Apa Itu Folding Gate

√ Apa Itu Folding Gate? Biaya Pasang Folding Gate Per Meter Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Folding Gate? Biaya Pasang Folding Gate Per Meter Yang Tepat. Dari beragam jenis pintu yang ada, folding gate adalah salah satu yang populer dan sering digunakan di berbagai jenis bangunan seperti garasi, kantor, ruko, dan gudang. Folding gate adalah pintu lipat yang dibuka dan ditutup dengan cara digeser ke samping, baik ke kiri maupun ke kanan.

Dengan kata lain, mekanisme pembukaan dan penutupan pintu ini berbeda dengan rolling door yang dibuka dan ditutup dengan cara digerakkan ke atas dan ke bawah. Selain itu, pintu geser folding gate memiliki struktur yang lebih kokoh dibandingkan rolling door karena dilengkapi dengan kerangka di bagian belakangnya.

Di Indonesia, saat ini sudah banyak individu dan perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan dan pemasangan folding gate untuk berbagai keperluan. Secara umum, para kontraktor ini menetapkan harga atau tarif jasa pemasangan folding gate per meter.

Jika kalian berencana untuk menggunakan jasa ini untuk memasang folding gate, disarankan untuk memahami terlebih dahulu berapa biayanya. Untuk membantu kalian, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan secara detail daftar harga pemasangan folding gate per meter untuk berbagai jenis dan ukuran.

Apa Itu Folding Gate?

Dalam berbagai jenis pintu yang ada, folding gate merupakan salah satu yang populer dan sering digunakan untuk garasi, kantor, ruko, dan gudang. Folding gate adalah pintu lipat yang mekanisme pembukaan dan penutupannya dilakukan dengan cara menggesernya ke samping, baik ke arah kiri maupun kanan. Perbedaan utama dengan rolling door terletak pada cara pembukaan dan penutupan, di mana rolling door dibuka dan ditutup dengan menggerakkannya ke atas dan ke bawah.

Kelebihan struktur pintu geser jenis ini adalah kekuatannya yang lebih tinggi daripada rolling door, karena dilengkapi dengan kerangka di bagian belakang. Hal ini membuat pintu ini tidak memerlukan tiang tambahan di tengah dan menjadi lebih sulit untuk ditembus atau dirusak.

Rangkaian pintu jenis ini terdiri dari sejumlah plat daun yang digunakan untuk menutup ruangan, dan biasanya terbuat dari berbagai jenis plat logam seperti besi, baja, aluminium, atau galvalum.

Fungsi Folding Gate

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, saat ini pintu folding gate menjadi salah satu jenis pintu yang digunakan dalam berbagai jenis bangunan, seperti warung, pasar, toko, ruko, supermarket, garasi, showroom, pabrik, bank, rumah, sekolah, mal, kantor, dan lain-lain.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena folding gate dianggap memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan rolling door. Oleh karena itu, sebelum kita membahas secara lebih rinci tentang biaya pemasangan folding gate per meter, berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari pintu ini:

  1. Keamanan dan Perlindungan: Membantu menjaga keamanan bangunan dan melindungi isinya dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Akses Masuk dan Keluar: Memberikan akses yang mudah untuk masuk dan keluar dari ruangan atau bangunan.
  3. Perlindungan dari Cuaca Ekstrem: Melindungi isi bangunan serta penghuninya dari cuaca ekstrem seperti hujan, panas, atau angin kencang.
  4. Perlindungan dari Hama dan Binatang: Mencegah masuknya hama atau binatang yang dapat mengganggu ke dalam bangunan dan merusak isinya.
Baca Juga :   Rekomendasi Konsultasi Arsitek Untuk Rumah Minimalis

Bagian-bagian Folding Gate

Pintu geser ini terdiri dari beberapa komponen yang berperan dengan sangat efektif. Ayo, mari kita lihat beberapa bagian dari folding gate di bawah ini:

Besi UNP

Besi UNP adalah jenis besi yang berbentuk melengkung seperti huruf U, digunakan sebagai sambungan atau penyangga atap. Pada pintu geser lipat, besi UNP dipasang secara vertikal sebagai penopang kerangka pintu dan tempat silangan dari lempeng-lempeng pintu.

Jari-jari atau Kerangka

Pada jenis pintu geser lipat, jari-jari terdapat di bagian atas dan bawah. Jari-jari ini berupa kerangka yang ketebalannya harus disesuaikan dengan tinggi dan lebar pintu. Jika tidak sesuai, jari-jari bisa melengkung atau keluar karena ketebalannya tidak cukup untuk menahan beban.

Slat

Bagian ini berupa daun pintu yang berbentuk kerangka, berfungsi sebagai pengaman. Selain itu, slat juga berperan sebagai peredam suara bising dan sebagai penghalang bagi hewan atau benda asing yang mencoba masuk ke dalam pintu.

CNP dan Profil Atas

Bagian berikutnya adalah CNP dan profil atas. Keduanya berfungsi sebagai penyangga pintu agar tetap berada pada posisi yang benar. CNP memiliki bentuk seperti huruf C dan terbuat dari besi kuat, berfungsi sebagai penyangga dan tempat pintu agar tidak mudah jatuh.

Silangan

Silangan adalah besi yang berbentuk menyilang dan disusun berbaris sesuai dengan lebar pintu. Fungsinya pada folding gate adalah untuk melipat dan meregang saat pintu dibuka dan ditutup.

Rel

Pintu ini dapat bergeser berkat adanya rel yang terbuat dari pelat di bagian bawahnya. Rel ini berperan sebagai tempat bearing agar pintu bisa bergerak. Ketebalan rel bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis rel pada folding gate meliputi:

  1. Rel tanam, yang ditanam dalam lantai dengan kedalaman 4 hingga 5 cm.
  2. Rel tumpang, yang berskalianr pada bagian luar bangunan.
  3. Rel angkat, yang dapat diangkat saat pintu atau ruangan terbuka, biasanya banyak digunakan di gudang atau pabrik yang sering mengangkut barang.

Roda

Meskipun berukuran kecil, roda pada pintu lipat memiliki peran yang penting untuk kinerja yang baik. Oleh karena itu, pemilihan roda berkualitas tinggi sangat penting agar pintu dapat dibuka dan ditutup dengan lancar. Pemilihan roda yang tidak tepat dapat menyebabkan perawatan yang memakan waktu, karena pintu harus dibuka terlebih dahulu sebelum servis dilakukan.

Jenis Folding Gate

Di Indonesia, saat ini keberadaan pintu lipat jenis folding gate telah diklasifikasikan menjadi beberapa jenis. Jika kita mempertimbangkan jenis bahan pembuatannya, folding gate dapat dibagi menjadi tiga kategori. Jenis-jenis folding gate berdasarkan bahan materialnya adalah sebagai berikut:

  • Folding Gate Besi
  • Folding Gate Galvalum
  • Folding Gate Aluminium

Selain itu, folding gate juga dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis berdasarkan model relnya. Untuk pemahaman yang lebih baik, berikut adalah beberapa jenis folding gate berdasarkan model relnya:

  • Folding Gate Rel Tanam
  • Folding Gate Rel Tumpang
  • Folding Gate Rel Angkat
  • Folding Gate Swing
  • Folding Gate Setengah Lingkaran atau Melengkung

Tips Memilih Folding Gate

Setelah mengetahui berbagai jenisnya, sangat penting bagi Pins untuk teliti dalam memilih folding gate. Pastikan bahwa pintu geser lipat yang dipilih memiliki kualitas yang baik.

Baca Juga :   Pengertian Arsitektur: Fungsi, Tujuan dan Unsurnya Lengkap

Berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum memilih pintu geser lipat untuk berbagai keperluan:

Cari Tahu Spesifikasinya

  • Pastikan kalian memiliki informasi spesifik mengenai ukuran, ketebalan, dan tingkat keamanan pintu geser lipat yang kalian butuhkan.

Ukuran yang Ideal

  • Idealnya, tinggi pintu geser lipat adalah antara 2 hingga 4 meter. Namun, jenis pintu ini juga dapat digunakan pada bangunan yang lebih tinggi dari 4 meter, asalkan pengukurannya sudah dilakukan dengan tepat.

Ketebalan yang Sesuai

  • Pastikan ketebalan material pintu sesuai dengan ukuran pintu pada bangunan tempat pemasangan.

Minta Garansi

  • Jangan ragu untuk meminta garansi pemasangan. Ini akan memastikan bahwa jika ada masalah, perbaikan dapat segera dilakukan.

Bearing Roda yang Baik

  • Pilihlah folding gate yang menggunakan bearing roda agar pintu dapat digeser dengan mudah.

Pemilihan Cat yang Tepat

  • Saat melakukan pewarnaan, pilih cat yang sesuai dengan material pintu. Pastikan juga melakukan pelapisan hingga dua kali pengecatan untuk melindungi pintu dan membuatnya lebih tahan lama.

Kelebihan dan Kekurangan Folding Gate

Walaupun folding gate dianggap memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan rolling door, hal tersebut tidak berarti produk ini sama sekali tidak memiliki kelemahan. Oleh karena itu, sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai biaya pemasangan folding gate per meter, berikut ini akan kami sampaikan beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Keunggulan

  1. Cocok untuk Bangunan Tinggi: Dapat digunakan pada bangunan yang memiliki ketinggian lebih tinggi.
  2. Kekuatan dan Ketahanan: Lebih kuat dan kokoh dibandingkan rolling door, sehingga lebih sulit untuk dirusak dan memberikan perlindungan lebih baik terhadap tindak kejahatan seperti pencurian dan perampokan.
  3. Ketahanan Jangka Panjang: Lebih tahan lama dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.
  4. Keamanan Tambahan: Dilengkapi dengan besi yang menyilang atau dikenal sebagai pintu besi harmonika, yang membuatnya lebih aman dalam penggunaan.
  5. Biaya Penggunaan dan Perawatan yang Lebih Ekonomis: Penggunaan dan perawatannya lebih ekonomis daripada beberapa alternatif lainnya.
  6. Harga yang Lebih Terjangkau: Lebih terjangkau jika dilihat dari segi harganya.

Kelemahan

  1. Umur Layanan Terbatas: Folding gate umumnya hanya memiliki umur layanan sekitar 5 tahunan saja.
  2. Batasan Ukuran Maksimal: Ukuran maksimal yang disarankan hanya sekitar 2.5 meter, yang dapat menjadi keterbatasan terutama untuk bangunan dengan lebar yang lebih besar.

Analisa Harga Jasa Pasang Folding Gate Per Meter

Ketika ingin mengetahui besaran biaya pemasangan folding gate per meter, tentu kalian juga perlu memahami seberapa besar biaya atau tarif jasa pemasangannya terlebih dahulu. Saat ini, harga jasa pemasangan folding gate per meter cenderung bervariasi, tergantung pada beberapa faktor seperti ukuran, jenis material, tipe finishing, dan desain yang diukir.

Sama seperti dalam hal harga jasa pekerjaan konstruksi pada umumnya, harga jasa pemasangan folding gate per meter juga dapat berbeda-beda di setiap wilayah, dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Untuk memberikan gambaran, berikut ini adalah kisaran harga jasa pemasangan folding gate per meter untuk berbagai jenis dan ukuran di beberapa wilayah di Indonesia:

Jenis Folding GateKeteranganHarga Per Meter
Minus Ukir 0.3-IDaun ukir cat semprot & UNP antikaratRp582,000
Minus Ukir 0.3-IIDaun ukir cat oven & UNP antikaratRp594,000
Minus Ukir 0.3-IIIDaun ukir cat oven & UNP umum 1.5 mmRp631,488
Minim 0.4-IDaun baja cat semprot & UNP antikaratRp666,444
Minim 0.4-IIDaun baja cat oven & UNP antikaratRp715,680
Minim 0.4-IIIDaun galvalum cat semprot & UNP antikaratRp751,680
Minim 0.4-IVDaun baja cat oven & UNP 1.5 mmRp717,600
Minim 0.4-VDaun baja cat oven & UNP 1.8 mmRp738,000
Minim 0.4-VIDaun baja cat oven & UNP 1.8 mmRp779,160
Baca Juga :   √ Biaya Pembuatan Tangga Besi Per Meter Terbaru Paling Tepat

Catatan: Harga-harga ini adalah kisaran dan dapat berubah tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi dan negosiasi dengan pemasang.

Biaya Pasang Folding Gate Per Meter

Di atas, telah dijelaskan secara menyeluruh mengenai fungsi, keunggulan, kelemahan, serta daftar harga jasa pemasangan folding gate per meter di beberapa wilayah di Indonesia. Sekarang, mari kita beralih ke pembahasan utama mengenai estimasi biaya pemasangan folding gate per meter untuk berbagai jenis.

Sama seperti saat menghitung biaya pemasangan partisi kalsiboard, perhitungan biaya pemasangan folding gate per meter juga memerlukan pengetahuan tentang luas area pekerjaannya terlebih dahulu. Jadi, tanpa perlu menunggu lebih lama, mari kita perhatikan bersama estimasi biaya pemasangan folding gate per meter untuk semua jenis berikut ini.

Luas Pekerjaan

Langkah pertama adalah untuk menentukan luas atau volume area di mana folding gate akan dipasang. Sebagai contoh, jika kalian ingin memasang pintu folding gate tipe minus ukir 0.3-III di sebuah garasi dengan panjang 3 meter dan tinggi 2.5 meter, kalian dapat menghitung luasnya sebagai berikut:

Diketahui:

  • Panjang: 3 meter.
  • Tinggi: 2.5 meter.

Perhitungan:

  • Luas folding gate = Panjang x Tinggi.
  • Luas folding gate = 3 meter x 2.5 meter = 7.5 meter persegi.

Biaya Pemasangan

Setelah luas area pemasangan folding gate diketahui, langkah berikutnya adalah menghitung biaya atau tarif jasa pemasangannya. Perhitungan biaya pemasangan folding gate tipe minus ukir 0.3-III per meter persegi juga cukup sederhana, seperti berikut ini:

  • Biaya pemasangan = Luas area x harga jasa per meter.
  • Biaya pemasangan = 7.5 meter persegi x Rp 631.488 = Rp 4.736.160.

Dari perhitungan yang telah dijelaskan sebelumnya, biaya pemasangan pintu folding gate tipe minus ukir 0.3-III pada ruangan garasi dengan panjang 3 meter dan tinggi 2.5 meter adalah sekitar Rp 4.736.160. Namun, perlu diingat bahwa besaran biaya pemasangan folding gate per meter tersebut dapat bervariasi di berbagai wilayah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Baca Juga :

Penutup

Dalam memilih solusi keamanan dan estetika untuk rumah atau properti komersial, penting untuk memahami apa itu folding gate.

Folding gate adalah pintu gerbang lipat yang menyediakan tingkat keamanan ekstra dan kemudahan akses, yang banyak digunakan di berbagai jenis properti.

Keunggulan utamanya adalah kemampuannya untuk menghemat ruang dan penampilannya yang estetis, menjadikannya pilihan yang populer di kalangan pemilik properti.

Memilih folding gate sebagai solusi keamanan dapat memberikan ketenangan pikiran, keamanan yang optimal, serta meningkatkan nilai estetika dari properti tersebut.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa Itu Folding Gate? Biaya Pasang Folding Gate Per Meter Yang Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *