Cara Mengatasi Lampu Kuning Menyala

Cara Mengatasi Lampu Kuning Menyala Pada Meteran Listrik

Posted on

Finoo.id – Cara Mengatasi Lampu Kuning Menyala Pada Meteran Listrik. Banyak masyarakat melaporkan adanya kesalahan pada meteran listrik di rumah mereka. Kesalahan yang terjadi bervariasi, seperti meteran listrik yang tidak berfungsi dengan baik, mengeluarkan bunyi yang aneh, atau menampilkan kode tertentu.

Kehadiran masalah pada meteran listrik secara tiba-tiba adalah hal yang umum, mengingat kerusakan dan kesalahan dapat terjadi sewaktu-waktu. Terkadang, tkalian-tkalian kerusakan pada meteran listrik tidak dipahami oleh pengguna.

Meteran listrik yang mengalami kerusakan umumnya menunjukkan tkalian-tkalian tertentu, seperti munculnya kode, lampu berkedip, atau bunyi yang tidak biasa. Beberapa orang juga melaporkan bahwa mereka melihat lampu kuning menyala pada meteran listrik.

Banyak orang yang mengalami situasi serupa langsung mencari cara untuk mengatasi lampu kuning yang menyala pada meteran listrik. Jika kalian sedang mencari solusi untuk masalah ini, berikut ini adalah informasinya.

Fungsi Lampu Indikator Meteran Listrik

Perlu diketahui bahwa terdapat perbedaan dalam fungsi lampu indikator pada meteran listrik prabayar dan pasca bayar.

A. Lampu Indikator Meteran Listrik Prabayar

Pada meteran listrik prabayar (pulsa), lampu indikatornya telah dilengkapi dengan kode/keterangan yang menunjukkan status kredit, temperatur, dan imp/kWh.

Berikut ini penjelasan mengenai arti dan fungsi dari setiap lampu indikator tersebut:

1. Lampu Status Kredit

Lampu indikator status kredit berfungsi untuk menunjukkan jumlah persediaan listrik (pulsa) di rumah, dengan empat jenis penkalian nyala yaitu hijau, kuning, merah, dan merah berkedip.

  • Nyala hijau menkaliankan bahwa persediaan listrik masih mencukupi.
  • Nyala kuning menkaliankan bahwa persediaan listrik sudah cukup.
  • Nyala merah menkaliankan bahwa persediaan listrik sudah sedikit.
  • Nyala merah berkedip menkaliankan bahwa persediaan listrik sangat sedikit (kritis) atau hampir habis.

2. Lampu Temper

Secara normal, lampu temper pada meteran listrik memang mati dan baru akan menyala jika terdapat masalah pada instalasi kelistrikan di dalam rumah, biasanya disertai dengan munculnya tulisan “PERIKSA”.

Baca Juga :   Penyebab Meteran Listrik Token Tidak Berkurang & Solusinya

Salah satu penyebab umum mengapa lampu temper menyala adalah ketika kwh meter pernah dibuka secara paksa.

Selain itu, penyebab lainnya adalah ketidakcocokan ampere arus pada kedua kabel panghantar dalam instalasi rumah, yang dapat terjadi karena beberapa alasan berikut:

  • Kabel netral dan ground saling terkoneksi (menyatu).
  • Netral terhubung dengan netral kwh meter lainnya.
  • Netral instalasi listrik tidak dihubungkan dengan netral PLN melalui kwh meter.
  • Netral terkena bahan logam atau terpapar kelembaban pada bagian kabelnya.
  • Kabel fasa terkena bahan logam atau terpapar kelembaban pada bagian kabelnya.
  • Sambungan yang kendur pada bagian netral atau fasa.

3. Lampu Imp/kwh

Perlu diketahui bahwa lampu Imp/kWh pada meteran listrik berfungsi sebagai indikator pemakaian listrik di dalam rumah.

Lampu Imp/kWh akan berkedip secara terus-menerus dengan kecepatan yang menyesuaikan dengan jumlah listrik yang sedang digunakan.

Apabila kedipannya jarang, menunjukkan bahwa pemakaian listrik saat itu sedikit. Namun, jika kedipannya cepat, itu menkaliankan bahwa listrik di dalam rumah sedang digunakan dalam jumlah yang banyak.

B. Lampu Indikator Meteran Listrik Pascabayar

Meteran listrik pascabayar dilengkapi dengan lampu indikator yang memiliki tiga keadaan nyala, yaitu hijau, merah, dan kuning.

Berikut adalah arti dari masing-masing lampu indikator tersebut:

  1. Nyala hijau menunjukkan bahwa arus listrik dari PLN tersedia. Jika lampu hijau mati, itu menkaliankan terjadinya pemadaman listrik.
  2. Nyala merah menunjukkan bahwa arus listrik sedang digunakan.
  3. Nyala kuning menkaliankan adanya masalah pada jaringan instalasi listrik di dalam rumah. Lampu kuning juga sering disertai dengan tulisan “T1” dan “T2”.

Kenapa Lampu Kuning di Meteran Listrik Menyala ?

Penting untuk diketahui bahwa lampu indikator pada meteran listrik memiliki berbagai warna, dan setiap warna memiliki arti yang berbeda. Namun, mengapa lampu kuning pada meteran listrik menyala? Apa artinya dan apa yang menyebabkannya menyala?

Lampu kuning yang menyala pada meteran listrik menunjukkan adanya masalah pada jaringan kabel listrik di rumah pelanggan. Lampu LED kuning pada meteran listrik akan tetap menyala sampai masalah atau kerusakan kabel diperbaiki.

Aktivitas lampu kuning pada meteran listrik tidak memiliki waktu yang pasti. Lampu tersebut berkedip dengan frekuensi yang tidak teratur, mengikuti masalah yang sedang terjadi pada jaringan kabel di dalam rumah.

Baca Juga :   Daftar Kode Meteran Listrik Melcoinda & Cara Menggunakanya

Lampu kuning pada meteran listrik juga dapat disebabkan oleh kebocoran arus dalam instalasi listrik. Kebocoran arus terjadi ketika energi listrik secara perlahan melewati batas tahanan isolasi pada kabel.

Faktor seperti usia kabel dan ketidakcocokan jenis kabel pada instalasi listrik dapat mempengaruhi terjadinya kebocoran arus. Kesalahan dalam pemasangan instalasi listrik juga dapat menjadi penyebab lampu kuning menyala.

Seiring berjalannya waktu, tahanan isolasi pada kabel dapat menurun, sehingga terjadi kebocoran arus. Penurunan kualitas kabel atau tahanan isolasi dipengaruhi oleh lamanya penggunaan kabel dan suhu lingkungan sekitarnya.

Suhu di sekitar kabel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas isolasi kabel. Semakin tinggi suhu yang diterima oleh kabel, semakin cepat isolasi kabel mengalami penurunan dan kerusakan, sehingga menyebabkan kebocoran arus.

Hal ini mengakibatkan lampu indikator kuning pada meteran kWh menyala. Jika instalasi listrik tidak dilengkapi dengan grounding, hal ini dapat menjadi bahaya bagi penghuni rumah. Kebocoran arus dapat menyebabkan kejadian sengatan listrik.

Selain itu, penyebab lain dari lampu indikator kuning menyala adalah kesalahan dalam pemasangan terminal yang menyebabkan kWh meter tidak mengukur dengan benar.

Salah satu masalah lain yang ditunjukkan oleh lampu indikator kuning adalah kurangnya arus, yang dapat diperiksa dengan menekan tombol 41 [enter] untuk menampilkan informasi arus pada kWh meter. Dampaknya, pemakaian listrik akan menjadi lebih boros.

Namun, kabar baiknya, cara mengatasi lampu kuning yang menyala ini cukup mudah. Jika kalian belum mengetahui cara mengatasi masalah ini, kalian dapat membaca panduan lengkap di bawah ini untuk mendapatkan informasi yang lebih terperinci.

Cara Mengatasi Lampu Kuning Menyala Pada Meteran Listrik

Tingkat masalah yang terkait dengan lampu indikator kuning pada meteran listrik cukup serius dan berpotensi merugikan serta membahayakan keselamatan. Oleh karena itu, penting untuk memberikan perhatian pada masalah ini dan segera mengatasi jika lampu kuning menyala pada meteran listrik. Namun, mengapa hal ini penting? Dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Karena terkait dengan arus listrik, penanganan masalah lampu kuning pada meteran listrik harus dilakukan oleh ahli kelistrikan atau melalui bantuan dari pihak PLN. Ini merupakan langkah yang paling tepat, terutama jika kalian tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang instalasi listrik.

Baca Juga :   √ Apa Itu Cleaning Equipment? Jenis dan Klasifikasinya Lengkap

kalian dapat menghubungi PLN melalui saluran telepon dengan menelepon PLN 123 atau melalui layanan PLN 123 menggunakan telepon tetap. Untuk pengguna ponsel, kalian dapat menghubungi PLN dengan menambahkan kode area tempat kalian tinggal sebelum memanggil 123.

Selain itu, kalian juga dapat menghubungi customer service PLN melalui Twitter, Facebook, atau menggunakan fitur live chat melalui aplikasi PLN Mobile yang menyediakan layanan pengaduan konsumen. Setelah mendapatkan nomor antrian, kalian tinggal menunggu petugas PLN datang ke rumah kalian.

Petugas PLN akan melakukan perbaikan pada meteran listrik kalian. Karena risiko yang terkait dengan masalah ini cukup tinggi, sangat disarankan untuk tidak mencoba memperbaikinya sendiri, terutama jika kalian tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang instalasi listrik.

Jadi, ketika lampu kuning pada meteran listrik menyala, penting untuk segera mengambil tindakan dengan menghubungi ahli kelistrikan atau pihak PLN untuk mendapatkan bantuan profesional. Keamanan kalian dan keluarga harus menjadi prioritas utama dalam menangani masalah ini.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, telah dibahas tentang cara mengatasi lampu kuning yang menyala pada meteran listrik. Terdapat beberapa langkah yang dapat diambil untuk menyelesaikan masalah ini.

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, segera hubungi penyedia layanan listrik atau teknisi listrik terpercaya. Mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup untuk menangani masalah meteran listrik yang lebih kompleks.

Ingatlah selalu untuk berhati-hati saat melakukan perbaikan atau pengecekan pada sistem listrik. Jika kalian tidak yakin atau merasa tidak nyaman, lebih baik meminta bantuan ahli untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan kalian dapat mengatasi lampu kuning yang menyala pada meteran listrik dengan efektif. Memahami dan menyelesaikan masalah listrik adalah langkah penting untuk menjaga keamanan dan efisiensi penggunaan energi di rumah kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *