Cara Upgrade OTA Nex Parabola

Cara Upgrade OTA Nex Parabola Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Upgrade OTA Nex Parabola Paling Tepat. Menonton televisi adalah kegiatan yang kerap dilakukan oleh sebagian orang untuk mengisi waktu luang mereka. Hampir setiap hari, mereka menghabiskan beberapa jam demi menikmati acara favorit mereka. Namun, dengan adanya layanan TV tanpa biaya berlangganan yang berbasis satelit, kini semakin banyak orang yang memilih menggunakan antena parabola mini. Alasannya, selain menawarkan puluhan channel berkualitas, layanan ini juga lebih terjangkau.

Tak heran jika Nex Parabola, operator pendatang baru, langsung mendapat sambutan positif dari masyarakat. Lewat STB rekomendasi, mereka bisa menikmati beragam channel secara gratis tanpa harus membayar biaya langganan bulanan yang mahal. Kini, mereka dapat menonton acara kesukaan mereka tanpa batasan.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentunya Nex Parabola juga terus melakukan upgrade sistem untuk memberikan pengalaman menonton yang lebih baik. Untuk itu, kami telah merangkum panduan terkait cara upgrade OTA Nex Parabola.

Panduan ini kami buat untuk membantu pemula memahami fitur sistem dan memperbaiki kendala error ringan agar pengalaman menonton semakin menyenangkan dan tidak terganggu. Jadi, tunggu apa lagi? Upgrade Nex Parabola-mu sekarang juga!

Sekilas Tentang Nex Parabola

Nex Parabola merupakan hasil dari perkembangan dari Nexmedia, sebuah penyedia layanan televisi terestrial berlangganan yang awalnya beroperasi di daerah Jabodetabek. Perusahaan dengan slogan Simply Entertaining ini mulai menawarkan produknya sejak tanggal 23 November 2011 dan dimiliki oleh kelompok Elang Mahkota Teknologi (Emtek).

Terbilang unik, Nexmedia memilih menggunakan metode televisi digital terestrial DVB-T2, berbeda dengan televisi berbayar lainnya yang kebanyakan menggunakan satelit parabola dan kabel. Namun, pada tanggal 16 September 2019, Nex Parabola diluncurkan dan bisa dibilang sebagai “penerus” Nexmedia dengan logo yang tidak jauh berbeda. Nex Parabola didirikan setelah Emtek Grup menjalin kerjasama dengan salah satu produsen decoder televisi satelit Matrix.

Meskipun menggunakan parabola dan dekoder DVB-S2 seperti televisi satelit umumnya, sistem Nex Parabola memiliki produk utama berupa hak siar sejumlah olahraga. Berbeda dengan Nexmedia yang hanya bisa diterima di daerah Jabodetabek, Nex Parabola dapat diterima secara nasional. Ini menjadikannya sebagai pilihan yang menarik bagi para penggemar olahraga di seluruh Indonesia.

Baca Juga :   Cara Beli Paket Nex Parabola Paling Mudah & Efisien

Dengan sistem yang tidak jauh berbeda dengan televisi satelit lainnya, Nex Parabola menawarkan pengalaman menonton yang berbeda dengan menyediakan hak siar sejumlah olahraga yang menjadi produk kalianlannya. Dengan jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia, Nex Parabola siap memberikan pengalaman menonton yang menyenangkan bagi para penggemar olahraga tanah air.

Pengertian OTA (Over The Air)

Istilah OTA mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama ketika kita hendak melakukan update sistem di ponsel milik kita. OTA merupakan singkatan dari Over-The-Air, suatu istilah dalam pemrograman atau metode dalam proses update sistem pada ponsel atau smartphone secara nirkabel atau wireless.

Dalam proses update sistem pada smartphone, biasanya tersedia update sistem secara online atau offline (pembaruan lokal). Namun, dengan update sistem via OTA, prosesnya menjadi lebih mudah karena dapat dilakukan secara online. Hanya dengan memastikan koneksi internet yang stabil, kita dapat melakukan download data pembaruan dan sistem akan secara otomatis menjalankan proses update sistem.

Dengan adanya metode update sistem via OTA, pengguna ponsel dapat lebih mudah melakukan update sistem tanpa perlu repot mencari dan mengunduh file update secara manual. Tinggal satu klik saja, sistem ponsel kita akan terupdate dengan sendirinya. Dengan begitu, ponsel akan lebih optimal dalam kinerjanya dan kita dapat menikmati fitur-fitur baru yang disediakan oleh pembaruan tersebut.

Fitur Upgrade OTA Nex Parabola

Untuk para pengguna Nex Parabola, terdapat beberapa varian receiver yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Namun, setiap tipe receiver memiliki fitur penting yang sama, yaitu adanya update OTA (Over The Air) langsung dari operator.

Fitur update OTA ini memungkinkan pengguna untuk melakukan update sistem dengan mudah dan cepat tanpa harus repot mencari dan mengunduh file update secara manual. Dengan demikian, pengguna Nex Parabola dapat menikmati pengalaman menonton yang lebih baik dan terbaru secara terus-menerus

1. Manfaat Update OTA

Setiap operator TV berlangganan secara rutin melakukan pembaharuan sistem algoritma untuk memperbaiki bug firmware dan menjaga konten agar semakin aman dari pembajakan.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Set Top Box Tidak Berfungsi Paling Efektif

Agar pengguna dapat mengakomodir perubahan algoritma tersebut, provider menyediakan fungsi update dan upgrade OTA. Dengan begitu, bug yang mungkin muncul dalam versi firmware lama akan otomatis diperbaiki.

Jangan lupa untuk mengupgrade receiver secara berkala apabila firmware mengalami sedikit bug. Meskipun demikian, jika kalian merasa cukup nyaman dan tidak menemukan kendala apapun, opsi ini dapat diabaikan. Namun, pastikan untuk selalu menjaga keamanan konten agar terhindar dari pembajakan.

2. Resiko Update OTA

Update OTA Nex Parabola memiliki manfaat penting namun juga berisiko apabila tidak dilakukan dengan benar. Terutama bagi pemula, yang sering membuat kesalahan kecil yang dapat menyebabkan kerusakan pada receiver.

Penting untuk diingat bahwa upgrade OTA harus dijalankan hingga selesai dan tidak boleh dihentikan dengan alasan apa pun. Kegagalan proses dapat merusak firmware dan menyebabkan risiko mode on atau bahkan unit mati total.

Namun, jika proses dilakukan dengan benar, kalian tidak perlu khawatir mengenai risiko tersebut. Sebaliknya, setelah berhasil melakukan proses update, sistem dan kinerja perangkat akan semakin bagus. Oleh karena itu, pastikan kalian memahami dengan baik prosedur upgrade OTA sebelum memulai proses tersebut.

Cara Upgrade OTA Nex Parabola

Melakukan upgrade OTA pada receiver Nex Parabola tergolong mudah, kalian hanya perlu masuk ke menu sistem. Baik pemula maupun profesional tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan proses upgrade ini.

Namun, sebelum memulai proses upgrade, pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi cuaca sedang cerah untuk menghindari risiko mati lampu saat proses upgrade berlangsung. Berikut ini adalah panduan sederhana untuk melakukan upgrade OTA pada receiver Nex Parabola:

1. Hidupkan Decoder

Langkah pertama dalam proses upgrade OTA adalah menyalakan televisi dan decoder Nex Parabola. Setelah itu, tunggu sebentar sampai kedua perangkat tersebut menyala dengan sempurna sambil menonton channel. Pastikan kalian telah mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan sebelum memulai proses upgrade ini.

2. Tekan Menu

Untuk melanjutkan proses upgrade OTA, siapkan remote kontrol original dan tekan tombol menu untuk masuk ke pengaturan receiver Nex Parabola. Setelah itu, akan muncul sebuah jendela baru yang berisi seluruh opsi untuk melakukan setting dan menerapkan parameter. Pastikan kalian menggunakan remote kontrol original agar dapat mengakses semua fitur dan opsi pada receiver dengan lancar.

Baca Juga :   Cara Mengubah Frekuensi Parabola Matrix HD Mudah & Simpel

3. Akses Upgrade OTA

Untuk melanjutkan proses upgrade OTA pada receiver Nex Parabola, sorot dan tekan opsi about STB sampai muncul sub pengaturan baru. Setelah itu, pilih bagian OTA (over the air) pada menu tersebut.

Namun, pastikan bahwa kualitas sinyal mencukupi dan stabil sebelum memulai proses upgrade ini. Hal ini penting untuk menghindari kegagalan pembaharuan yang dapat menyebabkan kerusakan pada receiver. Jika kualitas sinyal tidak memadai, tunggu hingga kondisi sinyal menjadi lebih baik sebelum melanjutkan proses upgrade.

4. Proses Upgrade OTA

Setelah memastikan kualitas sinyal yang cukup dan stabil, tekan tombol mulai untuk memulai proses upgrade OTA pada receiver Nex Parabola. Selama proses ini, perhatikan indikator layar untuk memastikan proses upgrade berjalan dengan lancar. Tunggu beberapa saat hingga proses mencapai kondisi 100 persen, maka perangkat akan reboot otomatis.

Proses upgrade OTA pada decoder Nex Parabola dianggap berhasil jika perangkat hidup kembali setelah reboot. Pastikan untuk memeriksa perbedaan fitur dan opsi pada receiver setelah pembaharuan selesai. Terkadang, setelah melakukan upgrade OTA, kalian akan memperoleh channel-channel terbaru yang tidak tersedia sebelumnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara upgrade OTA Nex Parabola dengan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kalian dapat memperbarui firmware Nex Parabola kalian dengan cepat dan tanpa masalah.

Pastikan untuk selalu memperbarui perangkat kalian agar selalu mendapatkan kinerja terbaik dan fitur terbaru yang ditawarkan oleh Nex Parabola.

Jika kalian mengalami kesulitan dalam melakukan upgrade OTA Nex Parabola atau memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang produk ini, jangan ragu untuk menghubungi tim dukungan pelanggan Nex Parabola untuk mendapatkan bantuan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dalam mengoptimalkan penggunaan Nex Parabola. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *