Apa itu Epoxy Lantai

Apa itu Epoxy Lantai? Kelebiah dan Kekuranganya Serta Harga Boronganya

Posted on

Finoo.id – Apa itu Epoxy Lantai? Kelebiah dan Kekuranganya Serta Harga Boronganya. Seperti yang kita ketahui, epoxy (ekposi) sering digunakan sebagai bahan pelapis lantai untuk berbagai jenis tempat seperti restoran, bkalianra, dan rumah tinggal. Epoxy memiliki kemampuan untuk menciptakan efek kilau dan kecerahan pada lantai, sehingga membuatnya terlihat lebih menarik.

Belakangan ini, epoxy juga sering digunakan untuk melapisi lantai di rumah-rumah tinggal, termasuk rumah dengan desain sederhana, minimalis, atau modern. Selain meningkatkan estetika interior, epoxy juga memiliki ketahanan terhadap bahan kimia, sehingga aman digunakan di rumah.

Di Indonesia, saat ini banyak jasa pemborong dan kontraktor yang menawarkan layanan epoxy lantai, baik untuk gedung maupun rumah tinggal. Umumnya, mereka menentukan harga borongan atau biaya pengerjaan epoxy lantai berdasarkan per meter persegi.

Oleh karena itu, jika kalian berencana untuk memperindah interior rumah dengan epoxy, sangat penting untuk mengetahui besaran harga borongan terlebih dahulu. Dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan rinci mengenai harga borongan epoxy lantai per meter persegi dan bagaimana perhitungan biaya pengerjaannya.

Apa itu Epoxy Lantai?

Epoxy lantai telah menjadi hal yang umum dan luas digunakan, terutama di sektor industri yang membutuhkan bangunan dengan stkalianr kualitas tinggi. Pelapis lantai sangat penting dalam pabrik dan industri berat, karena ini membantu pabrik dan industri tersebut memenuhi persyaratan stkalianr mutu yang ditetapkan oleh pemerintah.

Penggunaan epoxy lantai dan pelapis dinding umumnya terbatas pada bangunan yang memerlukan kualitas tinggi. Apa sebenarnya epoxy lantai itu? Epoxy lantai adalah materi pelapis permukaan lantai yang mampu melindungi lantai dari gesekan dan benturan yang kuat. Lapisan epoxy ini diterapkan dalam beberapa lapisan dengan ketebalan hingga 2mm.

Istilah “coating lantai” dan “cat epoxy” sebenarnya memiliki perbedaan mendasar dalam fungsi dan penggunaan bahan yang digunakan. Pada coating lantai, komponen utamanya terdiri dari resin epoxy dan penguat poliamina yang berfungsi untuk melindungi lantai dengan baik.

Sementara itu, epoxy hanya terdiri dari lapisan cat khusus dengan komponen resin epoxy. Cat epoxy tidak dapat memberikan perlindungan yang sama terhadap gesekan berlebihan, tetapi lebih berfungsi sebagai penkalian pada lantai, seperti untuk membuat garis batas parkir di lantai beton.

Baca Juga :   Merk Lantai Vinyl Yang Tebaik, Awet dan Tahan Lama

Penting untuk menerapkan epoxy lantai agar lantai lebih tahan lama dan memiliki tampilan yang baik. Jika kalian sedang mencari tanah kavling untuk pembangunan, berikut ini adalah daftar terbaru tanah kavling yang mungkin sesuai dengan kebutuhan kalian.

Jenis-Jenis Epoxy Lantai

Apakah kalian tahu bahwa epoxy lantai memiliki beragam jenisnya? Jenis-jenis ini memberikan kalian kemampuan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan kalian. Di bawah ini, kami akan memperkenalkan beberapa jenis epoxy lantai yang perlu kalian kenal:

1. Self Dispersing Floor Epoxy

Epoxy lantai self dispersing adalah jenis epoxy yang memiliki kekuatan dan ketahanan tertinggi, cocok digunakan di area yang sering dilalui oleh kendaraan berat. Keunggulan epoxy ini terletak pada penggunaan pasir kuarsa yang mampu menahan beban berat. Selain itu, epoxy jenis ini juga memberikan tingkat keamanan yang tinggi karena dapat mencegah lantai menjadi licin ketika terkena cairan.

2. Self Leveling Floor Epoxy

Epoxy lantai self leveling adalah salah satu jenis epoxy yang diterapkan pada permukaan beton. Fungsi utama dari self leveling floor epoxy adalah melindungi dan meningkatkan ketahanan permukaan lantai, mencegah kerusakan akibat gesekan. Epoxy jenis ini mengandung resin dengan kemampuan untuk “memperbaiki diri” dengan cara mengisi celah-celah pada lantai yang mengalami kerusakan.

3. Mortar Coating Floor Epoxy

Jenis epoxy lantai berikutnya adalah epoxy lantai dengan mortar coating, yang terbuat dari campuran bahan keras dan memiliki tingkat ketahanan yang tinggi. Epoxy yang kuat dan keras ini memiliki komposisi resin epoxy yang telah dicampur dengan hardener dan pasir silika. Komposisi ini membuatnya menjadi pilihan yang sangat cocok untuk melapisi lantai yang rentan pecah dan bergelombang.

4. 3D Epoxy Coating

Ingin meningkatkan estetika dan daya tarik lantai rumah kalian? kalian dapat mencoba mengaplikasikan epoxy coating 3D di rumah kalian. Epoxy 3D adalah desain lantai tiga dimensi yang diterapkan dengan bantuan self leveling floor epoxy. Agar tampilannya rapi dan teratur, aplikasi epoxy coating 3D sebaiknya dilakukan pada permukaan lantai yang halus. Selain memberikan tampilan visual yang memukau, pelapis lantai ini juga mampu melindungi lantai dari zat berbahaya seperti asam dan klorida.

5. Anti Static Floor Epoxy

Ada beberapa jenis lantai yang dapat menyebabkan terjadinya listrik statis, yang pada gilirannya dapat menjadi sangat berbahaya dan bahkan menyebabkan kebakaran. Untuk mengurangi risiko terkena sengatan listrik statis, kalian dapat mengaplikasikan epoxy lantai anti statis yang mengandung campuran karbon konduktif dan tembaga. Lapisan epoxy ini akan mengalirkan listrik statis tanpa memerlukan grounding dan dengan demikian meningkatkan faktor keselamatan, terutama jika digunakan di pabrik yang memproduksi bahan yang mudah terbakar.

Baca Juga :   Biaya Pasang Plafon Triplek Per Meter Terbaru Beserta Pejelasanya

6. Epoxy Flake

Epoxy flake adalah salah satu varian epoxy lantai yang mampu memberikan tampilan visual yang menarik bagi bangunan dan rumah kalian. Dalam kontras dengan 3D epoxy coating, epoxy flake akan memberikan efek serpihan yang unik pada permukaan lantai. Epoxy jenis ini dapat diterapkan pada berbagai area seperti ruang makan, teras, dan kamar tidur.

Fungsi Cat Epoxy Lantai

Lantai adalah salah satu bagian yang paling rentan terhadap kerusakan dan goresan akibat gesekan berlebihan. Cat epoxy lantai memiliki peran penting dalam melindungi lantai agar tidak mudah retak atau rusak. Lapisan epoxy ini melapisi seluruh permukaan lantai dan memberikan perlindungan kuat terhadap gesekan yang datang dari benda berat.

Selain itu, cat epoxy lantai juga memiliki sifat tidak licin yang berfungsi untuk mencegah kalian tergelincir jika ada cairan yang tumpah di permukaan lantai. Beberapa jenis cat epoxy lantai juga dirancang untuk menghindari potensi listrik statis yang berbahaya, yang dapat menyebabkan kebakaran.

Harga Borongan Epoxy Lantai Per Meter

Sama seperti dalam kasus HARGA BORONGAN PEMASANGAN KERAMIK, besaran harga borongan epoxy lantai juga dapat bervariasi di berbagai wilayah. Biasanya, perbedaan tarif atau upah pekerja borongan ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti kondisi lantai, tingkat kerumitan, dan risiko pengerjaannya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kontraktor umumnya menetapkan harga borongan per meter persegi. Agar tidak perlu bertanya-tanya, berikut adalah daftar harga borongan epoxy lantai per meter untuk berbagai jenis dan ketebalannya.

KeteranganKetebalanSatuanHarga Borongan
Epoxy Lantai300 Micronm2Rp60,000
Epoxy Lantai500 Micronm2Rp80,000
Epoxy Lantai1000 Micronm2Rp130,000
Epoxy Lantai1500 Micronm2Rp175,000
Epoxy Lantai2000 Micronm2Rp230,000
Epoxy Lantai3000 Micronm2Rp320,000
Epoxy Lantai Garis LinemRp15,000

Cara Menghitung Biaya Epoxy Lantai

Sebelumnya, telah dijelaskan secara detail mengenai daftar harga borongan epoxy lantai per meter persegi. Selanjutnya, penting juga untuk memahami langkah-langkah dalam menghitung biaya pengerjaan epoxy lantai dengan menggunakan pekerja borongan.

Sebenarnya, perhitungan biaya epoxy lantai hampir sama dengan saat menghitung biaya pemasangan keramik lantai 60×60. Karena itu, langkah pertama adalah mencari tahu total volume area lantai yang akan dilapisi epoxy. Berikut penjelasan mengenai perhitungan biaya epoxy lantai.

Volume Lantai

Langkah pertama dalam menghitung biaya pengerjaan epoxy lantai dengan menggunakan pekerja borongan adalah menentukan luas atau volume area pekerjaan. Sebagai contoh, jika kalian ingin melapisi lantai ruang tamu dengan epoxy setebal 500 micron, dan ruangan tersebut memiliki panjang 5 meter dan lebar 3 meter, perhitungannya akan seperti berikut:

Baca Juga :   √ Ukuran Jarak Rangka Plafon PVC Semua Jenis & Ketebalan!

Informasi yang sudah diberikan:

  • Panjang lantai: 5 meter.
  • Lebar lantai: 3 meter.

Dalam menghitung:

  • Volume lantai: Panjang x Lebar.
  • Volume lantai: 5 meter x 3 meter = 15 meter persegi.

Biaya Epoxy Lantai

Langkah selanjutnya adalah menentukan total biaya untuk melapisi epoxy lantai setebal 500 micron pada ruang tamu seluas 15 meter persegi dengan bantuan pekerja borongan. Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan harga borongan epoxy lantai per meter dengan volume pekerjaan.

  • Biaya epoxy: Volume pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya epoxy: 15 meter persegi x Rp 80.000 = Rp 1.200.000.

Jadi, jumlah biaya yang perlu kalian siapkan untuk melapisi lantai ruang tamu berukuran 5 meter x 3 meter dengan epoxy lantai setebal 500 micron menggunakan pekerja borongan adalah sekitar Rp 1.200.000. Biasanya, dalam perhitungan ini, biaya termasuk mobilisasi dan sewa peralatan yang diperlukan untuk pengerjaan epoxy lantai.

Kelebihan dan Kekurangan Epoxy Lantai

Setiap bahan bangunan memiliki karakteristik uniknya sendiri, dan hal ini juga berlaku untuk epoxy lantai. Sebagai pertimbangan sebelum menggunakannya, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan dari material epoxy lantai.

Keunggulan

  1. Kekuatan tahan lama.
  2. Kekuatan yang tinggi.
  3. Pemasangan cepat.
  4. Meningkatkan estetika rumah.
  5. Ketahanan terhadap reaksi bahan kimia.
  6. Tahan terhadap korosi.
  7. Keamanan yang terjamin.
  8. Tersedia dalam berbagai variasi.

Kekurangan

  1. Sifat permanen yang sulit dibongkar.
  2. Potensi permukaan yang licin.
  3. Pengerjaan harus dilakukan oleh tenaga profesional.
  4. Mungkin menimbulkan bau yang tajam.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, Epoxy lantai adalah sebuah teknologi yang menghadirkan banyak manfaat dalam dunia konstruksi dan perawatan lantai.

Epoxy merupakan bahan yang kuat, tahan lama, dan memiliki berbagai pilihan desain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Dengan kemampuannya untuk melindungi lantai dari kerusakan, tahan terhadap noda, dan memberikan tampilan yang estetis, epoxy lantai telah menjadi pilihan yang populer untuk berbagai jenis ruang, mulai dari industri hingga rumah tangga.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Apa itu Epoxy Lantai? Kelebiah dan Kekuranganya Serta Harga Boronganya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *