Cara Setting Receiver Nusantara HD

Cara Setting Receiver Nusantara HD Cepat & Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Setting Receiver Nusantara HD Cepat & Mudah. Kepentingan akan siaran televisi gratis bagi sebagian orang telah menjadi kebutuhan yang penting. Hal ini digunakan sebagai alternatif untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan rasa lelah usai bekerja sepanjang hari.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, layanan TV satelit menjadi opsi yang tepat dengan menyediakan channel berkualitas dengan resolusi gambar minimal setara HD (High Definition).

Meski TV digital sudah tersedia, namun belum merata cakupannya ke seluruh Indonesia. Sehingga, jalur satelit menjadi solusi yang paling efektif dengan harga terjangkau melalui penggunaan parabola mini.

Nusantara HD telah terbukti sebagai provider terbaik dan paling diminati oleh masyarakat. Dengan menggunakan layanan ini, pengguna dapat menikmati channel nasional lengkap beserta siaran FTV tanpa biaya bulanan yang mengikat.

Sekilas Tentang Receiver Nusantara HD

Transvision, operator televisi kabel berlangganan, telah meluncurkan produk baru dengan sistem prabayar. Mereka berkolaborasi dengan perusahaan elektronik ternama, Tanaka, untuk menciptakan STB Nusantara HD.

Dengan membeli receiver Nusantara HD, pengguna akan langsung mendapatkan layanan resmi dari Transvision tanpa biaya tambahan. Pengguna tinggal memasang dan menikmati siaran yang menarik.

Receiver Nusantara HD juga mendukung pengisian voucher untuk pembelian paket berlangganan, yang bersifat optional. Dengan memilih paket berlangganan, pengguna bisa menikmati channel premium berkualitas dan tanpa iklan.

Decoder Nusantara HD hadir sebagai produk hybrid yang mendukung dua spektrum satelit jalur C-Band dan Ku Band. Keunggulan tersebut memberi kebebasan bagi konsumen untuk memilih tipe parabola yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :   Cara Memasang LNB Parabola : 2 LNB & 1 LNB Untuk Pemula

Harga paket berlangganan Nusantara HD cukup terjangkau, mulai dari 10 ribu rupiah saja. Masa aktif paket berlangsung selama 30 hari kalender, namun pengguna dapat memilih periode yang lebih lama.

Cara Setting Receiver Nusantara HD

Agar kamu bisa menikmati berbagai fitur, promo, channel lengkap dan layanan dari operator, setting receiver Nusantara HD harus dilakukan dengan benar saat pertama kali memasang antena parabola.

Berikut ini adalah cara setting receiver Nusantara HD yang tepat:

FrekuensiSatelit
Nusantara HD C BandTelkom 4
Nusantara HD Ku BandMeasat 3b

1. Nyalakan Receiver

Agar bisa melakukan pointing sinyal, kamu harus merakit dan memasang perangkat parabola dengan benar. Pastikan kabel antena terpasang dengan baik pada port receiver dan kabel HDMI/RCA terhubung dengan televisi.

Selanjutnya, hidupkan receiver Nusantara HD dan unit televisi, lalu tunggu beberapa saat sampai keduanya menyala dengan sempurna.

2. Setting Receiver

Proses pointing sinyal tergantung pada konfigurasi receiver Nusantara HD yang tepat. Oleh karena itu, pastikan input parameter dengan benar tanpa kesalahan sedikitpun.

Berikut ini cara setting receiver Nusantara HD yang benar:

  • Pastikan receiver dan televisi sudah dalam keadaan menyala.
  • Tekan tombol menu pada remote control decoder Nusantara HD.
  • Pilih bagian instalasi dan tekan pengaturan antena.
  • Tentukan satelit Telkom 4 atau Measat 3b sesuai jalur frekuensi.
  • Pilih daya LNB on dan frekuensi LNB 5150 C band atau universal Ku Band.
  • Input frekuensi Nusantara HD terbaru dengan benar.

Frekuensi LNB dan satelit yang dipilih harus disesuaikan dengan jenis antena parabola yang digunakan, baik itu jalur C Band atau Ku Band. Berikut ini adalah transponder Nusantara HD terbaru:

3. Scanning Saluran

Pastikan parameter receiver Nusantara HD telah diinput dengan benar dan mendapat sinyal dari satelit sebelum melakukan scanning saluran.

Baca Juga :   Daftar Frekuensi Palapa D Yang Masih Aktif

Berikut ini cara scanning saluran Nusantara HD yang tepat:

  • Tekan tombol menu untuk masuk ke pengaturan sistem.
  • Pilih bagian instalasi dan pilih opsi daftar satelit.
  • Akan muncul nama satelit yang sudah ditambahkan.
  • Tekan tombol pencarian untuk memulai proses scanning.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses mencapai 100 persen.
  • Seluruh channel akan tersimpan secara otomatis.

4. Kelola Daftar Saluran

Setelah proses scanning selesai, daftar channel akan muncul sesuai pengaturan pabrik. Namun, kamu dapat menyusun saluran sesuai dengan selera dengan menggunakan fitur siaran favorit.

Untuk mengubah susunan saluran, tekan tombol menu pada remote control receiver dan pilih bagian ubah siaran. Akan muncul jendela baru untuk mengatur nama dan urutan channel sesuai dengan preferensi pengguna.

Kelebihan Receiver Nusantara HD

  • Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa didapatkan jika menggunakan receiver Nusantara HD:
  • Menyediakan siaran TV nasional lengkap termasuk channel MNC Grup.
  • Menyajikan kualitas tayangan/siaran jernih dengan resolusi HD 1080i.
  • Memberikan channel premium gratis selama 1 tahun.
  • Bisa menambahkan satelit dan channel secara manual.
  • Menyediakan siaran TV lokal nasional secara gratis tanpa perlu mengisi voucher.
  • Mudah dalam aktivasi, bisa melalui SMS/WA atau dengan menggunakan aplikasi Tanaka Voucher.

Selain kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya, receiver Nusantara HD memiliki satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh receiver lain yaitu adanya siaran dari HBO Grup di Transvision Nusantara HD.

Saat ini, hanya receiver Nusantara HD yang menyediakan siaran dari HBO Grup, ini menjadi sebuah keunggulan yang tidak bisa didapatkan jika menggunakan receiver lain karena telah berakhirnya masa kontrak dengan HBO.

Spesifikasi Receiver Nusantara HD

Saat membeli receiver Nusantara HD, pengguna akan menerima paket lengkap yang terdiri dari receiver Tanaka Nusantara HD, remot kontrol, adaptor receiver, dan kabel RCA. Tampilan antarmukanya dilengkapi dengan LCD di bagian depan yang menampilkan nomor channel dan dapat digunakan dalam proses tracking.

Baca Juga :   Cara Beli Paket Nusantara HD Mudah dan Praktis

Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup menekan tombol info dua kali dan tampilan LCD akan berubah sesuai kualitas sinyal yang diterima. Terdapat tujuh tombol navigasi seperti Vol+, Vol-, Ch+, Ch-, Menu, OK, dan tombol power. Pada bagian belakang, terdapat berbagai macam port seperti HDMI, USB, kabel antena, port RCA, dan saklar On/Off.

Pada saat aktivasi pertama kali, pengguna akan mendapatkan channel TV lokal nasional secara gratis selamanya, termasuk channel dari MNC Grup (RCTI, MNC TV, GTV, iNews), EMTEK Grup (SCTV dan Indosiar), dan lain sebagainya.

Selanjutnya tersedia paket premium basic (gratis satu tahun) dan paket Minipack (gratis enam bulan). Jika paket telah habis, pengguna dapat mengaktifkannya kembali dengan membeli paket Minipack dengan harga mulai dari lima ribu per bulan.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas cara setting receiver Nusantara HD yang dapat kalian lakukan untuk menikmati siaran televisi dengan kualitas yang lebih baik. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, diharapkan kalian dapat mengatur receiver dengan mudah dan lancar.

Pastikan juga untuk mengikuti petunjuk dan instruksi yang tertera pada manual book yang disertakan agar pengaturan dapat dilakukan dengan benar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *