Cara Memperbaiki Warna TV Polytron

Cara Memperbaiki Warna TV Polytron Semua Tipe Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Memperbaiki Warna TV Polytron Semua Tipe Yang Tepat. Para pengguna TV Polytron, baik yang memiliki tipe tabung maupun LED, mungkin sudah pernah mengalami masalah pada unit TV mereka, seperti tidak ada gambar atau bahkan TV mati total. Masalah-masalah semacam itu tentunya akan membuat para pengguna merasa tidak nyaman dan terganggu saat menonton acara TV, sehingga mereka akan bertanya-tanya mengenai penyebab dan cara mengatasinya.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi tentang penyebab dan cara memperbaiki warna TV Polytron yang bermasalah, yang seringkali dijumpai oleh pengguna TV Polytron. Sebelum memanggil tukang service TV, sebaiknya mencoba untuk mengetahui penyebabnya dan mencoba memperbaikinya sendiri terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara memperbaikinya yang dapat dijelaskan secara lebih rinci.

Penyebab Muncul atau Tidak Warna di TV Polytron

Sebelum membahas cara memperbaiki masalah warna pada TV Polytron, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Biasanya, masalah warna pada TV Polytron disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Komponen Rusak

Salah satu penyebab masalah warna pada TV Polytron adalah kerusakan pada komponen. Pada TV Polytron jenis tabung biasa atau slim, kerusakan biasanya terjadi pada tabungnya. Sementara itu, pada TV Polytron LED, masalah warna bisa disebabkan oleh kerusakan pada module TCON dan mainboard. Kerusakan pada komponen inilah yang seringkali membuat pengguna merasa kesulitan dalam memperbaikinya, terutama bagi mereka yang tidak terlalu memahami TV secara mendalam.

2. Pengaturan Remote

Penyebab lain dari masalah warna pada TV Polytron yang dapat menyebabkan tampilan warna menjadi merah atau bahkan hitam-putih adalah pengaturan remote. Meskipun penyebab ini mungkin lebih mudah untuk diperbaiki atau diatasi, namun tetap diperlukan pemahaman yang cukup mengenai pengaturan remote pada TV Polytron.

Baca Juga :   Cara Nonton YouTube Di TV Polytron Paling Mudah

Cara Memperbaiki Warna Merah TV Polytron Tabung/Slim

Cara pertama untuk memperbaiki masalah warna pada TV Polytron adalah untuk TV Polytron tipe tabung. Kebanyakan masalah yang sering terjadi pada TV Polytron jenis ini adalah munculnya warna merah pada seluruh bagian layar. Masalah ini dapat membuat pengalaman menonton TV menjadi tidak nyaman, sehingga perlu segera diperbaiki. Berikut adalah cara memperbaiki TV dengan masalah warna tersebut:

1. Matikan Standby TV

Langkah pertama dalam memperbaiki TV Polytron adalah dengan mematikan TV Polytron dalam keadaan standby.

2. Tekan Tombol Menu

Setelah TV Polytron dimatikan dalam keadaan standby, langkah selanjutnya adalah menekan dan menahan tombol MENU pada remote hingga TV Polytron menyala.

3. Masukkan Kode

Setelah TV Polytron menyala, masukkan kode “1013” pada remote control. Dengan memasukkan kode ini, kalian akan dibawa ke menu tampilan baru.

4. Kecilkan Bagian RED

Selanjutnya, pada menu tampilan baru tersebut, cari opsi yang berhubungan dengan warna merah dan kecilkan nilai yang terdapat pada opsi tersebut hingga warna merah hilang atau kembali normal seperti sebelumnya.

5. Tekan Untuk Simpan

Setelah mengatur nilai opsi yang terkait dengan warna merah pada TV Polytron, tekan tombol MENU pada remote untuk menyimpan pengaturan tersebut. Dengan begitu, masalah warna merah pada TV Polytron tipe tabung/slim sudah berhasil diperbaiki. Tidak sulit bukan cara memperbaiki masalah tersebut?

Cara Memperbaiki Tidak Ada Warna TV Polytron LED

Masalah warna pada layar juga bisa terjadi pada TV Polytron LED, di mana tampilan layarnya bisa tidak memunculkan warna atau bahkan hanya tampilan hitam-putih saja. Untuk memperbaikinya, pertama-tama perlu mengidentifikasi penyebabnya. Jika penyebabnya adalah kerusakan pada komponen, maka perlu diperiksa dan diperbaiki. Namun, jika masalahnya disebabkan oleh pengaturan remote yang salah, maka berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaikinya:

1. Tekan Tombol Menu di Remote

Langkah pertama dalam memperbaiki masalah warna pada TV Polytron LED adalah menyiapkan remote TV Polytron LED, lalu tekan tombol MENU pada remote tersebut.

2. Cari Pengaturan Kanal/Saluran

Setelah itu, pilih opsi menu pengaturan kanal/saluran pada layar TV menggunakan tombol arah pada remote. Jika sudah ditemukan, pilih opsi Pencarian Manual dan tekan tombol ENTER pada remote.

3. Pilih Sistem Warna

Setelah itu, pilih opsi Sistem Warna pada layar dan geser ke kanan atau kiri menggunakan tombol arah pada remote untuk menyesuaikan pengaturan warna.

Memperbaiki Tv Polytron Layar Dominan Merah

Salah satu cara mengatasi masalah warna merah yang dominan pada TV Polytron adalah dengan menggunakan mode servis. Namun, syaratnya adalah kalian perlu memiliki remote TV Polytron. Jika tidak memiliki remote TV Polytron, teknik ini tidak dapat dilakukan.

Baca Juga :   Cara Menyambungkan HP Ke TV Sony Bravia Dengan Mudah

Cara Memprogram TV POLYTRON Dominan Merah

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi masalah warna merah yang dominan pada TV Polytron dengan menggunakan mode servis:

  1. Nyalakan TV Polytron
  2. Matikan TV Polytron menggunakan remote dan biarkan dalam keadaan standby
  3. Tekan dan tahan tombol MENU pada remote hingga TV Polytron menyala
  4. Setelah TV Polytron menyala, masukkan kode “1013” pada remote untuk masuk ke mode servis
  5. Cari opsi settingan R-CUT pada layar TV dan atur nilai pengaturannya sesuai dengan kebutuhan.
  6. Biasanya nilai pengaturannya dikurangi tergantung seberapa parah warna merah yang dominan.
  7. Setelah selesai, tekan tombol MENU pada remote untuk menyimpan pengaturan yang telah diubah.

Untuk menguji apakah masalah warna merah pada TV Polytron sudah berhasil diperbaiki atau belum, matikan TV dan nyalakan kembali. Jika warna merah tidak muncul lagi, maka perbaikan telah berhasil.

Perlu diketahui bahwa masalah ini belum tentu disebabkan oleh kerusakan pada tabung gambar, tetapi bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada blok RGB seperti transistor dan resistor. Jika kalian tidak ahli dalam bidang elektronika, sebaiknya memanggil tukang servis TV untuk memperbaikinya.

Cara ini hanya efektif jika layar TV tidak memiliki garis-garis buku, yang menkaliankan adanya short pada bagian katoda atau pin katoda yang terhubung ke bagian screen.

Jika keadaan masih normal dan hanya terdapat warna merah yang dominan, teknik mode servis TV Polytron dapat membantu memperbaikinya.

Penyebab Kerusakan pada IC dan Sistem RGB pada TV Polytron

Jika cara sederhana untuk memperbaiki masalah warna pada TV Polytron tidak berhasil, maka perlu dilakukan pengecekan pada IC program yang bertanggung jawab untuk mengendalikan sistem RGB yang memproses warna dalam gambar.

Jika terjadi kerusakan pada IC tersebut, maka sistem RGB tidak akan berfungsi dengan baik dan menyebabkan layar menjadi dominan warna merah.

Selain itu, kerusakan pada sistem RGB itu sendiri juga bisa menjadi penyebab layar yang dominan warna merah. Sistem RGB pada TV Polytron terdiri dari tiga bagian yaitu Red (Merah), Green (Hijau), dan Blue (Biru). Jika salah satu dari ketiga bagian tersebut mengalami kerusakan, maka layar TV Polytron akan menghasilkan warna yang tidak seimbang dan dominan pada salah satu warna.

Cara Memperbaiki TV Polytron Layar Dominan yang Disebabkan Kerusakan pada IC dan Sistem RGB

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah layar dominan warna merah pada TV Polytron akibat kerusakan pada IC dan sistem RGB:

1. Mencari Tahu Jenis Kerusakan yang Terjadi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada TV Polytron kalian. Apakah kerusakan disebabkan oleh IC atau sistem RGB yang bermasalah. kalian dapat membawa TV Polytron kalian ke tukang servis yang terpercaya untuk melakukan pengecekan dan diagnosis kerusakan.

Baca Juga :   Cara Mengatur Ukuran Layar TV Polytron Paling Mudah

2. Mengganti IC atau Bagian yang Bermasalah

Jika kerusakan disebabkan oleh IC yang bermasalah, langkah selanjutnya adalah menggantinya dengan IC yang baru. Namun, pastikan bahwa IC yang kalian gunakan adalah tipe yang sama dengan IC yang sebelumnya terpasang di TV Polytron kalian. Jangan sembarangan mengganti IC karena hal ini dapat memperparah kerusakan.

Sedangkan jika kerusakan disebabkan oleh sistem RGB, maka kalian harus mengganti bagian yang bermasalah. Misalnya, jika bagian Merah yang bermasalah, maka ganti dengan bagian Merah yang baru. Pastikan bahwa bagian yang diganti sesuai dengan spesifikasi TV Polytron kalian.

3. Melakukan Perbaikan pada Sistem RGB

Jika kalian tidak ingin mengganti bagian yang bermasalah, kalian dapat melakukan perbaikan pada sistem RGB tersebut. Namun, perbaikan ini hanya dapat dilakukan oleh tukang servis yang ahli dan berpengalaman dalam bidang tersebut. Jangan mencoba melakukan perbaikan sendiri jika kalian tidak ahli dalam bidang tersebut karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Oleh karena itu, pastikan kalian memilih tukang servis yang terpercaya dan memiliki pengalaman dalam memperbaiki kerusakan pada sistem RGB TV Polytron.

4. Melakukan Reset pada TV Polytron

Selain cara-cara di atas, kalian juga dapat mencoba melakukan reset pada TV Polytron kalian. Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol reset yang terdapat pada TV Polytron atau pada remote. Namun, pastikan bahwa kalian sudah mengetahui cara melakukan reset yang benar agar tidak membuat kerusakan yang lebih parah.

Baca juga :

Penutup

Itulah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara yang bisa kalian coba untuk memperbaiki warna TV Polytron yang buram atau tidak tampil dengan baik.

Namun, sebelum mencoba cara-cara tersebut, pastikan kalian telah memeriksa koneksi antara TV dan perangkat lainnya, serta mengecek pengaturan TV di menu seting.

Jika masalah masih belum teratasi, sebaiknya kalian membawa TV ke tempat reparasi yang terpercaya agar mendapatkan penanganan yang lebih profesional.

Semoga informasi ini bermanfaat dan berhasil membantu kalian memperbaiki masalah warna TV Polytron.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *