Pengertian Meja

Pengertian Meja: Jenis dan Kegunaanya Paling Lengkap

Posted on

Finoo.id – Pengertian Meja: Jenis dan Kegunaanya Paling Lengkap. Di setiap perusahaan, terdapat beragam perabotan yang digunakan untuk menambah keindahan ruangan dan meningkatkan kenyamanan karyawan selama bekerja. Salah satu perabotan yang harus ada adalah meja kantor, mulai dari model minimalis, ukuran sedang, hingga yang lebih luas. Jenis dan fungsi meja kantor sangat beragam.

Meja merupakan salah satu peralatan penting, umumnya digunakan sebagai tempat untuk meletakkan barang. Namun, dalam konteks meja kantor, masing-masing memiliki fungsi khusus sesuai dengan jenisnya.

Pengertian Meja

Menurut Kamus Oxford, meja memiliki asal-usul dari kata Latin “tabula,” yang mengacu pada “papan atau permukaan datar.” Secara historis, penggunaan meja untuk keperluan makan pertama kali diperkenalkan di zaman kuno Yunani dan Roma.

Di tempat lain, misalnya di China pada sekitar tahun 2500 SM, meja tidak hanya digunakan untuk makan, tetapi juga untuk kegiatan menulis dan melukis. Bahan pembuatannya pun beragam, termasuk marmer, kayu, dan logam.

Kemudian pada masa abad pertengahan, peran meja semakin meluas, digunakan untuk acara jamuan makan di aula besar kastil atau gereja. Jika Anda pernah melihat film-film atau lukisan klasik abad pertengahan, Anda pasti mengenal meja makan yang panjang dan lebar, dirancang untuk menampung banyak orang sekaligus.

Namun, pada era sekarang, meja memiliki peran lebih dari sekadar tempat makan atau jamuan. Meja juga berfungsi untuk menambahkan sentuhan estetika dan elemen dekoratif dalam ruangan. Desainnya menjadi lebih inovatif, mencakup meja yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi (seperti meja lipat, meja makan dengan ruang penyimpanan, dan lain-lain) hingga meja yang mudah dipindahkan atau disimpan.

Jenis Meja yang Biasanya Kita Temui

Saat ini, terdapat beragam variasi meja, masing-masing memiliki fungsi yang unik. Di antaranya:

Baca Juga :   Pengertian Gambar Perspektif: Fungsi, Jenis dan Contohnya

1. Meja Resepsionis

Ketika adanya kunjungan ke dalam sebuah perusahaan, yang pertama kali mencuri perhatian adalah meja resepsionis. Meja resepsionis menjadi elemen yang sangat mencolok, karena ditempatkan dekat dengan pintu masuk utama. Meja ini memiliki ketinggian yang lebih tinggi daripada meja karyawan dan tersusun dari berbagai bahan, seperti kayu ataupun plastik.

Fungsi utama dari meja kantor ini adalah sebagai tempat untuk menyambut tamu dan memberikan informasi terkait perusahaan saat tamu datang. Karenanya, setiap tamu yang berkunjung ke perusahaan umumnya akan langsung menuju meja resepsionis sebagai langkah awal.

2. Meja Kubikel

Meja kubikel memiliki pemisah pada tiga sisi, yakni bagian depan, kanan, dan kiri, yang menciptakan ruangan pribadi bagi para karyawan. Namun, pemisah tersebut dirancang dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi agar memudahkan atasan dalam mengawasi pekerjaan karyawan.

Menurut studi yang dilakukan oleh Herman Miller, seorang perancang furnitur dari Michigan, meja kubikel dapat berkontribusi dalam meningkatkan kinerja karyawan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa meja kubikel yang memiliki pemisah antar meja dapat menghambat inisiatif pribadi seseorang.

3. Meja Konsultasi

Biasanya, meja konsultasi ditempatkan dalam ruangan yang terpisah dengan ukuran yang luas. Sesuai dengan namanya, fungsi dari meja kantor jenis ini adalah sebagai tempat untuk melakukan konsultasi antara atasan dan bawahan, atau bahkan dengan klien.

Meja konsultasi dirancang dengan dua kursi yang menghadap satu sama lain. Desainnya juga memasukkan laci yang berguna untuk menyimpan dokumen-dokumen penting. Meskipun beragam dalam bahan pembuatannya, meja konsultasi umumnya terbuat dari kayu.

4. Meja Rapat

Setiap kantor tanpa kecuali memiliki area khusus yang diperuntukkan bagi pelaksanaan pertemuan atau rapat. Di ruangan ini, terdapat meja yang dikenal sebagai meja rapat. Fungsi utama meja kantor ini terbatas pada saat-saat acara pertemuan di dalam perusahaan.

Meja rapat memiliki berbagai model dan ukuran, sehingga pilihan meja ini bisa disesuaikan dengan dimensi ruangan rapat. Jika ruangannya relatif kecil, lebih bijaksana untuk memilih meja dengan desain minimalis. Sebaliknya, jika ruang rapat luas, tentunya meja yang lebih besar akan lebih cocok dipilih.

Baca Juga :   √ Apa Itu Arsitektur Rococo? Karakteristik dan Contohnya

5. Meja Komputer

Meja komputer memiliki peran sebagai platform untuk menempatkan komputer beserta perangkat-perangkatnya, seperti CPU dan keyboard. Walaupun penggunaan laptop semakin umum di kantor-kantor saat ini, pilihan untuk menggunakan komputer tetap menjadi favorit. Hal ini disebabkan oleh kemampuan komputer dalam menyimpan jumlah data yang besar.

Meja komputer didesain dengan permukaan datar untuk menempatkan monitor dan rak keyboard yang dapat ditarik. Tingginya disesuaikan agar monitor dapat sejajar dengan pandangan mata. Namun, meja ini tidak dilengkapi dengan area untuk menulis, karena tujuannya hanya untuk menyimpan rangkaian perangkat komputer.

6. Meja Staff

Di lingkungan kantor, meja staf memiliki ciri khas dengan dua sisi yang berhadapan dan sekat yang membagi bagian tengahnya. Meja ini umumnya diperuntukkan bagi staf yang beroperasi di perusahaan, karena hampir semua staf memerlukan meja sebagai pendukung aktivitas kerja mereka.

Setiap meja staf memiliki variasi model dan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan individu staf. Tetapi, satu hal yang pasti adalah meja ini memiliki permukaan datar serupa meja komputer, dengan fitur lubang untuk pengaturan kabel. Tambahan pula, meja ini dilengkapi dengan laci guna menyimpan berkas-berkas penting.

7. Meja Eksekutif

Meja eksekutif dapat dianggap sebagai jenis meja kantor dengan desain yang paling mewah jika dibandingkan dengan meja kantor lainnya. Ini menjadi simbol bahwa pengguna meja eksekutif tersebut memiliki posisi atau jabatan yang paling tinggi.

Ini karena meja eksekutif secara khusus diperuntukkan bagi para eksekutif dan pimpinan perusahaan. Bahan utama yang umum digunakan untuk membuat meja eksekutif adalah kayu jati, memberikan kekuatan dan daya tahan yang optimal. Penggunaan kayu jati sebagai bahan dasar juga memberikan kesan elegan yang kuat.

8. Meja Podium

Meja podium memiliki dimensi yang cukup tinggi dan umumnya digunakan untuk kegiatan pidato oleh pihak-pihak tertentu. Selain itu, peran meja kantor ini juga melibatkan pengumuman penting dan penyampaian penghargaan.

Ketinggian meja podium biasanya sekitar 1 meter kurang lebih dan lebarnya sekitar 50 cm. Permukaan meja dirancang datar untuk menempatkan mikrofon agar tidak terjatuh. Meja ini juga berfungsi sebagai tempat bagi pembicara untuk meletakkan catatan kecil saat sedang berpidato atau mengumumkan sesuatu.

Baca Juga :   √ Apa Itu Ruang Terbuka Hijau? Fungsi Serta Tujuanya Lengkap

9. Meja Laptop dan Tulis

Meja kantor jenis terakhir adalah meja laptop dan tulis. Biasanya, meja ini digunakan oleh perusahaan yang stafnya menggunakan laptop sebagai alat penunjang pekerjaan, bukan komputer. Saat ini, banyak perusahaan yang mengandalkan laptop sebagai sarana utama dalam aktivitas kerjanya.

Meja laptop dan tulis juga dilengkapi dengan laci dan lubang pengaturan kabel untuk menjaga tampilan meja tetap teratur. Oleh karena itu, meja kantor ini sangat sesuai digunakan oleh karyawan yang sering berurusan dengan banyak berkas.

Baca Juga :

Penutup

Sebagai penutup, penting untuk memahami bahwa meja lebih dari sekadar komponen fisik dalam suatu ruangan. Pengertian meja melibatkan fungsi, estetika, dan simbolisme yang beragam—dari meja belajar yang mendukung proses edukasi, meja kerja yang mendefinisikan profesionalisme, hingga meja makan yang menjadi pusat kebersamaan dan kehangatan keluarga.

Meja tidak hanya sebuah benda; ia adalah bagian dari cerita kehidupan kita, tempat di mana kita belajar, bekerja, dan berinteraksi. Memahami nilai dan fungsi dari sebuah meja bisa membantu kita lebih menghargai peranannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan begitu, kita dapat memilih meja yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita, baik itu dari segi material, desain, atau fungsi. Selamat memilih meja yang terbaik untuk mendukung aktivitas Anda!

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Pengertian Meja: Jenis dan Kegunaanya Paling Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *