Apa itu Dump Truck

Apa itu Dump Truck: Jenis, Ukuran dan Cara Kerjanya

Posted on

Finoo.id – Apa itu Dump Truck: Jenis, Ukuran dan Cara Kerjanya. Dump truck adalah bagian penting dari industri konstruksi dan pertambangan. Kendaraan berat ini memainkan peran penting dalam mengangkut material berbutir, seperti pasir, kerikil, tanah, dan batu, dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Baik untuk membangun jalan, mendirikan gedung, atau mengekstraksi mineral berharga, dump truck adalah mesin-mesin hebat yang menyederhanakan dan mempermudah berbagai operasi.

Dalam artikel ini, kami akan membawa kalian untuk memahami segalanya tentang dump truck, menjelajahi jenis-jenisnya, cara kerjanya, keuntungannya, dan aplikasinya. Jadi, mari kita langsung mulai dan jelajahi Apa itu Dump Truck?

Apa Itu Dump Truck?

Dump truck adalah sebuah kendaraan yang digunakan untuk memindahkan material dalam jarak menengah hingga jarak jauh. Umumnya, kendaraan ini mampu mengangkut material dari jarak 500 meter atau lebih jauh.

Untuk mengisi truk ini, diperlukan bantuan alat pemuat yang memasukkan material ke dalam bak truk. Namun, untuk pembongkaran, truk ini dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan alat berat lainnya.

Berbagai jenis material yang dapat diangkut oleh kendaraan ini meliputi biji besi, nikel, batu split, pasir, tanah urug, batu bara, hingga sampah.

Salah satu ciri khas kendaraan ini adalah adanya perangkat bantu hidrolik yang terpasang di bagian bawah bak truk dengan posisi tidur, serta engsel di bagian belakangnya.

Cara Kerja Dump Truck

Walaupun secara umum mirip dengan truk jenis lainnya, dump truck memiliki fitur khusus berupa tuas hidrolik yang digunakan untuk mengangkat dan menurunkan bak.

Pengemudi perlu mendapatkan pelatihan tentang cara melakukan dumping dengan aman karena kesalahan kecil dapat berakibat fatal bagi muatan truk dan keselamatan pengemudi itu sendiri.

Cara Untuk Menaikkan Bak

Pada kabin truk umumnya hanya terdapat satu tuas yang disebut tuas transmisi. Namun, pada dump truk terdapat dua tuas tambahan, yaitu tuas PTO dan tuas pompa hidrolik.

Jadi, secara keseluruhan terdapat tiga tuas pada kabin yang memiliki fungsi berbeda, yaitu sebagai berikut:

  1. Tuas PTO (Power Take Off), digunakan untuk meneruskan gigi PTO pada transmisi truk sehingga PTO dapat digunakan untuk memutar pompa hidrolik.
  2. Tuas pompa hidrolik, berfungsi untuk membuka dan menutup katup oli yang ada di tabung pompa hidrolik.
  3. Tuas transmisi, digunakan untuk menetralkan gigi serta menggerakkan kendaraan maju dan mundur.
Baca Juga :   √ Mengenal Struktur Kantilever, Kelebihan dan Kekuranganya

Untuk menaik turunkan truk angkut alat berat ini, langkah-langkah berikut harus diikuti dengan urutan yang tepat menggunakan tuas tarik:

  1. Hidupkan mesin lalu tunggu sampai jarum RPM berada pada posisi idle.
  2. Atur tuas transmisi pada posisi netral.
  3. Angkat rem tangan untuk mengunci posisi truk.
  4. Nyalakan lampu hazard dan alarm PTO sebagai kode bahwa truk akan mengoperasikan hidrolik dump.
  5. Injak penuh pedal kopling.
  6. Tarik tuas PT ke belakang sehingga bak dump truck dapat naik.
  7. Tunggu hingga jarum RPM naik di atas RPM idle.
  8. Tarik tuas pompa hidrolik guna menaikkan bak.
  9. Lepaskan perlahan injakan pada pedal kopling.
  10. Injak perlahan pedal gas supaya tenaga hidrolik dapat meningkat (apabila diperlukan tenaga tambahan).

Jika bak sudah terangkat penuh, tekan pedal kopling, kemudian dorong tuas PTO ke posisi netral untuk membebaskan putaran PTO ke pompa hidrolik. Pada posisi ini, bagian bak tetap dalam posisi terangkat.

Kembalikan tuas pompa hidrolik pada posisi semula atau netral, tanpa menginjak pedal gas. Dengan cara tersebut, bak truk akan turun dengan sendirinya.

Jenis-jenis Dump Truck

Ternyata, terdapat beberapa jenis dump truck yang umumnya digunakan untuk mendukung kegiatan pembangunan. Setiap jenisnya memiliki fungsi masing-masing, serta harganya yang pasti berbeda satu sama lain. Berikut ini adalah beberapa jenis dump truck yang perlu diketahui:

1. Rear Dump

Tipe ini dibagi menjadi dua lagi, yaitu rear dan tractor wagon. Rear dump lebih umum digunakan karena memiliki tenaga yang lebih kuat daripada tipe wagon. Namun, penggunaannya masih jarang karena disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan.

Jenis material yang diangkut oleh rear dump berupa tanah dan pasir kering. Untuk mengangkut bahan yang cenderung merusak, seperti batu, rear dump biasanya akan dilapisi alas yang cukup kuat. Truk jenis ini dapat mengangkut beban dengan berat antara 25 hingga 250 ton.

2. Side Dump

Seperti namanya, metode pengangkutan yang digunakan adalah konsep menyamping lewat sisi samping bak. Desain pengangkutan melalui sisi kiri membuat truk dapat bekerja secara efisien. Namun, cara kerjanya membutuhkan ketelitian ekstra terutama saat membongkar muatan.

Ketika pembongkaran dilakukan, penting untuk memperhatikan distribusi material di dalam bak. Jika truk mengangkut lebih banyak material di satu sisi, maka truk bisa terguling. Meski demikian, truk ini dipercaya menjadi pilihan yang fleksibel karena dapat digunakan pada lahan yang terbatas.

Baca Juga :   √ Apa Itu Atap Holodeck? Serta Kelebihan dan Kekuranganya

3. Bottom Dump

Jenis truk dump ini didesain dengan akses pengangkutan dari sisi bawah bak. Bagian bawah memiliki akses yang dapat dibuka maupun ditutup. Pintunya digerakkan menggunakan mesin hidrolik dan menjadi satu-satunya akses untuk mengangkut material.

Truk ini biasanya digunakan untuk mengangkut material yang mudah lepas, seperti tanah, kerikil, pasir, dan lain sebagainya. Pembongkaran muatan pada truk ini dilakukan saat truk dalam posisi bergerak.

4. On Highway

Selanjutnya, ada tipe dump truck on highway. Truk ini memiliki roda penggerak pada bagian depan atau yang disebut four-wheel drive. Namun, beberapa truk jenis on highway juga memiliki penggerak di bagian belakang atau disebut rear-wheel drive.

5. Off Highway

Jenis truk dump terakhir adalah off highway. Truk ini memiliki manuver yang sangat baik dengan tingkat kekokohan yang lebih tinggi daripada truk jenis on highway. Sayangnya, jenis ini memiliki loading height lebih tinggi sehingga membuat proses pemuatan menjadi sulit dilakukan.

Setiap jenis dump truck tersebut memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Dalam dunia konstruksi dan pertambangan, pemilihan jenis dump truck yang tepat sangat penting untuk memastikan efisiensi dan keamanan dalam proses pengangkutan material.

Tips Merawat Dump Truck dengan Mudah

Perawatan merupakan hal yang sangat penting untuk setiap jenis kendaraan, termasuk dump truck. Perawatan yang baik dapat memperpanjang umur pemakaian kendaraan dan membantu mengurangi biaya perbaikan. Berikut adalah beberapa tips merawat dump truck yang dapat dilakukan:

  1. Lakukan pemanasan mesin terlebih dahulu sebelum menggunakan dump truck. Pemanasan mesin membantu menjaga kinerja mesin dan meminimalisir gesekan pada komponen-komponen mesin.
  2. Gunakan solar berkualitas tinggi untuk menjaga kesehatan mesin. Pastikan untuk mengisi bahan bakar dengan solar yang sesuai dengan stkalianr dan kualitas yang direkomendasikan.
  3. Pilihlah oli yang direkomendasikan oleh pabrik dan lakukan pergantian oli secara teratur sesuai dengan jadwal perawatan yang ditentukan. Oli yang bersih dan sesuai spesifikasi dapat mempertahankan kinerja mesin dengan baik.
  4. Ganti filter solar dan udara secara rutin. Filter yang bersih akan membantu menjaga mesin dari kotoran dan partikel-partikel berbahaya yang dapat merusak komponen mesin.
  5. Jangan lupa untuk membersihkan komponen hidrolik secara berkala. Hidrolik yang bersih dan terjaga akan meningkatkan efisiensi kerja sistem hidrolik pada dump truck.
  6. Batasi berat muatan yang akan diangkut oleh dump truck. Mengangkut muatan melebihi kapasitas truk dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan sistem penggerak truk.
  7. Lakukan pengecekan sistem elektrikal, mulai dari aki, busi, hingga baterai secara teratur. Pastikan semua kabel dan konektor dalam kondisi baik untuk menghindari masalah listrik yang dapat mengganggu kinerja truk.
  8. Matikan mesin truk dump apabila suhunya sudah normal setelah penggunaan. Hal ini membantu mendinginkan mesin dengan baik dan melindungi komponen dari kerusakan akibat panas berlebih.
Baca Juga :   √ Ukuran Jarak Reng Genteng Metal Multiroof Yang Tepat

Harga Dump Truck di Indonesia

Dump truck bukanlah alat transportasi yang dapat dianggap murah karena harganya yang cukup tinggi. Harga dump truck biasanya berada dalam kisaran Rp200 jutaan hingga Rp800 jutaan, tergantung pada jenis, merek, dan ukurannya.

Karena harganya yang mahal, tidak heran jika dump truck lebih sering digunakan untuk aktivitas komersial yang mampu menghasilkan keuntungan. Contohnya, dump truck banyak digunakan dalam aktivitas konstruksi atau kegiatan ekspor impor.

Mengingat nilai investasi yang tinggi, dump truck menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis atau proyek skala besar yang membutuhkan alat transportasi kuat dan mampu mengangkut material dalam jumlah besar. Dengan performa yang hkalianl, dump truck membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai sektor industri.

Baca Juga :

Penutup

Dalam penutupan, kita telah membahas dan menjelaskan apa itu Dump Truck. Kendaraan berat ini memang menjadi faktor penting dalam industri konstruksi, pertambangan, dan sejumlah bidang lainnya.

Keberadaan Dump Truck mempercepat proses pengangkutan material, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi beban kerja manusia. Bagi masyarakat awam, Dump Truck mungkin hanya tampak sebagai kendaraan besar dengan bak terbuka.

Namun, bagi para pekerja di lapangan, Dump Truck adalah simbol kekuatan, ketahanan, dan kinerja yang tak tergoyahkan. Melalui artikel finoo.id ini, semoga pengetahuan kita tentang Dump Truck semakin bertambah dan memberi kita apresiasi yang lebih dalam terhadap peran pentingnya dalam membangun dunia modern.

Meskipun beroperasi di balik layar, keberadaan Dump Truck sangat vital dalam menggerakkan roda industri dan ekonomi kita. Jadi, ketika kalian melihat sebuah Dump Truck berlalu, berikanlah penghormatan kepada ‘raja jalan’ ini dan peran pentingnya dalam hidup kita sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *