Cara Update Firmware TV Philips

Cara Update Firmware TV Philips Mudah dan Simpel

Posted on

Finoo.id – Cara Update Firmware TV Philips Mudah dan Simpel. Apakah Anda memiliki TV Philips yang ingin Anda perbarui dengan firmware terbaru? Memperbarui firmware TV Philips adalah proses yang relatif mudah, tetapi mungkin terlihat rumit jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya. Dalam panduan ini, kami akan memberikan langkah-langkah mudah untuk Cara Update Firmware TV Philips Anda sendiri.

Firmware adalah perangkat lunak yang mengendalikan fungsi dasar pada perangkat elektronik, termasuk TV Philips. Pembaruan firmware TV Philips biasanya dirilis untuk memperbaiki bug dan masalah lainnya, serta meningkatkan fitur dan kinerja perangkat. Dengan memperbarui firmware TV Philips, Anda dapat meningkatkan pengalaman menonton TV dan memastikan bahwa perangkat Anda selalu bekerja dengan baik.

Pengertian Firmaware Adalah

Firmware adalah program komputer yang berfungsi sebagai pengontrol dari hardware paling dasar. Perangkat ini diintegrasikan dengan setiap unit perangkat keras di dalam komputer.

Firmware dapat disamakan dengan perangkat tegar dan mirip dengan sistem operasi pada komputer. Tanpa sistem operasi, komputer tidak dapat berfungsi dengan baik, dan hal yang sama juga berlaku pada firmware.

Tanpa adanya firmware, perangkat keras tidak dapat menerima perintah dan tidak dapat beroperasi dengan benar. Pada awalnya, firmware hanya menggunakan memori yang hanya bisa diprogram untuk dibaca saja.

Firmware dirancang untuk bekerja secara permanen dan tidak dapat diubah untuk pembaruan tertentu. Namun, kemudian PROM dikembangkan menjadi EPROM (Erasable Programmable ROM). Akhirnya, firmware berkembang menjadi memori flash yang lebih praktis dan mudah untuk diperbarui.

Baca Juga :   Cara Membuat Kabel HDMI To RCA Sendiri Paling Simpel

Fungsi Firmware

Firmware memiliki fungsi utama sebagai pengontrol perangkat keras. Tanpa firmware, perangkat keras tidak dapat beroperasi dengan baik, terutama pada perangkat elektronik seperti smartphone.

Pada smartphone, perbaruan firmware seringkali diminta untuk meningkatkan kinerja perangkat keras dan memperbaiki kesalahan pada sistem.

Selain itu, firmware berisi serangkaian instruksi yang digunakan untuk mengontrol perangkat keras, memfilter, mengatur, dan mengelola lalu lintas data yang diaktifkan secara pribadi dalam perangkat lunak.

Jenis-jenis Firmware

Dalam referensi dari Digital Citizen dan The Windows Club, firmware terdiri dari dua jenis, yakni:

1. BIOS

BIOS merupakan firmware yang tersimpan pada motherboard komputer, dan mampu berinteraksi dengan perangkat keras serta melakukan pengecekan kesalahan yang tidak terdeteksi oleh perangkat lunak.

Cara kerjanya adalah BIOS memberikan sinyal pada program bernama bootloader, yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi dalam sistem operasi pada harddisk. Hal ini diambil dari sumber Digital Citizen dan The Windows Club.

2. EFI

Selain BIOS, terdapat firmware lain bernama EFI. EFI singkatan dari Extensible Firmware Interface. EFI ini juga sering disebut sebagai UEFI atau Unified Extensible Firmware Interface.

Salah satu fitur yang dimiliki EFI adalah safe boot. Fitur ini berguna untuk meningkatkan keamanan pada perangkat seperti komputer atau handphone.

Cara Update Firmware TV Philips

Bagi pemula yang baru membeli produk, opsi untuk melakukan update firmware mungkin terasa asing. Namun sebenarnya, opsi ini sangat bermanfaat jika unit TV LED mengalami malfungsi atau kerusakan.

Berikut adalah Cara Update Firmware TV Philips yang paling simpel:

1. Update Firmware Melalui USB

Setiap pemilik TV LED merek Philips bisa melakukan prosedur pembaharuan software sistem melalui USB. Namun, mereka harus melakukan download file secara manual pada website resmi yang sesuai tipe unit.

Baca Juga :   Cara Reset TV Sony Bravia Paling Mudah dan Praktis

Berikut adalah Cara Update Firmware TV Philips melalui USB:

  • Siapkan flashdisk yang sudah diformat sebelumnya.
  • Unduh firmware yang sesuai dengan seri TV Philips kamu.
  • Ekstrak file firmware dan simpan di direktori root flashdisk.
  • Hubungkan flashdisk ke port USB pada televisi.
  • Tekan tombol power untuk menghidupkan televisi.
  • Tampilan update firmware TV Philips akan muncul.
  • Tekan OK untuk mengkonfirmasi proses update.
  • Tunggu hingga proses update mencapai 100 persen.

2. Update Firmware Melalui Internet

Smart TV Philips memang mempunyai beberapa kutamaan tersendiri termasuk dalam proses update firmware. Kamu cukup mengaktifkan jaringan WiFi agar unit terhubung ke internet, lalu biarkan sistem bekerja.

Berikut ini adalah Cara Update Firmware TV Philips melalui Internet:

  • Tekan tombol power untuk menghidupkan TV Philips.
  • Tunggu sebentar hingga layar televisi menampilkan channel.
  • Tekan tombol home untuk membuka tampilan dashboard.
  • Cari dan pilih opsi setting lalu sorot menu more setting.
  • Pilih device preferences dan buka menu about.
  • Tekan system update dan konfirmasi dengan menekan enter.
  • Biarkan sistem melakukan download firmware televisi.
  • Proses update firmware akan berjalan secara otomatis setelah selesai mendownload.

Tata letak menu pada layar TV Philips mungkin saja berbeda tergantung dari versi OS yang terinstal. Oleh sebab itu, kamu tak perlu khawatir dan tinggal menyesuaikan proses update dengan melihat antarmuka tersebut.

Manfaat Update Firmware TV

TV Philips memang termasuk awet meskipun digunakan secara rutin dalam waktu yang lama. Namun, sebagai barang elektronik, brand ini terkadang mengalami kendala ringan yang berkaitan dengan firmware.

Oleh karena itu, salah satu metode untuk mengatasi berbagai kendala operasional adalah dengan menjalankan update firmware. Prosedur tersebut memiliki beberapa manfaat penting bagi kelangsungan penggunaan TV Philips. Berikut ini adalah beberapa manfaat melakukan update firmware TV Philips:

Baca Juga :   Jenis Kerusakan TV Polytron & Solusinya Untuk Semua Tipe

1. Menghilangkan Bug

TV Philips yang dijual di pasaran telah melalui serangkaian pengujian ketat sebelum dipasarkan. Namun, terkadang masih ada kemungkinan bug atau kesalahan yang belum terdeteksi pada firmware atau hardware.

Untuk mengatasi masalah tersebut, update firmware dapat membantu menghilangkan bug tersebut dan mengembalikan kinerja televisi seperti semula.

2. Meningkatkan Fitur

Update firmware pada TV LED Philips dapat meningkatkan performa serta fitur yang tersedia pada produk tersebut. Dalam beberapa kasus, produsen juga menambahkan fungsi baru untuk memaksimalkan kinerja perangkat.

Philips Indonesia secara berkala merilis update firmware untuk sejumlah tipe produknya sebagai bagian dari layanan berkelanjutan untuk menjaga kualitas dan kepuasan pelanggan

Penutup

Demikianlah cara update firmware TV Philips yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Update firmware terbaru dapat meningkatkan kinerja dan stabilitas TV Anda, serta memperbaiki masalah yang mungkin muncul. Namun, pastikan untuk selalu mengikuti panduan resmi dari situs web Philips dan melakukan proses update dengan hati-hati. Jangan lupa untuk mem-backup data penting sebelum melakukan update firmware. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *