Ukuran Kitchen Set Yang Ideal

Ukuran Kitchen Set Yang Ideal Serta Dimensi Tinggi dan Lebarnya

Posted on

Finoo.id – Ukuran Kitchen Set Yang Ideal Serta Dimensi Tinggi dan Lebarnya. Dapur sering menjadi inti dari kesibukan sehari-hari para ibu. Sebuah dapur yang menyenangkan tentu saja akan meningkatkan semangat memasak dan inovasi.

Untuk memaksimalkan tatanan dapur, kitchen set yang tepat sangat diperlukan. Ketika membangun rumah, pertimbangkan ukuran kitchen set sebagai bagian dari rencana.

Sebuah dapur yang berkualitas tidak selalu berarti harus luas. Walaupun kalian mendesain rumah dengan gaya minimalis, dapur tetap dapat difungsikan dengan maksimal.

Dengan kitchen set buatan sendiri, dapur kalian bahkan bisa memiliki banyak fungsi.

Sementara desain kitchen set mungkin berbeda tergantung ruang yang kalian miliki, ada beberapa dimensi stkalianr untuk kitchen set, seperti tinggi meja, kompor, dan kabinet, yang bisa dijadikan acuan.

Masalah yang Dihadapi saat Memilih Kitchen Set

Ketika memutuskan ukuran dan detail pembuatan kitchen set, sering muncul beberapa masalah yang harus dihadapi. Apa saja ya? Mari simak informasinya.

Banyak yang hanya fokus pada ukuran serta tampilan estetika kitchen set, sementara aspek material kerap diabaikan. Namun, pemilihan bahan sangat krusial untuk menjamin ketahanan dan estetika kitchen set.

Penting untuk memilih material yang berkualitas, tahan air, panas, dan mampu menopang beban berat dari perlengkapan masak.

Material seperti aluminium dan keramik kerap dipilih karena kepraktisan, ketahanannya terhadap panas dan air, serta mudah dibersihkan. Sementara itu, beberapa orang memfavoritkan material kayu.

Namun, kayu kurang tahan terhadap panas dan air. Jika kalian tetap ingin memilih kayu, pastikan memberikan lapisan finishing guna melindungi dan memperpanjang usia kitchen set berbahan kayu.

Baca Juga :   √ Cara Menghitung Biaya Pembuatan Kitchen Set Per Meter Terbaru

Ukuran-ukuran penting dalam membuat kitchen set

Beberapa dimensi stkalianr kitchen set perlu diperhatikan saat mendesain atau membeli kitchen set siap pakai. Berikut adalah beberapa ukuran penting dari kitchen set tersebut.

01. Lebar Meja Kitchen Set dan Kabinet Bawah

Pertama-tama, mulailah dengan denah kitchen set. Untuk area kerja seperti memotong, menaruh kompor, dan sink, sediakan lebar meja antara 50-70cm. Secara internasional, lebar meja kitchen set yang umumnya diterima adalah 60 cm. Ukuran ini cocok untuk sebagian besar kompor dan sink yang tersedia di pasaran Indonesia. Jika lebarnya terlalu kecil, kalian mungkin akan menemui kesulitan untuk memasang kompor atau menyediakan ruang untuk sink di kitchen set kalian.

02. Tinggi Meja Kitchen set

Meja kitchen set berfungsi sebagai tempat menaruh berbagai peralatan dapur esensial seperti kompor, sink, blender, serta area untuk menempatkan talenan saat memotong makanan. Tinggi stkalianr untuk meja kitchen set berkisar antara 76-85 cm, yang bisa disesuaikan sesuai proporsi pengguna. Untuk sebagian besar penduduk Indonesia, tinggi meja yang dianjurkan adalah 80 cm dari permukaan lantai.

03. Tinggi Kitchen Set

Kitchen set biasanya dilengkapi dengan kabinet bagian atas. Penting untuk memastikan ketinggian kabinet ini agar memudahkan saat mengambil benda, terutama yang bersifat pecah belah. Ukuran ini sangat krusial untuk diperhatikan.

Ketinggian kabinet juga tidak boleh terlalu tinggi agar aktivitas dapur, seperti memotong, mencuci, dan memasak tetap nyaman dilakukan. Jarak antara meja dan bagian bawah dari kabinet atas sebaiknya berada dalam rentang 85-110 cm untuk kenyamanan penggunaan.

04. Lebar Kabinet Atas

Kemudian, penting untuk memperhatikan dimensi lebar kabinet atas pada kitchen set. Rentang ukuran yang umum digunakan adalah 35-50 cm. Secara internasional, ukuran stkalianr untuk lebar kabinet atas adalah 40 cm. Namun, juga perlu mempertimbangkan barang-barang yang akan ditempatkan di dalamnya. Pastikan lebar kabinet atas lebih kecil daripada kabinet bawah untuk menghindari benturan kepala saat menggunakan meja kerja pada kitchen set.

Baca Juga :   √ Daftar Lengkap Perkakas/Alat Pertukangan Rumah Tangga, Wajib Ada!

05. Panjang Area Kerja Kitchen Set

Dengan memiliki area kerja yang luas dan lapang, tentunya akan meningkatkan kenyamanan saat bekerja. Panjang dari setiap area kerja disesuaikan dengan kebutuhan, terutama dalam penggunaan peralatan dapur. Sebagai ukuran ideal, area untuk kompor, bak cuci, dan tempat memotong sebaiknya memiliki panjang antara 80 hingga 100 cm. Dengan demikian, panjang minimal yang diperlukan untuk sebuah kitchen set adalah 2,5 meter.

06. Lekukan Bawah Kabinet

Bagi Teman 88bangunan yang memilih desain kitchen set dengan lekukan, disarankan untuk membuat lekukan tersebut dengan ukuran sekitar 10-15 cm. Ukuran ini akan memudahkan proses pembersihan area dan juga menciptakan kenyamanan saat berdiri tegak menghadap meja dapur.

07. Ukuran Ideal Sink

Sink merupakan salah satu peralatan penting dalam kitchen set yang digunakan untuk mencuci piring dan bahan makanan sebelum proses memasak. Terdapat dua tipe sink yang tersedia: sink dengan dua bak atau yang hanya memiliki satu bak. Pemilihan tipe sink dapat disesuaikan dengan kebutuhan dapur di 88bangunan. Untuk mendapatkan fungsi sink yang optimal, ukuran idealnya adalah antara 80 hingga 90 cm sebagai luas permukaan. Dimensi ini telah disesuaikan dengan postur orang Indonesia, sehingga kalian tidak perlu ragu untuk mengaplikasikannya.

08. Perhatikan Ukuran Cooker Hood di Kabinet Atas

Cooker hood atau kipas exhaust dapur adalah alat yang ditempatkan di atas kompor dengan tujuan menghisap asap yang mungkin memiliki aroma kurang sedap. Kehadiran cooker hood ini perlu diatur sesuai dengan ukuran kabinet atas yang akan menampungnya. Jarak yang optimal dari cooker hood adalah sekitar 60-80 cm. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu saat memasak atau mengambil peralatan dari kabinet atas.

09. Luas Area Dapur

Agar pengerjaan menjadi lebih lancar, penting untuk memverifikasi dimensi dapur. Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, ukuran minimum untuk dapur dengan tata letak I (dinding tunggal) adalah 2 meter x 3 meter. Untuk merancang dapur dengan tata letak yang berbeda, langkah awal yang diperlukan adalah membuat sketsanya terlebih dahulu.

Baca Juga :   √ Mengenal Struktur Kantilever, Kelebihan dan Kekuranganya

10. Kaki kitchen set masuk ke dalam

Untuk meningkatkan kenyamanan kitchen set, alangkah baiknya menyisakan 10 cm ruang dari lantai sebagai area untuk kaki kitchen set. Disarankan agar bagian kaki ini sedikit masuk ke dalam sekitar 5-10 cm, hal ini bertujuan untuk mencegah jari kaki mengalami benturan dengan kaki kitchen set. Meskipun pkalianngan mata manusia cenderung menyesuaikan dengan bagian kabinet bawah, seringkali kita tak terhindarkan dari risiko terbenturnya kaki pada kaki kitchen set yang menonjol. Dengan menyesuaikan posisi bagian bawah ini, kenyamanan kitchen set dapat ditingkatkan dengan lebih baik.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menentukan ukuran kitchen set yang ideal, faktor-faktor seperti fungsi, estetika, dan ruang yang tersedia harus dipertimbangkan dengan seksama.

Memilih ukuran yang tepat bukan hanya tentang mengukur panjang dan lebar, tetapi juga memastikan bahwa setiap elemen dapur dapat berfungsi dengan maksimal.

Terlebih lagi, sebuah kitchen set yang ideal akan meningkatkan nilai estetika ruangan serta memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melakukan penelitian dan perencanaan dengan matang sebelum memutuskan ukuran kitchen set yang paling sesuai. Sebuah dapur yang indah dan fungsional tentunya dimulai dari pemilihan ukuran kitchen set yang ideal.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Ukuran Kitchen Set Yang Ideal Serta Dimensi Tinggi dan Lebarnya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *