Daftar Satelit Ku Band

Daftar Satelit Ku Band Terbaru di Parabola

Posted on

Finoo.id – Daftar Satelit Ku Band Terbaru di Parabola. Dalam menikmati siaran digital, referensi terbaru mengenai daftar satelit Ku Band untuk antena parabola mini menjadi sangat penting. Terutama bagi para penikmat siaran digital yang ingin menghemat biaya bulanan. Saat ini, banyak provider yang bersaing untuk mendapatkan pemirsa setia.

Dulu, parabola mini hanya identik dengan televisi berlangganan yang hanya bisa diakses oleh kalangan ekonomi atas. Namun, dengan perkembangan industri televisi satelit, opini tersebut mulai memudar.

Salah satu penyedia tv satelit, Ninmedia, menggratiskan seluruh siarannya sehingga dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini membawa manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menikmati siaran digital dengan kualitas jernih, karena sinyal satelit dapat menjangkau seluruh pelosok negeri.

Model bisnis industri televisi satelit saat ini cenderung bebas biaya bulanan dengan menggunakan receiver rekomendasi. Ada juga beberapa satelit yang menawarkan siaran Free To Air untuk semua orang. Untuk menghindari kebosanan karena channel yang sedikit, kita bisa menggabungkan beberapa provider atau berpindah antar satelit sesuka hati. Namun, sebelum itu, pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui daftar satelit ku band yang tersedia di wilayah Indonesia.

Pengertian Tentang KU Band

KU Band adalah jaringan komunikasi satelit yang lahir setelah C Band. Rentang frekuensi KU Band terdiri dari 11,7-12,2 GHz untuk komunikasi dari satelit ke penerima di bumi (downlink) dan 14,0-14,5 GHz untuk komunikasi dari penerima di bumi ke satelit (uplink). KU Band, umumnya, digunakan untuk siaran dan koneksi internet dua arah.

Rentang frekuensi KU Band dialokasikan khusus untuk digunakan oleh sistem komunikasi satelit, sehingga menghilangkan masalah interferensi dengan sistem terestrial gelombang mikro. Karena panjang gelombang yang lebih kecil dan bandwidth yang lebih lebar, maka memungkinkan untuk menggunakan antena penerima dengan power yang lebih kecil namun kapasitas kecepatan internet-nya lebih besar.

Baca Juga :   Frekuensi CTN CNC MyTV Terbaru dan Paling Lengkap

Daftar Satelit KU Band

1. Ses 9

Satelit komunikasi Ses 9 berada pada orbit bumi dengan posisi 108.2 E, dilengkapi dengan transponder Ku band berkekuatan tinggi yang menyediakan layanan untuk wilayah Asia, Asia Selatan, dan Indonesia. Ses 9 menjadi satelit ku band yang cukup populer saat ini karena dihuni oleh dua provider terkenal, Nex Parabola dan Matrix Garuda.

Nex Parabola menawarkan model bisnis televisi satelit bebas iuran bulanan yang menarik dengan jumlah channel nasional lengkap. Pemirsa juga bisa menonton beberapa siaran premium secara gratis, meskipun tidak ada slot stasiun televisi Free To Air pada provider ini.

SpektrumKu Band
SatelitSes 9
Koordinat108.2 E
ProviderNex Parabola
TP 111101 V 45000
TP 211921 V 45000

Matrix Garuda adalah provider kedua yang sudah dikenal lama. Dengan menggunakan decoder rekomendasi, kamu bisa mendapatkan berbagai siaran lokal dan premium secara gratis. Namun, tanpa MNC Grup, provider ini memiliki kekurangan. Selain itu, tersedia juga paket untuk berbagai channel tertentu jika kamu menginginkannya.

Ses 9 memiliki beberapa stasiun televisi yang bersifat Free To Air, namun pengguna umumnya menggabungkannya dengan satelit lain. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan lebih banyak channel FTA.

SpektrumKu Band
SatelitSes 9
Koordinat108.2 E
ProviderMatrix Garuda
TP 111101 V 45000
TP 211921 V 45000

2. Measat 3a

Measat 3a adalah satelit yang berada pada orbit bumi pada posisi 91.4 E dan dihuni oleh provider ternama, yaitu K-Vision. Hebatnya, banyak siaran Free To Air yang dapat dinikmati secara gratis dengan receiver merk apa pun.

K-Vision juga merilis decoder resmi bagi pemirsa yang ingin menikmati tontonan dengan jumlah channel nasional lengkap. Bahkan, masih ada tambahan beragam siaran premium yang bisa ditonton secara gratis.

SpektrumKu Band
SatelitMeasat 3a
Koordinat91.4 E
ProviderK-Vision
TP 112396 H 31000
TP 212436 H 31000

Satelit Ku Band measat 3a sering menjadi pilihan bagi pengguna televisi bebas iuran bulanan karena K-Vision menawarkan banyak channel Free To Air yang berkualitas.

Baca Juga :   Cara Setting Receiver Nusantara HD Cepat & Mudah

Bagi rakyat kecil yang hanya memiliki decoder lama, masih ada harapan untuk menikmati tayangan televisi. Meskipun tanpa channel Emtek Grup dan MNC Grup.

3. Asiasat 9

Satelit Ku Band Asiasat 9 (sebelumnya Chinasat 11) menciptakan sensasi dalam industri televisi digital dengan kehadiran provider Ninmedia. Pada awal kemunculannya, Ninmedia menawarkan tontonan Free To Air untuk semua channel nasional lengkap.

Ninmedia menjadi primadona pada masa itu dan masih eksis hingga sekarang memberikan hiburan bagi masyarakat kecil. Provider ini juga merilis decoder rekomendasi bagi mereka yang ingin menonton channel lebih banyak secara gratis. Namun, tetap menyediakan beragam hiburan FTA untuk semua orang.

SpektrumKu Band
SatelitAsiasat 9
Koordinat122.0 E
ProviderNinmedia
TP 112415 V 45000
TP 212655 V 45000

Selain itu, Ninmedia juga menawarkan paket berlangganan per bulan dengan menambahkan channel premium lain melalui Tivi Plus. Harga paketnya cukup terjangkau di kelasnya.

4. Measat 3b

Measat 3b adalah satelit yang berada di posisi 91.5 E dan menjadi tempat bagi provider Transvision untuk menghadirkan produk baru, yaitu televisi bebas iuran bernama Nusantara HD. Meskipun masih baru, model bisnis Nusantara HD mulai digemari oleh masyarakat Indonesia.

Kamu bisa menikmati tayangan nasional lengkap secara gratis tanpa membayar iuran bulanan. Jika ingin menambah channel premium dengan harga terjangkau, cukup membeli voucher saja. Namun, tayangan hanya bisa ditonton dengan Decoder Nusantara HD.

SpektrumKu Band
SatelitMeasat 3b
Koordinat91.5 E
ProviderNusantara HD
TP 112563 V 30000
TP 212563 H 30000
TP 312603 V 30000
TP 412603 H 30000
TP 512643 V 30000
TP 612643 H 30000

Transponder di atas khusus digunakan untuk pita frekuensi satelit Ku Band yang digabungkan dengan satu set antena parabola mini.

5. Thaikom 4

Thaikom 4 adalah satelit ku band terakhir yang dapat dijadikan alternatif untuk menambah siaran Free To Air. Satelit ini mengudara pada orbit bumi dengan posisi 119.5 E dan menjadi tempat bagi Aora TV. Namun, provider ini telah lama berhenti beroperasi dan hanya tersisa beberapa channel FTA.

Baca Juga :   Cara Beli Paket Nusantara HD Mudah dan Praktis

SpektrumKu Band
SatelitThaicom 4
Koordinat119.5 E
ProviderFree
Transporder11686 V 6666

Saat ini, hanya ada sekitar 13 channel Free To Air yang masih aktif mengudara dan tidak ada siaran lain lagi. Tracking Thaikom 4 lebih disarankan jika digabungkan dengan satelit lain dengan menggabungkan dua atau lebih LNB dalam satu dish.

6. ABS 2A

Satelit ku band ABS 2A dihuni oleh provider SMV Freesat dan telah mengudara cukup lama di wilayah Indonesia. Pihak penyelenggara layanan juga telah mengeluarkan decoder khusus, yaitu MPP Raja Ampat.

Siaran yang disediakan bersifat Free To View tanpa harus membayar iuran bulanan seperti kompetitor lainnya. Meskipun jumlah channel kurang lengkap, siaran ini masih cukup bagi para pengguna lama. Pada bulan Januari 2021, terdapat sekitar 36 stasiun televisi yang masih mengudara.

SpektrumKu Band
SatelitABS 2A
Koordinat75.0 E
ProviderSMV Freesat
Transporder12290 V 44000

Namun, pengguna baru tidak direkomendasikan untuk memburu satelit ini atau membeli decoder MPP Raja Ampat. Hal ini karena provider akan segera menghentikan layanan kepada semua konsumennya.

Hal ini berkaitan dengan usia satelit yang sudah cukup tua dan perlu diperbarui dengan satelit baru. Satelit ku band ABS 2A hanya cocok untuk pengguna yang sudah memiliki decoder rekomendasi di atas.

Penutup

Demikianlah ulasan finoo.id yang membahas beberapa contoh daftar satelit Ku Band yang dapat dijadikan referensi bagi kalian yang membutuhkan layanan penyiaran atau telekomunikasi melalui satelit.

Dalam pemilihan satelit, pastikan untuk mempertimbangkan kualitas sinyal, kecepatan internet, serta harga yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *