Contoh SST/Special Service Tools

Contoh SST/Special Service Tools: Fungsi dan Contohnya Lengkap

Posted on

Finoo.id – Contoh SST/Special Service Tools: Fungsi dan Contohnya Lengkap. Sangat penting bagi seorang mekanik untuk memiliki alat khusus layanan (Special Service Tool atau SST), sebagai alat pendukung yang sangat diperlukan dalam menyelesaikan tugasnya. Kehadiran alat ini sangatlah penting untuk mencegah terjadinya kerusakan atau cacat saat melakukan pemasangan komponen atau bagian pada kendaraan.

Selain itu, proses pemasangan menjadi lebih lancar dan efisien karena terhindar dari gesekan atau hambatan-hambatan lainnya. Oleh karena itu, fungsi dari peralatan khusus ini tidak dapat digantikan oleh alat lainnya, karena adanya risiko bahwa penggantian tersebut justru dapat memperburuk kerusakan.

Dengan demikian, SST bukan hanya sebuah alat biasa, melainkan merupakan investasi yang penting bagi mekanik guna menjamin kualitas pekerjaan dan mencegah potensi masalah di masa mendatang.

Pengertian SST Adalah (Special Service Tools)

SST merujuk kepada alat khusus layanan yang dirancang khusus guna menjalankan tugas tertentu. Tugas tersebut seringkali tidak dapat dilaksanakan hanya dengan mengkalianlkan alat-alat stkalianr, sehingga memerlukan kehadiran alat-alat khusus tersebut.

Umumnya, SST digunakan dalam situasi-situasi yang kompleks, terutama saat melepas dan memasang komponen penting yang memiliki tingkat kerumitan tinggi. Tujuan utamanya adalah untuk menyederhanakan proses kerja ini. Salah satu contohnya adalah alat yang digunakan untuk mengganti filter oli. Tentu saja, membuka filter oli menggunakan alat stkalianr akan menghadirkan banyak kesulitan, bukan?

Dengan adanya SST, pekerjaan servis kendaraan di bengkel dapat diselesaikan dengan cepat, akurat, dan efisien tanpa mengorbankan integritas komponen yang sedang dikerjakan.

Pemilihan SST untuk kendaraan sangat bergantung pada jenis pekerjaan yang harus dilakukan, model kendaraan, dan spesifikasinya. Jenis pekerjaan ini melibatkan tugas seperti pemontiran, perakitan, penyetelan, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   √ Apa Itu Bosch Pump Mesin Diesel? Fungsi dan Prinsip Kerjanya

SST sendiri memiliki beragam jenis, masing-masing memiliki tujuan tertentu. Satu jenis alat biasanya hanya cocok untuk satu jenis tugas. Inilah yang membuat alat-alat ini begitu istimewa. Bahkan, tidak jarang orang membuat versi khusus dari SST sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri, semata-mata untuk mempermudah tugas yang sedang dijalankan.

Mengenal Arti, Fungsi, dan Jenis Special Service Tool

Dari pengertian yang ada, SST atau special service tool merujuk kepada beragam peralatan yang difungsikan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas terkait perbaikan suku cadang atau komponen otomotif. Apa sajakah fungsi serta ragam jenis yang dimiliki oleh SST ini? Mari kita bahas lebih lanjut.

1. Piston Ring Pliers

Varian dari alat khusus layanan ini digunakan untuk pemasangan dan pelepasan cincin piston dari tubuh pistonnya.

Cara menggunakan peralatan ini juga cukup sederhana. Pengguna hanya perlu memanjangkan cincin piston sehingga diameternya akan meluas.

2. Clamp C

Alat ini termasuk dalam jenis peralatan layanan khusus yang digunakan untuk menjaga objek kerja, sehingga saat diikat atau dibentuk, objek tersebut tetap terjaga di atas meja kerja.

Tindakan ini memiliki penting yang besar untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan selama proses kerja.

3. Valve Spring Compressor

Objek khusus ini digunakan untuk membuka dan memasang pengunci katup pada bagian tapper. Proses pemasangan dan penghapusan katup akan menjadi sangat rumit tanpa pemanfaatan alat khusus layanan ini.

Karena alasan tersebut, peralatan ini memiliki penting yang besar bagi individu yang beroperasi dalam ranah otomotif.

4. Coil Spring Compressor

Penggunaan kompresor pegas coil sangatlah vital untuk mengompres pegas coil pada peredam stok. Tanpa alat ini, tugas tersebut pastinya akan menjadi amat sulit untuk dilakukan.

Akan tetapi, penting untuk memastikan bahwa pengguna telah memahami dengan baik cara yang benar untuk menggunakan kompresor pegas coil.

5. Disc Brake Piston Compressor

Peralatan layanan khusus ini memiliki fungsi untuk mendorong piston agar masuk ke dalam ruang piston yang terdapat pada kaliper.

Meskipun pada pkalianngan awal alat ini mungkin terlihat rumit dan berat untuk digunakan, namun pada kenyataannya, alat ini jauh lebih berbeda dari apa yang mungkin dibayangkan.

6. Hidrometer

Hidrometer adalah perangkat yang memiliki kemampuan untuk mengukur suatu objek. Lebih khusus lagi, hidrometer merupakan salah satu alat dari kelompok special service tools yang berguna untuk mengukur densitas elektrolit pada aki/baterai basah.

Baca Juga :   √ Pengertian Mesin Gerinda: Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakanya

7. Slide Hammer Puller

Ini adalah peralatan yang digunakan untuk melepaskan komponen yang telah dimasukkan ke dalam lubang dengan tekanan. Pengguna dapat memasang aksesori penarikan pada posisinya terlebih dahulu. Kemudian, palu dipukulkan dengan cepat pada ball stop.

Ketika bagian ini memberikan sinyal, komponen dapat dilepaskan dengan mudah.

8. Universal Puller

Peralatan layanan khusus ini difungsikan untuk mengeluarkan komponen dari suatu counter bond atau poros tertentu.

Universal puller akan mengfasilitasi proses pemasangan dan pelepasan bearing tanpa memerlukan upaya seperti penekanan atau pukulan yang kadang tidak merata.

9. Bearing Cup Puller

Peralatan layanan khusus ini memiliki peran dalam mengekstraksi bantalan yang terpasang di dalam lubang objek kerja. Pengguna bisa memulai dengan memasang kaki bearing cup puller pada bantalan.

Selanjutnya, pengguna dapat memutar adjusting screw dan forcing screw hingga akhirnya bagian bearing cup puller akan menarik keluar bantalan.

10. Oil Seal Puller

Oil seal puller merupakan salah satu perangkat bantuan spesifik yang digunakan untuk melepaskan komponen perapat oli pada poros belakang, transmisi, dan sejenisnya.

Bagi pengguna yang berencana menggunakan alat ini, cukup memasukkan puller pada lokasi pemasangan perapat oli dan menarik posisinya dengan cepat untuk melepaskannya dengan benar.

11. Bearing Puller Attachment

Bearing puller attachment khusus memiliki fungsi untuk melepaskan komponen bantalan atau bearing dari poros yang terletak pada posisi yang sulit dijangkau, di mana kaki puller stkalianr mungkin tidak dapat bekerja secara efektif.

Saat menggunakannya, penting untuk memastikan bahwa alat ini ditempatkan dengan benar di bawah bantalan agar pas dengan baik.

12. Stik Magnet

Stik magnet menjadi solusi yang hkalianl untuk mengambil benda-benda kecil seperti mur, baut, sekrup, dan pengikat logam lainnya yang terjatuh di lokasi yang sulit dijangkau.

Tidak hanya itu, stik magnet juga berguna untuk menarik pin pengunci dari poros atau komponen lainnya.

13. Clutch Aligning Tools

Peralatan layanan khusus ini memiliki peran dalam mengatur posisi kampas kopling sehingga secara akurat berada di pusat sebelum pressure plate diikat dengan kuat. Meskipun berukuran kecil, peralatan ini memiliki peran yang signifikan dan penting.

14. Adjustable C Spanner

Peralatan ini digunakan untuk pemasangan dan pelepasan spanner nut dan cylinder rod head pada bagian hydraulic cylinder dan komponen serupa.

Baca Juga :   √ Rekomendasi Mesin Diesel Terbaik Untuk Digunakan

Keberadaan alat ini tentu sangat krusial dan akan senantiasa diperlukan, sehingga penting bagi pengguna untuk menyimpannya dengan baik.

15. Filter Strap Wrench

Peralatan spesialis ini dimanfaatkan untuk mengganti dan memasang filter bahan bakar dan filter oli dengan tipe spin on.

Alat ini memiliki kemampuan untuk memberikan torsi tinggi pada tabung filter berukuran besar tanpa merusak struktur tabung filter itu sendiri. Tentu saja, alat ini kerap digunakan dalam bidang otomotif serta industri-industri lainnya.

16. Ball Join Separator

Salah satu peralatan penting lainnya dalam industri otomotif adalah pemisah ball joint. Peralatan ini memiliki peran yang signifikan dalam memisahkan ball joint dari tempat dudukannya.

Sebagai contoh, ketika pengguna ingin melepas ball joint pada upper arm dari lower arm, dan masih banyak kasus lainnya.

17. Oil Seal Protector Sleeve

Alat khusus layanan berikutnya adalah oil seal protector sleeve. Fungsinya adalah untuk menyederhanakan langkah pemasangan seal oli sekaligus mencegah potensi kerusakan yang mungkin terjadi selama proses tersebut.

Melalui penggunaan alat ini, hasil akhir dari proses pemasangan akan bisa dicapai dengan optimal.

Baca Juga :

Penutup

Dalam setiap proses perbaikan dan perawatan kendaraan atau mesin, penggunaan alat yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Contoh SST atau Special Service Tools memperlihatkan betapa pentingnya memiliki peralatan khusus untuk mengatasi berbagai tantangan teknis yang mungkin dihadapi.

Memiliki SST tidak hanya mempermudah pekerjaan, tapi juga menjamin keamanan dan keakuratan.
Akhir kata, investasi dalam SST adalah langkah bijak bagi para profesional yang menginginkan efisiensi dan kualitas dalam pekerjaan mereka.

Demikianlah artikel finoo.id yangg membahas tentang Contoh SST/Special Service Tools: Fungsi dan Contohnya Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *