Cara Reset TV Polytron

Cara Reset TV Polytron Paling Mudah dan Cepat!

Posted on

Finoo.id – Cara Reset TV Polytron Paling Mudah dan Cepat!. Permintaan pasar untuk televisi dengan tuner digital mengalami peningkatan yang signifikan karena masyarakat ingin menikmati acara favorit dengan gambar yang jernih dan bebas noise.

Kenaikan permintaan ini mendorong Polytron Indonesia, produsen elektronik, untuk merilis beberapa produk baru. Sebagian besar unit televisi yang dikeluarkan sudah dilengkapi dengan tuner DVB-T2 untuk menangkap siaran digital dengan banyak channel.

Meskipun produsen memberikan garansi 5 tahun untuk semua tipe TV Polytron, namun tidak jarang unit mengalami masalah. Hal ini wajar terjadi mengingat setiap peralatan elektronik memiliki batas usia pakai komponen.

Untuk membantu pengguna dalam mengatasi beragam kendala ringan pada produk TV Polytron, kami telah merangkum panduan cara reset TV Polytron paling mudah untuk semua tipe produk. Panduan ini berguna bagi pengguna yang baru pertama kali membeli produk dan ingin memperbaiki masalah sendiri.

Sekilas Tentang Polytron

Polytron adalah sebuah perusahaan elektronik yang berasal dari Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 18 September 1975 di Kudus, Jawa Tengah dengan nama PT Indonesian Electronic & Engineering.

Setahun kemudian, pada tanggal 18 September 1976, perusahaan ini berganti nama menjadi PT Hartono Istana Electronic. Pada tahun 2000, PT Hartono Istana Electronic bergabung dengan perusahaan lain dan menjadi PT Hartono Istana Teknologi.

Sejak tahun 2000, perusahaan ini hanya menggunakan nama Polytron dan memperluas cakupan produknya dari awalnya hanya televisi dan audio saja.

Polytron menghasilkan berbagai macam peralatan elektronik, seperti speaker, televisi, lemari es (sejak akhir 2000), mesin cuci (sejak 2010), AC (sejak awal 2000), ponsel pintar (sejak 2011), dan masih banyak lagi.

Cara Reset TV Polytron

Smart TV Polytron maupun unit dengan teknologi LED biasa memiliki fungsi khusus yaitu factory reset. Fungsi ini akan menghapus semua pengaturan lama dari pengguna dan mengembalikannya ke setelan pabrik.

Baca Juga :   Penyebab TV LED Bergaris Semua Merk dan Cara Mengatasinya

Berikut adalah cara reset TV Polytron untuk semua tipe:

1. Cara Reset TV LED Polytron

TV LED Polytron menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat yang ingin beralih dari unit lama bertipe tabung. Mereset produk tidak akan menyebabkan kerusakan asalkan kamu mengakses fitur tersebut melalui menu.

Berikut adalah langkah-langkah cara reset TV LED Polytron:

  • Pastikan TV LED Polytron terpasang dengan benar.
  • Siapkan remote kontrol asli yang disertakan saat pembelian.
  • Tekan tombol “menu” pada remote kontrol untuk masuk ke pengaturan sistem.
  • Sorot pilihan yang diinginkan lalu tekan “menu reset” pada layar.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem selesai melakukan factory reset.

2. Cara Reset Smart TV Polytron

Antarmuka smart TV Polytron berbeda dengan produk LED biasa, tetapi semua menu masih mudah digunakan bagi pemula. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir dan hanya perlu menyesuaikan diri dengan tampilannya.

Berikut adalah langkah-langkah cara reset smart TV Polytron:

  • Pastikan smart TV Polytron terpasang dengan benar.
  • Siapkan remote kontrol asli yang disertakan saat pembelian.
  • Tekan tombol “home” pada remote kontrol untuk masuk ke tampilan dashboard.
  • Cari ikon “setting” untuk membuka pengaturan sistem.
  • Sorot pilihan “device preferences” dan tekan opsi “reset”.
  • Pilih “factory data reset” dan tekan “erase everything”.
  • Masukkan nomor PIN dan tekan “enter” untuk konfirmasi.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem selesai melakukan factory reset.

Reset Melalui Service Mode

Service Mode adalah antarmuka penting yang digunakan oleh teknisi untuk memperbaiki berbagai masalah dan melakukan reset pada TV Polytron. Namun, pastikan kamu memiliki kompetensi dalam bidang elektronik sebelum mengakses fitur ini.

Kesalahan dalam menerapkan parameter tertentu pada Service Mode dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar. Oleh karena itu, kamu harus memahami setiap pengaturan yang dilakukan dengan benar.

Berikut cara mengakses fitur Service Mode pada TV Polytron:

1. Metode Pertama

Untuk mengakses menu Service Mode dengan mudah dan cepat, kamu membutuhkan remote kontrol asli. Metode ini dapat digunakan pada hampir semua tipe produk, baik LED maupun smart TV.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Warna TV Polytron Semua Tipe Yang Tepat

Berikut adalah langkah-langkah cara mengakses Service Mode pada TV Polytron:

  • Pastikan TV Polytron berada dalam mode stand-by.
  • Tekan dan tahan tombol “menu” pada remote kontrol hingga TV menyala.
  • Masukkan nomor kode tipe produk untuk membuka tampilan Service Mode.
  • Lakukan pengaturan parameter sesuai keinginan.
  • Setelah selesai, tekan tombol “menu” untuk menyimpan parameter yang telah diatur.

2. Metode Kedua

Terdapat cara alternatif yang dapat digunakan untuk membuka Service Mode pada sebagian produk.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengakses Service Mode pada TV Polytron melalui metode kedua:

  • Pastikan TV Polytron berada dalam mode stand-by.
  • Tekan dan tahan tombol “menu” pada remote kontrol hingga TV menyala.
  • Sorot bagian gambar dan arahkan ke opsi “kontras”.
  • Masukkan nomor kode “1014” untuk membuka tampilan Service Mode.
  • Lakukan pengaturan parameter sesuai keinginan.
  • Setelah selesai, tekan tombol “menu” untuk menyimpan parameter yang telah diatur.
  • Pengguna awam harus memahami fungsi dari setiap menu yang muncul di Service Mode agar dapat menggunakannya dengan benar.

Berikut adalah daftar kode Service Mode TV Polytron untuk semua tipe:

Tipe ProdukKode Service
Polytron LED1013, 1014
Polytron Smart TV1206, 1207

Pastikan untuk menggunakan kode yang sesuai dengan tipe TV Polytron yang digunakan.

Cara Reset TV LED Polytron Tanpa Remote

Sebelum melakukan reset TV LED Polytron ke pengaturan pabrik dengan menggunakan Firmware, pastikan kalian sudah menyiapkan Firmware yang sesuai dengan tipe TV Polytron kalian. Firmware dapat diunduh melalui artikel yang sudah dipublikasikan sebelumnya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan reset TV LED Polytron ke pengaturan pabrik dengan menggunakan Firmware:

  1. Unduh Firmware TV LED Polytron sesuai dengan tipe TV kalian melalui link yang sudah disediakan.
  2. Pindahkan Firmware ke laptop atau PC jika kalian mendownload melalui HP.
  3. Masukkan Flashdisk ke laptop atau PC kalian, lalu pindahkan Firmware hasil download tadi ke dalam Flashdisk. Pastikan Flashdisk sudah diformat terlebih dahulu dan tidak ada file lain selain Firmware.
  4. Untuk memindahkan Firmware ke Flashdisk, klik kanan pada file Firmware, kemudian pilih “Send to > USB Drive (F:)” (sesuai nama Flashdisk kalian).
  5. Setelah berhasil dipindahkan, cabut Flashdisk dari laptop, lalu masukkan Flashdisk ke port USB pada TV LED Polytron kalian, biasanya terletak di bagian belakang dengan keterangan “USB”.
  6. Sebelum mereset TV LED Polytron ke pengaturan pabrik, cabut kabel TV terlebih dahulu.
  7. Jika kabel sudah dicabut dan flashdisk sudah dipasang, tekan dan tahan tombol Power pada panel TV sambil mencolokkan kabel TV ke listrik.
  8. Lepas tombol power jika layar TV LED menunjukkan proses install Firmware, tunggu sampai selesai, biasanya memakan waktu beberapa menit saja.
  9. Saat proses reset TV Polytron berlangsung, jangan mencoba untuk mematikan TV, karena hal ini dapat menyebabkan reset gagal atau bahkan TV menjadi mati.
  10. Terakhir, matikan TV jika proses sudah selesai, kalian harus mengatur ulang TV Polytron seperti channel, gambar, dan pengaturan lainnya.
  11. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan teliti, serta menggunakan Firmware yang sesuai dengan tipe TV Polytron kalian.
Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan TV Polytron Paling Lengkap

Baca juga :

Penutup

Dalam kesempatan kali ini, finoo.id telah membahas tentang cara reset TV Polytron yang mudah dan efektif. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kalian dapat mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi pada TV Polytron kalian, seperti gambar atau suara yang tidak keluar, TV yang tidak bisa dioperasikan, dan sebagainya.

Ingatlah untuk selalu memperhatikan instruksi yang tertera pada buku panduan TV Polytron kalian sebelum melakukan reset, untuk menghindari kesalahan dan kerusakan yang lebih parah. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kalian dalam mengatasi masalah TV Polytron kalian. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *