Cara Setting Nex Parabola

Cara Setting Nex Parabola Paling Simpel dan Praktis

Posted on

Finoo.id – Cara Setting Nex Parabola Paling Simpel dan Praktis. Menonton TV satelit lebih nyaman dibandingkan dengan siaran UHF digital karena tersedia banyak channel berkualitas dari mancanegara dengan beragam pilihan yang memadai.

Ada empat provider utama yang dapat dipilih, salah satunya adalah Nex Parabola yang menawarkan sejumlah channel nasional lengkap serta puluhan siaran free-to-view tanpa biaya tambahan.

Meskipun Nex Parabola adalah pendatang baru dalam layanan televisi satelit, namun gebrakan yang baik telah membuat brand ini diminati oleh masyarakat Indonesia.

Kami telah merangkum panduan cara setting Nex Parabola yang paling mudah dan simpel, agar dapat meningkatkan wawasan para pemula sehingga mereka dapat memasangnya sendiri.

Mengenal Nex Parabola

Nex Parabola adalah layanan TV satelit berlangganan yang cocok untuk menghibur keluarga dengan penawaran terbaik. Nex Parabola menawarkan tayangan hiburan terbaik, edukasi, olahraga, dan informasi untuk seluruh keluarga di rumah.

Operator TV satelit berlangganan Nex Parabola dipersembahkan oleh grup SCM (Surya Citra Media) di bawah naungan PT. Mediatama Televisi (MTV). Kehadiran Nex Parabola dilengkapi dengan berbagai keunggulan sehingga menjadi pilihan terbaik untuk TV satelit dan sarana hiburan yang tepat bagi seluruh keluarga di Indonesia.

Hal-Hal Perlu Disiapkan

Namun sebelum membahas lebih lanjut, ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan diperlukan, seperti alat-alat dan pengetahuan dasar tentang pemasangan. Apa saja yang perlu disiapkan? Mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

1. Alat-Alat

Tentu saja, untuk memasang parabola diperlukan peralatan khusus. Karena Nex Parabola menggunakan parabola mini, pemasangan akan menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, banyak orang memilih tipe ini bersama dengan receiver yang direkomendasikan oleh Nex Parabola.

Baca Juga :   Ninmedia Vs K Vision Mana Lebih Baik ini Perbandinganya

NomorNama Alat
1Parabola Mini
2Receiver
3Kunci Pas
4Smartphone
5Tangga
6LNB Ku Band
7Kabel Antena
8Televisi
9Remot

2. Ilmu Dasar

Jika semua peralatan sudah disiapkan, kalian dapat mulai melakukan setting Nex Parabola. Namun, perlu diingat bahwa kalian harus memiliki pengetahuan dasar tentang teknisi dan pemasangan. Meskipun pada dasarnya, pemasangan parabola mini tidak sulit dan dapat dilakukan oleh pemula.

kalian hanya perlu memiliki pengetahuan dasar tentang implementasi dunia satelit dan pemasangan antena parabola mini. Buku panduan biasanya disertakan dalam pembelian parabola mini dan receiver.

Jika kalian memerlukan referensi mengenai ilmu dasar setting Nex Parabola, kalian dapat mengunjungi situs resmi Nex Parabola atau menonton tutorial di kanal YouTube karena sudah banyak yang membuat video tentang cara setting.

Cara Setting Nex Parabola

Nex Parabola adalah alternatif yang ideal bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan. Meskipun tidak ada sinyal UHF, mereka masih dapat menonton channel nasional dengan menggunakan parabola mini.

Proses setting Nex Parabola terdiri dari dua tahap, yaitu pemasangan antena dan pengaturan receiver. Bahkan orang awam pun tidak akan mengalami kesulitan saat memasang parabola mini.

Berikut adalah cara setting Nex Parabola yang paling mudah:

1. Setting Antena Nex Parabola

Pastikan kalian telah membeli satu set parabola mini dengan diameter 45 cm yang paling kecil. Pemilihan ukuran tersebut akan membuat proses instalasi semakin mudah dan praktis.

Rakitlah dish terlebih dahulu beserta LNB Ku band mengikuti panduan pada brosur pembelian. Pasang tiang parabola mini pada lokasi yang ideal, tidak terhalang oleh tembok dan pohon.

Berikut adalah metode setting antena Nex Parabola:

  • Pastikan parabola mini telah terpasang dengan benar.
  • Hubungkan kabel antena ke unit televisi di ruangan.
  • Siapkan ponsel lalu pasang aplikasi Satfinder.
  • Buka aplikasi Satfinder sambil menghidupkan GPS.
  • Input parameter satelit Ses 9 pada jalur Ku Band.
  • kalian akan melihat arah dish parabola pada ponsel.
  • Putar parabola mini sesuai arahan Satfinder.
  • Perhatikan pergerakan sinyal pada layar televisi.
  • Pastikan kekuatan sinyal minimal 60 persen dan kencangkan baut.
Baca Juga :   Cara Mengubah Frekuensi Parabola Matrix HD Mudah & Simpel

Proses pointing satelit untuk provider Nex Parabola membutuhkan dua orang yang melakukan video call. Gunakan aplikasi WhatsApp untuk tugas tersebut agar tidak terpotong pulsa.

2. Setting Receiver Nex Parabola

Receiver yang direkomendasikan oleh Nex Parabola memiliki berbagai macam fitur yang berbeda. Namun, metode setting produk tersebut terbilang sama jika kalian mengetahui prosedur yang tertera dalam buku manual.

Berikut adalah metode setting receiver Nex Parabola:

  • Hidupkan unit televisi dan receiver Nex Parabola.
  • Pastikan sinyal satelit telah terkunci minimal 60 persen.
  • Siapkan remote kontrol original dari Nex Parabola.
  • Tekan tombol menu untuk membuka pengaturan sistem.
  • Pilih bagian instalasi dan tekan ok untuk konfirmasi.
  • Input nama satelit Ses 9 dengan jalur Ku Band.
  • Atur parameter transponder dan frekuensi satelit.
  • Setting frekuensi LNB menjadi Universal 9750 – 10600.
  • Tekan opsi mulai mencari untuk scan Nex Parabola.
  • Tunggu sejenak hingga pemindaian mencapai 100 persen.

Tips Setting Parabola & Receiver Nex Parabola

Selain mengetahui cara setting seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kalian juga perlu memperhatikan beberapa tips dalam pemasangan parabola. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan agar proses pemasangan berjalan lancar:

  • Persiapkan alat-alat yang diperlukan.
  • Pelajari ilmu dasar pemasangan melalui buku panduan.
  • Tentukan posisi penyangga parabola yang ideal.
  • Pastikan pemasangan parabola mini dilakukan di tempat terbuka tanpa penghalang untuk mendapatkan sinyal yang kuat.
  • Pastikan baut parabola kencang agar arahnya tidak berubah di kemudian hari.

Fitur Unggulan Nex Parabola

TV Nasional FTA Lengkap

Nex Parabola menyajikan tayangan TV Nasional “Free To Air” paling lengkap untuk menemani kebersamaan di ruang keluarga.

Kualitas Tayangan dan Suara HD (High Definition)

Tayangan dan suara yang dihasilkan berkualitas HD (High Definition). Nex Parabola menggunakan teknologi DTH (Direct To Home) dengan Technology Hybrid Set Top Box (STB), receiver C dan KU band, serta gambar dan suara berkualitas High Definition (HD) yang akan memberikan kepuasan pelanggan dalam menyaksikan siaran-siaran yang ditayangkan.

Baca Juga :   Cara Mencari Sinyal Nex Parabola Mudah Untuk Pemula

Exclusive In-House Channel

Memiliki in-house channel dengan rating tertinggi saat ini dan channel in-house terbaik lainnya akan menambah semarak hiburan bagi kalian dan keluarga.

Tayangan Premium Live Football

Nex Parabola akan memanjakan para penggemar olahraga bola dengan siaran premium seperti Premier League dan Channel Champions TV yang menampilkan UEFA Champions League, UEFA Europa League, serta tayangan olahraga menarik lainnya.

Dukungan Service Center (SC) dan Jaringan Distribusi Secara Nasional

Nex Parabola memiliki jaringan distribusi yang luas di seluruh Indonesia, sebagai bentuk dukungan terhadap kualitas receiver. Layanan service center Nex Parabola juga tersedia untuk meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan dan sebagai sarana komunikasi apabila terjadi masalah pada perangkat.

Tersebar di Seluruh Indonesia

Saat ini jangkauan Nex Parabola telah mencakup seluruh wilayah Indonesia. Dengan akses yang mudah, kamu dapat menemukan produk-produk kami di mana saja dan kapan saja. Berlangganan menjadi lebih mudah dengan ketersediaan jangkauan Nex Parabola di seluruh Indonesia.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara setting Nex Parabola yang dapat kalian terapkan.

Semoga panduan ini dapat membantu kalian mengatasi masalah ketika ingin menonton acara favorit dengan kualitas yang jernih dan terbaik.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan saat melakukan pemasangan dan penyetelan. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *