat bahwa tarif pemindahan meteran listrik PLN belum termasuk PPN sebesar 10%. Selain itu, besaran biaya ini bisa berbeda di berbagai wilayah tergantung pada kebijakan PLN yang berlaku di wilayah tersebut.

Cara Bayar Biaya Pindah Meteran Listrik

Setelah mengetahui biaya pemindahan meteran listrik, penting juga untuk memahami bagaimana tata cara pembayarannya. Pelanggan memiliki beberapa opsi untuk melakukan pembayaran biaya jasa teknisi yang terkait dengan pemindahan meteran listrik ini.

Pertama, pelanggan dapat melakukan pembayaran langsung melalui loket keuangan atau kasir di kantor PLN terdekat. Ini adalah opsi yang paling langsung dan dapat dilakukan dengan cara datang ke kantor PLN dan membayar biaya pemindahan secara tunai.

Baca Juga :   Cara Mengecek Daya Listrik Rumah Paling Mudah

Selain itu, pelanggan juga memiliki opsi untuk membayar melalui fasilitas perbankan yang telah bekerja sama dengan PLN. Ini membuat proses pembayaran menjadi lebih mudah dan praktis, karena kalian dapat membayar biaya pemindahan meteran listrik melalui ATM, internet banking, atau layanan perbankan elektronik lainnya yang tersedia.

Dengan berbagai opsi pembayaran yang tersedia, pelanggan memiliki fleksibilitas untuk memilih cara yang paling sesuai dengan preferensi mereka saat membayar biaya pemindahan meteran listrik.

Sanksi Pindah Meteran Listrik Ilegal

Harap diingat bahwa penting untuk selalu melakukan pemindahan meteran listrik melalui PLN. Setiap meteran listrik yang terpasang di rumah pelanggan adalah kepemilikan eksklusif dari perusahaan PT PLN.

Oleh karena itu, melakukan pemindahan atau pergeseran meteran listrik tanpa izin dari PLN atau melakukannya secara ilegal adalah tindakan yang melanggar hukum. Jika hal tersebut terjadi, pelanggan dapat dikenai sanksi berupa denda yang besarnya cukup signifikan, bisa mencapai puluhan juta rupiah hingga lebih.

Selain dari aspek hukum, penting juga untuk selalu mematuhi aturan dan prosedur yang berlaku agar semua pemindahan meteran listrik dilakukan secara sah dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ini adalah langkah yang bijaksana untuk menjaga keteraturan dan keamanan sistem kelistrikan di Indonesia.

Call Center PLN

Kami telah memberikan penjelasan lengkap mengenai prosedur, syarat, dan biaya pemindahan meteran listrik di atas. Jika kalian masih memiliki pertanyaan atau kebingungan, sebaiknya kalian langsung menghubungi pihak PLN melalui beberapa saluran berikut:

  • Telepon: (Kode Area) 123
  • WhatsApp: 123
  • Email: pln123@pln.co.id
  • Facebook: @PLN123
  • Instagram: PLN123_official
  • Twitter: @pln_123

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel ini, telah dibahas secara mendalam mengenai cara pindah meteran listrik. Seperti yang telah kita ketahui, proses ini mungkin terasa rumit pada awalnya, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, kalian dapat dengan mudah berhasil melakukannya. Pindah meteran listrik bukanlah hal yang seharusnya membuat kalian khawatir.

Selalu ingat untuk menghubungi pihak penyedia listrik terlebih dahulu dan memahami semua persyaratan serta prosedur yang diperlukan sebelum kalian mulai bergerak. Dengan merencanakan dengan baik dan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dalam artikel ini, kalian akan dapat melakukan pemindahan meteran listrik dengan lancar dan tanpa masalah.

Semoga artikel finoo.id ini bermanfaat bagi kalian yang ingin memahami cara pindah meteran listrik. Selamat berhasil dalam proses pemindahan, dan semoga kalian dapat menikmati layanan listrik yang lebih baik di tempat baru kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *