Lem Bata Ringan yang Bagus

Lem Bata Ringan yang Bagus Besrta Penjelasan dan Harganya

Posted on

Finoo.id – Lem Bata Ringan yang Bagus Besrta Penjelasan dan Harganya. Seperti yang kita ketahui, saat ini bata ringan atau hebel telah menjadi salah satu material yang sering digunakan sebagai pengganti bata merah. Salah satu alasan utama mengapa material ini lebih disukai daripada bata merah adalah karena ukurannya yang lebih besar, yang dapat mempercepat proses pemasangannya.

Seperti halnya dengan bahan bangunan lainnya, jika kalian berencana untuk menggunakan bata hebel dalam konstruksi rumah, kalian akan memerlukan lem atau perekat yang berkualitas baik. Biasanya, perekat untuk bata ringan terbuat dari campuran berbagai bahan dasar, termasuk semen, pasir, dan air.

Untungnya, lem bata hebel yang berkualitas sekarang mudah ditemukan dan tersedia secara bebas di toko bahan bangunan maupun situs jual beli online. Selain itu, harga perekat bata hebel juga bervariasi, dan biasanya berkisar dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah saja.

Oleh karena itu, jika kalian berencana untuk membangun rumah dengan menggunakan bata hebel, sangat disarankan untuk mengetahui beberapa merek lem atau perekat yang bagus terlebih dahulu. Dalam kesempatan ini, kami akan memberikan informasi lengkap tentang beberapa merek lem bata ringan yang berkualitas beserta harganya.

Apa Itu Lem Bata Ringan?

Sebelum kita lanjut ke daftar rekomendasi lem bata ringan yang bagus, mari kita memahami konsepnya lebih dalam. Dalam dunia konstruksi bangunan, lem atau perekat sering juga disebut sebagai mortar.

Mortar adalah campuran material yang terdiri dari bahan pengikat seperti semen (semen dan kapur), bahan pengisi seperti pasir, dan air. Fungsi utama dari lem ini adalah sebagai bahan pengikat atau perekat yang menghubungkan satu bata dengan bata lainnya dalam proses pembangunan.

Selain itu, perekat juga memiliki peran penting dalam menutup atau meratakan permukaan bata yang tidak rata. Selain itu lagi, perekat berperan sebagai penyalur beban dalam struktur bangunan. Oleh karena itu, pemilihan bahan perekat bata ringan tidak boleh dilakukan secara sembarangan, mengingat bahwa material ini memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan kekokohan dan kualitas bangunan yang sedang dibangun.

Lem Bata Ringan yang Bagus

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, di Indonesia, tersedia berbagai merek lem bata hebel di pasar, baik di toko bangunan maupun situs jual beli online. Setiap merek perekat bata ringan ini tentunya memiliki keunggulannya sendiri.

Baca Juga :   √ Apa Itu Shear Wall? Fungsi dan Jenisnya Lengkap

Selain itu, harga lem bata hebel masing-masing juga bervariasi, tergantung pada merek dan kualitasnya. Agar kalian tidak penasaran, berikut ini adalah daftar rekomendasi lem bata ringan yang berkualitas untuk digunakan dalam konstruksi dinding rumah kalian.

1. GE Mortar (Grand Elephant Mortar)

GE Mortar, atau yang dikenal sebagai Grand Elephant Mortar, bukan hanya dapat digunakan sebagai perekat untuk bata ringan, tetapi juga cocok untuk menempelkan panel lantai dan panel dinding. Keunggulan utama produk ini adalah efisiensinya yang membuat proses aplikasinya menjadi lebih mudah dan cepat.

Harga: Rp 95.000

2. Mortar Uzin

Salah satu rekomendasi lem bata ringan yang berkualitas adalah Mortar Uzin. Produk ini tersedia dalam berbagai tipe, termasuk kemasan 40 kg dan 50 kg. Mortar Uzin dibuat dari campuran semen, pasir, filler, dan bahan tambahan khusus.

Harga: Rp 86.000

3. ECO Mortar

ECO Mortar diproduksi dengan menggunakan bahan baku berkualitas, baik lokal maupun impor, yang diolah dengan teknologi canggih dan modern. Selain itu, bahan perekat bata ringan ini juga diiklankan sebagai pilihan yang lebih baik dan lebih cepat dalam proses aplikasinya daripada jenis lainnya, sehingga dapat menghemat waktu pemasangan bata ringan.

Harga: Rp 68.000

4. Powerbond

Powerbond adalah lem bata ringan yang terbuat dari campuran bahan seperti semen, pasir, dan aditif lainnya. Produk ini diproduksi dengan menggunakan teknologi m-tec Jerman, yang memastikan kualitas tinggi. Proses aplikasinya sangat sederhana, hanya perlu menambahkan air, dan hasil akhirnya akan tampak lebih rapi, berkualitas baik, serta ekonomis. Penggunaan Powerbond dapat membantu menghemat biaya material dan ongkos tukang.

Harga: Rp 85.000

5. Drymix

Drymix adalah lem bata ringan yang terbuat dari komposisi yang diukur secara presisi menggunakan mesin berbasis teknologi modern. Ini menghasilkan material perekat bata ringan yang berkualitas tinggi dan konsisten dalam hal mutu dan kualitas. Biasanya, Drymix dijual dalam kemasan 40 kg per zaknya.

Harga: Rp 75.000

6. Mortar Utama (MU)

Mortar Utama, atau yang dikenal sebagai MU, adalah nama yang sudah akrab di dunia konstruksi bangunan. Selain digunakan sebagai perekat bata ringan, MU juga dapat digunakan untuk pekerjaan pemasangan bata merah dan plesteran dinding. Produk ini dikenal karena kualitasnya yang hkalianl.

Harga: Rp 98.000

7. Mortar SK

Salah satu keunggulan utama dari Mortar SK sebagai perekat bata ringan yang berkualitas adalah kemampuannya untuk tahan terhadap api. Selain itu, Mortar SK memiliki daya lekat yang tinggi, membuatnya sangat direkomendasikan sebagai bahan perekat untuk bata hebel. Biasanya, produk ini tersedia dalam kemasan 40 kg per zak.

Baca Juga :   Pengertian Sistem Plumbing: Jenis dan Cara Penggunaanya

Harga: Rp 75.000

8. Mortar Citicon

Semen Mortar Citicon telah memperoleh sertifikat stkalianrisasi ISO, menegaskan bahwa produk ini merupakan perekat bata ringan terbaik dengan mutu yang terjamin. Mortar Citicon dapat ditemukan di toko bangunan maupun situs jual beli online, umumnya dalam kemasan 40 kg per zak.

Harga: Rp 75.000

9. Sky Mortar

Sky Mortar adalah semen perekat instan yang ideal untuk pemasangan berbagai jenis bata hebel, termasuk AAC dan CLC. Keunggulan semen perekat ini adalah kemampuannya untuk mempercepat waktu pengerjaan, yang pada akhirnya dapat menghemat biaya konstruksi rumah atau hunian.

Harga: Rp 65.000

10. Aplus

Aplus adalah salah satu pilihan terbaik dalam daftar rekomendasi lem bata ringan yang berkualitas. Produk ini terbuat dari semen yang telah dicampur secara merata dalam kondisi kering. Proses aplikasinya biasanya dilakukan secara manual menggunakan alat trowel.

Harga: Rp 70.000

11. Nobel Mortar

Sesuai dengan namanya, Nobel Mortar adalah salah satu merek semen perekat bata hebel yang sangat baik, diproduksi oleh CV. Nobel Bangun Perkasa. Bahan baku Nobel Mortar terdiri dari semen, pasir silika, filler, dan aditif yang dicampur secara merata dan homogen. Produk ini tersedia dengan mudah di pasaran dalam kemasan 40 kg per zak.

Harga: Rp 85.000

Cara Menghitung Kebutuhan Lem Bata Ringan

Ketika kalian merencanakan pembangunan sebuah hunian, selain menghitung kebutuhan bata hebel, kalian juga perlu menghitung jumlah total bahan perekat yang diperlukan. Perhitungan ini sangat penting karena akan membantu kalian dalam menyusun anggaran biaya untuk pembelian bahan-bahan konstruksi.

Misalnya, jika kalian berencana memasang bata ringan dengan ukuran 10 cm x 20 cm x 60 cm pada dinding yang memiliki panjang 25 meter dan tinggi 4 meter, sambil mempertimbangkan bahwa diperlukan 1 liter air untuk setiap 5 kg semen. Dalam perhitungan teknis lapangan, satu meter persegi dinding akan membutuhkan 4 kg semen perekat. Berikut adalah rincian perhitungannya:

  • Luas total dinding: 25 m x 4 m = 100 m2.
  • Kebutuhan total semen perekat: 100 m2 x 4 kg/m2 = 400 kg.
  • Kebutuhan total semen perekat dalam zak: 400 ÷ 40 = 10 zak (1 zak = 40 kg).
  • Kebutuhan total air: 400 kg ÷ 5 kg = 80 liter.

Untuk dinding dengan luas sekitar 100 meter persegi, kalian akan memerlukan sekitar 10 zak perekat bata ringan dan sekitar 80 liter air untuk pencampurannya. Ketika kalian ingin melakukan pemasangannya, kami menyarankan untuk menggunakan pekerja sistem borongan. Hal ini disarankan karena HARGA BORONGAN PASANG HEBEL PER METER dianggap lebih ekonomis dan efisien daripada menggunakan pekerja harian.

Tips Memilih Lem Bata Ringan

Di atas, kami telah memberikan informasi yang komprehensif tentang beberapa rekomendasi lem bata ringan yang berkualitas serta harga-harganya. Sekarang, kami akan memberikan beberapa tips penting dalam memilih perekat bata ringan agar kalian dapat mendapatkan produk yang berkualitas tinggi:

Baca Juga :   √ Apa Itu Pondasi Umpak? Fungsi, Kelebihan, Hingga Teknik Pembuatannya

1. Perhatikan Kualitas Material

Pastikan untuk memperhatikan kualitas material dari lem bata ringan yang kalian pilih. Periksa komposisinya, seperti campuran semen, pasir, dan aditif lainnya. Produk dengan material berkualitas cenderung memberikan hasil yang lebih baik dan tahan lama.

2. Hindari Terjebak dengan Harga Murah

Hindari tergoda oleh harga yang sangat murah. Produk dengan harga yang terlalu rendah mungkin mengorbankan kualitas. Sebagai investasi jangka panjang, lebih baik berinvestasi dalam produk yang berkualitas meskipun dengan harga sedikit lebih tinggi.

3. Pilih Produk dari Merek Terkemuka

Memilih produk dari merek yang sudah dikenal dan populer di industri konstruksi dapat memberikan kepercayaan tambahan. Merek-merek terkemuka cenderung memiliki reputasi untuk produk berkualitas dan dapat dikalianlkan.

4. Pastikan Produk Bergaransi

Sebaiknya pilih produk yang disertai dengan garansi. Garansi menunjukkan bahwa produsen yakin dengan kualitas produk mereka. Jika ada masalah atau kegagalan dalam penggunaan, kalian dapat mengkalianlkan garansi untuk perbaikan atau penggantian.

Dengan mempertimbangkan tips ini saat memilih perekat bata ringan, kalian dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan produk yang memenuhi stkalianr kualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan konstruksi kalian.

Baca Juga :

Penutup

Dalam merangkai konstruksi bangunan yang kokoh dan tahan lama, pemilihan lem yang tepat menjadi hal yang sangat krusial.

Lem bata ringan yang bagus memiliki peran vital dalam memastikan bahwa setiap bagian dari bangunan dapat saling terhubung dengan kuat dan sempurna.

Pemakaian lem yang kurang tepat dapat mengakibatkan kerusakan struktur, yang tentunya dapat mempengaruhi keawetan bangunan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk selalu memilih produk lem bata ringan yang berkualitas tinggi, yang telah teruji keefektifannya dan mampu memberikan hasil yang optimal.

Selalu lakukan penelitian dan pertimbangan matang sebelum memutuskan untuk membeli, dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan para ahli atau kontraktor profesional untuk mendapatkan rekomendasi produk lem bata ringan yang paling bagus dan sesuai dengan kebutuhan konstruksi kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Lem Bata Ringan yang Bagus Besrta Penjelasan dan Harganya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *