Cara Melumpuhkan Protek TV Polytron

Cara Melumpuhkan Protek TV Polytron Paling Mudah & Simpel

Posted on

Finoo.id – Cara Melumpuhkan Protek TV Polytron Paling Mudah & Simpel. Terdapat beberapa masalah umum yang sering dijumpai pada unit TV yang digunakan. Contohnya adalah ukuran layar yang tidak sesuai, masalah dengan warna TV, kesulitan menangkap sinyal, atau bahkan protek. Masalah-masalah tersebut sering kali membuat pengguna TV merasa bingung. Salah satu masalah serius yang dapat terjadi adalah protek atau kegagalan TV dalam menyala.

Kondisi ini tentu sangat menjengkelkan bagi pengguna, karena TV mereka terus-menerus mengalami protek. Dalam pembahasan kali ini, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai cara mengatasi protek pada TV Polytron.

Banyak teknisi atau tukang servis TV menggunakan metode melumpuhkan protek pada TV tersebut. Namun, apakah cara melumpuhkan protek TV tersebut sulit? Mari kita lihat langkah-langkahnya secara detail agar lebih jelas. Jadi, mari simak pembahasan ini sampai selesai.

Apa Itu Protek?

Sebelum membahas cara melumpuhkan protek TV, penting untuk memahami apa itu protek TV. Dengan pemahaman ini, kalian akan mengetahui fungsi dari pelumpuhan tersebut.

Protek pada TV adalah kondisi di mana unit TV mengalami kegagalan saat dihidupkan atau tidak dapat menyala. Terkadang TV hanya mampu menyala sejenak sebelum kembali mati.

Setiap produsen TV akan menerapkan sistem protek pada unit TV mereka. Sistem ini bertujuan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada komponen lainnya.

Cara kerja sistem protek tv polytron

Untuk mengatasi kerusakan pada TV Polytron yang disebabkan oleh protek yang aktif, mari kita bahas secara singkat tentang cara kerja sistem protek pada TV Polytron.

Baca Juga :   Cara Setting TV Polytron Paling Mudah dan Praktis

Pin protek pada TV Polytron berbeda-beda tergantung pada jenis IC program yang digunakan. Pada TV Polytron yang menggunakan IC UOC, input sistem protek terletak pada pin 42.

Sementara itu, pada TV Polytron yang menggunakan IC jungle, pin protek terletak pada kaki nomor 60. Sedangkan pada jenis IC program SMD 80 pin, pin protek terletak pada pin 67.

Pada kondisi normal, terdapat tegangan sekitar 5 V pada pin protek Polytron. Namun, jika tegangan ini hilang atau turun, sistem protek akan mematikan program. Akibatnya, TV tidak mau menyala atau tidak dapat dihidupkan.

Tegangan 5 V untuk pin protek Polytron diperoleh dari sirkuit pompa vertikal melalui elektrolit dan dioda.

Tegangan pulsa yang dihasilkan oleh rangkaian pompa vertikal sebagian diambil oleh elektrolit 1uF (C409) untuk diteruskan ke dioda penyearah (D402). Dengan bantuan dioda penyearah, tegangan pulsa berupa arus AC akan diubah menjadi arus DC yang selanjutnya diberikan ke pin protek.

Penyebab tv polytron protek

Penyebab paling umum yang menyebabkan protek pada TV Polytron adalah kerusakan IC vertikal atau kekeringan pada elko. Namun, terkadang juga dapat disebabkan oleh komponen lain di sekitar rangkaian vertikal.

Yang jelas, jika sirkuit vertikal tidak berfungsi dengan normal, hal ini dapat mengaktifkan sistem protek.

1. Ic vertikal mati

TV Polytron, terutama yang memiliki desain slim, menggunakan IC vertikal LA78141 sebagai komponen penguatnya. IC vertikal ini pada TV Polytron slim sering mengalami kerusakan yang menyebabkan terbakar karena suhu yang tinggi.

Oleh karena itu, jika kalian mengalami protek pada TV Polytron karena IC vertikal rusak, disarankan untuk menggunakan IC vertikal pengganti yang berkualitas bagus agar tidak mudah terbakar.

Baca Juga :   Cara Setting AV TV Polytron Terbaru Paling Mudah

Saat ini, banyak ditemukan IC vertikal LA78141 yang memiliki kualitas yang rendah sehingga tidak tahan lama. Hanya dalam beberapa hari pemakaian, TV akan mati kembali dengan kerusakan yang sama.

2. Elko kering

Selain kerusakan pada IC vertikal yang mati, gejala protek pada TV Polytron Slim dan Minimax 123 juga dapat disebabkan oleh elko kopel yang telah mengering, sehingga nilai kapasitansinya menurun.

Nilai kapasitansi stkalianr untuk elko kopel adalah sekitar 1uF/50V. kalian dapat menggantinya dengan elko yang memiliki nilai kapasitansi yang sama atau lebih besar, misalnya 2,2uF atau 4,7uF.

Alat Diperlukan

Untuk melumpuhkan atau menangani protek pada TV Polytron dengan lancar, kalian perlu menyiapkan beberapa peralatan berikut:

  • Obeng.
  • Solder.
  • Timah solder (tinol).
  • Alat penghisap solder (solder sucker/desoldering).
  • Kapasitor (500 OHM).
  • Dan peralatan lainnya yang diperlukan.

Cara Melumpuhkan Protek TV Polytron

Setelah memahami konsep protek pada TV dan menyiapkan peralatan yang diperlukan untuk melumpuhkan protek, kalian dapat memulai langkah-langkah mengatasi protek pada TV Polytron tersebut:

1. Buka Cover TV

Untuk memulai, lepaskan penutup TV dengan melepas sekrup menggunakan obeng. Lepaskan sekrup di setiap sisi penutup TV Polytron.

2. Temukan PIN Protek

Setelah berhasil membuka penutup TV Polytron, perhatikan dengan seksama bagian dalam mesin TV Polytron. Cari PIN Protek yang terletak pada IC yang biasanya ditkaliani dengan label “protek”. Ketika unit TV mengalami kerusakan, protek akan secara otomatis aktif untuk mematikan unit TV.

Fungsi protek ini adalah untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada komponen-komponen lainnya.

3. Kasih Tegangan (500 ohm)

Untuk melumpuhkan protek pada TV dan tetap menjaga TV agar tetap berfungsi saat protek aktif, kalian dapat menambahkan tegangan 500 ohm dan memberikan arus dari sumber 5 volt.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan TV Polytron Paling Lengkap

Cara pemasangan tegangan ini cukup sederhana, kalian hanya perlu menyolder ujung tegangan ke PIN protek dan ujung lainnya ke sumber arus 5 volt.

Fungsi dari pemasangan tegangan ini adalah agar TV Polytron tetap menyala saat terjadi kerusakan. Dengan demikian, kalian dapat mengidentifikasi apakah kerusakan terjadi pada bagian vertikal atau horizontal.

4. Melumpuhkan Protek TV Polytron Berhasil

Setelah kalian berhasil memasang tegangan tersebut, langkah selanjutnya adalah mencobanya. Jika TV dinyalakan dan tidak ada masalah, itu menkaliankan bahwa proses melumpuhkan protek pada TV berhasil.

Catatan: Cara melumpuhkan protek pada TV Polytron tipe slim dan minimax sebenarnya hampir sama, hanya perbedaan terletak pada lokasi PIN protek yang berbeda.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menghadapi proteksi pada TV Polytron atau perangkat elektronik lainnya, penting untuk mengikuti prosedur yang benar dan bertindak secara etis.

Melanggar keamanan perangkat bukanlah solusi yang baik dan dapat memiliki konsekuensi yang serius. Sebagai gantinya, manfaatkan sumber daya yang tersedia untuk menyelesaikan masalah kalian dengan cara yang aman dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Melumpuhkan Protek TV Polytron Paling Mudah & Simpel. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimaksih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *